APAKAH MELAMIN ITU


Melamin adalah bahan kimia berbasis organic yang banyak ditemukan dalam bentuk kristal putih dalam nitrogen. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran plastik dan pupuk. Melamin tak punya nilai nutrisi, tapi kaya nitrogen, sehingga biladi campur dengan susu akan membuat kadar protein susu seolah lebih tinggi ketimbang aslinya.

Produk yang ditarik dari peredaran:

1. Jinwel Yougoo Susu Fermentasi Rasa Jeruk

2. Jinwel Yougoo Aneka Buah

3. Jinwel Yougoo tanpa Rasa

4. Guozhen susu bubuk full cream

5. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Cokelat

6. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila

7. Oreo Stick Wafer

8. Oreo Stick Wafer (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)

9. Oreo Cokelat Sandwich Cookies

10. M&M’s Kembang Gula Cokelat Susu

11. M&M’s Cokelat Susu

12. Snicker’s (biskuit-nougat lapis cokelat)

13. Dove Choc Kembang Gula Cokelat

14. Dove Choc

15. Dove Choc (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)

16. Natural Choice Yoghurt Flavoured Ice Bar

17. Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar

18. Yili Bean Club Red Bean Ice Bar

19. Yili Prestige Chocliz

20. Yili Chestnut Ice Bar

21. Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk

22. Yili High Calcium Low Fat Milk Beverage

23. Yili High Calcium Milk Beverage

24. Yili Pure Milk 205 ml

25. Yili Pure Milk 1 L

26. Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk

27. White Rabbit Creamy Candy

28. Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar (kembang gula)

SUMBER: PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK SEKRETARIAT JENDERAL DEPARTEMEN KESEHATAN RI

menurut ka BPOM dan Menkes produk yang ditarik adalah yang dari luar (kode ML) bukan dari dalam (MD). terutama yang dari cina karena bahan baku susu atau turunanya beasal dari Cina.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah susu dan turunannya yang dari luar Cina termasuk dari dalam negeri tidak mungkin tercemari melamin, andai melamin ada di pakan?

Apakah BPOM akan melakukan sampling pada susu dan produk turunannya tanpa memandang dari cina atau bukan untuk melindungi masyarakat agar tidak khawatir?

ini demi penjaminan keamanan pangan di Indonesia

6 thoughts on “APAKAH MELAMIN ITU

  1. Produk Oreo+M&M yang mengandung melamin tsb, adalah produksi dari China. Bukan yang dari produksi dalam negeri. Hal itu dapat dibedakan dari kode produksi, kalo kodenya ML atau tanpa kode registrasi BPOM berarti dari Cina dan mengandung melamin. Akan tetapi kalo kodenya MD berarti produk dalam negeri dan tidak mengandung melamin.

    Di Indonesia terutama di daerah yang dekat dengan luar negeri seperti provinsi2 Kalimantan dan Sumatra, sering dijumpai produk makanan selundupan yang masuk dari Malaysia dengan harga yang jauh lebih miring ketimbang harga produk2 yang sama produksi dalam negeri. Sehingga bisa masuk lah Oreo versi Cina, atau produk makanan lainnya dari Cina.

    Adalah kebegoan media massa (TVOne, dll) yang merilis beritanya tanpa mengecek aktualitasnya dengan menganggap semua produk Oreo mengandung melamin (berita sore TV One sekitar jam 17.00 WIB). Dan kebegoan Puskom Publik Depkes yang tidak menambahkan rincian Produk Oreo yang mana apakah termasuk yang produksi dalam negeri.

    Dan barusan di RRI Kepala BPOM menegaskan produk2 tersebut di atas yang diproduksi dalam negeri atau telah berkode MD tetap boleh beredar dan terbukti tidak mengandung melamin.

    Sumber : Press Release Kepala BPOM di RRI 24 September 2008 18.30 WIB

  2. kasus ini pertama di dunia
    dikutip dari detik.com

    Jakarta – Skandal susu bermelamin di China menghentak dunia. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan bahwa kasus itu merupakan kasus pertama di dunia.

    “Kasus ini baru pertama kali terjadi di dunia,” ujar Kepala BPOM Rubiana Husniah Thamrin Akib saat jumpa pers di kantor Depkominfo, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2008).

    Menurut Rubiana, Badan Pengawas Obat dan Makanan di negara lain tidak ada yang pernah melakukan pengujian melamin sebagai parameter dalam produk susu. Sebab, tidak pernah ada susu yang ditambahkan zat kimia berbahaya itu.

    “Ada dulu makanan kucing dan anjing yang ditambahkan melamin di Amerika Serikat, itu juga produk dari China,” kata Rubiana.

    Ia juga menjelaskan, tujuan para produsen itu mencampur dengan melamin tidak lain dengan maksud untuk menambah keuntungan tersendiri bagi perusahaannya. “Prosesnya, diawali dengan menambahkan air pada susu agar terlihat encer, lalu mereka menambahkan melamin agar terlihat kental kembali,” tandasnya.(mad/nrl)

    sayangnya BPOM sedikit terlambat menangani kasus ini.

  3. bagaimana dengan piring dan gelas melamin yang sudah banyak beredar sekarang??!
    apakah tidak ada tindakan juga dari BPPOM?!!!
    ..
    yang saya tau bahan container yang berbahan dasar melanin itu akan bereaksi pada pemanasan, jadi masih bagus aja kalo dipake buat menampung bahan makanan yang sifatnya dingin. namun kalo dipake buat kopi panas dan teh panas beda laghi kasusnya. melamin akan bereaksi dan terurai, bercampur dengan bahan makanan tersebut.
    makanya pada mangkok atau cup/cangkir yang sering kita pake menyiapkan kopi atau teh yang sifatnya panas akan meninggalkan noda hitam…

  4. melamin sebagai wadah pernah ramai saat kasus formalin dan pernah ada yang ditarik dari peredara karena turunannya menghasilkan formaldehid/formalin. dan memang tidak disarankan untuk bahan yang panas.

  5. Cina = “Sucine ora ana” ( tdk ada sucinya ).Demi uang rela mengorbankan apa saja termasuk keselamatan manusia.makanya stop import barang dari China kalo berani, semua barang stopjangan hanya makanan aja, sadarkah kita dijajah cina lebih kejam dari belanda?

  6. sekarang kita sebagai konsumen seakan terancam akan produk pangan yang mengandung barbagai bahan kimia berbahaya mulai dari formalin, rodamin sampai yang lagi ramai sekarang melamin. Mohon adanya tindak tegas dari pihak terkait.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s