Produksi Kitosan Secara Fermentasi


Kitosan adalah biopolymer alami dan dapat dirombah secara biologis. Kitosan dan turunannya dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam bidang medis, pangan ataupun lingkungan.

Kitosan secara komersial dihasilkan dari udang dan kepiting dengan melakukan deasetilasi kitin menggunakan alkali kuat pada suhu tinggi dalam waktu lama. Penggunaan limba udang dan kepiting ini disatu sisi memeberi keuntungan karena dapat mengurangi limbah perikanan. Namun disis lain produksi kitosan menjadi sangat tergantung dari keberadaan industry udang dan kepiting. Oleh sebab itu perlu dipikirkan untuk produksi kitosan secara langsung. Salad satu cara adalah produksi kitosan secara fermentasi menggunakan jamur. Dinding sel dan septa dari Ascomycetes, Zygomycetes, Basidiomycetes dan Deuteromycetes terutama mengandung kitin. Mikroorganisme dapat ditumbuhkan dengan cepat pada nutrisi sederhana dan kitosan dinding sel mudah dipanen.

Jamur yang dapat digunakan untuk produksi kitosan adalah Aspergillus niger, Rhizopus oryzae, Lenthinus edodes, Pleurotus sajo-caju,Absidia dan Mucor sedang khamir yang dpat dipakai adalah Zygomyces rouxii, dan Candida albicans. Hasil paling baik diperoleh dari Rhizopus. Anda tertarik mengembangkannya?

Iklan

24 thoughts on “Produksi Kitosan Secara Fermentasi

  1. saya Bayu mahasiswa perikanan UNDIP semester 6. saat ini saya meneliti kualitas kitosan dari limbah rajungan,udang dan cumi tapi masih secara kimia(eksperimen pribadi di SMK perikanan di jepara-bukan skripsi). yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa mendapatkan alur proses pembuatan kitosan secara fermentasi?besar harapan saya atas informasi tersebut
    terima kasih banyak

  2. saya yuniar mshiswa . saya sedang mengerjakan skripsi mengenai potensi kitosan sebagai koagulan zat warna limbah tekstil, mungkin bpk bisa memberikan informasi buku-buku atau artikel referensi untuk saya. jazakallah pak

  3. ass, saya wulan mahasiswa unpad. saya sedang melakukan penelitian membuat krim dari kitosan, saya lagi butuh artikel atau buku2 atau semua bahan mengenai kitosan, mohon bantuannya…

  4. saya aan..mahasiswa UNHAS..sedang melakukan riset tentag kitosan daengan derajat diasetilasinya..mohin bantuannya pak,untuk jurnal,buku dan bahan2 tentang kitosan mohon bantuannya

  5. saya siswa sma bina putera kopo,serang-banten.
    saya ingin menanyakan apakah saya bisa mendapatkan alur proses pembuatan kitia. termksh

  6. saya sekarang sedang meneliti tentang kitosan sebagai pengawet.namun yang menjadi pertanyaan saya,apa saja bahan dan alat yang di gunakan dalam proses pembuatan kitosan sebagai pengawet dan berapa waktu yang di butuhkan unntuk membuatnya??
    saya sangat berharap atas infomasi tesebut ..
    teima kasih

  7. aslm..
    pak nama saya lulu, mahasiswi dari UNJANI jur. farmasi. saya mau bertanya apakah kitosan larut air? kalau tidak, larut dlm larutan apa? lalu apakah kitosan yg dijual komersil bisa mempengaruhi pengujian aktivitasnya thd bakteri?
    mohon informasinya pak untuk skripsi saya.

    terimakasih sebelumnya untuk kesediaannya.

  8. saya mahasiswa UNAIR, jur kimia. ingin mengadakan penelitian tentang pembuatan membran kitosan dari sejenis jamur aspergillus niger. mohon bantuan info, prosedur kerja dan juga jurnalnya pk klo bisa.

    terimakasih untuk kesediaannya.

  9. pak, saya mhsiswa unpar sedang melakukan penelitian isolasi chitosan dari jamur shiitake.. apa boleh saya minta jurnal tentang isolasi jamur.. terima kasih

  10. Ass,

    Pak, saya mhsiswa umt akan melakukan penelitian perbandingan isolasi chitosan dari jamur shiitake dan udang .. apa boleh saya minta jurnal2nya Pak ke- dua2 topik tsb (isolasi dari jamur & udang) dan lain-lain pun boleh juga ttg pembuatan dan proses) kitosan. .. terima kasih yaa Pak.

  11. assalamualaikum wr.wb
    saya aprillia mahasiswa ketenikan pertanian UB,
    bapak bolehkah saya mengetahui alur proses pembuatan khitosan secara fermentasi untuk bahan skripsi saya tentang pemanfaatan khitosan untuk produksi refined caragenan.
    terima kasih pak Nur Hidayat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s