Haruskan ku berilmu?


Memiliki ilmu merupakan dambaan setiap insan, bahkan dalam agamamupun mendapat perhatian.

Namun saat kita memilikiilmu yang memang kita cari itu (meski hanya secuil) kita sudah bangga, sudah merasa hebat, sudah mampu menindas yang lain, mampu tuk berbeda dengan saudara kita, mampu mampu mengecilkan makna yang lain, mamu memaksakan kehendak. Bahkan yang lebih parah dan sering kita lakukan, dengan ilmu itu kita justru saling bermusuhan dan berbantah-bantahan. Hanya dengan alasan mengembangkan ilmu kita putuskan tali persaudaran.

Ya Allah, mungkinkan dengan ilmu itu aku dapat semakin sadar bahwa aku bukanlah apa-apa karena banyak yang punya ilmu lebih hebat dariku karena begitu banyaknya ilmu-Mu?

Mungkinkah ku dapat berkerja sama untuk memuliakan hamba-Mu yang lain dengan berbagi ilmu? Aku memang tidak memiliki ilmu tapi jika aku menyatukan mereka yang berilmu untuk mendidik hambamu yang lain bukankah itu juga berbagi?

Ya Allah, berilah kemudahan hati iniuntuk menerima pendapat orang lain, bahkan yang mendahului ideku sekalipun jika semua itu untuk kebaikan.

Ya Allah jauhkan sifat sombong dan ingin menunjukkan kekuasaanku dari Ilmu-Mu, agar ilmu yang kau berikan padaku dapat kumanfaatkan dimana saja (andai ditempat yang semestinya justru kutak dapat berbuat).

Ya Allah, jauhkanlah rasa amarah dan dendam pada hati ini, agar aku ikhlas menerima ketika cara tuk berbagi ilmu itu tak dapat diterima orang lain.

Ya Allah, lapangkanlah hati ini, agar aku mampu menerima pendapat orang lain dan berkata yang baik sebagai wujud orang berilmu dan bukannya menyakitkan saudaraku.

Ya Allah berkaihlah ilmu yang kau berikan padaku, agar aku mensyukuri nikmat-Mu bukannya menjadikan ku sombong atau bahkan mengingkari-Mu.

Ya Allah hanya kepada-Mu lah aku memohon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s