Sekilas tentang Anthrax


akhir-akhir ini kasus anthraks populer lagi di Indonesia terutama di daerah Boyolali setelah muncul kasus zakasakii.

apa itu anthraks?

Anthraks adalah penyakit kuman yang disebabkan oleh Bacillus anthracis. Bakteri ini melepaskan spora sangat resisten, yang mencemari lingkungan dan membantu untuk menyebarkan penyakit. Anthrax menyebabkan kematian mendadak pada sapi, domba, dan kambing dan sangat dapat mempengaruhi manusia. Wabah antraks kadang-kadang terjadi di daerah-daerah tertentu seperti di Boyolali akhir-akhir ini dan Purwakarta beberapa waktu yang lalu.

Selain menyebabkan penyakit anthraks juga pernah digunakan sebagai senjata biologis. Pada tahun 2001, anthraks sengaja tersebar di Amerika Serikat melalui surat berisi bubuk dengan spora anthrax. Akibatnya, 22 orang terinfeksi anthrax; 5 meninggal.

Sebagian besar hewan mendapatkan Anthrax secara oral melalui tanah yang terkontaminasi dengan spora antraks ketika merumput. Organisme ini sangat kuat, tahan terhadap desinfektan dan dapat bertahan untuk waktu yang lama di lingkungan. Karnivora bisa mendapatkan penyakit ini dengan makan hewan yang terinfeksi anthrax. Hindari kontakdengan hewan yang terserang juga jangan mngkonsumsi daging yang dicurigai dari hewan terkena anthraks.

Tanda paling umum infeksi anthrax pada hewan adalah kematian mendadak. Sebelum mati, binatang mungkin mengalami demam, tremor otot, dan kesulitan bernafas. Mungkin ada perdarahan dari hidung, mulut, dan anus setelah kematian.

Anthrax dapat masuk melalui luka atau abrasi pada kulit setelah kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau produk mereka, seperti darah, wol atau kulit. Anthrax juga dapat ditransfer melalui gigitan lalat. Dalam beberapa hari, di tempat infeksi terjadi warna kemerahan, dan pembengkakan diikuti dengan keropeng hitam. Pengobatan dengan antibiotic umum dilakukan.

Sumber:  Centers for Disease Control and Preven­tion (CDC)  http:// http://www.bt.cdc.gov/agent/anthrax/ needtoknow.asp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s