Diversitas dan Ekologi khamir


Nur Hidayat

Khamir dapat ditemukan diberbagai tempat di dunia. Saat ini lebih dari 700 spesies telah diklasifikasikan dalam 100 genus. Namun demikian,itu hanya sebagian kecil dari biodiversitas. Diduga ada sekitar 62.000 genus dan 669.000 spesies khamir. Khamir tidak mampu berpindah tempat dan tergantung dari vector-vektor seperti angin, serangga ataupun manusia.

Sifat khamir uniseluler membuat mereka lebih cocok untuk substrat cair dalam atau permukaan lembab dan tidak merata. Oleh karena itu, khamir tumbuh biasanya dalam lingkungan yang lembab dimana ada berlimpah makanan sederhana, nutrisi larut seperti gula dan asam amino. Hal ini menjelaskan mengapa mereka umumnya terdapat pada permukaan daun dan buah, pada akar dan dalam berbagai jenis makanan. Pengecualian adalah mereka yang mendegradasi polimer, seperti pati dan selulosa. Khamir Basidiomycetous terdistribusikan secara luas pada berbagai substrat seperti kayu dan kulit kayu angiosperma, tanaman yang telah mati dan jamur.

khamir secara luas dapat ditemukan di perairan. Mereka juga ditemukan berasosiasi dengan tubuh hewan tertentu di mana mereka bertindak sebagai kommensals usus. Jenis nutrisi yang mencapai tanah menentukan mikroflora khamir meskipun beberapa bentuk adalah penghuni tetap di tanah, misalnya, spesies-spesies Cryptococcus, Rhodotorula, dan Sporobolomyces.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s