Pewarna Biru Alami “Gama Indigo ND” dari indigofera tinctoria


Sangat bagus sekali upaya memastakan indigo jangan lupa label made in Indonesia

Untuk pemakaian saya jelaskan secara singkat di blog saya : http://natural- batik.blogspot. com/
kalau bicara tentang efektif untuk berapa meter, tergantung dari warna yang diinginkan
setelah berbentuk larutan yang siap pakai, larutan ini dapat dipakai sampai berkali-kali.
sebagai gambaran :
untuk 0,5 kg pasta
warna biru muda : 5 helai kain , panjang 2,5 meter
warna biru tua     : 2 helai kain , panjang 2,5 meter
Cara membuat larutan:
1. Campur pasta dan gula jawa ( perbandingan 1:1 (berat))
2. Tambahkan kapur bakar ( 200 gr untuk 1 kg pasta)
3. Tempatkan dalam satu wadah, larutkan dalam air ( 10 liter air untuk 1 kg pasta)
4. diamkan selama 24 jam
5.Larutan yang siap pakai ditandai dengan endapan berwarna hijau kekuningan.
6 Larutan siap dipakai
Untuk lebih lengkap, tentang teknik pencelupan yang baik, di tiap kemasan sudah dilampirkan
Agar warna yang dihasilkan maksimal.
Pewarna alami biru dari daun indigofera “Gama Indigo ND”
kapasitas : 450 kg/ bln
Packing   : kemasan kardus, netto 0,5 kg (contoh produk dapat dilihat di http://natural- batik.blogspot. com/)  kemasan plastik, 5 kg, 10 kg     Harga : Rp.60.000,- per kg
Untuk akar mengkudu, kesumba, dan daun jambu biji, kami buat by order

Best regards,
Shinta P
081.328.310. 996

6 thoughts on “Pewarna Biru Alami “Gama Indigo ND” dari indigofera tinctoria

  1. Salut untuk indigo dari gama, dg 0,5 kg bisa mewarnai biru tua di kain 2,5m(saya blm coba…hhh), saya pernah pake indigo(pasta brwarna biru tua gelap) dr org jogja,sebanyak 6 kg tapi hasilkan warna biru muda,di 2 kain. Jadi kpingin coba indigo gama…

  2. wah….! subhanaAllah angkat jempol buat shinta yang dah konsen dengan indigonya…! saya jadi tertarik tolong dong bagi2 ilmunya supay kita juga bisa mengembangkannya di daerah..! oh iya stau saya dengan perbandingan kapur sebanyak itu pada waktu pelarutan indigo g teralalu banyak, masalahnya kapur kan merupakan kalsium yang bisa memudarkan warna biru juga tru kainnya nanti juga jadi kaku…! klo hemat saya waktu pelarutan indigo itu g perlu di tambah kapur lagi soalnya ketika bikin pastanya juga dah pakai kapur sbagai alkalisator….! gmana caranya saya bisa dapatkan pastanya klo boleh saya juga mau beli daun indigonya dijual engg berapa klo di jual/kg…? terimakasih.

Tinggalkan Balasan

