Sulit Berkonsentrasi? Santap Makanan Ini!


By Petti Lubis VIVAnews – Selasa, Juli 7 VIVAnews –

Setelah makan siang, biasanya semangat bekerja mulai menurun. Tubuh terasa lemas, dan kantuk mulai menyerang. Akibatnya, konsentrasi kerja pun buyar.

Tapi, untungnya ada makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan konsentrasi kerja dan membuat pikiran lebih jernih. Saat hasrat ngemil junk food sedang melonjak, coba pilihan makanan berikut ini untuk menambah konsentrasi Anda!

Sereal gandum dan jus jeruk

Awali hari dengan menyantap semangkuk sereal gandum dan segelas jus jeruk. Dua santapan ini kaya kandungan asam folat, yang bisa membuat daya ingat lebih tajam, dan otak lebih cepat menyerap informasi. Untuk camilan di siang hari, Anda bisa mendapat asupan asam folat dari makanan berbahan kacang kedelai (tempe, tahu, susu), brokoli, dan kacang hijau.

Kembang kol dan kacang

Sebuah penelitian dari rumah sakit McLean Hospital, afiliasi Fakultas Kedokteran Harvard, AS, menyarankan untuk mengonsumsi suplemen citicoline (500mg) setiap hari untuk menambah energi.  Choline alami juga bisa Anda dapatkan dari kembang kol dan kacang-kacangan. Saat masuk ke dalam tubh, choline akan berubah menjadi citicoline.

Brokoli, tauge dan bayam

Jika Anda memesan sayuran saat makan siang, pastikan untuk memasukkan jenis sayuran ini di dalamnya. Pilihan menunya seperti gado-gado, salad, cap cay, atau ketoprak. Harvard melakukan penelitian terhadap 13.000 responden wanita yang mengonsumsi makanan ini. Terbukti, daya ingat dan konsentrasi mereka makin bertambah.

Buah jenis beri, anggur, dan plum

Pada buah-buahan, buah berjenis beri memiliki antioksidan untuk menambah konsentrasi yang paling tinggi. Plus, buah ini juga mengandung anthocyanin, sebuah zat nutrisi yang bisa menghambat penurunan daya ingat alias Anda jadi tak mudah pikun. Quercetin, nutrisi lainnya yang juga terkandung dalam beri juga memiliki benefit sama. Blueberries, apel, anggur berwarna gelap (ungu, merah, dan hitam) juga mengandung dua jenis flavonoids di atas.

Salmon dan Mackarel

Sejumlah penelitian telah membuktikan nutrisi untuk membangkitkan memori, salah satunya adalah asam lemak omega 3. Salmon dan mackarel kaya kandungan asam lemak omega 3. Mengonsumsi jenis ikan itu setidaknya sekali seminggu bisa membuat otak lebih ‘awet muda’.

Menurut penelitian Rush University Medical Center, Chicago, AS menemukan bahwa wanita dan pria yang rutin mengonsumsi ikan, daya ingat mereka lebih tajam, dan lebih mudah fokus dalam pekerjaan. Tidak suka ikan? Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Iklan

2 thoughts on “Sulit Berkonsentrasi? Santap Makanan Ini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s