Vacuum Fried Snack


Erdini Enggar

(Sebagian artikel beliau di Food Review Indonesia Edisi Juli 2008)

Hingga saat ini alat yang selalu dipakai untuk mengolah buah dan sayur menjadi keripik adalah mesin vacuum frying. Mesin ini berfungsi untuk mengolah buah-buahan dan sayuran yang memiliki kadar air tinggi menjadi keripik buah/sayur yang kering dengan tetap mempertahankan warna, aroma, dan citarasa alami buah/sayur. Adapun buah yang diasa diolah adalah nangka, apel, pepaya, nanas, salak, waluh, pisang, rambutan, mangga, labu kuning atau melon. Jenis sayuran: jamur tiram, brokoli, buncis, kacang tanah, jagung, wortel, kacang panjang atau terong.

Prinsip kerja vacuum frying adalah menghisap kadar air dalam sayuran dan buah dengan kecepatan tinggi agar pori-pori daging buah-sayur tiak cepat menutup, sehingga kadar air dalam buah dapat diserap dengan sempurna. Prinsip kerja dengan mengatur keseimbangan suhu dan tekanan vakum.

Untuk menghailkan produk dengan kualitas yang bagus dalam artian warna, aroma, dan ras buah-sayur tidak berubah dan wrenyah pengaturan suhu tidak boleh melebih 85 C dan tekanan vakum antara 65 – 76 cmHg. Sebaiknya air dalam bak penampung pada vacuum frying tidak mengandung partikel besi karena dapat menyebabkan air keruh dan dapat merusak pompa vakum yang akhirnya mempengaruhi kerenyahan keripik.

8 thoughts on “Vacuum Fried Snack

  1. Assl. Wr. Wb.
    Nuwun sewu, kawulo anggota kelompok tani cinde laras salatiga, bade nderek mangertos carane ndamel vacum frying. saklanjutipin matur nwn.
    Wassl. Wr. Wb.

    • waalaikumsalam
      kulo piyambak mboten mngertos carnipun ndamel. menawi pesen saget dalem bantu, amargi rencang dalem wonten ingkang kagungan bengkel lan saged ndamel vacuum frying. saged pun kintun wonten jawatengah

  2. pak, bisa minta skema gambarnya. Sebab kalau beli harganya terlalu mahal. Mungkin dengan gambarnya kami bisa membuat sendiri. Terima kasih sebelumnya.
    (salah satu dari 3 amalan yg dibawa sampai mati yaitu ilmu yang bermanfaat.🙂 )

    • umumnya gambar alat adalah bagian dari paten alat. jadi silahkan cari sendiri saya khawatir nanati disebut menyebarkan yg bukan haknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s