Isolasi Khamir Basidiomycetes


Nur Hidayat

Khamir, seperti halnya organism heterotrof lainnya, membutuhkan karbon, nitrogen, fosfor, elemen-elemen kelumit dan faktor tumbuh sebagai sumber nutrisi.  Khamir jarang berada tanpa adanya jamur atau bakteri dan umumnya di alam tidak berada sebagai kultur murni. Hal ini menjadi penting untuk menganalisis komponen yang krusial. Teknik selektif sering digunakan untuk penapihan khamir, penggunaan media yang mendukung pertumbuhan kahmir dan menekan bakteri atau jamur sangat dianjurkan.

Untuk keperluan isolasi, teknik goresan sangat direkomendasikan. Medium yang baik digunakan adalah Yeast-malt (YM) agar yang diasamkan sampai 3,7 menggunakan asam klorida atau asam fosfat. Fungistatik dapat digunakan dengan beberapa pengecualian karena beberapa diantaranya juga menghambat pertumbuhan khamir. Kultur biasanya diinkubasi pada suhu 20 – 250C karena khamir basidiomycetes umumnya adalah mesofilik.

Penapihan khamir yang ada dalam jumlah rendah membutuhkan penggunaan media diperkaya dan kondisi yang sesuai untuk pertumbuhannya dibandingkan mikro-organisme lainnya. Biasanya sampel diinokulasikan kedalam medium dengan pH 3,7 sampai 3,8. Udara dapat dikeluarkan dari kultur untuk mencegah pertumbuhan jamur. Metode ini akan mendukung strain fermentative dibandingkan yang aerob. Parafin steril dapat ditaburkan di atas permukaan media hingga 1 cm untuk menhindarkan dari udara.

Sumber karbon yang biasanya digunakan oleh mikroorganisme adalah berupa glukosa atau karbohidrat lainnya dan digunakan sebagai sumber karbon dan energy. Isolasi khamir yang mampu menggunakan sumber karbon non karbohidrat seperti alkana, alkana bercabang, senyawa aromatic dan alkana siklik adalah hal penting karena senyawa-senyawa tersebut banyak menjadi kontaminan di lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s