Instabilitas flouride dalam tablet effervescent


Sumber: Alfredo Rigalli, Daniel Ricci, Rodolfo C Puche., and Rosario, Argentina. 2006. Instability Of Sodium Monofluorophosphate In Effervescent Tablets. Research report Fluoride 39(1)27–30.

Sodium fluoride (NaF, CAS 7681-49-4) dan monofluorophosphate natrium (MFP, CAS 10163-15-2) digunakan sebagai agen anti karies dalam pasta gigi, agen topikal, dan obat kumur mulut. Kedua senyawa menghasilkan ion fluoride, yang menghambat glikolisis dan pertukaran dengan kelompok hidroksil dari kristal hidroksiapatit enamel. Akibatnya, bakteri mulut hanya menghasilkan sejumlah kecil senyawa asam, dan hidroksiapatit enamel, sebagian dikonversi menjadi fluorapatite, sehingga menjadi lebih larut. Efek ini tidak hanya tergantung pada konsentrasi fluoride tetapi juga pada kalsium dan kadar fosfat dari air liur dan diet. Akibatnya, efek dari fluorida dalam kesehatan gigi masih merupakan isu kontroversial.

NaF dan MFP juga digunakan secara sendiri atau dikombinasikan dengan kalsium, vitamin D, dan estrogen dalam pengobatan osteoporosis idiopatik dan postmenopause. Ketika diberikan dalam dosis yang cukup kronis, fluoride memiliki efek mitogenik pada osteoblas yang menghasilkan peningkatan signifikan dalam massa tulang. Seperti yang diusulkan oleh uji klinis, kekuatan dan kualitas tulang dibentuk di bawah terapi fluoride tidak selalu berkorelasi dengan kepadatan mineral tulang.

Beberapa tahun yang lalu, dilaporkan bahwa dalam kondisi kering dan gelap, MFP tablet, kecuali dibuat dengan metode kering, fluoride mengalami hidrolisis spontan lambat membebaskan ion. Dalam tulisan ini disediakan bukti bahwa senyawa asam yang muncul dalam tablet effervescent MFP menyebabkan dekomposisi MFP. Tidak hanya tingkat hidrolisis meningkat tetapi juga jumlah fluor ini berkurang oleh penguapan sebagai asam fluorida. Hasil ini dapat diperluas ke senyawa sensitif asam lainnya yang menghasilkan produk volatile.

Berdasarkan percobaan jangka pendek, dan mungkin karena rendahnya sensitivitas metode untuk mendeteksi jumlah kecil dari fluoride yang diproduksi oleh hidrolisis, MFP telah dianggap obat stabil. Tingkat hidrolisis MFP diabaikan jika pH larutan di atas 4. Kecuali pencegahan khusus yang diambil dalam persiapannya, bagaimanapun, kadar air tablet MFP tidak mungkin dapat diabaikan. Selain itu, karakter higroskopis komponen tablet mempengaruhi stabilitas obat. Dengan demikian media asam dalam tablet mempercepat laju hidrolisis selama penyimpanan dan menurunkan umur simpan. Kondisi asam yang kuat dalam pelepasan fluoride tablet sebagai asam fluorida yang keluar dari tablet menyebabkan penurunan kadar total fluor 

Iklan

2 thoughts on “Instabilitas flouride dalam tablet effervescent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s