Fermentasi Jus Wortel


Perkembangan ekonomi dan sosial akhir-akhir ini menimbulkan dampak terhadap kesehatan yang cukup serius. Stres dan gaya hidup yang sangat sibuk mengakibatkan manusia mengalami gangguan kesehatan seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan dan berbagai tipe kanker. Nutrisi yang tidak benar dapat menyebabkan gangguan usus dan berpengaruh negatif terhadap sistem kekebalan, oleh sebab itu perlu dikenalkan asupan nutrien seimbang agar hidup menjadi lebih sehat. Salah satu cara untuk mencegah atau mengeliminasi penyakit ini adalah merancang dan mengkonsumsi pangan probiotik yang mengandung mikroorganisme hidup. Probiotik akan memperbaiki keseimbangan mikrobia usus dan juga mampu mengatasi lactose intolerance, mencegah infeksi usus dan kanker usus, memperkuat sistem kekebalan, mereduksilevel kolesterol serum, menstimulasi absorpsi kalsium, mensintesis vitamin (vitamin B, Asam nikotinat, dan asam folat), dan membantu kecernaan protein.

Kebanyakan pangan probiotik yang dikonsumsi manusia mengandung Lactobacilli dan/atau Bifidobacteria, tetapi beberapa produk probiotik sering mengandung pula strain-strain Enterococcus atau khamir seperti Saccharomyces boulardii.

Pada percobaan menggunakan jus wortel, dengan konsentrasi sel 106 cfu/ml, jumlah Bifidobacteria mencapai 108 cfu/ml setelah 24jam fermentasi dan tetap bertahan hidup sampai 32 jam. pH akan turun dari 6,0 menjadi di bawah 5,0. Sementara itu jumlah bakteri mesofil aerob juga meningkat secara eksponensial dan mencapai jumlah antara 5 X 104 cfu/ml dan 8 X 105 cfu/ml. Jumlah coliform lebih tinggi daripada batas yang ditetapkan. Namun jika digunakan konsentrasi awal 107 cfu/ml, maka dalam waktu 6 jam jumlah Bifidobacteria telah mencapai 108 cfu/ml, sedangkan mesofilik aerob hanya mencapai 102 cfu/ml dan coliform yang terdeteksi 10 cfu/ml. Konsentrasi sel maksimum dapat mencapai lebih dari 108 cfu/ml dalam 12 jam fermentasi.

Fermentasi jus wortel dibuat dengan cara: wortel dicuci dan dikupas kemudian dicuci lago. Jus wortel dibuat dengan Juice extractor tanpa penambahan air dan nutrien. Jus yang diperoleh dimasukkan dalam wadah dan diinokulasi dengan strain Bifidobacterium. Fermentasi dilakukan secara anaeerob pada suhu 370C selama 24 jam.

Sumber Pustaka

Szila rd Kun, Judit M. Rezessy-Szabo , Quang D. Nguyen ,and A´ goston Hoschke. Changes of microbial population and some components in carrot juice during fermentation with selected Bifidobacterium strains. Process Biochemistry 43 (2008) 816–821

Iklan

4 thoughts on “Fermentasi Jus Wortel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s