Kentang Goreng Kaku yang Mencurigakan


Ayat Santiko

Anda pasti pernah menyantap kentang goreng berbentuk kecil panjang yang biasa disebut “french fries”. Makanan Barat ini kini menjadi kegemaran masyarakat dan menjadi menu utama di restoran-restoran bergaya Amerika. Hati-hati lho, karena perlu kajian kehalalannya.

Kan ini Cuma kentang? Kentang itu dari tanaman, mengapa harus dicurigai? Ya memang betul. Bahan utamanya adalah dari umbi kentang. Tetapi kalau kita mencoba ingin membuat kentang sendiri dengan mengiris-iris kentang kemudian menggorengnya, maka jadinya tidak akan seperti yang dijual di restoran. Baru beberapa menit setelah diangkat dari penggorengan, kentang itu akan langsung ‘letoy’ alias melempem. Tidak seperti “French fries” beneran yang tetap kaku sampai beberapa waktu.

Mengapa? Karena di dalam kentang goreng yang dijual itu ditambahkan lemak padat yang menyebabkannya tetap kaku dan renyah. Lemak padat itu kebanyakan berasal dari lemak hewani, baik sapi maupun babi. Produsen kentang goreng yang paling banyak adalah Amerika Serikat. Di sana kentang telah diolah dan ditambahkan lemak serta bumbu-bumbu lain sehingga gurih. Kemudian dibekukan dan diekspor dalam bentuk beku. Di Indonesia, kentang beku itu tinggal digoreng dan jadilah French fries.

Memang tidak semua kentang goreng adalah haram. Ada juga yang menggunakan lemak nabati yang dipadatkan. Produk inilah yang boleh kita konsumsi. Restoran yang sudah disertifikasi halal oleh MUI pasti menggunakan kentang goreng yang halal. Tetapi yang belum, tidak jelas apakah kentangnya halal atau tidak.

4 thoughts on “Kentang Goreng Kaku yang Mencurigakan

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kentang yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

  2. Salah besar kecurigaanmu
    Aku beli yang produk impor setelah digoreng tetep saja nggak kaku kaya di KFC jadi tentang lemak padat itu khayalan aja, mimpi kaleee. sok pintar ah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s