RAGI TAPE


Starter yang digunakan untuk produksi tape disebut ragi, yang umumnya berbentuk bulat pipih dengan diameter 4 – 6 cm dan ketebalan 0,5 cm. Tidak diperlukan peralatan khusus untuk produksi ragi, tetapi formulasi bahan yang digunakan umumnya tetap menjadi rahasia setiap pengusaha ragi.

Tepung beras yang bersih dicampur dengan air untuk membentuk pasta dan dibentuk pipih dengan tangan, kemudian diletakkan di atas nyiru yang dilambari merang dan ditutup dengan kain saring. Organisme akan tumbuh secara alami pada pasta ini pada suhu ruang dalam waktu 2 – 5 hari.

Beberapa pengusaha menambahkan rempah-rempah atau bumbu untuk mendukung pertumbuhan mikroorganisme yang diharapkan. Penambahan sari tebu juga dilakukan untuk menambah gula.

Ragi dipanen setelah 2 – 5 hari tergantung dari suhu dan kelembapan. Produk akhir akan berbentuk pipih kering dan dapat disimpan dalam waktu lama. Tidak ada faktor-faktor lingkungan yang dikendalikan. Mikroorganisme yang diharapkan maupun kontaminan dapat tumbuh bersama-sama. Pada lingkungan pabrik ragi, mikroflora yang ada telah didominasi mikrobia ragi. Namun demikian, ragi yang dibuat pada musim hujan akan dijumpai Mucor sp dan Rhizopus sp dalam jumlah yang lebih banyak dan dibutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama.

Jika pasta tetap basah, mikroorganisme tumbuh dan menggandakan diri. Jumlah kapang pada ragi berkisar dari 8 X 107 sampai 3 X 108/g, khamir 3 X 106 sampai 3 X 107/g dan bakteri kurang dari 105/g. Organisme yang menghasilkan tape dengan aroma baik adalah gabungan dari Amylomyces rouxii, Endomycopsis fibuliger dan Hansenula anoma. Untuk tape singkong yang adalah A. Rouxii dan E. Fibuliger

About these ads

156 thoughts on “RAGI TAPE

  1. Ass. Bapak saya seorang anak yang pengen berwirausaha ,, Pak tolong bantu saya, tolong saya dikasih tau cara pembuatan ragi tape dan juga cara pembuatan tape yang benar,, soalnya saya pengen berwirausaha …. Terimakasih buanyak atas perhatiannya… (tolong diirimkan saja ke email saya). was…

  2. waktu smp saya pernah ikut ekstrakulikuler sains club, membuat makanan bioteknologi. saya pernah membuat alkoholo dari sari buah nanas, tapi lupa cara kerjanya. ada yang tauu ?

  3. selamat malam bpk, saya ingin mengetahui apa perbedaan antara ragi untuk roti dengan ragi tape. apakah ragi utk roti dpt di subtitusi dengan ragi tape?

    • Ragi roti terdri dari saccharomyces untukmenghasilkan co2 sehingga roti jd berongga sedsng ragi tape ada mikrobia amilolitik dan pembentuk alkoholserta asam untuk citarasa.tidak dapat

  4. Selmt malam Pak
    Apakah kita bisa gandakan sendiri ragi tape dari 1kg tepung beras campur air gula dibubuhkan sedikit ragi? Trimakasih atas commentnya

  5. Siang pa,,rempah-rempah yg digunakan untuk membunuh bakteri lain itu apa aja ya??lalu komposisi nya bagaimana pa?
    Trimakasih pa.

    • banyak ada lombok, bawang dsb komposisi silahkan dicari tapi tdak wajib ada rempah kok. carilah yang mempunya efek antibakteri ini kata kuncinya

  6. assalamualaikum,slmt sore pak, saya mau tanya, apakah ragi dengan aspergillus sama? bagaimana cara buat aspergillus pak? mohon di bls ke imail saya, trimakasih.

    • berbeda. kalu aspergillus cukup tumbuhkan jamur pada onggok atau singkong lalu dipanen sporanya tambahkan tepung sebagai filer

  7. saya mau beli buku mikrobiologi industri, saya sudah muter muter toko buku sekaresidenan kediri tdk ada. gimana caranya saya dapat bukunya pak? klo boleh tolong saya di kasih no hp bpk, trim.

    • coba pesan via internet lewat alamatnya penerbit andi yogyakarta nampaknyadisana ada pembelian secara online.saya sendiri tidak punya cadangan untuk dijual. sudah habis

  8. di penerbit andi yogyakarta setok buku kosong pakNUR, memang nasib lagi apes, mau kuliah tdk ada kesempatan. mau belajar sendiri tdk ada buku. eneknya gimana pakNUR? yah… smg ALLAH memberi jalan pd hambanya yg lemah ini.

  9. di malang di toko buku Togamas masih ada kalo mau ke malang silahkan atau dapat pula saya belikan harga buku 28rb mungkin ada korting jdi 22.5rb tambah ongkos kirim 15rb kalo beli sendiri lebih murah deh sekalan ke malang. minggu lalu saya lihat ada 5 ex

  10. Selamat malam pak, saya telah baca mengenai ragi proses pembuatannya. ada sedikit yg buat saya bingung adalah,:
    1. setelah ragi di jemur kering, penyimpanannya sebaiknya di ruangan suhu berapa ya pak ?
    2. apakah boleh di paking rapat ( dgn kantongan)dan pada umumnya dpt bertahan berapa lama ya Pak ?
    3. kalau tdk salah baca saya cendawan di ragi senang pada gula, sedangkan air tape kan sudah manis, apa ubi waktu saya lumuri ragi di campur gula dikit, supaya cepat berkembang.
    Atas bantuan info bapak terima kasih banyak.

    • 1. langsung dikemas
      2. boleh rapat dan lebih baik
      3. sebaiknya jangan diberi gula karena akan menyebabkan terhambatnya kapang yg merombak pati dan dapat membuat semut datang. biarlah gula dihasilkan oleh kapang perombak pati sehingga ketika terjadi perombakan bahan menjadi lunak dan bergula. gula akan digunakan organisme lainnya untuk membentuk alkohol, asam dan citarasa
      umumnya orang menambahkan gula di akhir fermentasi misal larutan gula lalu dikemas

  11. MLEM PAK
    SAYA SUDAH PERNAH MENCOBA MEMBUAT RAGI
    TP BLUM SUKSES
    CIRI2 RAGI YANG SUDAH JADI GMN?
    TINGKAT KEKERINGANNYA GMN?
    OIYA APABILA DILAPISI DGN MERANG,OTOMATIS MERANG MENEMPEL DIRAGI,SEHINGGA RAGI KOTOR.ITU SEBAIKNYA GMN?
    TRMKSH SBLMNYA

  12. salam
    ciri fisik memang tidak ada harus dilihat jumlah mikrobnya atau diuji coba. sebaiknya untuk awal jangan tanpa isolasi tapi gunakan ragi baik sebagai bibit. jika merang nempel dapat langsung di atas nyiru atau di atas merang dikasih kain saring

  13. ADA ARTIKEL YG MNJLSKN ADONAN DIKASIH AIR PERASAN TEBU,,APKH BISA DIGANTI DGN AIR GULA?
    RAGI YG SUDAH DICETAK DISIMPAN DALAM RUANGAN DISIMPAN BRP HARI SBLM DIJEMUR?
    DAN JEMURNYA BRP HR?
    MKSH SBLMNY

  14. Assalamualaikum
    Mohon benar agar bapak dapat kirimkan ke email saya cara bikin ragi tape untuk saya usahakan sendiri.Tidak lagi punya kemampuan mencari buku-buku yang bapak jelaskan dan sudah dicoba agar saya dapat mencapai niat dengan bantuan sepenuhnya dari bapak.
    Wassalam

  15. siang pak Nur..
    saya pernah dengar kalo pembuatan ragi tape ditambah bawang putih..fungsinya apa pak??trus untuk membuat peyem pake ragi tape biasa ato ada ragi khusus?kAREna kok peyem tekstur lebih keras dan lebih enak (manis dan tidak lembek) kaya tape pada umumnya..thanx pak….

    • bawang putih sebagai anti bakteri. sptdiketahui bakteri asam asetat adalah penyebab asam pada tape.
      ragi dari berbagai daerah punya karakteristik sendiri2. tergantung juga merk.kalo mauisolasidari sana lalu dipilih yg baik maka dapat dibuat sesuai keinginan

    • ragi kecap pake aspergillus orizae cara isolasi ambil dari bahankecap (ruang fermentasi jamur). pilih yg kehijauan muda lalu murnikan dan cek spesiesnya jangan sampai keliru aspergiluus flavus

  16. assalamualaekum,.,pak sya tanyak apakah ragi tape ini termasuk contok dari bioteknologo,?
    tlong jelaskan dari aspek bio. aspek teknologonya,,?trimakasih

    • kalau bioteknologi diartikan sebagai aras molekuler dan genetik tentunya bukan dan hanya masuk di mikrobiologi industri krn hanya membahas mikroorganisme yang berperan dalam fermentasi tape.

    • cara yg sederhana adalah penentuan alkohol melalui titrasi, atau dengan berat jenis dalam piknometer atau dg GC tergantung ketelitian yang diharapkan

  17. assalamualaikum.
    maf bapk. saya mau coba fermentasi dari sari kulit nanas apa yeast nya dapat diganti dengan ragi roti (fermipan). dan jika dapat, prosesnya dalam keadaan aerob ataukah anaerob. sedangkan menurut literatur yang saya baca untuk fermentasi dengan S. cerevisiae dilakukan dalam keadaan anaerob hanya saja untuk pembutan starter dilakukan dalam kondisi aerob untuk menunjang metabolisme Saccharo. mohon bantuannya. saya tunggu d email saya. wassalamualaikum.

    • 1. dapat karena fermpian adalah saccharomyces cerevisiae top yeast
      2. untuk memacu pertumbuhan khamir maka dibuat strater secara aerob kemudian strater dicampur media fermentasi dan fermentasi dilakukan secara anaerob dengan saluran pembuangan co2.

  18. ass wr wb. salam kenal. blog yang bagus isinya.
    mohon tanya pak, apa cara diatas secara umum bisa diterapkan jika kita ingin membiakkan mikroorganisme yg lain. seperti dalam pembuatan EM4 atau starter kompos/dekomposer ? umumnya mengandung azotobacter, azozpirillium, bacillus, pseudomonas, saccharomyces dalam satu kemasan. kebetulan saya aktif dalam gabungan kelompok tani di desa. menurut saya, kalo kita beli starter terus dari toko kan biaya tinggi ya pak? kalo bisa buat sendiri , insya ALLAH ilmunya berguna buat kami para petani ini. saya tunggu jawabannya ya pak. mohon dibantu kami ini
    terima kasih. wass wr wb

    • jika mikroorganisme banyak dengan kondisi tumbuh yg berbeda spt mikroorganisme yg disebutkandi atas, maka sebaiknya masing2 ditumbuhkan sendiri2 lalu dicampur dengan jumlah sesuai takaran dan di dormankan dengan konsentrasi gula tertentu atau senyawa tertentu shg tidak tumbuh dan akan tumbuh jika diencerkan.

      • salam kenal pak, saya ketua gapoktan roda sejahtera ds tlogopayung plantungan kendal. mohon bisa diperjelas cara mencampur berapa takarannya dan mendormankan mikroba dg konsentrasi gula tertentu. soalnya kami mendapat bantuan dari pemerintah starter bubuk kering yg isinya mikroba diatas, nah kalo kami bs memperbanyak sendiri kan berguna buat kami petani modal dengkul ini pak. bs menghemat biaya perawatan tanaman, maklum pak sekarang apa-apa mahal, mulai dari bibit, pupuk dan obat-obatan. mohon kejelasannya ya pak. terimakasih banyak atas kesediannya utk berbagi ilmu manfaat. smg ALLAH melapangkan rizqi bp sekeluarga amiiin. seandainya tdk berkeberatan bs dikirim via email saya pak, yaitu gapoktan_rodasejahtera@ymail.com. sukses pak

      • jawaban seperti sebelumnya yaitu selahkan analisiskan EM4 ke UNDIP atau mana yang dekat tentang kadar gulanya. di Dinkes kalo bisa juga boleh. lalu coba gunakan itu untuk produk bapak. itu pendekatan paling mudah.karena seharusnya dilakukan penelitian pada kadar berapa paling baik. jika sudah diketahui analisiskan pula kadar gula molase berapa. lalu encerkan molase agar sesuai kadar gula EM4 dan gunakan untuk mengencerkan biakan bapak

  19. ass.. mualaikum ..
    bapak,kalaw boleh saya bertanya neh …
    bisa gak saya tau dari bapak,, tentang nama2 bakteri dan jamur,yang bisa di manfatin dalam pembuatan ragi,yang tidak hanya untuk pembuatan tape ..
    karna saya orang sumatra jadi.. pengen berexperimen,,dengan melakukan permentasi,dengan manfaatkan buah yang ada di sumatra ini .. thk’s ..

    • sebenarnya tergantung lokasi.bakteri untuk dadih juga dapat digunakan untuk buah dengan dibuat sari buah lalu difermentasi menggunakan bakteri dadih secara anaerob. atau dibuat asinan buah dengan cara merendam buah dalam larutan garam 2,5% dan ditutup rapat (jangan ada udara masuk tapi gas dapat keluar akan diperoleh buah dg citarasa spesifik seperti cuka untuk empek2 tapi ada pada buah bercampur rasa asin dan manis. silahkan dicoba

  20. Pak Nur selamt sore???
    kalo bole tau? apakah semua ragi itu ada campuran BAWANG???
    (Soalnya kita n teman2 pada adalah vegetarian..dan tidak mengkonsumsi bawang)
    Thanx u….

    • tergantung perusahaannya, bawang memang sebagai anti mikrobia. apa ragi dikonsumsi, jika sudah jadi tape apa masih dianggap ada bawang saya tidak tahu. krn ini masalah keyakinan.

  21. Selamat Siang ,
    Pak kebetulan saya tinggal di italy , nah disini nggak ada merang. kalau tanpa merang masih bisa jadi? terima kasih

  22. Mohon tanya Pa , saya bermaksud untuk memanfaatkan limbah industri (ampas tahu/kecap) sebagai pakan alternatif untuk ternak bebek saya
    karena saya baca di beberapa artikel bisa dengan menggunakan multi mikroba , saya orang awan pa tidak mengerti perihal fermentasi dengan multi mikroba itu apa , lalu bagaimana cara memperoleh multi mikroba tersebut , mohon pencerahannya pa lebih detil , terima kasih sebelumnya
    apabila bapak berkenan mohon di kirim ke alamat email saya di wanwan_ira@yahoo.com

    salam
    wanwan , bandung

    • multi artinya banyak dimaksudkan agar proses berlangsung baik sesuai yg diharapkan. jika akan digunakan untuk pakan alternatif maka setidaknya harus ada mikrobia harus mampu mengurangi karbohidrat yg ada dan meningkatkan kecernaan protein. tahap awal dapat digunakan ragi tempe dan tape. ragi tempe untuk meningkatkan kecernaan protein sedang ragi roti tape untuk meningkatkan citarasa dan mengurangi karbohidrat ragi tape dapat diganti ragi roti

  23. pa, kalau saya simpulkan sbb:
    1. bahwa untuk fermentasi awal baiknya menggunakan ragi tempe seperti saran bapa.
    sampai proses fermentasi awal selesei brp lama?
    2. untuk fermentasi selanjutnya, berarti saya menggunakan ragi tape / ragi roti. bagaimana caranya dr proses 1 ke 2 apakah ada jeda dulu atau ada perlakuan khusus? dan berapa lama proses ini berlangsung?
    3. mohon pencerahanya, kedua proses di atas tsb bagaimana pengaruhnya thd nutrisi?
    demikian pertanyaan saya mohon penjelasan detailnya, terimakasih sebelumnya.

    salam
    wawan – bandung

    • Penggunaan ragi tempe untuk menghasilkan protein tercerna yg lebih tinggi,setelah 2 hari diikuti penambahan ragi tape atau roti tidak juga tidak apa2 ragi tempe saja sudah cukup kecuali banyak karbohidratnya.

  24. Mohon maaf pa ada yg ketinggalan , saya juga akan menggunakan limbah
    pasar (bekas sayuran, bungkil kelapa, sisa tauge) , apak masih tetap menggunakan ragi tempe ? atau dengan yang lain lagi , mohon infonya
    terima kasih

    wawan

  25. asalamualaikum pak..

    Saya ingin mlakukan fermentasi pada pakan ternak yaitu ampas tahu. Kira2 ragi apa yg paling tepat untuk fermentasi ini pak? Kmudian informasi trakhr yg sya dpatkan rgi yg d pakai adlah multi mikroba, apakan multi mikroba ini sama dgn ragi tape pak?? Mohon onfo dn pnjelasan melalui email ya pak. Trima kasih sblmx. Wassalam.
    . Kira2 ragi apa yg paling tepat untuk fermentasi ini pak? Kmudian informasi trakhr yg sya dpatkan rgi yg d pakai adlah multi mikroba, apakan multi mikroba ini sama dgn ragi tape pak?? Mohon onfo dn pnjelasan melalui email ya pak. Trima kasih sblmx. Wassalam.

  26. ASS.. pak, saya mau nanya,kok filtrat hasil fermentasi kulit pisang raja mnggunakan ragi tape warna kunig filtratnya?terus alkohol yg dihasilkan cuman dikit.. tolong di balas di email saya ya pak leharafom@gmail.com
    judul penelitian saya pengaruh lama fermentasi terhadap kandungan etanol kulit pisang raja…

    • warna tergantung bahan baku jika mudah larut maka warna akan terpengaruhi, namun jika didestilasi tentunya tidak. jika menggunakan ragi tape akan rendah karena mikrobia yg ada macam2 bahkan ada yang mengoksidasi alkohol. sebaiknya menggunakan saccahromyces cerevisiae atau zymomonas mobilis jika untuk bioenergi

  27. jadi untuk memperoleh etanol yg banyak, sebaiknya sy mnggunkan saccahromyces cerevisiae murni atau ragi tape ya pak?btw ada g prosedur bpk mengenail pengaruh lama fermentasi terhadap kandungan etanol kulit pisang raja?saya butuh bantuan dari bapak.. klu ada prosedurnya bpk, tolong di kirim ke email saya leharafom@gmail.com.. mksh sblmnya pak

  28. maksudnya dua-duanya yg bs sy pakai pak filtrat/bubur ataukah ragitape dibndgkn dgn sachromyces murninya?sy bingung pak yg mana pertanyaan sy yg bpk jawab, mksh sblmnya pak

  29. pak mohon infonya, saya menggunakan urea saat membuat pakan limbah agroindustri yg d fermentasi. referensi saya, menggunakan literatur pertanian teknologi yogyakarta, sleman yang menyatakan bahwa fermentasinya menggunakan urea dan ragi tempe yg ingin di tanyakan adalah: perilah fungsi urea dan ragi tempe trhdp pakan limbah agroindustri.
    demikian pak mhn penjelasanya dan pencerahannya, trimakasih.
    apabila bp berkenan mhn d krm k mail saya di uaktri@yahoo.com
    salam aktri.

    • lho mestinya tanya yg di referensi tersebut… setahu saya urea adalah untuk amoniasi jerami… coba gunakan kata kunci amoniasi pada mbah google kan banyak ketemu. Fungsi ragi mungkin untuk degrdasi bahan organik agar menjadi mudah diserap ternak

  30. ass, pak.. emang ketentuannya dalam 100 gr kulit pisang hrs ditambah air 900 mL, dan volume dari cmpuran di tambahkan 10% gula,0,25% amonium sulfat dan 1% ragi roti untuk pembuatan etanol?krn td sy lakukan prosedur ini.. tolong balsannya pak… wass.

    • bukan ketentuan, ini juga sangat tergantung tingkat kematangan pisang sehingga tercukupi jumlah gulanya. kulit pisangdipotong2 atau dihancurkan dan direbus dengan air, kemudian disaring gunakan airnya atau tidak perlu disaring juga dimungkinkan…. ya coba dilihat hasilnya. apakah ditutup dengan baik? juga ada saluran keluarnya CO2

  31. maksud saya pak, apakah ada literatur atau buku yg mengatakan bahwa ditambahakan 10% gula, 0.25%amonium sulfat dan 1% ragi dari volume substrat?krn jgn smpai takaran yg ini sy jadiakan acuan smntara tdk ada literatur yg bs mndukung sy pas ujian hasil pak.. klu ada buku atau artikel bpk mngnai takaran ini tolong di bgi ke sy pak, krn btul2 sya butuh pak.. wass

  32. Assalamu”alaikum Wr Wb
    Bekatul yang sudah difermentasi untuk pakan unggas, apabila diberikan melebihi 75% dari total ransum apakah bebebahaya? Berapa maks % ransum bahan fermentasi yang aman untuk unggas? Apabila berbahaya Apa yang penyebabnya?

    Terimakasih

  33. assalamualaikum..
    pak mau tanya, apa perbedaan antara ragi roti dan ragi tapai?
    apakah mikroorganisme yang terkandung atau apa ya pak?
    slain itu, apakah jenis khamir yang digunakan pada proses pembuatan brem sama seperti pembuatan tapai?

    terimaksaih banyak pak.

    • manfaat ya sebagai agensia pengubah pati dari ketan menjadi gula, alkohol, asam dan citarasa sehingga terbentuk tape oleh aktifitas organsime pada ragi

  34. ass pak.,.
    pak bisa bantu saya tidak, cara mendapatkan buku/artikel/jurnal yang mengulas tentang tapai peuyeum.,
    juga buku indusstri kecil.,.
    trimakasi sebelumnya pak.,.,

  35. Assalammu’alaikum
    Pak saya mau tanya mengenai aktivitas dorman
    bakteri, dorman tersebut apakah karena kepekatan larutan gula /hipertonik,
    atau
    karena bakteri tersebut kekurangan nutrisi untuk mempertahankan hidupnya, sehingga
    menjadikannya dorman
    terima kasih

  36. saya pernah buat ragi dgn bhan jahe, lengkuas dan tepung beras dgn sdikit cmpuran ragi yg sudah jd,,,tp ragi trsbut utk membuat tuak khas suku iban,apakah ragi trsbut,bisa digunakan utk pembuatan tapai singkong,trim ksh atas jwbnya,

  37. Assalammualaykum, Pak saya mau mencoba membuat probiotik dari lactobacillus berupa serbuk, secara sederhana bagaimana cara mengeringkannya menjadi serbuk tersebut, bakteri tidak mati

    terima kasih pak …

  38. pak saya mau tanya kenapa tempat yang digunakan untuk mengeram tapai harus ditutup rapat ? gimana efeknya kalau tapai yang dieram itu terkena sinar matahari ?

  39. ass pak.. saya mau tanya. .
    saya sedang melakukan percobaan mengenai pembuatan bioetanol dari daging buah pisang, untuk proses fermentasinya sebaiknya saya menggunakan ragi tape atau ragi roti ya pak?
    lalu antara sari dan buburnya lebih baik menggunakan apa pak?
    dan apa kemungkinan perbedaan yang timbul jika saya menggunakan salah satunya..
    karena kemarin saya sudah mencoba menggunakan ragi roti dari hasil sarinya, namun hasil alkohol yang saya peroleh terlalu sedikit, sebaiknya bagaimana ya pak?

    mohon sarannya pak.. terimakasih
    saya tunggu balasannya. . .

    wass

    • cek apakah sudah anaerob? juga kualitas ragi, sebaiknya dibuat starter terlebih dahulu…. yaitu masukkan ragi roti dalam larutan gula 10% pada ekstrak taoge. setelah aktif masukkan dalam sari pisang sebanyak 10 % lalu tutup dengan rapat tapi adalah saluran pembuangan gas karbon dioksida

    • ragi tape terutama untuk mengubah pati menjadi gula, alkohol, dan asam sedang ragi jerami umumnya menghasilkan asam laktat juga ada proses amoniasi

    • ragi tape berisi mikroorganisme yang mampu mengubah pati menjadi gula kemudian ada yg mengubah gula menjadi alkohol dan mengubah alkohol menjadi asam sedang ragi roti berisi khamir yang akan menggunakan gula untuk menghasilkan CO2 saat proses pemeraman

  40. Pak bisa dikirimkan ke email saya proses pembuatan wine dari buah2an dan juga ukuran atau takaran untuk raginya tks (saya mau mencoba membuat wine dari buah pala ) Tks

    • tergantung untuk apa? kalau buat tape dengan ragi tempe ya tidak dapat karena mikbianya berbeda dan hasilnya akan berbeda

  41. assalammualaikum
    kira2 fermentasinya berapa hari pak?dan make bahan apa ajah supaya ternak saya cepet besar?
    1butir ragi komposisi bahannya berapa kilogram?
    mohon penjelasannya
    makasih pak nur?

  42. Trimaksih Pak untuk kemurahan Bapak berbagi ilmu melalui blog ini,
    Pak saya mohon info kami mencoba mengolah biakan EM4 dengan menggunakan molase dan air, tapi setiap dimasukkan ke botol jadi menggelembung dan bahkan pecah, bagaimana Pak cara mendormankan mikroba di dalam campuran pupuk cair tsb.trimakasih

    • karena khamir atau yestnya tumbuh baik shg ketika dimasukkan dalam botol akan dihasilkan gas cukup banyak. kalo dibiakan itu artinya siap digunakan. untuk menumbuhkan sebaiknya dalam bentuk agar miring atau ditumbuhkan apda media agar atau media padat atau jika cair tutupnya dari kain kasa

  43. Assalamualaikum…
    saya mau tanya Pak…
    apa bedanya ragi tape, ragi tempe sama ragi instan.??
    kalo buat pertumbuhan tanaman, kususnya untuk media kultur jaringan, bagusnya ragi apa yaa Pak.??

    • ragi tape terdiri dari khamir dan bakteri terutama yang mampu mengubah pati menjadi gula, gula menjadi alkohol dan alkohol menjadi asam
      ragi tempe terdiri dari jamur yang akan membuat biji kedelai menyatu dan menghasilkan protease sehingga kecernaan protein meningkat
      ragi instant? saya kurang paham, kalo yang dimaksu ragi roti maka ia adalah khamir yang akan mengubah gula menjadi gas CO2 dan alkohol sehingga roti menjadi berongga-rongga dan tidak bantat
      untuk kultur jaringan? sebenarnya bukan ragi di atas. karena medianya berbeda

  44. Assalamualaikum pak,saya lagi membuat laporan mengenai perbedaan ragi roti dan ragi tape dalam penggunaannya sebagai starter fermentasi bioetanol.tapi saya bingung pak,faktor ap yang menyebabkan ragi tape dapat mengahsilkan alkohol lebih banyak daripada ragi roti?
    terima kasih.

    • ragi tape pada dasarnya bukan untuk membuat etanol, namun kalau akan dibuat etanol buat dahulu tapenya, lalu dipres, dan cairan yang diperoleh difermntasi secara anaerob sehingga bakteri asetatnya tidak tumbuh, sedang ragi roti lebih memungkinkan untuk bikin etanol namun tidak mampu merombak pati seperti ragi tape

  45. Salam,,
    saya ingin bertanya pak,..
    apakah Ragi tape bisa juga digunakan untuk melakukan fermentasi pakan ternak,
    dan hasil dari pakan itu berbahaya buat ternak ato tidak,
    menginagt ragi bisa di pakai buat membuat tape,roti,dan makanan lain yg tidak berbahaya untuk manusia…
    Terimakasih..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s