Sinergisme Ozon dan CO2 dalam Sterilisasi Pangan


Ozon telah digunakan dalam disinfeksi dan deodorisasi dalam pemurnian air, dalam oksidasi dan pemucatan pada perlakuan limbah industria. Ozon juga digunakan dalam bidang pangan dan pengawetan. Dalam proses digunakan larutan ozon yang dihasilkan oleh gelembung-gelembung air dengan gas ozon yang digunakan untuk mengawetkan ikan dan sayuran segar yang dipotong. Ozon juga digunakan untuk mensterilkan buah dan sayur. Proses menggunakan larutan ozon juga dianggap lebih baik daripada gas ozon, karena memiliki efek germisidal yang lebih kuat sehingga lebih disarankan untuk bahan pangan.

Dalam proses yang menggunakan larutan ozon, larutan ozon secara langsung kontak dengan bahan pangan. Oksidasi ozon pada konsentrasi tinggi dapat merubah warn dan bau sehingga sering menjadi problema dalam aplikasi. Untuk mengatasinya kini mulai digunakan kombinasi dengan gas CO2.

Aplikasi Untuk Daging Sapi

Konsentrasi lethal bagi sel bakteri adalah 0,1 – 0,2 mg/l jika sel bakteri terkena gelembung ozon dalam larutan uji selama 5 menit. Konsentrasi ozon yang rendah tidak efektif jika terdpat vahan organik, karena bahanorganik akan memperoleh aksi yang sama dengan sela bakteri dari ozon.

Setelah sampel disimpan 7 hari pada 50C jumlah bakteri akan eningkat dan peningkatan ini tergantung perbandingan gas ozon dan CO2 yang digunakan. Efektivitas perbandingan yang baik dimulai dari perbandingan ozon dan CO2 dari 2:1, 1:1, 1:2 dan 1:3.

Aplikasi untuk Irisan Mentimun

Jika yang digunakan sampel adalah irisan mentimun maka jumlah bakteri secara efektif bekurang dengan sterilisasi 5 menit. Hal ini mungkin mentimun memiliki luas permukaan yang lebih besar dripada irisan daging. Untuk mentimun perbndingan yang baik adalah 3:1 dan 2:1. Setelah disimpan 14 hari pada 50C jumlah bakteri meningkat 200 kali.

Uji Pada Agar Plate

Jumlah bakteri setelah penerpaan CO2 lebih banyak daripada dengan ozon tetapi ukuran koloni bakteri lebih kecil dengan CO2. Koloni yang dihasilkan dengan penerpaan ozon umumnya adal di dalam agar.

Pada penyimpanan biji-bijian dengan menggunakan CO2 diketahui terjadai fenomena adsorpsi CO2 ke dalam komponen pangan terutama protein. Mekanisme inteaksi gas CO2 dengan protein karena pengikatan CO2 dalam protein dengan e-amino, a-amino dan guanidium.

Dalam sinergisme juga diketahui bahwa ozon lebih bersifat bakterisida daripada bakteriostatik sedang CO2 lebih bersifat bakteriostatik.

7 thoughts on “Sinergisme Ozon dan CO2 dalam Sterilisasi Pangan

  1. Bagaimana cara kerja teknologi ozon dalam hal mengawetkan makanan?

    Dalam bacaan hanya dikatakan bahwa “Dalam proses digunakan larutan ozon yang dihasilkan oleh gelembung-gelembung air dengan gas ozon yang digunakan untuk mengawetkan ikan dan sayuran segar yang dipotong. Ozon juga digunakan untuk mensterilkan buah dan sayur.”

    Karena itu, saya mohon agar proses teknologi ozon dalam mensterilkan dan mengawetkan makanan dijelaskan secara lebih detail.

    Terima kasih.

  2. Mas saya bertanyak kadar Ozon yang dipergunakan sebagai Sterilasisi pada air minum Berapa…?
    dan Jika kelebihan Pemberian Ozon apa efek sampiangnya pada air dan manusia.

    Dan range dari ozon yang dipergunakan pada pensterilisasi air berapa..?

    Saya tunggu bantuannya.

  3. aslmkm pak,

    mau tanya pak, saya berencana membuat air kelapa dalam kemasan, bagaimana caranya agar tetap awet dan tidak berubah rasa dan aromanya

    dan bagaimana caranya agar minyak kelapa butir (keletik) bisa awet sd 1 tahun tanpa berubah aroma dan rasa dan juga bening.

    atas segala informasinya saya ucapkan jzkl

    wassalm

    • kalu mau buat saja dengan penambahan CO2 setelah penyaringan, maka akan diperoleh minuman yg enak kaya cola jadi coconur baverages

  4. ASWRWB,MAS MAU TNYA,BERAPA KADAR OZON YG DPERBOLEHKAN DLM AIR?RANGENYA BRP?APBILA KELEBIHAN APKAH AKAN TIMBUL RASA DAN BAU YG BEDA?APA EFEK BAGI TUBUH MANUSIA?DTGGU BALASANYA DAN TRIMAKASIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s