Produksi Amilase


Perkembangan pengetahuan tentang bio-etanol sebagai energi alternatif menjadikan orang berlomba-lomba membuatnya dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya alam yang ada. salah sau bahan baku utama di Indonesia yang dilirik adalah singkong atau ubikayu.

Kendala kemudian muncul ketika pengetahuan yang lebih baik telah diperolehnya yakni diperlukan enzim amilase untuk memecah pati menjadi glukosa agar dapat dijadikan bahan baku fermentasi alkohol.

Amilase umumnya mahal karena yang dijual dalam bentuk murni dan sulit pula diperoleh sehingga banyak yang menanyakan dapatkah kita memproduksi sendiri?

Artikel ini mencoba memberi inisiasi bagi siapa saja yang tertarik dengan bio-etanol, namun terkendala dengan amilase atau ingin bisnis amilase. Silahkan artikel ini dikembangkan ke arah besar dan ekonomis dengan beberapa modifikasi tentunya.

Amilase dihasilkan oleh ebrbagai organisme hidup mulai dari bakteri, jamur, tumbuhan bahkan manusia itu sendiri. Bakteri dan jamur mengeluarkan amilase dari dalam selnya (ekstraselular) yang berguna untuk memecah pati yang tidak larut menjadi produk akhir yang larut (glukosa dan maltosa) yang akan diserap ke dalam sel.

Amilase dikalsifikasikan berdasar cara memecah molekul pati:

  1. alfa-amilase – mereduksi viskositas patidengan memecah ikatannya secara acak, oleh sebab itu dihasilkan rantaian glukosa dengan berbagai ukuran.
  2. beta-amilase – memecah ikatan glukosa-glukosa dengan memisahkan 2 unit glukosa, sehingga dihasilkan maltosa.
  3. Amiloglukosidase (AMG) memecah ikatan dari sisi non reduksi dati rantai lurusnya dan menghasilkan glukosa

kebanyakan amilase dari mikrobia mengandung ketiga jenis enzim ini.

Selain dapat digunakan untuk membantu membuat etanol, amilase juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sirup jagung, aditif pada deterjen dan digunakan pada pembuatan beer.

Mikroorganisme yang baik digunakan untuk produksi dapat berupa organisme lokal atau bukan dan dapat diisolasi sendiri. Mikroorganisme yang digunakan untuk produksi amilase adalah: Bacillus subtilis, B. licheniformis, B. amyloliquifaciens dan Aspergillus niger.

Untuk memproduksi enzim dari jamur digunakan medium cair agar mudah memanennya. Disini kami sajikan medium yang digunakan dalam praktikum mahasiswa, sedang untuk industri silahkan dimodifikasi sendiri.

Komposisi medium (gram per liter):

  • KH2PO4 sebanyak 1,4
  • NH4NO3 sebanyak 10
  • MgSO4.7H2) sebanyak 0,5
  • FeSO4.7H2O sebanyak 0,01
  • Pati larut sebanyak 20

atur pH menjadi 6,5, masukkan dalam erlenmeyer 50 mL sebanyak 30 – 40 mL medium dan sterilkan pada suhu121 C selama 15 menit.

Setelah dingin,  masukkan suspensi spora jamur sebanyak 0,5 mL

Inkubasi selama 3 hari pada suhu kamar dalam penggojong dengan putara 200 rpm. Namun jika tidak ada yang lakukan penggojogan secara manual secara berkala

Hasil yang diperoleh kemudian disaring dengan kertas Whattman No 1. Filtrat yang diperoleh ini mengandung amilase kasar yang dapat digunakan secara langsung atau dimurnikan lagi.

Selamat mencoba.

amilase

amilase

10 thoughts on “Produksi Amilase

  1. saya sangat tertarik dengan artikel bapak. Sayangnya ada beberapa hal yang saya awam. mohon kiranya dapat dibuat “membumi” dengan artikel tsb. sudilah kiranya bapak kirimkan ke email saya. terimakasih

  2. pak,sya sangat tertarik dengan artikel bpk,.
    oya mau nanya pak, berapa harga enzim amilasex dan tempat mesennya dimana ?
    saya ada peneitian dan membutuhkan enzim amilase pak,..
    phon dikirim ki email saya pak ya..

    terimakasih

  3. 1.Enzym Alfa Amylase, Gluco, Kursus Bioteanol, Mesin Biothanol. Kursus Home Industry
    Kursus Bioethanol, Enzym Bioetanol, Mesin Pengolah Bioethanol Ekonomis. CV Tristar Chemical. Flexi: Lutfiana 031-71933131. Tofa; 031-60350888. Jual bahan kimia untuk…
    2.mas..betul sekali untuk bio ethanol skala UKM/rumahan, dengan menggunakan bahan karbohydrat, menggunakan 3 bahan utama, yaitu Ragi, enzyme alfa amylase, dan gluco amylase, barang kali ada yang membutuhkan bisa hubungi saya di
    081381177910, 08170729020, at.wiryawan@gmail.com, saya menyediakan kebutuhan2 tersebut..
    3. Nama: Tn. Bayu Aji Prasetyo S.Si. [Pemilik/Pengusaha]

    E-mail: bayu76@gmail.com

    Nomer HP: 6281514059486 / 628170118149 / 6281398098791
    Nomer Telpon: 622193298756
    Alamat: cibubur
    Jakarta Timur 13770, Jakarta

  4. Asw. Saya ingin tanya, apa bisa substrat yg mengandung selulosa lgsg dihidrolisis dengan aspergillus niger nya, untuk mndapatkan hasil akhir glukose nya?
    Setelah pretreatment tentunya,
    Seperti tape yang diberi saccaromyces untuk produksi etanol

    Untuk pembuatan enzim amilase nya bisa minta acuan dan prosedur lgkapnya pak? Saya butuh sekali yang berkaitan dengan produksi bioetanol dr ligninselulose, tp mentok d enzim yang mahal
    *mahasiswa*

    Mohon dikirim k email ya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s