Segmentasi Pasar


Segmentasi pasar adalah konsep pemasaran yang melibatkan pengelompokan konsumen secara artificial untuk membantu manajer merancang dan memenuhi target yang ditentukan. Saat ini banyak perusahan meyakini bahwa tidak dapat menggunakan suatu produk untuk semua konsumen, karena diyakini bahwa konsumen adalah sesuatu yang unik dan mereka semua datang dari latar belakang yang berbeda, tempat tinggal yang berbeda bahkan kebiasaan dan pantangan-pantangan yang berbeda pula. Oleh sebab itu, pihak produsen kemudian membuat variasi produknya agar dapat memenuhi keinginan konsumennya dan tidak pindah ke produk lain.

Keberadaan segmen pasar yang sangat bervariasi menjadikan perusahan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan segmen, sehingga seringkali perusahaan lebih condong untuk mengutamakan segmen tertentu meskipun tidak mengabaikan segmen lain. Perusahaan akan mengutamakan segmen yang paling menguntungkan daripada berusahan merebut pasar lainnya. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat mengidentifikasi segmen secara efisien agar dapat berkompetisi melalui produk yang unik dan khas pada segmen tersebut.

Teknik segmentasi – mengdentifikasi kehomogenan sub-populasi dengan heterogenitas yang lebih besar pada populasi – menjadi cara penting dalam pemasaran saat ini.  Hal ini didukung oleh kenyataan adanya peningkatan keragaman populasi, keluarga dan bisnis yang berkembang cepat akibat perkembangan teknologi komunikasi. Penekanan pada segmen tertentu kini diyakini lebih memberikan keuntungan daripada produk yang tidak tersegmentasi. Fokus pada segmen tertentu menjadikan perusahaan lebih dapat mengembangkan strategi pemasaran dan juga harga produk,sehingga keuntungan maksimum dapat diperoleh. Namun demikian, pasar tidak tersegmentasi juga bukanlah suatu kesalahan.

Jaime R.S. Fonseca. Why does Segmentation Matter? Using Mixed Methodology to Identify Market Segments. European Retail Research. Vol. 25, Issue I, 2011, pp. 1-25.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s