Hindari Mengonsumsi Ikan Sapu-sapu


KOTA- Masyarakat sebaiknya waspada dalam mengonsumsi ikan sapu-sapu yang ditangkap dari Bengawan Solo. Sebab, ikan itu yang merupakan biota perairan di sungai tersebut telah tercemar logam berat seperti tembaga (Cu), kadmium (Cd), dan timbal (Pb).

Demikian antara lain kesimpulan hasil penelitian dua mahasiswa, yaitu Ristyana Eko Setyarini dari Fakultas Ilmu Kedokteran UMS dan Uning Susilowati -mahasiswa D3 Kesehatan Lingkungan UMS.

“Ikan sapu-sapu merupakan biota yang mengonsumsi endapan Bengawan Solo. Endapan itu tercemar logam pada konsentrasi yang relatif tinggi, sehingga polutan itu masuk dan terakumulasi di tubuh ikan sapu-sapu,” kata Ristyana Eko Setyarini, baru-baru ini.

Ristyana memaparkan, apabila di dalam tubuh makhluk hidup telah terkontaminasi logam berat dalam jumlah besar, akan dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan.

Dampak yang ditimbulkan oleh tembaga adalah kerusakan hati, sedangkan untuk logam kadmium berdampak antara lain penyakit ginjal, gangguan lambung, dan kerapuhan tulang.

Anemia

Selain itu, juga berkurangnya haemoglobine darah dan pigmentasi gigi. Dampak yang ditimbulkan timbul antara lain kerusakan saraf otak, anemia, dan kelumpuhan.

Karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran UMS tersebut menyarankan hendaknya masyarakat tidak mengonsumsi ikan sapu-sapu yang berasal dari Bengawan Solo.

Menurut Ristyana, metode yang digunakan untuk meneliti kandungan logam berat pada ikan sapu-sapu tersebut adalah AAS (Atomic Absorbsion Spectrophotometer). Logam berat yang diteliti adalah tembaga (Cu), kadmium (Cd), dan timbal (Pb).

Dalam penelitiannya, Ristyana mengambil sampel di tiga titik, dan setiap titik diambil sampel ikan sapu-sapu tiga ekor. Tiga titik sampel tersebut meliputi DAS Bengawan Solo yang ada di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, outlet Sungai Premulung daerah Bekonang, Sukoharjo, dan outlet Kali Anyar daerah Jebres Solo. Dari penelitian itu diketahui bahwa rata-rata kandungan logam berat.

sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0503/05/slo09.htm

About these ads

21 thoughts on “Hindari Mengonsumsi Ikan Sapu-sapu

  1. yang dipermasalahkan adalah adanya sifat bioakumulatif dari jaringan hewan terhdap senyawa-senyawa tertentu seperti logam dsb. jika ada benyak baru kelihatan akibatnya. itu yang dikhawatirkan bukan dari mengkonsumsi sesaat. ingat ksus minamata, kerang hijau dan DDT. semoga membantu

  2. bagaimana kalau ikan sapu sapu untuk dijadikan tepung ikan apakah kandungan logam berat masih terbawa oleh tepung ikan tersebut? bagaimana pengaruhnya bila diberikan pada ternak

  3. aku suka ada yang peduli me riset ikan sapu2 demi kesehatan masyarakat
    saya memang sependapat dengan peneletian tersebut
    dan jujur saya belum pernah memakan ikan tersebut .
    tapi benarkah ikan sapu-sapu itu ikan konsumsi?

    mas minta tolong kirimin tautan ke alamatku karna artikel mas tentang ikan akan selalu saya nantikan:

    http://4ndybl4ck.wordpress.com

  4. masa mkan ikan sapu-sapu, udc tau itu ikan buat bersihin sungai, msih jg d embat, kkurangn mkanan y ikan samph sampai ikut dkonsumsi, hidieh

  5. saya terkejut waktu liat ikan sapu2,,,hari itu saya pgn plihara,dan saya meminta pada temen saya,waktu itu saya terkejut meluhat ikan itu,,,kalo engk salah ada 2kg berat ikan itu,,cukup besar,,,kok ada ikan mata nya macam babi yy,,,ketika itu saya pelihara ke bak mandi,,,,,2 hari kemudian mati,,,waduh buat kerja ikan itu,,,bauk nya macam bangkai,,,dengan terpaksa saya menguras bak mandi dengan perasaan kesel,,,habis bauk na engk mau ilang2 hampir 3 hari,,,,,

    • Menurut sy, ikan sapu-sapu isa dikonsumsi, sy mlah dari dulu smpai skrang sering sekali mkn bareng tmn2 tohh g ada efek sma skali, rsa’y enak bila tau resep buat masak ikn tersebut soal’y ada (Resep Khusus) buat msak ikan ini jd Enak.

      Dikit info aslkan ikan tuhh alami proses pmbuatan’y n tdk tercemar zat kimia yg berbhaya, wktu proses masak maupun wktu berada di sungai ato peternakan…. tdk mslh buat d konsumsi.

  6. menurut saya itu tergantung persepsi masing- masing bagaimana cara anda-anda semua menyikapinnya, itukan hanya penelitian jadi kita bisa tau kandungan yang terdapat pada ikan sapu…………… itu saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s