PERKEMBANGAN PENELITIAN PEWARNA ALAMI


Penggunaan zat pewarna alami, misalnya pigmen antosianin masih terbatas pada beberapa produk makanan, seperti produk minuman (sari buah, juice dan susu), karena pigmen antosianin dari mahkota bunga pacar air (Impatien balsamina Linn) lebih cocok digunakan untuk produk dengan nilai pH sekitar 3,5 – 4,0 (Saati, 2002). Pewarna alami ini masih kalah luas penyebaran penggunaannya dengan pewarna sintetis. Di luar negeri, zat pewarna alami ini sudah banyak digunakan pada produk daging dan unggas, susu, tepung, roti, minuman, obat-obatan dan kosmetik (Borzelleca and Hallagan, 1992).

Penelitian-penelitian tersebut belum mengungkapkan informasi yang lebih luas tentang potensi kandungan pigmen pada kekayaan hayati negeri kita sendiri, cara ekstraksi yang tepat dan aman untuk masing-masing pigmen yang ditemukan, karakterisasi pigmen tersebut, serta aplikasinya pada proses pengolahan makanan. Selama ini pengujian penambahan pigmen alami masih sebatas pada pengaruhnya pada tampilan warnanya, informasi tentang stabilitas warna akibat penambahan tersebut dengan perbedaan pH, suhu pemanasan media, tingkat kelarutan pada suhu tertentu dan kondisi penyimpanannya (Lee and Wicker, 1991 ; Hendry and Houghton, 1996 ; Nollet, 1996 ; Nurika, 2000). Beberapa enzim yang mempengaruhi perubahan warna pigmen antosianin adalah polifenol oksidase, antosianase dan peroksidase ( Eksin, 1990 ). Antosianin pada media yang memiliki pH 1 – 4 menampakkan warna merah, dan jika lebih dari 4 menjadi tidak berwarna (Shi et al., 1992 ). Pigmen klorofil efektif digunakan pada media yang memiliki pH 7,8 – 8,4 (Juliani dkk., 1995). Selama proses pengalengan, pH kapri turun dari 6,6 menjadi 6,1 maka warna hijau menjadi pucat kecoklatan.

Beberapa judul penelitian pewarna alami yang disajikan dalam seminar nasional ketahanan pangan di universitas brawijaya 14 agustus 2008 (penelitian dari ebrbagai perguruan tinggi)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT PENANGKAL RADIKAL BEBAS EKSTRAK BUNGA KECOMBRANG (Nicolaia speciosa Horan) METODE TEAC (Trolox Equivalent Antioxydant Capacity)

PENGARUH JENIS PELARUT PADA PROSES EKSTRAKSI TERHADAP KUALITAS PIGMEN BUNGA TURI (Sesbania grandiflora (L) Pers

Ekstraksi Zat Warna Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa Linn.) Sebagai Alternatif Pewarna Alami Bahan Pangan

BIOPIGMEN BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL (dalam kualitas dan ketahanan pangan)

ANALISIS KANDUNGAN SENYAWA KATEKIN PADA TEH HIJAU DAN SEDUHANNYA

KANDUNGAN DAN ISOLASI PIGMEN PADA SELAPUT BIJI KESUMBA (Bixa orellana L.): POTENSINYA SEBAGAI PEWARNA ALAMI MAKANAN

Feo-Pigmen : Senyawa Antikanker Non-Polifenol Pada Teh

Pengembangan Bahan Makanan Pokok yang Mengandung Pigmen Karotenoid: Potensi sebagai Anti Penuaan Kulit

Kajian Potensi Pigmen Astaxanthin dari Alga Hijau Haematococcus pluvialis sebagai Antioksidan

72 thoughts on “PERKEMBANGAN PENELITIAN PEWARNA ALAMI

  1. asl.wr.wr.
    saya sedang penelitian tentang warna dging ayam kedu. bagaimana pengaruh penggorengan, pengkukusan dan pengovenan terhadap warna daging ayam kedu hitam?

  2. yang ditanyakan apanya? kalau pengaruhnya ya dpat dilihat langsung. hanya haemaglobin disitu berubah jadi apa. apa pengaruhnya itu yangn anda teliti kan? semoga berhasil, andaipun tidak sampai ke senyawa apa yang terbentuk.

  3. menurut Anda, apakah pigmen karotenoid dari wortel dapat diaplikasikan sebagai pewarna getuk? saya juga ingin mengetahui bagaimana cara menentukan stabilitas pewarna alami, khususnya beta karoten, yang telah diaplikasikan ke produk pangan, berdasarkan pengaruh suhu dan cahaya. terima kasih.

  4. karoten dapat diaplikasikan ke berbagai produk pangan. pada produk pangan padat warna lebih stabil, ini yang pernah saya lakukan, karena cahaya sangat mempengaruhi ketahanan produk ini. pada kondisi cair hasilnya dapat berubah. pda aplikasi ke kue dan permen warna bertahan cukup lama selama umur produknya. hanya saya waktu itu pakai karotenoid dari jamur bukan wortel. tapi pada dasarnya ga begitu beda. apalagi dari wortel sangat mudah dipalikasikan.

  5. saya tertarik dengan tulisan bpk (atau apa saya panggilnya?). saya mahasiswa unsoed. terkait masalah pengekstrakan. apakah bapak tahu pengenstrakkan antosianin pada kacang kedelai hitam? saya butuh jawaban bpk. ini email saya. terimakasih

  6. Cara ekstraksi antosianin pada semua bahan hampir sama. yang paling umum dengan metanol atau alkohol tapi dapat pula digunakan petroleum eter 2%.

  7. Saya Mahasiswa UNRI, saya mo penelitian tentang pengaruh penambahan bayam, wortel dan jagung dalam pakan untuk meningkatkan kualitas warna ikan Plati Pedang, mo tanya apakah kandungan pigmen wortel dan jagung?

  8. pada jagung dan wortel yang utama adalah carotenoid teruatama beta karoten. baik untuk meningkatkan intensitas warna kuning pada telur tapi tidak tahu kalau untuk ikan. saya juga tidak tahu ikan plati pedang. dapat kirim foto?

  9. pak,saya ingin bertanya,,kbetulan saya tertarik dengan pewarna alami,seperti kubis merah,dll. yang mau saya tanyakan, bagaimana caranya menstabilkan pewarna kubis merah (antosianin) dalam produk pangan? karena setau sy antosianin tidak gampang stabil..jika sdh distabilkan,apakah akan mmpngaruhi karaktristik akhir produk pangannya? thanx b4..

  10. di Malang pada tanggal 14 Agustus 2008 ada seminar nasional tentang ketahanan pangan, banyak sekali naskah tentang pewarna alami dari ebrbagai perguruan tinggi. silahkan hadir. ini saya lampirkan leafletnya.

    salam
    nur

  11. assalamu’alaikum wr. wb.
    pertanyaan saya:
    1. apakah bapak yakin akan perkembangan pewarna alami kedepan?
    2. apakah masih banyak penghasil pewarna alami di indonesia yang belum tereksplorasi?
    terima kasih

  12. ada dan banyak dikembangkan. sebentar lagi di malang ada seminar nasional ketahanan pangan. lebih dari 20 judull tentang ini. akan saya tulis judul-judul di blog ini.

  13. yang saya tanyakan,
    apakah bpk memiliki artikel mengenai pewarna alami yang diperoleh dari mikro alga, dan apakah proses untuk memperolehnya sama dengan pewarna alami dari tanaman tk. tinggi? jika ada dan bpk berkenan apakah saya bisa memperoleh artikel atau jurnalnya?

    trims (jen)

  14. secara pribadi saya tidak memiliki tapi mungkin dapat mencarikan jurnal jikadibutuhkan atau dapat hubungi jurusan biologi UKSW salatiga disana ada konsentrasi khusus tentang pigmen

  15. saya sedang ingin meneliti ttg pewarna alami dari tanaman angsana/ sono kembang (Pterocarpus , spp), yang getahnya berwarna merah maron, yang saya ingin teliti adalah pengaruh intensitas warna merah terhadap umur pohon dan jenis spesiesnya. Tolong pak, kalau ada penelitian dalam atau luar negeri yang serupa itu, saya dikasih infonya, karena saya belum memilki refrensi yang cukup. Terima kasih

  16. asslm, pak saya mahasiswa USU. Kuliah saya dibagian gizi masyarakat. kira-kira isu apa ya pak yang saat ini lagi marak berkenaan dengan keamanan pangan sehingga bisa menjadi judul untuk tugas akhir saya

  17. asl.wr.wb. menyambung penelitian saya tentang pengaruh metode pemasakan terhadap warna daging ayam kedu, saya masih penasaran dengan apa penyebab warna hitam pada daging ayam kedu hitam ? lalu, dapatkan bapak memberi tahu cara menganalsis kadar pigmen melanin?

  18. Pak,mohon dibantu,apakah untuk melarutkan warna hijau dari daun pandan kedalam air perlu menambahkan asam pekat & berapa konsentrasinya?terima kasih atas jawabannya

  19. saleum,,mohon bantuannya,,saya ingin mengekstrak karoten, klorofil n pigmen2 pada alga,,,baik’a pakai metode apa ya pak?? bingung pak,,,bukan bidang saya,,

  20. Ass. ekstraksi pigmen alami dari bunga2an apa aman smua? adakah kemungkinan ikut terekstraknya senyawa2 lain yang berbahaya(yg bersifat racun) yang terkandung dalam bahan jika ekstrak itu akan digunakan untuk campuran bahan pangan? mhn penjelasan. trm kash. wass

  21. jika untuk cara sederhana maka sering digunakan bunga-bunga yang tidak berbahaya jika dikonsumsi. tergantung cara ekstraksinya. namun komponen racun bisanya sangat sedikit kecuali dari tanaman yang memang diketahui beracun atau mengandung racun

  22. makasih, smoga memang ada manfaat. semoga sukses selalu setelah lulus dan jangan lupa untuk berbagi pada sesama karena kita bisa bahagia juga adanya sesama. kebahagiaan sejati adlah ketika melihat orang lain bahagia.
    salam
    nur

  23. assalamu alaikum wr.wb
    apakah bapak memiliki artikel tentang pewarna pada ubi jalar ungu dan buah duwet/jamblang?
    karena referensi yang saya dapat masih kurang.
    saya mohon bantuannya.
    trimaksih sebelumnya

  24. Salam, kami mohon bantuan saking Bapak, yakni tentang kembang pulu/carthamus tinctorius dimanakah kami bisa mendapatkannya? Maturnuwun…billahittaufiq wal hidayah tsuma salamualaikum

  25. ass…pak, dimana saya bisa mendapatkan makalah lengkap pada prosiding Semnr Ketahan pangan (14 agustus 2008) yang menyangkut ttg pewarna alami. Saya dengar waktu itu peserta juga dibagikan soft copy nya. kalau boleh, saya bisa mendownload? terimakasih. ttd, yanti, peneliti kebun raya purwodadi (alumni THP Brawijaya). wass..

    • ada di saya harganya Rp 60 ribu. jika dikirim harus tambahk kirim jadi 75 rb. kalau purwidadi mampir saja ke malang. Insya Allah masih ada.

  26. Assalamualaikum…..
    Pa saya mahasiswa Teknologi Pangan saya sangat membutuhkan buku tentang pigmen karangan Ir Elfi Anis Saati MP dan isolasi zat warna untuk referensi Tugas Akhir saya, saya sudah mencari ke toko buku tapi tidak mendapatkannya.

  27. Assalamalkm, maaf pak saya tertarik dg makalah tentang pewarna alami yg bapak tawarkan 75rb, utk prosedur pembeliannya bagaimana ya pak? Trimakasih (Saldi Lesmana, Mahasiswa Universitas Djuanda)

  28. Assalamalkm, maaf pak saya tertarik dengan makalah tentang pewarna alami yang bapak tawarkan 60 ribu,saya kebetulan domisili di Malang.apakah ada ttg mikroalga?

  29. Assalamalkm, maaf pak saya tertarik dengan makalah tentang pewarna alami yang bapak tawarkan 60 ribu,saya kebetulan domisili di Malang.apakah ada ttg mikroalga?menghubungi siapa kalau beli,apakah masih ada

  30. assalamalkm, pak saya mohon bantuannya, saya mahasiswa sems 6 yang sedang mencari tahu cara pengambilan kandungan antosianin dari bunga rosella dan apakah suhu berpengaruh dalam prosesnya pak??
    terima kasih. selamat menunaikan ibadah puasa.

  31. assalamualaikum wr. wb.

    taqabbalallahu minna wa minkum wa shiyamana wa shiyamakum.

    nderek langkung Pak Nur…

    saya masih mencari info tentang KEMBANG PULU / CARTHAMUSTINCTORIUS.

    lewat menika majlis yang mulia, saya baca ada Mas Dasri yang rupanya hendak membantu saya.
    mohon tempat sekedar untuk Mas Dasri menghubungi saya di email : hanafidyer@gmail.com

    matur nuwun

    wassalamualaikum wr. wb

  32. pak sya minta tolong apakah bisa dikirimkan makalah bapak yang berjudul analisis kandungan senyawa katekin pada teh hijau dan seduhannya. sangat penting untuk kuliah saya. bisa dikirim ke email saya meytha_rini@ymail.com saya ucapkan terima kasih

  33. assalam pak, saya mahasiswi farmasi depkes. saya akan meneliti tentang zat warna pada terong belanda untuk di buat sebagai pewarna pada suspensi. bagaimana cara ekstraksi yang paling bagus agar hasil yang di peroleh lebih optimal?dan di mana saya bisa memperoleh literatur tentang itu?tolong kirim ke alamat saya di egevega@yahoo.co.id
    terima kasih..

  34. assalamu alaikum.wr.wb. Yth.Pak Nur..
    Maaf pak,apakah saya masih bisa memperoleh prosiding seminar ketahanan pangan, 14 agustus 2008. Kalau masih tersedia,bagaimana saya bisa mendapatkannya?
    terima kasih
    satrie

  35. Assalamualaikum..
    Pak, saya tertarik untuk mengembangkan pigmen antocyanin dari rosella sebagai salah satu bahan dalam kedokteran gigi. Apakah ada referensi buku atau jurnal yang bisa menjadi rujukan untuk itu??Bisakah saya berdiskusi dengan bapak mengenai metode ekstraksi dll (menyangkut proses produksi bahan tersebut)
    Terimakasih sebelumnya
    Wassalamualaikum

  36. asslamu’alaikum…
    pak, saya berminat membeli prosiding atau jurnal2 tentang pewarna dimana?
    tlng kirimkan alamt dan no yang dapat dihubungi ke email saya..
    kebetulan saya sedang meneliti rosella..

    • bulan maret lalu Universitas Machung di Malang barusa saja mengadakan seminar Internasional tentang pewarna alami silahkan hubungi Universitas Machung Puncak Tidak Blok N1 malang. panitia dari fakultas apa saya lupa

  37. pak,,saya lagi dalam pra penyusunan skripsi..saya lagi minat pada analisis pewarna alami..kr2 ada saran ga dari bapak tentang tumbuhan yang akan saya analisa.mohon petunjuknya y pak..Terimakasih

    • coba gunakan tanaman liar atau lokal yang memiliki warna menyolok, misal dari bunga tanaman pahitan lalu uji stabilitas warna pada berbagai pH dg berbagai pelarut pilih yang baik lalu kembangkan untuk skripsi

      • pak, kemarin dosen saya merekomendasikan untuk menganalisa pewarna alami dari daun darah,,jujur saya baru mendengar mengenai jenis tanaman ini,,rncaana saya pak saya ingin membuat pewarna bubuk alami yang diperkaya dengan antioksidan,,bagaimana menurut pandangan bapak? mohon bimbingannya ya pak,,terimakasih

      • Ekstraksi daun darah (Alternanthera dentata) dengan perlakuan suhu (4, 30 & 60 oC) dan proporsi air : etanol (8:2; 5:5 & 2:8) disimpulkan perlakuan suhu ekstraksi 30oC dan pelarut air:etanol perbandingan 5:5 (v/v) didapatkan kadar betasianin 45,81 mg/100g, persen betasianin terekstrak 81,05%, residu etanol 0,099%, pH 6,68, Tingkat kecerahan 24,4, intensitas warna merah 4,7 dan intensitas warna kuning 7,9
        untuk lebh jelas silahkan hubungi Prof Simon beliau ahlinya atau di http://simonbwidjanarko.wordpress.com/

  38. asslmlkum,,
    pak,saya baru akan melakukan penelitian..
    saya berniat menggunaka buah senggani yang berwarna ungu pekat sebagai bahannya..
    apakah itu dapat digunakan??trim’s

  39. Assalamualaikum Pak,
    Saya mau tanya apakah jamur Phaffia Rhodozyma penghasil senyawa warna karoten dapat di beli atau lebih gampang di isolasi? kalau di isolasi dimana yah pak sumbernya?

    Terima kasih pak sebelumnya

    Wassalamualaikum

  40. saya juga sedang melakukan penelitian tentang antosianin, menurut bapak, dari semua penelitian, seharusnya ke arah mana harus kita kembangkan?
    saya jurusan kimia organik, terima kasih banyak sebelumnya pak..^^
    semoga bapak berkenan membalasnya..

    • salam
      kalau dari kimia organik, mungkin metode untuk lebih memurnikan dan stabilitas selama proses juga ekstraksi dengan pelarut alami atau yang aman

  41. pak sya tertarik dgn judul Ekstraksi Zat Warna Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa Linn.) Sebagai Alternatif Pewarna Alami Bahan Pangan, bgaimana cara mendapatkan fileny?

  42. maaf sebelumnya,
    saya hanya ingin bertanya…
    saya sedang megadakan tugas akhir..
    kira2 bapak bisa menjawab, kira2 apa saja tumbuhan ato buah yang dpat digunakan sebagai pigmen warna merah alami dan pigmen antosianin..
    mohon sekiranya bapak untuk menjawab pertanyaan ini…terima kasih

  43. Assalamualaykum pak,,

    Saya membaca tulisan bpk, dan menemukan bbrp judul penelitian ttg pigmen. Saya membutuhkan penelitian – penelitian tentang pigmen sebagai bahan untuk membuat proposal penelitian yang berkaitan dengan pigmen. Dan saya belum menemukan hasil2 penelitian tsb untuk dijadikan acuan. Apakah bapak bisa membantu saya ?

    mohon bantuannya. saya menunggu email balasan dr bapak

    terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

