Mocal atau Mocaf


Achmad Subagyo

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember

Kata Mocaf (atau Mocal) adalah singkatan dari Modified Cassava Flour yang berartitepung singkong yang dimodifikasi. Secara definitif, Mocaf merupakan produk tepung dari singkong (Manihot esculenta) yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel singkong secara fermentasi dengan mikrobia bakteri asam laktat (BAL) mendominasi selama fementasi tepung singkong ini. Mikrobia yang tumbuh menghasilkan  enzim pektolitik dan selulolitik yang dapat mengahncurkan dinding sel singkong sedemikian rupa sehingga terjadi liberasi granula pati.

Mikrobia tersebut juga menghasilkan enzim-enzim yang menghidrolisis pati menjadi gula dan selanjutnya mengubahnya menjadi asam-asam organik terutama asam laktat. Hal ini akan menyebabkan perubahan karakteristik daritepung yang dihasilkan berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut. Demikian pula citaras MOCAF menjadi netral dengan menutupi citarasa singkong sampai 70%

untuk artikel lanjutnya dapat dibaca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2008. atau hubungi penulis/penerbit mana yang lebih mudah. semoga membawa manfaat.

4 thoughts on “Mocal atau Mocaf

  1. mohon informasi :
    1. fermentasi singkong menjadi mocaf
    2. mikrobia yang digunakan
    3. mikrobia yang digunakan dijuperdagangkan dimana

    terima kasih

  2. Saya baru mulai menanam singkong, sekitar 22.000 pohon, panen kira2 bln April 2011, saya ingin tahu ttg pembuatan mocaf atau ethanol. mohon informasinya Pak.

    Salam,
    A. Fahmi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s