Amilase


Amilase (alfa, beta dan glukoamilase) merupakan enzim yang penting dalam bidang pangan dan bioteknologi. Amilase dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti tanaman, binatang dan mikroorganisme. saat ini sejumlah enzim amilae telah diproduksi secara komersial. Penggunaan mikrobia dianggap lebih prosepektif karena mudah tumbuh, cepat menghasilkan dan kondisi lingkungan dapat dikendalikan.

Produksi enzim amilase dapat menggunakan berbagai sumber karbon. Contoh-contoh sumber karbon yang murah adalah sekam, molase, tepung jagung, jagung, limbah tapioka dan sebagainya. Jika digunakan limbah sebagai substrat, maka limbah tadi dapat diperkaya nutrisinya untuk mengoptimalkan produksi enzim. Sumber karbon yang dapat digunakan sebagai suplemen antara laian: pati, sukrosa, laktosa, maltosa, dekstyrosa, fruktosa, dan glukosa. Sumber nitrogen sebagai suplemen antara lain: pepton, tripton, ekstrak daging, ekstrak khamir, amonium sulfat, tepung kedelai, urea dan natrium nitrat.

Dalam proses produksi selain bahan baku, maka yang juga perlu diperhatikan adalah mikrobia yang dipakai dan faktor lingkungan. Parameter-parameter yang perlu diperhatikan adalah suhu dan lama inkubasi, kelembapan, pH awal, jumlah inokulum dan sebagainya.

pada akhir fermentasi maka biomass padat yang dihasilakn dicampur dengan aquadest dan digojog kuat (blender) kemudian disaring. Ampas yang ada dicampur lagi dengan aquadest dan diperlakukan sama. filtrat yang diperoleh  kemudian disentrifugasi 10.000 rpm selama 15 menit dan supernatan yang jenrnih digunbakan sebagai sumber enzim kasar.

Sumber enzim kasar dapat diukur aktivitas enzimnya denngan cara campur enzim dengan larutan soluble starch 1% dalam bufer sodium asetat 0,1 M (pH 6,0) pada suhu 50 C selama 5 menit. Ukur glukosa yang dihasilkan. Satu unit aktivitas dijabarkan sebagai jumlah enzim yang memberikan 1 mg glukosa per menit pada 50 C.

anda tertarik?

Lampiran Jurnal:

1. amylase

51 thoughts on “Amilase

  1. wah ini bagus sekali memberikan pengetahuan kepada peminat serta cara pembuatan enzim.

    kalo mau beli enzim amilase ini dimana ya?

  2. anda dapat beli di toko bahan kimia, umumnya pesan lebih dahulu cukup mahal. murah kalau bikin sendiri tapi untuk dijual butuh berbagai analisis pendukung yang cukup mahal.

    • pak, sy mahasiswa semester akhir dr salah satu universitas negeri di surabaya.
      sy membutuhkan enzim amilase untuk penelitian.
      mohon infonya pak, suplier bahan kimia mana yg bisa sy hubungi utk mendapatkan enzim tsb? (beserta CP nya)
      krn sy sdh cari ke banyak suplier bahan kimia tetapi belum dapat hingga sekarang.
      terimakasih..

  3. blog ini manfaatnya bagus banget, perlu dikembangkan ke depannya nih
    saya kebetulan mengerjakan tesis mengenai pemurnian dan pemekatan enzim alpha amilase menggunakan membran ultrafiltrasi yang mungkin kedepannya nanti membran yang saya pakai adalah membran electro-ultrafiltrasi

    salam kenal
    Adi Permadi

  4. inget bgt pas ngerjain PKM pusing cari enzim alfa amilase dan glukoamilase gak dapet2x, semua penjuru di cari2x tetep aja gak ada, persediaan sangat terbatas. alternatifnya produksi sendiri dah!

    btw pasar enzim di indo sepi ya!

  5. Bagus sekali info ini Pak. Bagaimana cara buat Enzim Amilase? Dan bagaimanakah cara membuat pupuk kompos dan Probiotik dengan enzim Amilase dan Enzim lainnya?
    Terimakasih Pak

  6. saya sedang mencoba membuat bioethanol, kendalanya sama dengan yang lain yaitu enzim alfa amilasenya mahal. bagaimana cara membuat enzim tersebut berikut prosesnya. kalau untuk merubah dari serat ke karbohidrat pakai enzim apa?. Thank’s infonya

  7. aslmkm

    pak saya mohon bantuane…

    saya mw penelitian pembuatan enzim amilase dengan media jerami padi.. kira2 itu memungkinkan ga ya???
    kalo emang bisa gimana caranya??
    apa ja yang perlu disiapkan dan metodenya bagaimana??
    terima kasih banyak

  8. saya mau tanya dalam uji aktivitas enzim, penambahan larutan penyangga padapH tertentu itu gunanya apa ya??intinya kegunan larutan penyangga dlm hal ini??

  9. amilase biasanya pada medium yang banyak mengandunng pati bukan jerami padi, ini juag erkait dengan cara produksi. untuk pemsaran tentunya dimurnikan dulu, uji aktivitas enzim memang harus pada pH optimumnya agartahu besarnya aktivitas. mohon maaf ini jawab langsung beberapa pertanyaan. terlambat pula jawabnya.

  10. ass… sy mau screening bakteri penghasil amilase, mau tanya kira iodium yg diteteskan ke koloni berapa konsentrasinya? dan pati yang digunakan biasanya apa ya? terimakasih,,,

    • umumnya media yang digunakan adalah soluble starch dan yod kecil jasa maksimum1 % sebaiknya telah dibuat master plate sehingga bakteri yang diisolasi tidak mati. gunakan soleble starch dulu yang tumbu di pisahkan dan diuji pada medium terpisah dengan Iod

  11. Pak, saya salut dengan tulisan2 bpk…mohon di terus kan…!!
    Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :
    1. Mohon saya dikirimkan email cara mendapatkan/mengisolasi bakteri/jamur penghasil enzim amilase dgn bahasa yg mudah.
    2. Jawaban bpk
    “jawaban ada di artikel tentang produksi amilase. semoga bermanfaat.” –> 7 Jan 2009.
    Saya cari artikel tsb dimana yah..? Gak ketemu ketemu.

    Terimakasih sekali jika bapak bersedia membalas ke email saya.

    Unggul J
    jagooan@yahoo.com

  12. pak saya mau produksi bio etanol sendiri dengan bahan baku ketela gendruwo,jadi saya butuh enzim alpha amilase dan glukose amilase..dimana saya bisa dapat??
    apa bapak juga jualan..hargaynya berapa..saya butuh infomasi seceparnya pak…….
    thanx

  13. Mikro apa yang digunakan dlm pembuatan amilase?
    Saat sudah menjadi amilase (sbg produk) apa amilase punya potensi bahaya (terutama bahaya mikro)?
    Apakah mungkin mikro yang digunakan untuk menghasilkan amilase terbawa dan menyebabkan bahaya?
    Berapa jml mikro yang mungkin terbawa?

    Terima kasih..

    • banyak sekali.
      setelah jadi amilase mestinya tidak ada mikrobianya.
      bahay bagi mikro? setahu saya kok tidak.
      penghasil amilase ada yang bahaya ada yang tidak tapi tidak terkait dengan produksi amilasenya

      • Terima kasih sebelumnya atas jawabannya, Pak.

        Tapi lewat discuss saya dengan seorang tmn bbrp wkt yang lalu,
        dia menyebutkan bahwa amilase sangat potensi terdapat mikroba
        krn kaya akan unsur c.
        Biasanya mikroba yang tumbuh bisa TPC atau mould.
        Apa itu benar?
        Apa ada rekomendasi literatur yang bisa saya baca mungkin, Pak berkaitan dengan ini? Literatur yang menyatakan bahwa ada kemungkinan mikro tumbuh pad aenzim alpha dan beta amilase.
        Karena sebenarnya saya juga butuh jumlah rata-rata mikro yang tumbuh pada kedua jenis enzim tersebut.

        Sekali lagi terima kasih.

  14. Aslm..sblumny mksh pak ud bnyk mmberi infrmasi trutama dlm bdang mikroindustri, smga dpt mbrikan kmajuan da kontribusi dlm pkembngan p’industrian d indonesia,
    sy mw btnya ni pak, bgaimana prosedur pngukuran aktivitas hidrolitik enzim glukoamilase dgn mnggunakan metode Smogy-Nelson
    terima kasih…
    wssalam,

  15. Salam kenal dari Kediri…
    Siip banget atas forum yang mencerahkan ini,sehingga bagiku yang cuma tamatan sma sedikit banyak menjadi tahu enzym alpha amilase.
    Mohon info pembuatan mocaf(modified cassava flour) dengan menggunakan enzym alpha amilase atau ada cara lain yang lebih murah dengan hasil yang optimal?
    Trim’s banyak pak.

  16. pak… kenalkan saya seni,,pak saya mau melakukan penelitian mengenai enzim amilase kasar,,, apa beda ya pak uji aktivitas dan uji gula reduksi untuk alpha,beta sama glukoamilase ??? pak saya bns minta tlg ada prosedur dari masing2 pengujian amilase di atas pak?? terimakasih kalo bisa saya cantumkan alamat email saya pak.
    seni_seo89@yahoo.com
    makasih ya pak sebelumnya,,,

  17. selamat sore……………..
    saya pa deni dan saya sedang mencari dan membutuhkan alfa amilase dan enzim amiluglukoside untuk analys mohon kiranya bapak dapat membantu saya.
    Atas perhatian dan kebijakan bapak kami ucapkan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

