Pewarna Alami


Beberapa contoh zat pewarna alami yang biasa digunakan untuk mewarnai makanan (Dikutip dari buku membuat pewarna alami karya nur hidayat dan elfi anis saati terbitan Trubus Agrisarana 2006. dapat diperoleh di toko-toko buku se Indonesia) adalah:

  • KAROTEN, menghasilkan warna jingga sampai merah. Biasanya digunakan untuk mewarnai produk-produk minyak dan lemak seperti minyak goreng dan margarin. Dapat diperoleh dari wortel, papaya dan sebagainya.
  • BIKSIN, memberikan warna kuning seperti mentega. Biksin diperoleh dari biji pohon Bixa orellana yang terdapat di daerah tropis dan sering digunakan untuk mewarnai mentega, margarin, minyak jagung dan salad dressing.
  • KARAMEL, berwarna coklat gelap dan merupakan hasil dari hidrolisis (pemecahan) karbohidrat, gula pasir, laktosa dan sirup malt. Karamel terdiri dari 3 jenis, yaitu karamel tahan asam yang sering digunakan untuk minuman berkarbonat, karamel cair untuk roti dan biskuit, serta karamel kering. Gula kelapa yang selain berfungsi sebagai pemanis, juga memberikan warna merah kecoklatan pada minuman es kelapa ataupun es cendol
  • KLOROFIL, menghasilkan warna hijau, diperoleh dari daun. Banyak digunakan untuk makanan. Saat ini bahkan mulai digunakan pada berbagai produk kesehatan. Pigmen klorofil banyak terdapat pada dedaunan (misal daun suji, pandan, katuk dan sebaginya). Daun suji dan daun pandan, daun katuk sebagai penghasil warna hijau untuk berbagai jenis kue jajanan pasar. Selain menghasilkan warna hijau yang cantik, juga memiliki harum yang khas.
  • ANTOSIANIN, penyebab warna merah, oranye, ungu dan biru banyak terdapat pada bunga dan buah-buahan seperti bunga mawar, pacar air, kembang sepatu, bunga tasbih/kana, krisan, pelargonium, aster cina, dan buah apel,chery, anggur, strawberi, juga terdapat pada buah manggis dan umbi ubi jalar. Bunga telang, menghasilkan warna biru keunguan. Bunga belimbing sayur menghasilkan warna merah. Penggunaan zat pewarna alami, misalnya pigmen antosianin masih terbatas pada beberapa produk makanan, seperti produk minuman (sari buah, juice dan susu).

q KURKUMIN, berasal dari kunyit sebagai salah satu bumbu dapur sekaligus pemberi warna kuning pada masakan yang kita buat.

Pembuatan bahan warna alami sebenarnya sangatlah mudah. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai pewarna alami ditumbuk, dapat pula menggunakan blender atau penumbuk biasa dengan sedikit ditambah air, lalu diperas dan saring dengan alat penyaring. Agar warnanya cerah dapat ditambahkan sedikit air kapur atau air jeruk nipis. Setelah diperoleh air perasan pewarna, lalu disimpan di dalam lemari es atau freezer jika menginginkan disimpan lebih lama.

Jika pewarna yang digunakan berasal dari gula kelapa yang digunakan pula sebagai pewarna pemanis, maka pilih gula kelapa yang kualitasnya bagus sehingga tidak perlu menyaring, lalu larutkan dengan air dingin atau air panas bila ingin cepat. Sedangkan untuk membuat pewarna hijau sekaligus pengharum dapat digunakan kombinasi daun suji dan pandan. Keduanya sekaligus ditumbuk bersama sedikit air, peras, lalu saring.

Pigmen Cair Pekat
saring-dg-kertas.jpg
Untuk pemekatan dibutuhkan alat-alat yang lebih baik yaitu pelarut petroleum eter(PE), kertas saring, penyaring vakum, evaporator vakum (untuk menguapkan pelarut), lemari es.

  • Ekstrak yang diperoleh dari ekstraksi cara sederhana disaring dengan penyaring vakum guna mempercepat pemisahan antara pigmen dan ampas bahan. Penyaringan tersebut dengan kertas saring.
  • Tambahkan petroleum eter 2 %, guna memisahkan pigmen antosianin dengan bahan pencampurnya (non antosianin)
  • Ambil warna yang ada pada petroleum eter kemudian diuapkan dengan alat evaporator vakum dengan suhu 40 – 50 C.
  • Dihasilkan pigmen pekat yang lebih murni.

Pigmen Bubuk

pigmen-bubuk.jpg
Pembuatan pigmen bubuk dilakukan dengan menambahkan bahan pengisi (filler) seperti pati, dekstrin atau gum arab dan digunakan alat spary drier. Pewarna yang diekstrak dengan petroleum eter dicampur dengan dekstrin (10 – 30%) kemudian dimasukkan dalam spray drier dengan suhu inlet 100 – 1100C dan suhu outlet 50 – 600C. mesin dinyalakan dengan pompa vakum guna mengurangi kerusakan pigmen oleh oksigen. Bubuk pigmen yang dihasilkan kemduian dikemas dengan plastic gelap (aluminium foil) dan disimpan pada tempat yang tidak lembab.

    Isolasi antosianin dari bunga

    About these ads

    125 thoughts on “Pewarna Alami

    1. artikel yg sgt bagus plg tdk bisa membuka wawasan bahwasanya pewarna seharusnya selain mpy nilai estetika jg mpy nilai lebih sbg antioksidan, kalo bs tulis artikel mengenai pewarna alami yg bersumber dr seaweeds spy potensi laut yg msh terpendam bs terbuka, good luck!

    2. saya tertarik dengan tumbuhan ini karena warna nya yang sangat mencolok.untuk itu saya ingin membuat ekstrak nya,sehingga saya ingin mengetahui seberapa besar peluanya untuk di jadikan bahan pewarna. Tolong di balas di email y………….

    3. kurkumin itu larut dalam air tidak ya???
      kalau larut, seberapa besar kelarutannya??
      kalau ada yang tau, bales ke email ya…syukur2 dikasih referensinya. butuh banget ni….

    4. kurkumin larut dalam air tapi larut lebih baik pada metanol. seberapa besar kelarutan, silahkan diteliti kami belum punya jawaban yang pasti. referensi yang apa? tentang kurkumin atau apa. akan saya usahakan. nanti jika sudah dapat saya balas lewat situs ini. silahkan di klik pada tag kurkumin

    5. Saya tertarik dengan artikel diatas. Mungkin Bapak bisa memberikan referensi cara pembuatan pewarna alami ini lebih bernila komersial untuk para petani kita, misalnya dibuat dalam bentuk powder agar lebih tahan lama dan memudahkan dalam penangannya. Mungkin kalau petani kita bisa membuat ini kita tidak usah lagi import jauh-jauh dari luar negeri, karena bahan baku kita berlimpah. Terimakasih atas perhatian Bapak dan saya tunggu informasinya.

    6. jika ingin mengekstrak pigmen warna dari bunga contohnya rosella menggunakan perbusan terlebih dahulu bunga segarny7a optimum suhu yang digunakan agar antosianin tidak rusak itu berapa ya .thanks before

    7. kerusakan tergantung suhu yang digunakan semakin rendah semakin baik, juga jenis pelarutnya. kalau untuk keperluan sendiri yang direbus biasa. itu yang saya lakukan tiap hari. saya petik tiga buah lalu saya rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. nikmat kok. kalau untuk dibnuat sirup atau tepung baru cara ekstraksi atau maserasi dapat digunakan

    8. Ass.
      mau tanya tentang srang walet.
      pada saat mengambil sarang walet dari sarang, ada yang berwarna putih bersih dan ada yang kecoklat-coklatan.
      zat apa yg mgkn bisa digunakan untuk membuat sarang walet tersebut menjadi putih bersih?
      tanpa merusak kegunannya sendiri.
      yg nantinya digunakan sebagai obat dan dikonsumsi manusia

    9. Assalamu’alaikum…
      saya tertarik sekali tentang pewarna alami
      saya ingin sekali belajar lebih jauh… apakah bapak bisa membantu untuk proses dan cara nya membuat pewarna alami ini..
      dan saya ingin bertanya,apakah pewarna alami ini dapat juga digunakan untuk pewarnaan pada kayu,seperti meja ato kursi untuk meubel gitu ?
      kira2 bisa cepat pudar tidak…
      terimakasih sebelum nya… saya sangat berharap mendapatkan penjelasan tentang itu.

    10. assalamualaikum pak…
      kami sangat tertarik pada artikel Bapak yang berjudul “pemurnian kitinase”
      bisa bapak beritahu lebih lanjut mengenai pengolahan nya???
      terutama di bidang farmasi
      kami dari mahasiswi S1 UGM, fakultas farmasi.
      mohon bimbingnnya.

    11. Selamat pagi Pak,
      Saya senang dengan artikel pewarna alami dapat ditampilkan. Saya sering sekali membuat rebusan/sirup dari bunga rosella, karena keluarga saya juga sering mengkonsumsinya untuk kesehatan, yang saya tanyakan apakan bunga rosella ini dapat dibuat untuk pewarna alami juga?
      Jika memeang bisa, bagaimana cara pembuatannya?Apakah sama dengan pembuatan sirup yang biasa saya buat itu Pak?
      Karena warnanya sangat mencolok kemungkinan bisa dijadikan pewarna alami juga, tetapi apakah jika dibuat pewarna apakah rasa asam dari bunga rosella itu berubah?
      Mohon penjelasannya :-) Terimakasih

    12. bagaimana cara untuk memperoleh ekstrak pigmen karotenoid cair pekat dan bubuk? lebih baik yang mana antara ekstrak pigmen cair pekat dan ekstrak pigmen bubuk untuk diaplikasikan ke produk pangan padat, misalnya getuk?
      saya mahasiswa fakultas sains dan matematika, UKSW, Salatiga, melakukan penelitian tentang pemanfaatan pigmen karotenoid wortel sebagai pewarna getuk dan stabilitas warna getuk yang dihasilkan.
      mohon bimbingannya.
      terima kasih.

    13. Untuk membuat rosella sbagai pewarna, maka tidak dapat dilakukan perebusan begtu saja karena warna jadi kurang kuat. kalau jadi sirup ga masalah.
      Jika akan digunakan sebagai pewarna lakukan ekstraksi misal diekstrak dengan petroleum eter 2% atau dengan pelarut yang lain. hasil yang diperoleh kemudian dibuat serbuk atau konsentrat. atau ekstrak pekat.
      selamat mencoba.

    14. saya tertarik dg bunga ini yang sangat bermanfaat
      saya ingin menanyakan bagaimana car pembuatan sirup dari kelopak bunga rosela ini?karena warna yang dia miliki jd ga usah memerlukan pewarna lg.berapa suhu,waktu,bhn2 apa aja yang hrs di campur.trims mohon d blas ke email saya

    15. pak boleh minta informasi tentang pengawet natrium benzoat dalam kecap gak. analisisnya pake cara apa ya? tolong dikasih tahu ya aq butuh bagt. tolong dibalas ke email aq.makasih

    16. pak sy mw tanya tentang kemungkinan pengawet alami bwt tahu ada ga ya pak?

      saya mahasiswa teknik kimia undip yan mau penelitian

      jg tentang pembuatan zat warna alami dari rosella

      tlng dkirim ke email sy
      makasih

    17. tahu dapat dicoba diawetkan dengan asap cair. ini yang cukup menajnjikan bahkan anda dapat mengolah menjadi tahu asap. konsentrsi 2% dapat mempertahankan tahu 3 hari dlam suhu kamar.
      untuk rosela itu sangat mudah tapi apa yang mau di teliti? masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan.
      salam
      nur

    18. Assalamualaikum, mohon infomasi kira-kira zat apa yang terkandung di kayu tingi (Ceriops sp.) sehingga kayu ini menghasilkan warna merah dan dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk batik. Terima Kasih

    19. Assalamu’alaikum wrwb

      Bapak, saya mau membuat sirup belimbing karena banyak dihasilkan di demak daerah saya, bahan alami apa yang baik digunakan sebagai pengawet dengan tidak merusak rasa, bau dan warnanya?
      jika Bapak berkenan mohon kirim ke email saya di susisusilowati@ymail.com

      terima kasih

    20. sebaiknya sih tanpa pengawet karena gula juga sudh berfungsi sebagai pengawet. tapi dapat pula ditambahkan asam sitrat selain sebagai penambah citarasa dan aroma juga berfungsi sebagai pengawet. pengawet yang umum digunakan adalah asam benzoat tapi ikuti aturan yang diperbolehkan. kalau bisa ga usah pakai benzoat.
      salam
      nur

    21. Assalamu’alaikum wr. wb.
      saya sangat tertarik dengan penggunaan pewarna alami karena dari segi kesehatan sangat aman. dibanding pewarna sintetik. saya berharap suatu saat nanti pewarna sintetik sudah dapat digantikan oleh pewarna alami dalam pengaplikasiannya terhadap pangan. saya mau bertanya kenapa angkak dikatakan pewarna alami? pada hal bahan-bahan yang digunakan untuk menumbuhkan kultur monascus merupakan bahan-bahan kimia yang sintetis

    22. Monacu dikatakan pewarna alami karena dihasilkan langsung oleh organisme yaitu jamur bukan oleh proses sintetis. jadi alami dan sintetis dibedakan pada proses pembuatannya bukan media tumbuhnya. kalau tanaman ditumbuhkan pada media sintetik (hidroponik) apakah juga tidak disebut alami?
      pewarna sintetik adalah pearna yang dibuat secsra kimia di pabrik

    23. Pak saya pernah membaca sebuah buku tentang terong belanda!
      Dikatakan dalam buku itu terong belanda dapat dijadikan pewarna alami, apakah itu benar??/
      proses apa yang paling tepat untuk membuat pewarna alami dari terong belanda

    24. tamarilo atau terong belanda dapat dibuat menjadi pewarna alami dengan cara ekstraksi sperti pada umumnya. tapi saat ini paling mudah dibuat minuman atau sirup karena warnanya yang tidak terlalu mencolok.

    25. saya, sedang ingin meneliti tentang pewarna alami dari tumbuhan sono kembang (angsana, Pterocarpus, spp), yang getahnya dapat digunakan sebagai pewarna merah maron. Yang akan saya gali adalah pengaruh umur pohon dan jenis spesies terhadap intensitas warna dan banyaknya zat warna. Namun refrensi saya sangat sedikit. Mohon infonya bila bapak mengetahui adanya tulisan dalam atau luar negeri yang pernah menyinggung soal pewarna atau tulisan semirip itu. terimakasih

    26. saya tuliskan artikel (abstrak dari jutnal) semoga bermanfaat. untuk lebih lengkap silahkan klik saja pada nama jurnalnya.
      semoga bermanfaat

    27. selamat siang Pak,
      salam kenal
      saya dari Research & Innovation Orang Tua Grup saya tertarik dengan artikel dr bapak soal pewarna alami ini.. karena kebetulan ditempat saya sedang mengembangkan produk makanan dengan pewarna alami.. salah satunya yg ingin dikembangan adalah produk wafer (tango) dan yg ingin saya tanyakan apakah bapak memiliki informasi mengenai metode pengujian laboratorium yg tepat untuk pewarna alami seperti caramel, curcumin dalam produk jadi..
      atas perhatiannya terimakasih..

    28. Asw. pak, saya mhsswa S1 teknologi pertanian, saat ini saya sedang tertarik dengan pengembangan pewarna alami dari daun jati. Apakah sebelumnya sudah ada penelitian serupa ya? Kamudian kira2 kandungan apa saja ya yang terdapat dalam daun jati sehingga dia bisa menimbulkan warna merah, kalodi daerah saya daun jati digunakan untuk membungkus tape shg warnanya jadi merah?apakah ada pigmen antosianin ato beta karotennya ya? saya sudah cari di referensi tapi belum ketemu. Kemudian daun jati tsb potensial untuk dikembangkan mjd pewarna alami untuk makanan apa tidak ya?

      • Gamal.
        pewarna alam dengan menggunakan daun jati sudah kami lakukan untuk pewarnaan kain batik tapi disatu sisi masih ada kelemahan.mungkin harus ada katalisator atau sejenisnya.

    29. Ass, wr. wb.
      Pak, saya ingin tanya, bagaimanakah cara yg sederhana untuk membuat ekstrak daun cincau hijau (bubuk / cair)?
      Terima kasih,
      Wassalam.

    30. sy mempunya i sebuah syarikat di kuantan ,pahang,malaysia.Menjalankan perniagaan lintah.Saya sendiri mempunyai produk minyak lintah,tetapi sy ingin mengkaji dgn lebih lagi cara nak ekstrak lintah dan ramuan herba yang sy masakkan sekali mbersama minyak lintah..jika berminat membantu email saya.. fikryzzzzz@yahoo.com

    31. Saya tertarik untuk mempelajari pembuatan zat warna alami untuk warna hijau dari klorofil,mohon bantuannya agar saya dapat mengetahui proses pembuatannya.Mohon dikirim ke email saya,terima kasih

    32. assalamu’alaikum abah haji,
      mohon beri saya acuan produk2 pangan yang menggunakan bahan baku bekatul. karena tetangga saya bingung bekatul hasil penggilingannya melimpah.
      matur suwun.
      wassalamu’alaikum

    33. Seiring dengan peningkatan pengetahuan tentang komsumsi bahan pangan, konsumen akhir-akhir ini memiliki kecenderungan memperhatikan dan mengutamakan aspek kesehatan dan kebugaran tubuh. Artinya, pangan tidak hanya membuat tubuh sehat, tetapi juga mampu mengusir efek negatif penyakit. Tuntutan itu kemudian melahirkan konsep pangan fungsional (functional foods).

      Untuk dijadikan sebagai penganan, bekatul dapat dicampur dengan bahan lain pada pembuatan biskuit, kue, dan lain-lain.  Bekatul yang diawetkan juga telah dimanfaatkan sebagai makanan sarapan sereal, dengan perbandingan (%) tepung beras : bekatul dari 90 : 10 sampai dengan 30 : 70. Substitusi 15 persen bekatul padi dalam tepung terigu, dilaporkan mengakibatkan penerimaan konsumen yang optimal terhadap produk kue kering dan roti manis. 

    34. abah,
      1. saya akan mencoba ekstraksi kulit buah naga merah untuk pewarna alami. mohon bahan pembantu untuk mempercepat hasil ekstrak yang sesuai standar SNI.
      2. kalau buah sawo diekstrak untuk diambil etanolnya apabisa???? caranya???.
      matur nuwun.
      semoga sukses dan TIP tetap numero uno.

    35. Salam…Spray dryer atau evaporator, mahalkah harganya? dengar2 mencapai ratusan juta,produk salah satu universitas di jawa timur. saya ingin buat bubuk warna alam, mohon petunjuk tentang spray dryer/evaporator yg sederhana

    36. amiin atas doanya. mengenai alattergantuung dari besar kecilnya, memanga da yang mahal jika besar tapi kaalu jutaan memang begitu sekarang kambing saja hampir satu juta, TV juga sejuta tentunya alat juga di atas itu.
      coba lihat di artikel tentang destilsi, disitu ada pembuat alat yang mungkin lebih murah, buat dulu speknya lalu ditanyakan. akalu ada mungkin saya dapat bantu.
      salam

    37. Assalamu’alaikum, Bapak, saya Roisah mahasiswa IPB Jurusan Teknologi Industri Pertanian membutuhkan informasi mengenai proses ekstraksi kurkuminoid dari tanaman kunyit hingga terbentuk pewarna bubuk. Bila dikembangkan dalam skala industri, diperlukan alat dan mesin apa saja? Mohon dikirim ke roisah_17@yahoo.com. Terimakasih.

    38. yang diperlukan teruatam adalah alat ekstraksinya dan spray drier atau dapat digunakan drumdrier. jika untuk sederhana dapat menggunakan foam mat drying lalu ditepung dan ayak, tegantung dari kapasitas produksi dan kualitas yang akan diarah.

    39. Pak, saya sudah mencari buku bapak “Membuat Pewarna Alami”…ke beberapa toko buku besar di bandung. tapi hingga sekarang belum dapat. ada suggest dari bapak dimana saya bisa mencarinya? terimakasih.

    40. kalau memang ga ada dapat pesan ke penerbitnya, atau kalau ke saya ada tambahan biaya kirim sebesar 7.500. setelah uang dikirim buku akan saya kirim.
      salam

    41. saya ingin mengekstraksi zat warna bunga kana, sebaiknya bunga kana yang segar atau yang kering ya, Pak? dan pelarut apa yang sebaiknya digunakan? terima kasih

    42. kana yang telah layu namun warna masih sempurna lebih baik daripada yang segar. pelarut yang paling baik adalah metanol namun dapat dicari pelarut lain yang lebih murah. bisanya jadi faktor dalam penelitian.

    43. Asslm..
      maaf pa, saya membutuhkan informasi mengenai ekstraksi pigmen betalain pada bit (Beta vulgaris L). metode ekstraksi yang paling tepat apa ya pa??apa dengan metode perkolasi tepat?pelarut paling tepat yang digunakan apa?apa ada buku khusus tentang ekstraksi/ isolasi pewarna makanan yang bisa saya pelajari?
      Jazakumullahu khairan katsiran…

    44. Assalamu’alaikum, pak…. Saya ingin bertanya, berapa lama waktu yang diperlukan untuk ekstraksi secara maserasi dari bunga kana? dan pelarut apa dan suasana apa yang paling optimal untuk mengekstraksinya, ya pak?
      Jazakumullah……

    45. Ass.
      saya tertarik dg artikel pewarna.
      saya baru mulai eksplorasi klorofil. Setau saya klorofil larut baik pada aseton/alkohol. Bagaimana dg daun camcau?
      adakah karakteristik klorofil camcau shg dapat larut dlm air? sedangkan jenis2 tumbuhan lain tidak.
      Mhn masukan nya
      terima kasih
      wass

    46. assalamu’alaikum
      salam kenal. saya sekarang lagi merintis usaha kerajinan daurulang kertas,untuk pewarna selama ini masih menggunakan pewarna kayu maupun tekstil dan di vernis. saya berminat menggantinya dengan pewarna alami dan vernis dari bahan alami. mungkin bapak bisa bantu saya untuk memberikan informasi bahan-bahan dan caranya untuk pewarna dan vernis alami yang hasilnya tidak kalah dengan bahan pewarna kayu atau tekstil. untuk informasinya terimakasih dan jazakallah……
      wasalam

    47. ass..
      pa sya mahasiswa mau mneliti kayu nangka sebagai pewarna alami dalam industri tekstil,
      untuk ekstraksi yang paling cocok pa ya? dan pelarut yang digunakan apa?
      mhn sarannya pa,
      trimakasih

    48. salam,,,

      saya mahasiswi mau meneliti tentang pewarna alami dari ubi jalar khususnya yang berwarna ungu, tp kendalanya susah untuk memisahkan patinya,
      bagaimana metodenya agar dapat memisahkan patinya???

    49. Salam,

      Saya ingin membuat pewarna dari kulit pohon angsana, bagaimana cara membuat (proses) dan formula pembuatannya

      Terima kasih,

    50. Aslm.Wr.Wb..
      pak saya mau analisa hasil ekstraksi kayu secang…
      senyawa pembentuk warna pada secang kan brasillin…boleh tau gak panjang gelombang brasillin berapa?? karena mau saya analisa menggunkan UV-VIs..
      trus selain anlisa mengginakan UV VIs biasanya hasil ekstraksi uji kualitasnya parameternya apa aja???
      terimah kasih pak…semoga jadi amal kebaikan..
      kalau bisa kirimkan jawabannya ke Email saya yach pak..
      ardiansyahtekim@yahoo.co.id

    51. Aslm.Wr.wb..
      pak saya mahasiswa teknik kimia…
      saya lagi melakukan penelitian untuk pewarna alami dari kayu secang…untuk analisa hasil ekstraksinya saya menggunakan UV-VIs, nah senyawa pembentuk warnanya kan Brasillin..bapak tau gak panjang gelombangnya??
      untuk parameter apa aja yang biasanya dilakukan untuk analisa kualitas hasil ekstraksi zat warnanya??
      atau bapak punya artikel tentang zat warna alam dan segala uji kualitasnya..
      saya minta tolong kirimkan ke alamat email saya
      (ardiansyahtekim@yahoo.co.id)
      Terimah kasih pak..semoga menjadi amal kebaikan..
      waslm.wr.wb..

    52. Assalamualaikum,wre.wb
      Pak saya siswa SMA yang berkeinginan mengikuti lomba karya ilmiah mengenai sari klorofil cincau,karena saya sangat awam,bagaimana cara mendapat sari klorofil yang bagus?
      Terimakasih,sebab saya juga kebingungan sekali,karena sepertinya percobaan inikurang menarik dan kesempatannya kecil untuk menang lomba. Kira2 ide deperti apakah yang menarik dan bisa memenagkan lomba?
      Tolong kirimkan ke alamat email saya avika_chu23@yahoo.co.id
      terima kasih sebelumnya pak
      Wassalamualaikum wr.wb

    53. selamat siang pak..
      pak saya mahasiswa yang sedang menjalankan skripsi.
      saya inginmembuat granul dari cincau..kira2 setelah daun cincau diekstraksi boleh ga dikeringkan secara spray dry?apakah proses pengeringan tersebut bisa merusak antioksidan di dalamny??apakah ada cara lain selain pengeringan semprot??

      tolong bapak berkenan memberi info kepada saya..terimakasih banyak ya pak…

      inaakogl135@yahoo.com

    54. ass… pak sy membutuhkan warna hitam yg alami untuk bahan makanan kiranya bapak dapat membantu darimna/dari buah atau apa saja yang kira2 bisa jadi warna hitam terima kasih

      • warna alami biasanya dipengaruhi oleh pH sebagai contoh pada strawbery warna hilang/beluramh pada pH 4,5. dari pustaka dikatakan Anthocyanins reversibly change color with pH (Trends in Food Science & Technology 16 (2005) 423–428). adajuga perubahan karena sifat asam basa. ini pernah saya sarankan kemahasiswa untuk menggunakan juwet sebgai indikator pH

    55. Assalamualaikum,wr.wb
      saya mahasiswa yang sedang menjalankan skripsi tentang zat warna alami.
      bagaimana cara mengetahui kapasitas panas suatu larutan zat warna alami?
      apakah ada buku referensinya?
      terima kasih.

    56. asslkm…saya mw mngrjakan tugas akhir tentang kurkuminoid..judul penelitian tlha disetujui oleh DPA dan DPU..dengan judul”Uji derajat keasaman bunga rosella terhadap stabilitas kurkuminoid kunyit dengan pembanding asam jawa” memank selintas sngat mudah padahal pencarian materi ttg kurkuminoid yang dimaksud cukup sulit…
      mungkinkah anda bisa mmbantu saya??
      kurkumin stabil dlm suasana asam, PH optimal untuk stabilits kurkumin???
      karakteristik dari stabilitas kurkumin seperti apa???secara organoleptik???
      kita tahu bahwa dri dulu kita sdh mngnal ramuan kunir asam,nah sya hnya mbuat formulasi baru yaitu kunir rosella,karena rosella juga bersifat asam..
      atas prhatian’y sya ucpkn terimaksih…wasslkm..

    57. assalamualaikum
      pak, sy berencana ingin mengembangkan pewarna alami untuk industri batik di daerah sy di cirebon. mhon informasinya ttg pembuatan pewarna alami dari kunyit, daun mangga, atau kulit manggis untuk dibuat dalam skala industri menjadi pasta atau bubuk. mhon bantuannya jg untuk mesin/peralatan yg digunakan dan biaya yg dibutuhkan. selain itu kira-kira brp bnyk bahan baku yang dibutuhkan dan nantinya brp bnyk bubuk pewarna yg dihasilkan?
      adakah bpk memiliki link ke industri pembuat bahan pewarna untuk sy jadikan perbandingan?
      mhon dikirim lwat email sy di zhar_crb@yahoo.com
      terima kasih banyak pak sebelumnya..

      • untuk pembuatan powder/bubuk bisa dibuat.dan mengenai alat untuk produksi bubuk berkisaran anatara Rp.30, juta.untuk alat powder berkisar antara Rp.60. juta.Ektrak dari tumbuhan harus pekat…1 Be.

        bila ada pertanyaan kontak di email sadewahindi@yahoo.com.

    58. pak untuk membuat warna hitam alami selain dengan merang ada ndak pak….untuk menambah warna hitan pada merang perlu di campur dengan apa pak………trima kasih

      • dapat dari hewan, tumbuhan atau mikroorganisme, paling mudah dari tumbuhan dan mikroorganisme. misal warna hijau dari daun pandan, warna kemerahan dari secang dsb atau dari mikroorganisme misal merah dari angkak (monascus purpureus) dsb

    59. saya mahasiswi IPB smt akhir yg sdng mencari topik penelitian yg sesuai dg jur.saya yaitu teknologi pertanian. Awalnya saya ingin mmbwt arang dr kulit duren tp terkendala bahan baku, lalu ingin mencoba ekstraksi biji sirsak jd pestisida nabati tp masih bingung krn saya tertarik dg pewarna alami yg prospekny lbh menjanjikan menurut saya tp kendalanya saya bingung tumbuhan apalag yg bs saya ekstraksi menjadi pewarna alami yg mdh d dapat d daerah bogor yg menarik utk dijadikan bhn penelitian,,mohon saran dan solusi dari bapak sgt saya harapkan (via email k saya jg boleh),terimakasih sblmnya

    60. Assalamualaikum..
      Saat ini saya sedang penelitian tugas akhir mengenai pewarna alami.
      Saya mohon kepada Bapak, apabila Bapak memiliki refensi-referensi yang berkaitan dengan penelitian Saya ini boleh men-share-nya dengan Saya.
      Terima kasih banyak sebelumnya.
      Wassalam.

      • mungkin saya dapat memberi masukan tentang penelitian zat warna alam yang akan dilakukan coba penelitian dengan rumput laut jenis turbiniria atau sargasum. itu sangat potensi dari sdanya sangat mendukung.

    61. Ass, pak saya sangat tertarik untuk melakukan penelitian kandungan kulit melinjo. kl kulit melinjo bisa dijadikan pewarna alami tdk? kl bisa ekstraksinya menggunakan apa? trims

    62. Siang pak, saya mahasiswi teknik Kimia sedang mengadakan penelitian ekstraksi warna alami dari bunga telang aka bunga biru aka Clitoria ternatea. Kami kesulitan untuk memperoleh bunga telang ini, apakah bapak tau dimana saya bisa memperoleh, memesan, atau membelinya. Saya tinggal di semarang pak. Mohon infonya

    63. Pak.., sy mau tanya.., bgmana metode ekstraksi pgmen anthosianin yg paling baik dan pelarut polar apa yg paling baik untuk digunakan juga aman untuk pangan??
      mohon dikirim ke email saya..
      Trimakasih

    64. asw
      pak, pelarut yang baik untuk mengekstrak pigmen antosianin dari buah apa? konsentrasi yang baik berapa? kenapa?

      buku tentang zat warna alami ada tidak pak? karna saya sudah cari di toko buku tapi tidak ada. thx pak. mohon dijawab

      • jika di toko tidak ada coba datang ke perpustakaan daerah anda karena sudah jadi buku paket dan ada di setiap perpustakaan daerah, jadi mungkin tidak dijual lagi

    65. pak, saya juga berminat membeli buku bapak yang berhubungan dengan zat warna alami khususnya pigmen antosianin, mohon infonya pak. thx pak

      • buku membuat pewarna alami ada di toko buku. kalo sdh habis ada di perpustakaan daerah karena sudah jadi buku paket jadi mungkin sudah tidak dijual lagi

    66. pak, variasi rasio yang baik untuk sampel:etanol berapa aja ya pak? kenapa?

      oya, pigmen ungu dari buah senggani termasuk antosianin atau betasianin pak? perbedaan antosianin dengan betasianin apa? thx banyak pak.

    67. aslm pak,saya punya usaha kue khususnya kue basah/cake dan alhamdulillah berjalan baik tapi sementara ini ada kendalanya yaitu seringnya gak sampe tahan lama..kadang2 baru 2 hari kuenya sudah jamuran…saya mengharapkan paling enggak 4 hari kuenya bertahan lama pak..kaya kue2 yang ada diluar bahkan kue bolu bisa sampe 1 tahun…yang mau saya tanyakan gimana cara pemberian formula pengawetnya pak…pengawet apa aja yang bagus&cara takaran pemberian pengawetnya seberapa banyak…mhn infoya di email saya pak qelva354@yahoo.com atau di 081932296315…tks pak

    68. Assalamu’alaikum pak..
      saya sekarang sedang mencari referensi yg menyatakan jika kembang sepatu mengandung antosianin dan dapat digunakan sebagai pewarna alami bahan pangan. Buku atau jurnal bgitu pak.. Jika ada, bisa saya minta tlong share alamat atau pengarang nya pak? sangat penting pak untuk judul penelitian saya.. terimakasih sebelumnya ya pak..
      Wassalam..

    69. Assalamu’alaikum pak..
      saya sekarang sedang mencari referensi yg menyatakan jika kembang sepatu mengandung antosianin dan dapat digunakan sebagai pewarna alami bahan pangan. Buku atau jurnal bgitu pak.. Jika ada, bisa saya minta tlong share alamat atau pengarang nya pak? sangat penting pak untuk judul penelitian saya.. terimakasih sebelumnya ya pak..
      Wassalam..

      *please sekali pak.. thx before

    70. maaf pak..saya mau tanya..saya ingin melakukan penelitian tentang ekstraksi klorofil dari daun alfalfa kemudian dibuat dalam bentuk bubuk menggunakan spray dryer…apakah pengeringan klorofil menggunakan spray dryer HARUS ditambahkan bahan pengisi seperti gum atau sejenisnya ?
      jika tidak ditambahkan bahan pengisis tersebut bagaimana pengaruhnya ?

    71. Pak nomor SNI bwt uji stabilitas zat warna ada ga ya pak..??? soalnya penelitian saya tentang ekstraksi zat warna dari kulit rambutan…..dan spesifikasi saya tentang stabilitas zat warna…
      tolong ya pak……

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s