Nata deCoco


nata mayang

Nata merupakan produk fermentasi dari bakteri Acetobacter xylinum yang berupa lembaran selulosa dari pengubahan gula yang terdapat pada substrat (umumnya air kelapa tetapi dapat pula dari bahan lain) menjadi pelikel selulosa. Nata ini kandungan utamanya adalah air dan serat sehingga baik untuk diet dan sering digunakan dalam pembuatan dessert atau sebagai tambahan substansi pada koktail, es krim dan sebagainya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan nata di antaranya adalah bakteri, gula dan nitrogen, selain itu harus pula diperhatikan suhu dan pH serta jangan tergoyanng agar pembentukan pelikel berlangsung baik.

Bakteri Acetobacter xylinum adalah bakteri Gram negatif yang dapat mensistesis selulosa dari fruktosa. Selulosa ini memiliki pori melintang pada kristal mini glukan yang kemudian terkoalisi dedalam mikrofibril. Cluster mikrofibril yang ada dalam struktur senyawa yang terbentuk seperti pita-pita ini dpat diamatai secara langsung menggunakan mkroskop. Acetobacter xylinum merupkan suatu model sistem untuk mempelajari nzim dan gen yang terlibat dalam biosintesis selulosa. Jumlah inokulum yang diberikan 10 – 20% dari bakteri umur 6 hari.

Tahapan pembuatan nata adalah: Air kelapa yang telah dibersihkan dari kotoran ditambah gula pasir 2,5% dan amonium sulfat 0,5% kemudian direbus. Setelah perrebusan ditambahkan asam asetat 99,8% sebanyak 0,75% untuk menurunkan pH agar sesuai bagi pertumbuhan bakteri. Setelah medium dingin ditambahkan starter nata (Acetobacter xylinum) dan diinkubasi selama 1 mingu pada suhu kamar. Nata yang terbentuk kemudian dipanen dan lembaran direndam dalam air segar untuk menghilangkan lendir dan asam kemduian dilakukan pemotongan dan pencucian kembali hingga asam hilang. Nata yang telah bersih kemudian diberi sirup ntuk dikemas atau untuk konsumsi yang lain.

Sumber karbon merupakan faktor penting dalam proses fermentasi. Bakteri untuk menghasilkan nata membutuhkan sumber karbon bagi proses metabolismenya. Glukosa akan masuk ke dalam sel dan digunakan bagi penyediaan energi yang dibutuhkan dalam perkembangbiakannya. Fruktosa yang ada akan disintesis menjadi selulosa. Jumlag gula yang ditambahkan harus diperhatikan sehingga mencukupi untuk metabolisme dan pembentukan pelikel nata. Meskipun pada air kelapa terdapat gula namun gula yang ada belum mencukupi untuk pembentukan pelikel sehingga perlu ditambahkan dari luar.

Selain gula, sumber nitrogen merupakan faktor penting pula. Nitrogen diperlukan dalam pembentukan protein yang penting pada pertumbuhan sel dan pembentukan enzim. Kekurangan nitrogen menyebabkan sel kurang tumbuha dengan baik dan menghambat pembentukan enzim yang diperlukan sehingga proses fermentasi dapat mengalami kegagalan atau tidak sempurna. Nitrogen yang digunakan untuk pembuatan nata umumnya adalah pupuk ZA yang relatif murah dan cenderung asam dibandingkan urea.

pH medium dibuat sekitar 3 – 4 menggunakan asam cuka dan suhu inkubasi sekitar 28 – 300C atau suhu kamar dan dijaga dari kontaminan, misalnya dengan ditutup kain saring atau kertas koran. Bak fermentasi umumnya dibuat bertingkat untuk menghemat tempat.

natadesoya

About these ads

334 thoughts on “Nata deCoco

  1. Assalammu’alaikum..

    Saya adalah asisten Bioindustri dengan produk nata de coco. Tapi nata yang saya buat kemarin mengalami kegagalan. Yang mau saya tanyakan :
    1. Bagaimana mengetahui umur bakteri ?
    2. Apakah wadah plastik yang akan digunakan sebagai wadah inkubasi harus disterilisasi?
    3. Untuk menghitung jumlah bakteri yang benar menggunakan media agar apa? Kelompok saya kemarin menggunakan PDA, tapi ternyata ada kapang yang tumbuh disana. Kira-kira apa yang menyebabkan hal tersebut sampai terjadi?

    Terima kasih atas jawabannya.
    Wassalammu’alaikum.

    • assalamu’alaikum wr.wb

      saya adalah seorang siswa yg sedang ikut lomba dan objek yg saya teliti adalah tenteng nata de cassava saya minta tolong saya di beri tahu bahan cara membuatnya?????

      • yang digunakan adalah limbah tapioka. cara buatnya sama dengan coco hanya memang perlu penyesuaian kadar nutrisi dan lingkungan. inilah tantangan buat lomba, harus ada yg menonjol krn kalo hanya nata de cassava di jogja sdh ada yg produksi. misal dapat dikembangkan aroma tertentu saat fermentsai atau setelah fermentasi selesai diinokulasi dengan monascus (angkak) sehingga terjadi serat merah di dalam nata

  2. 1. Umur bakteri terutama untuk starter dilihat dari saat mau dipindah, jika sudah membentuk lapisan tipis di atas maka sudah dapat digunakan. Karena umur bakteritidak dapat ditentukan secara individu
    2. Wadah yang digunakan sebaiknya dibersihkan dahulu misal dengan air panas, juga ruangan sebaiknya tidak tercampur dengan proses lain yang dapat mengganggu. jangan inkubasi di tempat yang untuk lalu lalang karena proses tidak benar-benar steril sehingga kontaminan menjadi mudah muncul.
    3. Untuk menghitung jumlah bakteri sebaiknya menggunakan NA yang ditambah asam sedang untuk jamur sebaiknya pakai PDA atau MEA yang telah ditambah oxytetrasiklin sebagai anti bakteri atau menggunakan media spesifik. Kapng dapat tumbuh oleh beberapa sebab. mungkin lingkungan yang tidak baik dengan kerja yang tidak aseptis, atau memang nata yang dibuat terkontaminasi jamur (penyebab kegagalan?). mestinya kalau fermentasi baik dan perhitungan aseptis maka tidak ada kapang.

  3. ass, langsung aja yaah..,mo nanya neh. bisa ngga sih pembuatan nata dengan bahan dasar rumput laut (RL) yang telah mengalami proses menjadi sari RL atau dari air rendaman RL? kalo bisa konsentrasi bahan yang digunakan sama ngga dengan konsentrasi pada air kelapa.
    terima kasih sebelumnya…
    wass..

  4. pada dasarnya nata dapat dibuat dari berbagai bahan, sama seperti pertumbuhan mikroorganisme yang penting kebutuhan nutrisi terpenuhi dan tidak ada faktor penghambat, maka substrat apapun dapat dibuat. apa tidak rugi sari rumput laut dibuat nata? karena serat dari rumput laut sudah bagus. mungkin yang penting justru bagaimana mengambil sesulosa rumput laut dan dibuat produk seperti nata. itu sebenranya ide yang mestinya dimunculkan. kalau air rendman bolehlah dibuat nata

  5. as.kalau pembuatan nata de soya bahan bakunya dari limbah cair tahu. kira-kira yang dinamakn limbah cair tahu atau whey tahu itu apakah air randaman kedelai atau ampas tahunya? serta berapakah kandungan nutrisi dari limbah cair tahu tersebut?

  6. yang dimaksud limbah cair tahu adalah air sisa proses pembuatan tahu yaitu dari air rendaman, pencucian, dan pemasakan . Air ini memiliki nilai BOD 3000 – 4000 mg/l COD 7000 – 9000 mg/l. selain itu masih mengandung bahan padat 1%. protein karbohidrat dan sebagainya, pH 4 – 6 tergantung industri. limbah ini sebenarnya masih dapat dimanfaatkan karena dari proses yang aman. semoga bermanfaat

  7. Jika saya ingin membuat nata de banana skin, seberapa banyakkah kulit pisang yang saya butuhkan?
    Bagaimana cara mengetahui kadar serat dari nata tersebut?
    Adakah praktek atau cara penghitungan yang pasti?

  8. kuliy pisang yang penting dari pisang masak. jumlah tergantung dari jenis pisangnya. namun umumnya masih butuh penambahan gula untuk hasil yang cukup tebal. pemasakan larutan juga harus diperhatikan terutama jika dari kulit pisang limbah. ini brkait dengan mikrobia kontaminan.
    kadar serat daru nata diukur dengan penentuan serat kasar. atau paling sederhana dikeringkan karena umumnya nata tersusun dari serat dan air namun cara ini ticak valid. cara perhitungan yang pasti ada di laboratorium pada uji proksimat.

  9. untuk pembuatan nata de banana dapat dilihat di canavalers.blogspot.com cari artikel di tahun 2007 bulan september. semoga bermanfaat. maaf saya tidak menulis disini karena sudah ada yang menulis. semoga membantu.

  10. ass Pak,
    terima kasih atas masukan yg Bpk berikan. rumput laut yg sy gunakan adl jenis gracillaria verucosa utk sy jadikan produk nata. perbandingan konsentrasi antara RL dg air adalah 1:1 ; 1:2 ; 1:3 ; 1:10. yg msh sy bingungkan ada pd konsentrasi tersebut. media yg baik itu kental atau encer? klo perbndingan 1:1 terlalu kental. secara logika, air kelapa sebagai media itu encer. minta bantuan Bapak untuk memberikan solusi terbaik.
    terima kasih Pak…
    Wass..

  11. dalam fermentasi nata kebutuhan gula menjadi faktor penting. adakah sumber gula dari bahan yang dipakai? cukupkah gula pada bahan anda? mengenai konsentrasi. dari rumpput laut akan memberikan nutrisi yang baik namun perbandingan tidak menjadi masalah selama nutrisi tercukupi. makin pekat makin banyak nutrisi yang kadang menghambat pertumbuhan. makin encer makin kurang nutrisi maiin tidak mendukung pertumbuhan.

  12. Aslmkm. saya berinisiatif untuk membuat nata dari kulit ketela pohon. kira2 kandungan nutrisi dan glukosanya gmana yaa? apakah harus ada banyak penambahan lagi? syukran

  13. PEMANFAATAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TAPIOKA UNTUK PEMBUATAN NATA DE CASSAVA

    Sardjono Kisman dkk

    FMIPA, ITB

    Limbah cair pembuatan tepung tapioka dari pabrik aci yang dibuang langsung ke dalam aliran sungai merupakan masalah bagi masyarakat dan lingkungan. Cairan limbah ini juga mencemari instalasi pengolahan air minum milik pemerintah, dan menyebabkan airnya menjadi berbau yang sulit dihilangkan. Dampak lain dari pencemaran limbah cair pembuatan tapioka ini adalah terjadinya gangguan ekosistem perairan yang disebabkan kurangnya kandungan oksigen dalam air. Hal ini mengakibatkan BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand) menjadi tinggi. Limbah cair pembuatan tapioka yang mengandung senyawa karbohidrat ini dengan bantuan mikroba Acetobacter xylinum dapat diubah menjadi suatu bahan berupa gel yang disebut Nata de Cassava. Hal ini telah dibuktikan dengan melakukan percobaan menggunakan limbah cair pembuatan tapioka ditambah dengan sejumlah gula pasir (sebagai sumber karbon) dan amonium sulfat (sebagai sumber nitrogen). Hasilnya menunjukkan bahwa limbah cair pembuatan tapioka dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan Nata de Cassava (sejenis bahan makanan) dan dapat diterapkan pada industri kecil pabrik tapioka.

  14. assalamualaikum…
    terima kasih untuk masukan2 yang Bapak berikan. saat ini sy sedang melakukan penelitian tentang nata de seaweed.
    sy mncoba untuk membuat dr sari rumput laut gracillaria verrucosa tp nata hanya jadi lembaran tipis dg tebal 0,1 cm. fermentasi selama 7 hari. percobaan ini sy anggap gagal.
    kemudian sy mencoba dari air rendaman rumput laut selama 2hari , alhamdulillah jadi.
    yg sy tanyakan komposisi yang terkandung dalam air rendaman rumput laut dan prosentasenya?
    bgmn perbandingan gula yg sy pakai?
    apakah sama dg nata de coco?
    Terima kasih..
    Wassalam..

  15. pada air rendaman banyak nutrisi yang terlarut sehingga mudah digunakan oleh acetobacter xylinum. penambahan gula dilakukan apabila dalam analisis pendhuluan dirasa kurang.

  16. Asslmkm…..
    jazklh atas masukannya.
    saya mau tanya lagi. kira2 hal yang paling harus dihindari dalam pembuatan nata itu apa ? terutama agar bakterinya dapat bekerja secara optimal. Trimksh

  17. Assalamualaikum
    jika nutrisi lingkungan sudah sesuai maka pembentukan nata akan berlangsung dengan baik dengan ketentuan hindarkan dari goncangan karena pelikel nata tidak terbentuk dan tenggelam. hindari adanya serangga maka tutuplah dengan kertas koran atau kain agar serangga tidak masuk dan tidak mengkontaminasi. buat luas permukaan yanng besar dan media tidak terlalu tinggi sehingga pada akhir fermentasi semua media menjadi nata sehingga tidak menimbulkan limbah.
    semoga bermanfaat. salam

  18. pak, di jakarta ini dimana bisa membeli Acetobacter xylinum? bentuknya seperti apa ya? biasanya membeli seberapa banyak?

    saya kok pengen ajak anak saya yang masih SD itu untuk mengamati pembentukan nata de coco.

    btw, yang pembuatan nata dari kulit pisang kok sudah tidak ada blognya ya? saya sudah copy paste link yang bapak berikan tapi tidak terbuka.

    terimakasih

  19. untuk di jakarta coba di lab biologi UI. atau di IPB bisanya ada. beli cukup satu tabung reaksi kemudian ditumbuhkan pada botol dan dapat diperbanyak sendiri. atau ibu ke tempat pembuat nata biasanya mereka mau menjual bibitnya walau agak mahal munngkin.
    Jika ibu tidak punya dapat coba buat sendiri dari parutan nanas ambil airnya kemudian biarkan selama dua minggu maka akan terbentuk nata. tapi belum tentu jadi apalagi jika banyak kontaminan. maaf kalau alamatnya tidak dapat diakses lagi. kadang memanng begitu. waktu itu sya bisa.

  20. Terimakasih pak atas infonya.

    Masih tentang nata, ada yang mengganjal di benak saya. kketika saya browsing, seorang teman katanya pakai pupuk urea dalam komposisi pembuatan nata, meski jumlahnya sedikit. Apa betul pak? Bukannya itu buat tanaman ya? Apa tidak berbahaya?

    Mohon pencerahan.

  21. ass. bapak, saya adalah mahasiswa universitas negri di jogja. kebetulan saya ambil jurusan biokimia. saat ini saya mau nyari judul skripsi tentang pemanfaatan limbah bakpia patuk menjadi nata. apa limbah tersebut bisa di manfaatkan menjadi nata? dan apa saja syarat bahan yang bisa dijadikan nata? makasih

  22. Apa yang dimaksud limbah cair perendaman kacang hijaunya? kalau itu dapat tinggal analisis komposisinya apa lalu kekurangannya ditambahkan. saya sarankan coba ditambah gula dari molase pabrik gula. kan disana banyak pabrik gula setidaknya dari madukismo di tirtonirmolo atau ke klaten. agar benar-benar dari limbah tidak daru gula pasir. semoga bermanfaat
    salam
    nur

  23. pak nur ok banget deh tulisanya.kebetulan saya lagi bikin project nata de coco dan pewarna alami di sekolah alam. thanks pak infonya

  24. selamat semoga projectnya sukses. saya bahkan tekankan pada mahasiwa untuk buat nata yang ebrwarna bukan siruonya yang berrwarna.

  25. Ass.,
    Saya pernah membuat nata dari kecambah, hasilnya bagus tapi waktu nyoba dari buah tomat, hasilnya tipis. Saya ingin mencampur antara buah tomat dan kecambah untuk membuat nata supaya pelikel tebal. Bisakah Bapak memberi masukan kira-kira apa saja komponen kecambah yang dapat meningkatkan ketebalan nata de tomato. Trima kasih.
    Wass

  26. keberhasilan dalam pembuatan nata adlah nutrisi. pada kecambah banyak nutrien yang baik terutama sumber nitrogennya sedang dari tomat kurang.pada pembuatan wine sering ditambahkan kecambah karena memang sebagi sumber nutrisi. selama perkecambahan enzim aktif untuk menyediakan nutrisi bagi calon tanaman. ini kemudian dimanfaatkan dalam industri bir.

  27. ass..
    bapak saya mau tany beberapa hal:
    1. Untuk membuat nata, masih adakah zat atau bahan yang harus ditambahkan selain penambahan Acetobacter xylinum?
    2. Bapak tadi bilang untuk membuat nata diperlukan asam cuka, asam cuka dengan kadar berapa pak?atau asam cuka yang biasa dipake penjual bakso?
    3. Acetobacter xylinum juga membutuhkan fosfor untuk dapat tumbuh dengan baik, nah sumber fosfornyanya itu dari mana pak?
    4. Pak sumber karbon didapat dari gula, nah kalo pati bisa g digunakan sebagai sumber gula untuk Acetobacter xylinum?kalo bisa bagm caranya agar pati tersebut bisa digunakan langsung oleh si bakteri?maksud saya apakah pati tersebut harus dipecah dulu menjadi monosakarida atau g?kalo harus dipecah dlu menjadi monosakarida, bgm carany pak?
    5.bgm cara mengenali stater bakteri yang masih produktif?apakah starter dengan umur 6 hari selalu pasti merupakan starter dengan bakteri yg produktif?
    Sekian dulu pak, atas balasannya saya ucapkan terimakasih

  28. Salam
    selain bakteri, maka yang perlu ditambahkan adalah nutrisi bagi hidupnya bakteri tersebut, apa yang kurang itu yang ditambahkan, ibarat kita pelihara ayam maka ayam tersebut harus diberi makan. umumnya ditambahkan gula dan sumber nitrogen misal amonium sulfat juga kadang ditambahkan sumber kalium dsb.
    asam cuka digunakan untuk mengatur pH medium agar kondisi lingkungan sesuai. yang baik adlah asam cuka glasial.
    Sumber karbon adalah makanan bagi bakteri, tergantung bakterinya bisa makan yang mana. xylinum umumnya menggunakan monosakarida atau disakarida dan tidak dapat menggunakan poliskarida seperti pati. kalau akan dipakai pati harus dihidrolisis terlebih dahulu sama seperti kalau mau bikin bioetanol.
    ciri bakteri yang aktif memang agak sulit. tapi kalau buat starter dapat dicermati jika mampu membentuk lapisan nata dengan cepat dapat lihat adanya benang-benang tipis yang bergerak ke atas, maka itu artinya aktif.

  29. Ass,…
    nama saya eva mau tanya tentang apakah kulit pisang bisa dibuat kripik? dan apa saja kandungan yang ada dikulit pisang? sebelumnya terima kasih
    Wass,…

  30. secara teknologi dapat dibuat kripik tapi apa ada yang mau mengkonsumsi? secara etika? nutrisi ada tapi saya tidak hafal. seaiknya untuk sumber energi atau pakan.

  31. ass pak

    saya ingin tahu komponen rumput laut yang terlarut di air rendaman itu apa saja ya?apakah semua komponen rumput laut yang dapat terlarut dalam air? kalau hanya memakai air rendaman dan tidak memakai rumput laut bukannya membuat nata yang dihasilkan sama saja seperti nata yang lain?kandungan serat yang dimiliki oleh nata air rendaman rumput laut apakah lebih tinggi daripada nata de coco, nata de pina, maupun nata-nata yang lain?dan seharusnya saya menguji dietary fiber-nya dan bukan crude fibernya ya pak?sebab banyak penelitian nata de seaweed yang hanya menguji crude fibernya saja

  32. Asslm..
    Pak dlam limbah cair tapioka itu kandungan sianidanya berapa??kalo kadarnya tinggi,apakah tidak berbahaya jika dijadikan nata??gimana cara menguranginya??
    Selain itu, kira2 kandungan gulanya dalam limbah tersebut berapa dan perlu ditambahkan gula seberapa yang paling bagus??
    Terima kasih

  33. kandungan sianida pada limbah cair tergantung varietas singkong yang dipakai. namun sianida mudah rusak saat perebusan pada pembuatan nata sehingga tidak begitu mempengaruhi dan tidak terdapat pada nata yang dihasilkan.
    kandungan gula pada limbah ini sedikit sehingga perlu ditambahkan, maksimal 10%.

  34. Pembuatan nata de banana dari kulit pisang cukup mudah, sbb. : kulit pisang dicuci, dipotong-potong, ditambah air bersih, diblender, direbus, disaring. Ekstrak hasil penyaringan ditambah gula pasir dan pupuk ZA, lalu dididihkan sambil diaduk, kemudian didinginkan. Selanjutnya ditambah dengan asam cuka dan starter nata de coco, lalu dituangkan ke wadah steril setinggi maximum 3 cm, ditutup kertas bersih, lalu inkubasi selama 2 minggu. Starter dapat dibeli di produsen nata de coco, kemudian diperbanyak/diremajakan sendiri.

  35. untuk pembuatan nata sebagai sumber nitrogen digunakan pupuk ZA atau urea. Bagaimanakah keamanan produk nata karena bahan-bahan tersebut bukanlah food grade?Apakah pernah diteliti kandungan bahan berbahaya yang ada dalam nata?
    bisakah diganti dengan bahan lain?

  36. sekali lagi saay jelaskan bahwa urea/za akan dikonsumsi oleh bakteri bukan ada pada metabolitnya. kemungkin ada adalah karena sisa yang tidak dikonsumsi yang umumnya akan hilang saat proses yaitu dari perendaman pencucian dan perebusan, dan samapai saat ini belum diketahi keberadaanya karena jumlah yang dipakai sedikit dan rusak oleh panas. namun kalau mau menelitian boleh juga.
    salam
    nur

  37. Saya mau tanya untuk mendapatkan infrmasi tentang trainer pembuatan nata de banana skin itu bagaimana?
    karena saya membutuhkan informasi dan bimbingan untuk membuat nata de banana skin..
    trima kasih…

  38. untk saat ini kami belum memiliki pelatihan pembuatan nata karena butuh waktu yang cukup lama. misalnya untuk fermentasi saja seminggu. padahal umumnya peserta ingin yang jika selesai langsung tahu hasilnya. inilah sulitnya pelatihan itu. jika hanya demo mungkin mudah.

  39. Pak, saya tertarik untuk memanfaatkan limbah cair dan padat pabrik tapioka, kalau untuk nata de cassava, apakah hanya dari limbah cair saja atau yang padatnya bisa dibuat nata de cassava juga?. saya di daerah bandung selatan, bagaimana caranya untuk bisa menyaksikan demo pembuatan nata de cassava. terima kasih banyak

  40. ass pak.saya ingin bertanya…
    setau saya ketebalan nata diakibatkan oleh konsentrasi bakteri.apakah ketebalan nata dapat dipengaruhi oleh waktu inkubasi???dan jika dapat dipengaruhi oleh waktu inkubasi, faktor apa saja yang dapat mempngaruhinya???
    terimakasih pak.wass

  41. kami sudah melakukan pembuatan nata de coco. di salah satu alat dan bahan yang dibutuhkan, saya menemukan urea. yang saya tahu, urea itu membahayakan bagi tubuh. tapi menurut guru saya,urea malah sangat membantu dalam proses pembuatan,krn itu merupakan makanan bactery acterobacter xylinum. apakah anda dapat membantu saya, reaksi apa yang terjadi dalam pembuatan nata de coco, sehingga urea yang ada dlm nata de coco tidak berbahaya bagi tubuh kita? terima kasih atas bantuannya, pak.

  42. Assalamualaikum,saya siswa SMK N I(STM PEMBANGUNAN)Temanggung.saya mau tanya bagaimana cara membuat nata de cassava secara lengkap pak.di tempat saya belum ada yang mendemonstrasikan cara pembuatan nata de cassava.

  43. Salam kenal Pak dan mohon bimbingannya.

    Saya penasaran inget membuat nata. Namun setahu saya acetobacter xylinum adalah bacteri yg ‘manja’ dan sangat mudah mengalami kontaminasi. Jadi langkah2 sterilisasi apa saja yg perlu dilakukan selain pasteurisasi bahan baku?

    Lalu, apabila saya tidak menemukan starter acetobacter xylinum. Apakah saya bs mengisolasinya dari alam?

    Terima kasih sebelumnya.

  44. pertanyaan ini sebenranya sduah dijawab di komentar di atasnya silahkan dicermati satu pesatu. agar tidak selalu mengulang jawaban yang sama. semoga bermanfaat.

  45. pak, sya mao nanya..
    sya mau membuat nata de banana skin..
    tp sya ksulitan untuk mendapatkan bakteri acetobacter xylinum..
    saya sudah mencoba untuk membuat dari ampas nenas..
    tetapi justru jamur yang tumbuh di situ..
    sebenarnya cara memperoleh bakteri itu dari ampas nenas atau air perasan nenas???
    apakah perlu menambahkan zat-zat kimia?
    selain tempat yang bapak berikan untuk membeli bakteri yaitu di IPB dan lab bio. UI, dimana lagi saya bsa mendapatkan bakteri tersebut??
    terima kasih….

  46. yang dipakai air perasannya bukan ampasnya. air perasan ditambah gula masukkan dalam botol lalu tutup dengan kain saring biarkan hingga muncul nata
    tergantung anda tinggal dimana. di jember atao malang juga ada.

  47. assalamualaikum,
    1.kenapa naata yang saya buat, dengan wadah,larutan,keadaan yang sama kok hasilnya berbeda?
    2.apakah syrat-syarat agar nata yang dihasilkan tidak berjamur dan cuma cairan?
    3. apakah penumpukan nampan juga berpengaruh terhadap nata yang akan dihasilkan
    terima kasih sebelumnya untuk jawabannya
    walaikum salam wr wb

  48. bagaimana cara download nya… bisakah mengirimkan artikel nata ini beserta tanya jawabnya ke email saya?
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih…

  49. Salam
    wadah sangat mempengaruhi hasil, jika wadah tidak steril maka kontaminan akan munculsebaiknya wdah dibersihkan dulu dengan air panas atau alkohol, juga ruangan. Kondisi ruangan dan juga kualitas bibit akan mempengaruhi hasil. sebaiknya bibit dimuali dalam jumlah cukup besar dan secara bertahap digunakan dalam jumlah lebih kecil.
    penumpukan nampak akan mempengaruhi kalau dalam jumlah banyak teruatam akan muncul panas dan lembab yang memicu kontaminasi

  50. Pak saya mohon pemberitahuan dimana saya bisa membeli biakan murni acetobacter xylinum untuk pembuatan nata de coco. saya sudah coba buat dari ampas nenas tapi tidak berhasil.
    Mohon pemberitahuan yg jelas dan contac person untuk beli acetobacter xylinum
    (Dicky – Medan )

  51. assalamualaikum.. mohon diberi penjelasan tentang nata dari sari buah,umumnya media yang cocok untuk mwmbuat nata itu yang bagaimana. terimakasih

  52. nata dari sari buah rasanya kok kurang ekonomis ya karena sari buah sendiri sudah enak, ketika dibuat nata menjadi selulosa yang tidak ada rasanya. jadai sebaiknya media yang digunakan adalah bahan yang tidak terpakai kemudian diperkaya sumber karbon dan nitrogen.
    akan bagus kalau buat nata rasa buah.
    mau?

  53. Pak saya mau tanya, qualitas nata de coco dan nata de banana skin itu sama atau berbeda?
    kalau berbeda apa bedanya? apakah berbeda dari kandungan gizinya atau yang lain?

  54. Lohh.. Pak…??
    Knapa kok Sawi bisa Rugi jk d’buat Nata??

    Em,, Klo misal pKe bahan dasar sayuran…
    sayuran ap yg paling baik utk digunakan?…

    • dalam pembuatan nata yang dibutuhkan hanyalah cairan saja sehingga sayurannya jadi terbuang. sehingga umumnya yang dibuat nata adalah bahan cair yang nilai ekonomisnya rendah, bukan bahan yang bernilai ekonomis. kalau sayuran ya dibuat produk lain yang dapat menggunakan seluruh bagian dari sayuran tersebut baik fermentasi ataupun bukan

  55. Ass
    pak saya mau nanya, klo buat nata dari jambu biji rugi g?sama fungsi dari MgSO4.2H2O apa ya pak?trus kenapa kox perlu ditambah yeast extract atau pepton?terimakasih sebelum dan sesudahnya pak…

    • Masalah rugi atau tidak adalah tergantung dari perbedaan harga bahan baku dan produk. jika harga jambu biji lebih mahal dari nata kenapa harus dibuat nata? tapi kalau tdk ada harganya ya boleh saja. saya sih lebih mneyarankan jambu biji diolah menjadi sirup, sari buah, atau manisan (leather) sehingga bisa lebih mahal.
      fungsi MgSO4 adalah sebagai sumber mineral dan pepton atau yeast ekstrak untuk sumber protein atau faktor tumbuh atau nitrogen. dalam hal bahan baku cukup kaya nutrisi kadang cukup ditambah ZA atau urea.

  56. pak, bagaimana sih, caranya membuat starter Acetobacter?
    Trus cara membuat suspensi bakterinya bagaimana? kan sebelumnya diinokulasi di media agar?
    Apa starter acetobacter harus pake air kelapa? kalau mau buat nata de soya bisa pake air dari kacang kedelainya?
    terimakasih banyak.

    • maaf baru di balas.
      susoensi bakteri dibuat dengan mengencerkan dari agar miring (isolat bakteri) menggunakan aquades steril atau pepton water.
      tidak harus selalu dengan air kelapa pakai apa saja bisa yang penting nutrisi dan kondisi lingkungan terpenuhi

  57. Selamat Pagi Pak,
    Saya ingin mengetahui cara pembuatan nata mulai dari awal. Saya punya beberapa pertanyaan tentang nata
    1. Bagaimana cara memurnikan acetobacter xylinum tersebut ?
    2. Apakah ada perusahaan yang memproduksi nata mentah dalam skala besar/industri, jika ada berapa harganya ?
    Terima kasih atas wawasan yang diberikan.
    e-mail : step_stright@yahoo.com

  58. Selamat malam pak,
    Saya ingin mengetahui tentang pembuatan nata dari awal pembuatan starter. Saya punya beberapa pertanyaan :
    1. bagaimana cara memurnikan acetobacter xylinum dari benda-benda asing yang tidak diinginkan dan apa sumbernya? saya masih bingung
    2. Apakah ada produsen nata yang memproduksi nata mentah dalam skala besar/industri?
    3. Berapa harga nata dipasaran?
    Terimakasih atas wawasan yang bapak berikan.

  59. asw,
    bapak saya mau tanya jika membuat nata dari kulit pisang itu apakah harus disari dahulu kulit pisangnya (disaring setelah diblender) atau langsung saja?
    terimakasih

  60. buat lingga:
    pemurnian acetobacter xylinum dilakukan dengan seleksi menggunakan media dan dengan mengetahui sifat-sifat atau karakternya. umumnya dengan media dan mikroskopis.
    ada perusahaan atau UKM yang memproduksi salah satu contoh addalah binaan saya di jember SMK negeri jember dekat terminal menerima pesanan bentuk lembaran. harga silahkan hubungi sendiri antar penjual tentunya beda

    • Keuntungan dari sisi mana? sebenranya makin tebal nata maka makin banyak air terjerap jadi lebih menguntungan dalam perdagangan. sehingga nata yang tebal dijual dalam potongan kubus sedang yang kecil-kecil atau sisa potongan kubus di jual sebagai serpihan untuk minuman jelly drink biar tidak ada sisa.

  61. tidak ada ketentuan ketebalan nata terbaik seperti apa. pada mulanya dengan ketebalan 1cm yang baik. ini berkait dengan cara mengkonsumsi waktu itu. kini lebih tipipun digunakan yaitu untuk minuman. bahkan produksi nata yang lebih padat (selulosa lebih banyak) mulai dikembangkan untuk membuat kertas kalkir

  62. mssi,,sya lagi buat karya ilmiah nata de pina..!!
    mau tnya kalau ketebalan nata yang baik umum’a dikisaran berapa??
    (kalau d’konversi ke mm)
    terima_kasih!!

    • ketebalan tergantung keinginanan. umumnya dulu orang memilih 1 cm dengan pertimbangan dapt sebagai pengganti kolang kaling sekarang untuk minuman jelli dan dpat disedot maka 0,5 cm pun sudah baik

  63. ass. saya lg buat tugas akhir,
    mau tanya kira2 waktu fermentasi nata yang 1 minggu itu di optimasi menjadi 2 hari atau kurang dari satu minggu bisa gak pak?
    kemudian gimana kemungkinan mengkombinasikan ekstrak cair limbah nenas dan limbah cari pengolahan tahu sebagai substrat tuk pembuatan nata de pina?
    terima kasih

  64. assalam.. pak sy mo tanya. bpk pnya info t4 yang jual nata de coco murni g (maksudnya msh bahan mentah) d daerah jakarta? klo ad tlg kirim alamat & no telpnya. trim’s

  65. pak… saya mau minta tolong. saya mau tanya tentang pengganti Pupuk ZA atau urea sebagai media nitrogen pada pembuatan nata. Kalau pengganti nitrogen alami untuk pembuatan nata seperti ekstrak kacang kedelai apakah bisa digunakan untuk pembuatan nata?
    terus bagaimana caranya membuat ekstraknya dan cara membuat nata dengan menggunakan media tersebut?

  66. ass . .
    pak sy mw tny, knp dlm pembuatan nata hrs pakai bakteri a.xylinum?
    dan untuk mengatur pH mgp menggunakan asam asetat glasial?
    trm ksh sblmny . .

    • ya karena bakteri tersebut yang mampu membentuk selulosa. ada juga yag lain namun belum umum dikita. acetobacter dari aceti maka dia cocok dengan aceta

  67. Ass. Sy di tarakan, KALTIM,
    saya kesulitan mencari starter acetocter xylinum, apakah kalo sy buat sendri dr sari nanas untuk sterilisasi dari kontaminasi bakteri sari nanas nya direbus dulu kah pak. terus untuk amonuim sulfat dan asam asetat nama dagangnya dipasaran yang mudah orang menjualnya apa ya pak. Dan penambahan nitrogen (urea / ZA) dan asam cuka pada saat perebusan air kelapanya kah pak. dan untuk mengukur ph nya pake kertas lakmus nggak mengkontaminasi bibit kah pak. terus bagai mana cara penanaman bibit nya dan konsentrasinya.

  68. Tidak perlu disterilkan tapi gunakan air masak. namanya juga kultur liar, maka ada kontaminan, tapi seleksi denga pH rendah dan asam cuka. amonium sulfat disebut pupuk Za dan asam asetat disebut cuka. penambahan setelah perebusan.silahkan pake lakmus gpp
    cara menanama setelah substrat (air kelapa dll) dimasukkan wadah maka tambahkan bibit 2,5 – 5% lalu tutup dengan kertas koran dan inkubasikan

  69. asslmkum. pak , mau tanya nihh. saya lagi coba coba buat nata dari limbah padat(ongok) dan cair tapioka(nata de cassava). hasilnya , nata yang tebntuk sangat tipis( sisa airnya masih banyak, padahal dah 10hari), kira kira apa yang kurang ya? rumus kimia garam inggris apa ya pak?
    tq

  70. bos mo tanya nih , mo bikin nata dari ubi kayu( diparut). pada waktu sakrifikasikan dipanasin tuh. terjadi penjendalan (jadi kayak tepung kanji /lem). ada ga bahan yang bisa mencegah penjendalan tersebut

  71. assalamu’alaikum?
    pak saya sekarang sedang membangun home industri nata de coco, kami pasarkan dalam bentuk kemasan cup minuman ringan,,namun saya mengalami kendala di proses pewarnaan nata,,,mohon pencerahan bapak bagaimana saya bisa membuat nata menjadi warna-warni,,,dan zat2 apa saja yang perlu ditambahkan,,,tolong dikirim kan pencerahan nya,,,ke email saya : fachri_migas07@yahoo.com
    terima kasih atas pencerahan dan konfirmasinya pak!!
    wassalam..

    • nata jadi sulit diwarna, shg umumnya yg diwarna sirupnya.ada juga yg memeberikan dengan menumbuhkan monascus/angkak setelah selesai fermentasi nata shg terbentuk warna merah seperti serabut. sy tidak tahu apa bisa dengan memberikan tekanan saat memasukkan warna. atau ada cera yg lain, sy kurang tahu.

  72. informasinya bermanfaat pak, terima kasih..
    saya kebetulan juga mau mulai membuka usaha pembuatan nata de coco, ada beberapa pertanyaan :
    1.tempat fermentasi berpengaruh ngga terhadap pertumbuhan nata, tempat fermentasi yang ideal seperti apa.
    2. starter nata de coco apakah akan rusak bila terlalu banyak mengalami goncangan?
    itu dulu pertanyaan saya pak, mohon jawabannya, terima kasih…

    • 1. tentunya ada pengaruh. sebiknya pakai wadah yg tidakmengganggu pertumbuhan bakteri. wadah plastikcukup baik.
      2. bukan merusak strater tapi merusak pembentukan pilikel nata saat fermentasi

  73. assalamu’alaikum….
    pak mohon pencerahan untuk saya,,,???
    saya ingin bangun home industri,,,namun sekarang sebagai batu loncatan kmi berencana memproduksi nata de coco,, namun kmi juga berencana memodifikasi nata untuk minuman2 lain,,,!!
    pak mohon klo ada info2 mengenai minuman yang sangat cocok untuk pengembangan industri kami,,mohon info kan ke email : fachri_migas07@yahoo.com
    juga bila ada resep2 yang boleh saya coba untuk minuman ringan,,,akan sangat menyenangkan bagi saya,,,mohon bapak kirem ke email saya ajha,,,atau call di 085260827461
    terima kasih sebelum nya,,,!!

  74. assalamualaikum…
    Perkenalkan saya andre, salah satu tki yang bekerja di negeri ginseng korea. langsung saja… sepulang dari korea nanti saya ingin membangun home industri salah satunya adalah membuat nata de coco. bisakah bapak membantu saya memberikan informasi tentang pembuatannya via email saya. terimakasih
    wassalamualikum……

  75. pak sy ingin buka home industri ni karena didaerah sy air kelapa bnyak dibuang percuma, sy pngin bikin nata de coco cuma sy bngung tentang bakteri acetobacter xylinum nya bs bantu ndak gmn mendapatkannya, sy ada di daerah jombang jawa timur, makasi

    • untuk Jombang saya kurang tahu tapi kalo di malang coba hubungi Pak Sitrisno dg HP 08123394669 coba beli ke beliau bagaimana cara untuk mengirimnya dan minta juga prosedur pemakaian bibitnya.semoga beliau mau membantu

      • pak, sy sdh coba hub bp. Sutrisno utk dptkn starter nata de coco tp sptnya hp beliau slalu sibuk. Selain bp. Surisno, siapa lg ya di Malang yg pny bibit/starter nata?? maturnuwun

  76. Ass.wr.wb..
    Kalau kita mau membuat nata dari sari kedelai, apakah kedelainya harus direbus lunak lalu diperas (air perasan nya yg digunakan) atau cukup direbus saja (air rebusan nya yg digunakan)?

    Terima kasih sebelumnya. Jazakillah

  77. Ass. Wr. Wb.

    Langsung tanya apakah air limbah pabrik gula (tetes) dapat dijadikan sebagai pengganti gula pasir pada pembuatan Nata de soya (whey tahu) bila dapat berapa perbandingannya ? Akhir akhir ini harga gula pasir tinggi mengakibatkan biaya produksi melonjak. Terima kasih.

    Wassalam. Wr. Wb.

  78. Malam pak,untuk membuat nata de coco apakah ada cara lain dalam komposisinya untuk menggantikan penggunaan gula pasir? Lalu kalo nata ada selaput dan warnanya seperti berkarat, masalahnya apa yah pak?

  79. Numpang promosi pak :
    bagi siapa aja yang ingin berwirausaha di bidang NATA de coco DLL kami melayani Pelatihan, penyediaan/penjualan Bibit ato stater, Penjualan dan sebagainya.
    untuk info lebih lanjut hub:
    0856 4730 2900 ( yanuri )
    0812 1948 9102 ( hartanto )
    Terimakasih……

  80. pak saya mau tanya pada saat saya membuat nata didalam lempenganya terdapat bintik2 hitam kecoklatan berbentuk bulat2 kecil sangat halus dalam jumlah yang cukup banyak, padahal pembutannya sudah dikondisikan cukup ideal baik nutrisi maupun lingkungannya , jadi hal sepertiini dimungkinkan karna apa pak? atas tangga pannya saya ucapkan terima kasih. mohon balasan dikirim ke email saya juga pak.

  81. Pak,dalam pembuatan nata de coco, diantara ZA,urea dan ragi roti, manakah yang paling cepat jadi?Lalu bagaimana cara meneliti kandungan ZA atau urea di dalam nata yang sudah jadi tsb?
    Trimakasih…

    • ZA dan urea ok kalo ragi raoti ya gak bisa malah rusak natanya karena itu mikrobia hidup. cara meneliti kandungan ya uji kandungan, mestinya sudah tidak ada kalo mrosesnya bener

  82. Pak, nata de coco yg saya bikin selama ini memang jadi. tapi yg saya heran, kok ada bulatan bulatan putih di bagian bawah nata nya, lumayan banyak menyebar pak. pertama saya pikir itu wajar, tinggal dikerok aja, tapi ternyata kalo dikerok itu ga bisa hilang. bisa sampe bolong kalo dikerok karena bulatan itu nembus ke dalam daging natanya. rasa nata de coco nya tetep enak sih cuma ga bagus aja diliatnya. saya perhatikan nata de coco komersial yg dijual ga ada tuh bulat bulat putih seperti punya saya. itu kenapa pak ya? gimana cara mencegahnya?

      • susah juga ya kayaknya pak. ini baru skala kecil kecilan aja bikin sendiri di rumah selalu masih ada kontaminan. padahal udah saya rendem air mendidih semua wadahnya pak. gimana kalo produksi masal? kita kerja sendiri aja suka kurang steril apalagi suruh pegawai? hehe

  83. pak nurhidayat, perkenalkan nama saya albert. saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir saya.. saya ingin membuat nata de cassava dari limbah cair pembuatan tapioka. saya ingin bertanya 1. sebenarnya yang dibuthkan oleh acetobacter xylinum untuk fermentasi apa?
    2. limbah cair tapioka perlu treatment khusus atau tidak untuk diolah menjadi nata?
    3. kandungan dari limbah cair tapioka dapat dilihat dari mana ya pak?
    terimakasih banyak atas bantuan dan masukannya

    • 1. yang dibutuhkan A. xylinum adalah nutrisi untuk hidupnya yaitu setidaknya ada sumber gula, baru nitrogen dsb
      2. perlu treatment terutama untuk menyesuaikan kondisi lingkungan
      3. ya yang mendukung nata adatidak nutrisi seperti gula dan nitrogen juga yang lain jika kurang ya ditambahai
      di Jogja sudah ada yang menggunakan atao membuat nata decassava

  84. asslm.. pak, sy mau tanya..
    apa saja faktor yg mempengaruhi kegagaln pembuatan nata dari kulit pisang??
    kenapa pd penambahan air pd pembuatan nata kulit pisang 1:1 lah yg mendekati berhasil jika dibandingkan dg penambahan air 1:2, 1:3, dan 1:4?
    terimakasih

  85. Asw.pak,saya rencananya mw penelitian tentang nata de seaweed.rencana saya asam sitrat yg digunakan mw diganti bahan alami.menurut bpk tumbuhan apa yg mengandung asam sitrat yg baik untuk pertumbuhan acetobacter xylinum?
    saya kn tinggal di palembang, saya masih bingung mw beli bibit A.xylinum dmn.bpk ada contact person tempat pemesanan bibit A.xylinum?
    tlng bls via email desy_anggryani@yahoo.com.makasih pak.

  86. Assalamualaikum bapak Nur, saya termasuk orang yang sangat peduli dengan kehidupan masyarakat dikampung saya, terutama generasi mudanya. Jujur beberapa kali saya prihatin atas ulah mereka. saya mengamati, ternyata mereka melakukan tindakan diluar moral sosial hanya karena mereka menganggur. kebetulan saya berniat untuk membuat produk Nata de coco, dan pernah saya produksi beberapa tahun lalu. namun terkendala oleh pemasaran produk tersebut. Kiranya Bapak Nur berkenan memberikan saya alamat perusahaan yang mau menampung semua produk nata de coco saya. kami bersama team pemuda telah mulai memberikan pelatihan kepada rekan-rekan kami dikampung agar mereka punya kesibukan yang bermanfaat, sehingga pikiran dan tenaga mereka tidak untuk hal-hal negatif. dan Alhamdulillah berhasil, kami sudah mulai memproduksi nata de coco, namun belum tahu kemana menjualnya. padahal saya telah berjanji pada mereka, setiap produk insyaAlloh bisa langsung terjual. mohon kiranya Bapak Nur memberikan infonya. Kami tinggal di daerah Bantul Yogyakarta.

    • sebenarnya bisa dikemas sendiri sehingga lebih mandiri dan tidak tergantung pihak lain. d daerah genteng dekat mandala krida (saya lupa alamatnya) ada pengusaha nata yang juga sudah pernah ke Bantul. mungkin beliau bisa membantu.

  87. saya memproduksi nata de coco lembaran. kemarin saya membuat nata de coco;tapi baru 2 hari tumbuh jamur dan tetap berupa cairan,apa penyebabnya?
    selain itu, nata de coco yang tidak berjamur dan sudah berumur 6 hari, tidak semuanya berubah menjadi nata, tapi bagian bawahnya masih terdapat cairannya, penyebabnya apa?
    terimakasih atas jawabannya.

  88. terima kasih atas artikel pembuatan nata de coconya.
    salam kenal pak Nur.. saya praktisi dalam dunia peternakan kebetulan lagi tertarik dengan protein sel tunggal n mo menggali informasi tentang protein sel tungga.
    Kalo pembuatan protein sel tunggal bentuk cair untuk campuran makanan ternak : sapi, ayam dari bahan molasses, urea dan atau ZA, dan bakteri, pertanyaan saya adalah :
    1. takaran molasses, urea dan / ZA berapa?
    2. bakteri yang digunakan sebaiknya dari golongan apa?
    3. berapa waktu untuk fermentasi yang sebaiknya diperlukan?
    4. Fermentasi aerob atau anaerob?
    Demikian pak pertanyaan saya.
    Terima kasih atas tanggapannya dan sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak.

  89. Assalamualaikum, Pak saya mau tanya,
    1. Kalau sumber nitrogen alami yang dipakai sebagai pengganti urea/za seperti tauge atau yeast aman tidak Pak, dipakai, dan apa tidak ada reaksi samping seperti terbentuk hasil lain yang berbahaya?
    2. Setelah nata dipotong saya pernah membaca suatu artikel kalau dipakai cairan pemutih nata, kandungannya apa ya Pak, dan sejauh mana dampaknya bagi kesehatan?
    Terima kasih jawabannya.

  90. asslamualaikum
    saya sedang membuat karya ilmiah tentang nata. mohon anda bisa menanggapi pertanyaan sya ini ya pak
    1. untuk 800 mL medianya, kira” dibutuhkan berapa banyak gula dan sumber nitrogen?
    2. apakah bisa digunakan madu sebagai pengganti gula?jika bisa, brapa mL yang digunakan?
    3. jika mensterilkan alat” dengan alkohol apa tidak masalah?
    4.jika mengganti ZA dengan sari tauge bagaimana caranya?
    mohon dijawab dengan segera ya pak, dan trimakasih sebelumnya

    • 1. tergantung asal medianya gula dapat sampai 10% kalau ZA hanya kurang dari 1%
      2. pakai madu bisa tapi kalao untuk usaha ya rugi besar krn harga madu dan harga nata beda, kecuali hanya untukpenelitian yg tak bermanfaat
      3. boleh tapi mahal juga mending dengan air panas
      4. lebih baik ttp jmlh lebih banyak

  91. mw tanya lagi….
    bagaimana cara membuat sumber nitrogen dari sari tauge??
    berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk membuat starter dari nanas?
    apa perbedaan sumber nitrogen dari ZA dengan menggunakan sari tauge??
    mohon jawabannya lagi pak. tengs

    • 1. Tauge setelah dicuci direbus dengan air 1 ons taoge dalam 1 liter air, rebus sampai buih hilang. jika air kurang tambahkan lagi. lalu saring.
      2. untuk starter dari nata bisanya seminggu tergantung kondisi, ditandai dengan terbentuknya lapisan tipis
      3. ZA adalah amonium sulfat jadi hanya ada nitrogen dari amonium. sedanng ekstrak taoge selain nitrogen juga ada nutrisi lainnya yang sangat kompleks.

  92. Selamat siang pak, saya membuat nata de coco lembaran.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Saya membuat nata tapi setelah umur 10 hari belum siap panen, masih tipis ( belum rata atas-bawahnya) dan di bagian bawahnya masih banyak airnya. Penyebabnya apa ya pak? dan gimana solusinya?
    2. Apa air kelapa yang digunakan bila sudah berumur lama ( +/- 1 bulan) berpengaruh pada hasil dan ketebalan nata yang saya bikin?

    Terima kasih sebelumnya atas jawaban dari bapak. Dan mohon bimbingannya.

  93. siang pak. sy mahasiswa yg sekrang lg menyusun tgs akhir, yakni pembuatan nata dari cairan kelopak bunga rosela kering dan kelapa dg perbndingan 1:1. dengan variabel berubah adalah pengaruh konsentrasi gula terhdp ketebalan nata, beratn dan rendemen. yg sy mau tyakan..apa bpk pya revrensi yg bisa membantu sy tentang pengolahan nata de rosela?? konsentrasi gula yg sy gunakan 10%, 15%, 20%, dan 25%..apkh dg konsntrasi yg tinggi mempengaruhi ketbln nata. jawabn bpk mhon dikirimkn ke email sy: Florent_cia@ymail.com

    • mohon maaf saya tidak punya karena ekstrak rosela sendiri sudah memiliki nilai jual dan khasiat yg lebih baik daripada nata. jadi rasanya penelitian ini secara ekonomis sih kurang pas tapi kalo malsah bisa ya bisa saja

    • tidak ada syarat khusus yang penting kebutuhan nutrisi dipenuhi sehingga mampu membentuk lembaran nata dan dijaga dari kontaminasi

  94. Pak apakah bisa Nata dari bahan Air Rendaman Pati Sagu?, kalau bisa bagaimana Perbandingan bahan Tambahannya yang tepat?
    Sekalian Pak Bagaimana proses pengeringan nata dan Kadar Air Maksimal untuk pengiriman nata jarak jauh? Misalnya dari Sulawesi ke Jawa, trimakasih

    • dapat tapi karena minim gula maka harus ditambahkan gula dan nutrisi yang lain. di Jogja (daerah Bantul) sudah ada y buat dari limbah tapioka

  95. Assalaamualakum,salam kenal pa. Saya ada rencana bikin usaha nata de coco untuk jumlah banyak.kendalanya bahan dasar air kelapa susah untuk di dapat,sudah coba survei ke pasar pasar,mereka tidak sanggup.kira kira bpk ada saran untuk saya.Terima kasih jazaakalloh wassalamualaikum

    • bahan baku tidakharus airkelapa banyakbahan yg dapat digunakan seperti limbah tempe atau tahu, limbah tapioka bahkan dengan air sumurpun dapat

  96. pak mo tanya saya membuatan nata de coco kalau air kelapanya kecampur air kok ndak jadi ya ……..perlu di tambah apa pak biar bisa jadi .trima kasih

    • sebenarnya tidakmasalah selamanutrisi dan kondisiyang diharapkan terpenuhi. dari air mineral juga bisa dibuat nata apalagi cuma kecampuran

  97. pak mo tanya lagi kenapa hasil nata yang saya buat kok nggak bisa tebal seperti yng saya harapkan kira kira yng kurang apanya ya pak ..1lt air kelapa ,gula 20g,ZA 2.5g,cuka biang 80ml,loyang ukuran standart

      • tanya lagi pak setelah saya membuat lagi kok timbul putih putih di permukaan air kelapa setelah 1hari pak itu kenapa ya pak ……gimana mengatasinya trima kasih atas petunjuknya

      • Pak Nur,

        Kalau jumlah gula yg dipakai 10% apa ekonomis ya? Misal harga Gula Rp. 9.000, 10 % = Rp. 900,- belum termasuk bahan yang lain.

        Artikel Pak Nur di atas menganjurkan pemakaian gula sebesar 2,5 %. Saya copy paste :
        Tahapan pembuatan nata adalah: Air kelapa yang telah dibersihkan dari kotoran ditambah gula pasir 2,5% dan amonium sulfat 0,5% kemudian direbus. Setelah perrebusan ditambahkan asam asetat 99,8% sebanyak 0,75% untuk menurunkan pH agar sesuai bagi pertumbuhan bakteri. Jadi agak bingung. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

      • gula dapat bervariasi tergantung kadar gula di air. kadar 10 % biasanya untuk bahan misal air biasa yg tidak mengandung gula kalau air kelapa mestinya kurang dari itu agar ekonomis namun juga tergantung kualitas dari bibit dan ketebalan dari nata yg dihasilkan dan diharapkan

  98. air kelapa yg dibiarkan biasanya akan dittumbuhi bakteri asam asetat dan sering memebntuk lapisan dipermukaan yg disebut zooglea. tidak apa2 tapi sebelum digunakan harus direbus terlebih dahulu

    • pak air kelapa sudah saya rebus..setelah saya masukkan botul dan loyang kok masih timbul lapiasan putihnya ..pak..persis seperti waktu sebelum di rebus ..sehingga natanya tidak jadi .minta petunjuk trima kasih..

    • sy jg bingung jawabnya, cara buat, cara perbnyak, cara pelihara atau caa inokulasi? lha pertanyaan belum lenngkap. mohon lebih spesifik ya. makasih

  99. Assalamu’alaikum bos, sy mau nanya
    – seminggu yg lalu sy buat nata de coco dan pengandaan bibitnya,
    1. bibit sy kok ga tumbuh nata, di atas cuma ada membran tipis berwarna krem(coklat agak kuning), kalo di goyang hancur, itu apa dan penyebabnya apa?

    2. Oh ya bos, tlng sy di kasih tau apa saja yg menyebabkan kegagalan dalam pembuatan nata de coco, cz sy sudah lakukan sesuai prosedur tetapi masih gagal,..
    mohon bimbingannya.
    terima kasih(^_^),..

    oh ya klo bisa q minta nomer km dong, biar tanyanya lebih jelas,..
    ocre:-)

  100. saya tertarik untuk membuat nata de cassava, krn di bondowoso tmpt tinggal sy, byk skali tdpt singkong. dmn ya bs mendapatkan bakteri untuk pembuatan nata ? trims

  101. pak..saya mau bertanya..jika memang bisa menggunakan kecambah sebagai sumber nitrogen, kira-kira komposisi atau butuh berapa gram kecambah untuk pembuatan 1L nata????

    • rebus kecambah 1 ons dengan 1 liter air sampai buih hilang sekitar 1 jam, jika air berkurang tambahkan lagi. gunakan sekitar 2,5 % rebusan dengan larutan wine

    • halo, saya mau coba jawab kebetulan tugas akhir saya mengenai nata de soya.
      1.Kekerasan tiap jenis nata berbeda-beda. Untuk jenis yang sama juga akan berbeda. Kekerasan nata disebabkan oleh adanya komponen serat yang terdapat dalam nata. Struktur fibril dari serat yang membentuk jaring-jaring akan memperangkap air dan menyebabkan struktur nata menjadi seperti agar, selain itu kandungan mineral yang terdapat dalam medium turut menentukan tingkat kekenyalan atau kekerasan.
      Kekenyalan dan kekerasan dari nata sangat ditentukan oleh adanya serat, semakin tinggi kandungan seratnya maka tingkat kekenyalan dari nata juga akan semakin tinggi.
      2. Alat untuk mengukurnya namanya penetrometer, kalau di bandung alat ini terdapat di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) yang ada di lembang.
      Semoga Membantu.

  102. ass.
    sy mau menanyakan nata dari limbah tahu apakah kualitas dan rasanya sama dengan nata dari bahan kelapa.trs yang dipakai apakah cukup limbah rendamannya saja.
    bagaimana kl membuat nata dari santan kelapa bukan airnya, apakah ekonomis.
    dan mhn info dimana saya bisa mendapatkan bibit Acetobacter sp di daerah malang, trimakasih ….

  103. Ass. Wr. Wb
    pak sy mhsiswa di daerah tasik, dan sekarang sy ingin melakukan penelitian mengenai nata dari biji nangka, yg ingin sy tnyakan:
    1. menurut bpk, apakh biji nangka cocok srbagai bahan baku nata, melihat kndungan dr biji nangka sngt cukup untuk kebutuhan A. xylinum
    2. apakah Asam asetat, asetat sitrat pada pembuatan nata dapat diganti dengan pengasam lain yg lebih alami (misalnya Jeruk nipis). apakah ada syarat khusus pd saat pembuatannya??
    3. Bisa g pak klo selama proses pembuatan (fermentasi) ditambahkan pewarna Alami/ sintetis yg d izinkn?? sehingga diperoleh nata yg lbh berwarna, kl ada pewarna alam/ sintetisapa yg cocok dan aman.
    karena selama ini nata yg di beri warna hanya dari syrup pd proses akhir

    Trma kasih

    • 1. cocok dari segi apanya? nata kan substratnya cair sedang biji nangka padat.
      2.umumnya asam asetat sedang pada jeruk asam sitrat
      3. dapat yg sudah ada adalah setelah nata jadi lalu ditumbuhkan monascus dan terbentuklah serat2 merah

  104. 1. mksdnya sari biji Nangka pak..
    2. iya pak pd jeruk mengandung asam sitrat, apakah bisa jeruk nipis digunakan sebagai pengasam slama proses fermentasi untuk memperoleh pH yg d butuhkan A. xylinum??

    terimakasih pak atas respon nya..

    dan blog bpk sngat bermanfaat buat qt yg Sdng Bljr

  105. iya pak mksih masukannya. tadinya Karbohidrat (pati) dlm biji nangka d hidrolisis dulu/ d invert mnjdi molekul yg lbh sderhana slah stunya Gula, tp itu kyknya tidak memungkinkan buat d bikin Nata! :) :)

  106. pak, sy mw tnya. sbulan lalu sy pkl d t4 pengolahan nata de coco, kemudian melihat penggunaan natrium metabisulfit sebagai media penyimpanan lembaran nata yg sudah d panen sebelum d olah lanjut mnjadi minuman, menurut bapak apakah baik menggunakan natriium metabisulfit sebagai pengawet makanan, mohon dijelaskan pak, yg bisa sy jdikan referensi untuk laporan pkl sy.. trmksh, pak :)

  107. assalammualaikum.

    pak saya heran, mana yang betul nih. semalam saya lihat untuk membuat Acetobacter Xylinum dibuat dari ampas nenas + air + gula dengan perbandingan 6:3:1, sementara di web ini di buat dari sari nenasnya. yang mana yang betul yah??
    apakah untuk pembuatan A Xylium ini diperlukan pemanasan ( sterilisasi ) mohon penjelasan.
    salam……

    • dua-duanya dapat selama di lingkungan ada acetobacternya. itu adalah cara tradisional memperoleh bakteri. dapat disterilkan dapat pula tidak

      • assalamulalaikum
        pak saya mw tanya
        air kelapa yang paling baik untuk membuat nata de coco air kelapa muda atau yang tua ya pak?
        apakah air kelapa tua yg biasa diambil santannya untuk masakan bisa untuk membuat nata de coco?
        mohon info nya ya pak

  108. Aslmkm Pak…saya sangat tertarik membaca komentar-komentar dari artikel yang bapak buat. kebetulan saat ini saya sedang mengembangkan produk nata rosella. pertama kali uji coba saya berhasil, tapi untuk selnjutnya saya selalu gagal. nata tidak terbentuk dan ditumbuhi kapang. yang ingin saya tanyakan kemungkinan apa saja yg menjadi kontaminan nya pak….???
    kemudian apakah saya sudah benar tidak menambahkan asetat?? karena ketika saya ukur pH, nata the rosella tanpa asetat sudah mencapai 3.

    Mohon penjelasnnya pak…
    terima kasih….

    • salam
      apakah benar tanpa asetat pH bisa 3,0? karena setahu saya dari rosella memang asam tapi tidaksampai 3, coba pH meterdicek dulu dengan larutan indikator pH 4 dan 7 apakah pH meter tersebut dapat menunjukkan angka yang benar? larutan pH ini dpat dibeli di toko kimia.
      adanya kontaminan jamur karena lingkungan yang kurang higienis atau inokulumnya sendiri sudah terkontaminasi. umumnya tempat membuat nata sering lembab.

      • berarti uji dengan kertas pH universal belum bisa menjamin hasil y pak???? maaf yg saya tnya, larutan indikator (bukan pH meter) itu gunanya apa y pak dan bagaimana cara kerja???
        mohon penjelasa lanjutan pak…karena penelitian ini sangat berarti untuk saya …
        terima kasih pak….

  109. berarti uji pH menggunakan kertas pH universal itu belum pasti akurat data nya y pak??? guna pH meter ini apa y pak??? dan bagaimana cara menggunakannya…. mohon penjelasan lebih lanjut pak…karena penelitian ini akan menjadi tugas akhir saya pak….resiko terlalu besar jika gagal terus….

    terima kasih sebelumnya pak…
    salam…

  110. kalau penelitian mestinya pekai pH meter bukan universal. lar pH indikator untuk menilai apakah pH meter kita bekerja degan baik tidak

  111. assalamualikum, pak kalo sari buah mengkudu dibikin nata kira-kira bisa ga ya, dan nanti setelah menjadi nata apakah nutrisi yang terkandung di dalam nata akan sama dengan nutrisi yang terkandung dalam buah mengkudu???

    • apakah tidak rugi terkait dengan khasiat awal mengkudu? sebaiknya setelah diambil atau dibuat jus, manfaatkan ampasnya misal dibuat menjadi produk pangan atau bahan baku pangan kaya serat dsb. mungkin itu lebih baik, misal dibuat seperti vegeta

  112. kalo produk nata mengkudu ini untuk lomba, pekan kreativitas mahasiswa kira2 berpeluang untuk lolos tidak ya?? mengingat produk nata saat ini sangat bervariasi….

  113. saya siswa SMA Negeri 1 Sidoarjo ..
    saya sedang mengerjakan tugas membuat design experiment tentang “bagaimana pengaruh jenis jenis gula terhadap ketebalan nata de coco?”

    tolong bantu saya membuat hipotesisnya , dan apa saja variablenya ? atau apa saja jenis gula yang digunakan untuk percobaan ?
    terimakasih . mohon bantuannya secepatnya :)

    • sudah banyak penelitian tenatng pengaruh jenis gula. tapi kalu mau kesana sebaiknya cari gula yang tidak banyak dimanfaatkan di sekitar kita sehingga lebih nampak inovasi. misal gula alamidari sari tumbuhan yang kita tahu berasa manis.misal pengaruh perasan sari glagah atau tanaman lain yang manis namun sering tidak dimanfaatkan. lalu divariasi jumlahnya munngkin dapat dikombinasi dengan gula umum sehingga mengurangi jumlah gula yg umum dipakai

    • biasanya yang bikin nata punya. atau coba saja bikin jus nanas yang diasamkan lalu atasnya tutup kain saring dan biarkan selama dua minggu mungkin akan muncul lapisan nata maka cairan dan lapisan dapat dipakai bibit

  114. Pagi pak..

    Saya ingin tanya.. Saya sedang brusaha membuat bibit nata dari nanas.. Sbenarnya yg dipake adalah ampas atau air nanas?!karna saya baca dari bberapa website yang dipake adalah ampas nanas dengan perbandingan 6:3:1 (ampas:air:gula).. Tapi yang saya dapatkan skarang stelah pemeraman slama 1mggu adalah ampasnya berjamur.. Jd pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah ampas atau jus nanas yang digunakan?!
    2. Apakah ampas atau jus ini harus disterilisasi terlebih dahulu sblm diperam?!
    3. Apakah mungkin membuat bibit nata dari kelapa?! Saya sedang mencobanya skarang.. Bagaimana saya tahu bahwa bibit yg saya kembangkan ini berhasil?! Apakah akan terbentuk lapisan nata diatasnya?!
    4. Bisakah saya mnggunakan air toge sebagai sumber nitrogen menggantikan urea?!

    Mohon bantuannya pak..

    Trimakasih… 

    • 1. dapat ampas dapat pula jus. jus lebih baik.
      2. kalau sebagai sumber bakteri tidak disterilkan tapi kalau sebagai sumber nutrisi disterilkan
      3. dapat
      4. lebih baik

  115. Pak saya ingin tau bibit nata ini bisa tahan/masa hidupnya berapa lama ?
    Trus kalo mau usaha nata decassava sebaiknya menggunakan limbahnya ato langsung ketelanya ? tapi di daerah saya tidak ada yg buat tapioka jadi tidak ada limbah .
    Terima kasih jawabanya pak.

    • kalau murni dan dalam agar miring bisa tahan 2 bulan tapi kalau dalam bentuk seperti nata ya setiap saat dipakai diremajakan bukan untuk disimpan

  116. askum
    pak kan saya buat nata sudah satu minggu hnya tmbuh lpisan putiih pekat d atasnya. . Pertnyaan saya. .
    1. Apkh lpisan itu a.xilium
    2.sudh smgu kok g pdet y, d bilang gagal atau kurng lama inkubasinya
    tl0ng bls cepet y pak mksh

  117. Pak, saya mau nanya, sumber nitrogen apa saja selain urea, dan pupuk ZA untuk pembuatan nata? Apa hanya dua saja, atau masih ada sumber nitrogen lainnya? Saya akan membuat nata dari rumput laut dengan variabel waktu fermentasi dan penambahan gula.. Kira2 variabel yang baik sekitar berapa gram dan berapa hari yaa pak? dengan rumput laut seberat 25 gr.

    • dapat juga NPK, atau ekstrak taoge dan berbagai bahan yg mengandung N misal ekstrak daging, limbah beer (khamir yang dimatikan kemudian diekstrak), ekstrak daging, ekstrak kupang, ekstrak limbah udang, limbah ikan dsb
      nata adalah selulosa begitu juga dengan rumput laut, jadi ini merupakan akal2an saja agar menjadi penelitian. yg diubah menjadi nata bukan rumput lautnya tapi gula yg ditambahkan shg menurut saya rumput laut tak bermanfaat dalam proses nata. maaf kalau salah krn tidak jelas sebagai sumber apa selama fermentasi

  118. ass.wr.wb… saya mau menanyakan apakah nata decoco juga ada yg ditambahkan pemutih tambahan, karena ada yg beredar dipasaran yg warna putih,ada yg berwarna agak keruh,kalo memang ada apa nama pemutihya,apakah baik utk kesehatan,dan apakah ada bahan pemutih alami, trimakasih sebelumnya….

  119. Assalamualaikum Pak, saya mau bertanya, setelah bahan nata dipanaskan lalu dimasukan ke dalam wadah itu dalam keadaan panas kan? ditutup pakai kertas korannya juga dalam keadaan panas? Lalu dalam pembuatan nata dipakai pupuk ZA dan asam cuka? Kalau sy ganti asam cuka pakai asam sitrat dari buah jeruk nipis bisa pak? Sy masih mengupayakan pembuatan nata de seaweed.. Dengan asidulan sari jeruk nipis.. Apakah bisa pak? Kalau berat gula dan sari jeruk nipis ditambahkan apakah harus menambahkan juga berat/volume pupuk ZA-nya? atau bisa dibuat tetap? Terimakasih pak..

  120. Ass,
    pak saya mau menanyakan nih untuk pembuatan nata de banana kan kulit pisang dipotong-potong lalu di blender, nah kulit pisang itu di pakai semua atau hanya di pakai bagian dalamnya saja jadi di kerok dulu? sebelumnya terima kasih
    wass. .

  121. ass.
    bapak maaf ini saya mau menanyakan lagi tentang nata de banana, setelah saya mencoba membuat nata, kenapa setelah di diamkan selama 1 minggu nata yang saya buat di bagian paling atasnya ada berupa bercak hitam besar ? apa memang begitu karena pemakaian kulit pisang ? apa percobaan saya gagal, sebelumnya terima kasih bapak.
    wass. .

  122. assalamu”alaikum pak,,saya udah membuat Nata De Coco,,akan tetapi hasilnya kurang memuaskan..tempat gagalnya adalah ketika jadi dan sudah direbus nata tersebut ko’ tidak lentur seperti yang dijual jual tersebut,,,masih liat saja begitu.nah,,,apa yang menyebabkan hasilnya kenyal liat seperti itu pak,,,trima kasih…

    • Saya baru mulai mencoba membuat nata,
      Hasil nata yg saya buat tidak se-bening (transparant) & se-kenyal pada nata bermerk yg dijual di supermarket.
      Yang ingin saya tanyakan, bagaimana cara pengolahan nata setelah dipanen supaya dapat bening & kenyal ?

      Saya telah merendam nata tersebut dalam air selama 15 jam (dengan air diganti terus), dan telah direbus 2x dengan air bersih lalu direbus lagi dengan air sirup. Apa ada yg salah?

      Terima kasih.

  123. Bagi teman-teman yg membutuhkan starter atau bibit nata,
    saya bisa membantu.

    Saya jual dengan harga murah. Dikemas dalam botol kaca.
    Minimal pembelian 10 botol.
    Melayani COD untuk area Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto.

    Hubungi: 085648066667
    atau PIN: 21C838E1
    Email: gstandi@yahoo.com

    Terima kasih

  124. pak u/ ruangan inkubasi nata sebaiknya yang bagaimana?klo di cat lagi pengaruh/ tidak?ruangan saya sering berbauk apek pengab.. dan hasil nata pasti jamuran trus… klo sprti ni trus bukan jadi produsen nata tapi produsen jamur pak,oh ya u/ sirkulasi udaranya harus bagaimana?terima kasih…

    • buat ventilasi yang bagus shg tidak pengab kalo di cat gunakan cat yang baik kedap air atau cat akuarium biar tidak ada air atau ada kipas angin

  125. pak saya dengar sudah ada nata warna – warni kabar yang beredar awalnya dari UGM kmudian di daerah banten dan tangerang sudah ada yang mulai buat tapi belum edar pasar…

    • memang ada juga jurnal, aalnya dengan menumbuhkan monascus pada nata shg terbentuk warna merah seperti aliran darah, lalu berkembang dengan yang non mikrobiologi….

  126. assalamu’alaikum…..
    saya mau bertanya
    1.mengapa bakteri harus di masukan pada air kelapa yang sudah dingin?
    2.mengapa air kelapa yang akan di gunakan harus di simpan dahulu selama 1hari 1 malam?

  127. pa, saya bru lulus dr UB tahun lalu, saya tertarik untuk mendalami bisnis nata de soya, karena di kampung sebelah saya (sanan tempe), untuk sementara ini libah tempe (airnya/whey)nya belum banyak dimanfaatkan, apa bapak punya kenalan pengusaha nata de coco atau nata de soya yang bisa saya magang di perusahaannya pak ? terimakasih

  128. 1) Adakah perbedaan hasil nata de coco menurut volume cuka yang di tambahkannya ? Mengapa hal itu bisa terjadi ?
    2) Apakah bahan baku nata de coco dapat diganti bahan lain selain air kelapa ? Coba tuliskan dan cobalah membuatnya ?

    • 1. perbedaan disebabkan oleh pH yang diubah dan cuka memang dibutuhkan untuk lingkungannya.
      2. dapat silahkan dicoba. di jogja sudah ada yg berhasil dari limbah tapioka

  129. permisi pak, mau tanya
    setelah saya baca dari atas, kebanyakan membahas tentang konsentrasi nutrisi atau konsentrasi sucrose yang digunakan di dalam produksi nata.
    saya ingin bertanya, apakah konsentrasi starter yang ditambahkan ke dalam media perpengaruh terhadap nata yang di hasilkan? khususnya karakteristik nata tersebut.
    lalu, untuk sumber nitrogen, pada praktikum kemarin menggunakan extract bean sprout (tauge). apakah kandungan nitrogen yang ada pada bean sprout itu mencukupi kebutuhan untuk pertumbuhan acetobacter xylinum?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  130. malam pak, saya mau tanya kenapa dalam penelitian saya tentang nata de cassava variasi 1% N yaitu amonium sulfat haslnya bagus sedangkan dari variasi 0,5%, 1,5%, dan 2% natanya itu hnya berupa selaptu tipis, padahal bakteri, sumber K dan bahan yang digunakan sama. menurut bapak apa penyebabnya?
    saya melakukannya itu 3x percobaan lho pak dan hasilnya sama :(
    terimakasih

    • kemungkinan pada penambahan di atas 1 % mulai diatur pHnya lagi atau telah kelebihan N. suatu kurva umumnya naik kemudian stabil atau turun jadi wajar apa yg anda alami

  131. assalam..wr.wb saya lagi mencari agen yang bisa saya salurkan kelapa kering atau cengkeh atau hasil alam lainnya mungkin bisa di hubungi 085237698413 terimah kasih

  132. Assalamu’alaikum wr.wb..Bapak bisakah kami mendapatkan formula yang tepat untuk membuat nata yang tebal…kita sdh nyoba berulang kali nata yang terjadi sangat tipis.nata dr air kalapa yang kami gunakan.

  133. - Pak, nata yang saya buat saya memakai air rebusan kecambah sebagai pengganti pupuk ZA nya, apakah bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya nata terbentuk?
    – Selain itu, setelah ditunggu seminggu ternyata natanya masih cair(belum terbentuk lembaran) dan yang terjadi muncul gelembung besardi atas cairan nata nya itu mengapa kok bisa terjadi demikian pak?
    – oh, ya pak. saya menemukan sebuah artikel kalau dalam proses pembuatan nata tersebut diberi ragi. nah, sebenarnya ragi yang digunakan ragi untuk kue atau apa pak? terus gunanya ragi tersebut apa?
    terimakasih. pak untuk ketiga jawabannya nanti. :)

  134. assallkm,
    Pak mau tanya,,
    dapatkah kita menggunakan air melon atau jeruk untuk pembuatan nata selain dari air kelapa? apa kelebihan dan kekurangannya?
    apakah reaksi kimia yang terjadi pak?
    bagaimana cara mengetahui starter yang baik?
    mohon djawab dan pnjelasannya pak..
    trims

    • 1. dapat
      2. kelebihannya melom ada gula jeruk ada asam tapi tetap harus diatur agar kondisi sesuai untuk fermentasi
      3. pembentukan selulosa dari fruktosa/glukosa
      4. starter yang baik dalam wadahnya nampak putih dan ada pertumbuhan spt benang di dalam larutannya dari bawah ke atas

  135. asslmkm…
    trma ksh bnyak pak atas jwban,blasan dan pnjlsannya sangant membantu.

    Pak maaf mau tnya lgi,,
    1. berapa lama atau nata de coco dapat dikonsumsi yang tidak menggunakan pengawet??
    2. kenapa fermentasi dilakukan kurang lebih 1-2 minggu? kalu lebih dari hari itu apa yang akan terjadi?
    3. apa saja ciri-ciri dari nata yang sukses?

    mhon blsan, jwban dan pnjlasannya Pak,,

    • 1. nata yg telah dicuci bersih tanpa ditambahi apa2 dapat disimpan lama dalam lemari pendingin selamatidak terkontaminasi
      2. untuk menghasilkan tekstur yang baik dan enak dikonsumsi
      3. nata kenyal dan mudah dipotong

  136. Asslkum…
    Saya sedang mencoba membuat nata de pina pak…
    Saya menggunakan air rebusan kecambah sbg sumber nitrogennya..
    Percobaan pertama bbrp waktu lalu dapat mnghasilkan nata yg tebal tp bbrp hari yll saya coba dg metode yg sama dan wktu pemeraman yg krg lebih sama ttp knp hasilnya tipis sekali ya pak?
    Utk percobaan yg terakhir itu saya menggunakan bibit yg berbeda dan nampan yang lebih besar, apakah itu berpengaruh?
    Adakah korelasi antara luas bidang permukaan dg lamanya waktu pemeraman shg dperoleh ketebalan tertentu?? Atau memang bibitnya yg kurang baik pak??
    Sumber nitrogen spt air kcmbah,urea atau ZA berpengaruh tidak pd ketebalan nata yg dihasilkan? Yang paling baik dari segi kualitas dan ekonomi sebaiknya mnggunakan yg mana?
    Mohon bantuannya pak…
    Terimakasih banyak :)

    • bibit sangat berpengaruh
      banyak penelitian yg menunjukkan luas permukaan mempengaruhi ketebalan nata juga tinggi rendahnya medium. sumber nitrogen yg baik yg dari tanaman seperti ekcambah tapi mungkin lebih mahal

  137. Assalamualaikum Pak,Saya Mencoba Bikin Nata De Soya ,Mengingat ditempat Saya Banyak Limbah Tahu…Tapi Ketika Mencoba Bikin,Ternyata dalam proses pembuatan Nata juga Menghasilkan Limbah dengan Bau yg cukup Mengganggu…Yg saya Tanyakan..

    1.Bagaimana Cara mengolah limbah dr proses produksi sehingga tidak mengganggu syukur bisa diolah menjadi produk yg bermanfaat …?
    2.Apakah dlm sterilisasi harus menggunakan alkohol,Bisa nggak diganti dengan spritus ato metanol….?
    3.Bagaimana cara mengetahui Kondis air Kelapa dari Kelapa Tua ato muda..?
    Terimakasih sebelumnya….

    • agar tidak ada limbah maka air pencucian disaring dan dimasak untuk digunakan sebagai media tumbuh, sterilisasi dapt dengan elain alkohol misalnya air panas, harus dengan analisis

  138. Berapa Lama Waktu ideal untuk Fermentasi & Berapa derajat suhu yg diperlukan untuk perkembangan Nata serta Jika suhu dibawah ideal solusinya Bagaimana…? Suwun….

  139. Saya sudah coba buat nata de coco yang jadi masalah adalah:
    1. Mengapa saat usai panen kertas korannya selalu basah/lembab? Padahal sebelumnya kering dan saya yakin tidak terkena media nata. Apakah karena saya menumpuk nampannya saat cairannya masih panas (habis dituang)?
    2. Mengapa sebagian besar (90%) berjamur dan berlubang-lubang pak? apakah karena korannya lembab itu.

    • kemungkinan dugaan anda benar, dapat juga ruang yang lembab kalau semua juga basah, ini ditandai dengan mudahnya jamur mengkontaminasi. koran yang digunakan sebaiknya disterilkan dengan cara dipanaskan pada oven sehingga bebas dari jamur

  140. assalamualaikum saya dapat tugas untuk membuat nata dee coco namun kami kesulitan untuk mencari bakterinya… apa ada cara lain untuk pembuatan nata dee coco atau apa tau tempat untuk membeli bakteri tersebut di daerah bandung?

  141. Mau nanya,

    1. Utk pembuatan starter dari air perasan nanas, apakah perlu ditambahkan air & gula, kalau ya, kira2 brp % ?
    2. Utk tempat pembuatan starter, apakah ditutup dg kertas koran / plastik ?
    3. Berapa ph ideal dari air perasan nanas dlm pembuatan starter ?, apakah boleh ditambahkan cuka ?
    4. Bagaimana bila ditambahkan ZA/Urea dalam air perasan nanas tsb, dlm proses pembuatan starter ?

    Terima kasih

  142. mau nanya pak,
    1. kalo kita pake media fermentasinya selain baki plastik bisa? berpengaruh tidak? contohnya pake kaca, stainless steel bagaimana?
    2. air kelapa yang kita pake bagusnya berasal dari kelapa yang hijau atau yang kuning?
    3. sebagai penutup media fermentasi, kita harus pake koran atau bebas? kalo pake plastik atau kain boleh? apa dampaknya? berpengaruh kepada natanya tidak?
    4. kalo kita gak pake ZA / urea tidak apa-apa?
    5. kalo mau mensterilkan penutup media fermentasi harus dibawah sinar matahari langsung atau boleh memakai microwave / oven? kalo bisa pada suhu berapa ?
    6. untuk mencampurkan antara stater dan air kelapa diaduk atau dibiarkan menyebar sendiri?
    7. pH yang terbaik itu 4,3, betul atau tidak?
    8. kan jika kita mensterilkan koran dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari, otomatis udaranya kan membawa debu-debu, berarti sama aja boongkan kalo dijemur juga, bakal kotor-kotor lagi, apa betul dugaan ini pak?
    9. untuk mengecek kadar keasamannya sudah cukup atau belum pake apa pak? masa pake kertas lakmus?
    terimakasih pak, tugas prakarya dan kewirausahaan nih, :)) dijawab ya pak, penting banget soalnya :)))

    • 1. sebaiknya tidak dari logam
      2. sama saja hanya beda secara enzimatis
      3. tutup yang tdk dapat dilewati serangga tapi tidak rapat karena bersifat aerob
      4. tidak apa2 hanya seringkali tumbunya kurang baik karena itu sumber nitrogen. dapat pake ekstrak kecambah
      5. boleh semua
      6. diaduk
      7. betul
      8. kertas koran harus bersih dari organisme, sebaiknya pake UV dalam ruang
      9. kalo bisa pake pH meter atau kertas pH bukan lakmus

  143. Assalaualaikum..
    Pak saya mau tanya, ketika proses fermentasi berlangsung, nata menghasilkan bau tidak sedap. apakah baunya dapat di reduksi atau dihilangkan tidak pak atau malah bisa jadi wangi? kalau bisa dengan cara apa? mohon penjelasannya pak terima kasih.

    • apakah yang dimaksud adalah cara memanen?
      nata yg diperoleh dipindahkan ke air yang bersih… untuk menghilangkan asam yang ada dan lapisan pada permukaan nata sampai air cucian tidak asam lagi
      kadangkala ditambahkan kapur untuk memperkeras tekstur
      lalu dilakukan pemotongan
      dan proses lanjut

  144. Permisi Pak saya sudah mencoba membuat nata dan waktu fermentasinya waktu 1 minggu (7 hari ) setelah itu saya panen dan saya potong potong seperti dadu dan saya rendam selama 3 hari dengan tak lupa tiap harinya saya ganti airnya supaya kadar ke asaman nya berkurang. Setelah 3 hari saya rebus sampai 3 kali dengan rebusan yang ke tiga saya campur dengan gula. Yang saya tanyakan apakah betul langkah langkah saya memanen ya pak sampai saya bisa konsumsi, dan kenapa setelah perebusan ke tiga itu nata yang saya buat masih agak alot ga seperti yang dibuat di pabrik ya Pak. Mohon bantuannya ya Pa

  145. assalamualaikum pak..
    saya mo nanya.., bagaimana caranya menangani nata yg terkena jamur??
    waktu kita mo panen banyak jamur muncul. padahal kita dah sterilkan semua. mohon masukannya..:). makasih sebelumnya pak..

  146. assalamu’alaikum pak, saya dan kelompok kuliah mikrobiologi saya baru saja mencoba membuat nata de cassava untuk tugas kelompok. medium yg kami buat berasal dari 1 kg singkong yg diparut kemudian diberi 1 liter air dan diperas. nutrien yang kami beri berupa 2 sndok makan gula pasir, 100 ml air kelapa dan 250ml ekstrak toge. setelah dipanaskan hingga mendidih, medium yang kami buat menjadi kental, pak. sedangkan pada video yg kami jadikan panduan, air perasan singkong tetap encer. saya berhipotesis medium kami gagal, namun kami tetap memberikan bibit nata ke dalamnya.
    Menurut bapak apakah ada kesalahan prosedur pada pembuatan medium kami? akan kah Acetobacter xylinum menghasilkan nata pada medium kental pak?
    mohon jawabannya pak, terimakasih. wassalam.

    • jika singkong ditambah air lalu diperas, maka akan terikut dalam air tadi pati dari singkong. dan pati kalo dipanaskan akan mengalami gelatinisasi sehingga seperti lem. mestinya air perasan dibiarkan semalam kemudian pisahkan endapan pati dan airnya. pati dikeringkan untuk dibuat tepung tapioka sedang airnya digunakan untuk bikin nata

  147. Assalamualaikum, Pak, mau Tanya :
    1. Kalau H2O2 (hydrogen peroksida) dipakai untuk pemutih nata de coco bisa atau tidak, dari segi keamanannya (food grade), dan berapa konsentrasinya yang aman dipakai?
    2. Jika H2O2 dipakai untuk pemutih nata de coco, maka sewaktu pemanasan /pendidihan nata de coco untuk menghilangkan asam dari nata de coco, apakah H2O2 dapat terdekomposisi/ dinetralkan sehingga tidak korosif lagi dan nata de coco aman dikonsumsi?

  148. assalamu alaikum pak
    saya mw bertanya, berapa kebutuhan karbon dan nitrogen pada acetobacter xylinum untuk memproduksi produk nata?
    kemudian dasar atau landasan menambahkan gula dan za ke dalam media dengan (%)

  149. terimakasih jawabannya, Pak. saya mau tanya lagi:
    1. sterilisasi loyang dan tutupnya dengan cara dipanaskan di atas kompor apakah bisa?
    2. saya menutup loyang dengan kain yang diberi karet di pinggirannya. apakah cara tersebut baik? kalo ditutup pake plastik bisa tidak?
    3. sekitar 30 persen dari semua loyang nata saya di bagian atasnya ada lapisan putih yang kering seperti jamur, tapi nata di bawahnya tumbuh dengan baik. apakah lapisan putih tsb jamur dan apakah setelah bagian yang terdapat lapisan putih tersebut dibersihkan atau dibuang natanya masih bisa dikonsumsi? terimakasih sebelumnya, Pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s