Mikrobiologi Inokulum tempe


Inokulum tempe disebut juga sebagai starter tempe dan banyak pula yang menyebut dengan ragi tempe. Meskipun dalam istilah ilmiah ragi dimaksudkan sebagai inokulum untuk pembuatan tape, tetapi di kalangan masyarakat umumnya ragi diartikan sebagai agensia pengubah suatu bahan menjadi produk melalui proses fermentasi. Starter tempe adalah bahan yang mengandung biakan jamurtempe, digunakan sebagai agensia pengubah kedelai rebus menjadi tempe akibat tumbuhnya jamur tempe pada kedelai dan melakukan kegiatan fermentasi yang menyebabkan kedelai berubah sifat karakteristiknya menjaditempe.

Clamydomucor oryzae adalah jamur benang yang disebut sebagai jamur tempe. Jamur tersebut kini dikenal dengan nama Amylomyces rouxii. Namun demikian Rhizopus oryzae yang secara implisit disebut dan diisolasi dari tempe buatan Paramaribo, Suriname, Amerika Selatan-lah yang  kemudian dianggap sebagai jamur tempe di masa itu dan Rhizopus oligosporus adalah jamur benang yang  selalu terisolasi dari tempe yang dibuat di sekitar Bogor. Satu species baru dari Rhizopus berhasil diisolasi dari tempe yang dibuat di Bogor, Jawa Barat, yaitu Rhizopus azygosporus . Species ini amat mirip dengan Rhizopus oligosporus. Perbedaan utamanya adalah dalam hal kemampuannya membentuk azygospora, dan juga sporangiosporanya jauh lebih pendek.

2 thoughts on “Mikrobiologi Inokulum tempe

  1. Assalamu’alaikum Pak Nur
    Mohon bantuannya..saya lagi memerlukan artikel tentang cara pengembang biakan jamur aspergillus oryzae…bagaimana caranya membudidayakan dan mendapatkannya? saya memerlukannya untuk pembuatan rice koji…ini email saya syah_idul@yahoo.com
    Terimakasih atas pencerahannya dan ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s