Nur Hidayat

Dosen dan ketua Jurusan TIP FTP UB,

Manajer Teknis Laboratorium Sentral Ilmu Hayati UB

Penulis Buku Tekno Pangan Populer

Wasekjen PERMI (Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia) Pusat Periode 2009 – 2013

Pengurus APTA

Pengurus ADI Cabang malang

252 thoughts on “Nur Hidayat

  1. Selamat siang…

    Saya mahasiswa unram tk akhir..
    Kebetulan tesis saya berhubungan dengan zat pewarna (antosianin)..

    Saya berharap bs bertukar pikiran dg bapak mengenai sgl hal yg berhubungan dg penelitian saya..

    Terutama saya agk kesulitan untuk mendptkan antosianin standar yg akan sy gunakan dlm metode spektrofotometri uv.

    Sblmnya saya ucapkan terimakasih.

      • Assalamua’laikum Wr.Wb
        Saya mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang “Pembuatan Bimembran dari Nata de Soya” Saya sudah cari data SNI untuk Limbah dan Limbah cair tahu, SNI Nata dan Nata de Soya, SNI Membran dan Biomembran, tapi saya belum mendapatkan informasi itu, Saya mohon bantuan kepada Bapak, agar bisa memberikan informasi SNI untuk yang saya sebutkan di atas, Terimakasih.

      • assalamualaikum warrohmatullohi wabarrokaatuh

        maaf bapak saya mau nanya barngkali bapak berkenan tuk jawab pertanyaan saya..

        apakhah saya ada keturunan raja kerajaan prabu siliwangi atau wali…

        nama saya suryanto orang sunda nama jawa tgl lahir 01 maret 1986 terima kasih bapak atas penjelasannya.

      • apakh sangat diperlukan jejak keturunan, jika hanya menimbulkan kesombongan saya pikir tidak perlu dimasalahkan karena tidak ada manfaatnya di akherat.lebih baik mengukir jejak sebagai orang yang baik

      • Assalamu’alaikum,, pak ini saya Riski dari Politeknik Negeri Samarinda.. sya kesulitan untuk mendapatkan larutan standar antosianin untuk penelitian sy yang menggunakan metode spektrofotometri uv-vis,, apakah bpak bisa membantu jika ada kenalan yang menjual larutan tsb. terima kasih pak sebelumnya..

    • Assalamualaikum…
      Saya mahasiswi akfar Putra Indonesia Malang..
      Kebetulan sy pernah membaca bku mengenai pembuatan efervescent dr tanaman obat! Dr buku tsbt sy ingin membuat serbuk effervescent dr bahan tnaman obat yg lain! Yang mau saya tanyakan kira-kira kendala yang dihadapi itu apa ya pak?
      Apakah langsung bisa jd serbuk tsbt? sebab biasanya kalau bikin tablet effervescent kadang2 ada sebagian tablet yang pecah!

      Mohon dikonfirmasi lebih lanjut!

      terimakasih sebelumnya…

  2. Dengan hormat
    standar antosianin ada di Uivesitas Muhammadiyah Malang. saudara dapat menghubingi ibu Ir. Elfi Anis Saati, MP beliau sedang penelitian ini juga. kontak lewat email: elfiumm@yahoo.co.id
    semoga sukses selalu.
    hasil penelitian juga boleh dimuat disini kalau mau biar tersebarkan ke yang lain.

  3. selamat siang..saya mahasiswi UNY prodi biologi. kebetulan skripsi saya tentang ozonisasi susu sapi segar untuk sterilisasi dan pengaruhnya terhadap kadar bahan organiknya. saya masih agak bingung tentang kemampuan ozon dalam mengoksidasi bahan organik yang ada dalam susu maupun terhadap mikroorganisme dalam susu. karena efek samping tentang oksidasi ozon (selain membunuh mikroorganisme) juga tentunya dapat mempercepat pembusukan susu terutama oleh bakteri proteolitik. sehingga ozonisasi yang diharapkan dapat meningkatkan daya simpan susu (sebagai pengawet) ternyata juga tidak berhasil. mohon info lebih dalam tentang mekanisme oksidasi oleh ozon terhadap bahan pangan dan bakteri.terima kasih

  4. artikel tentang kitin dan kitosan sudah saya masukkan dalam web ini atau anda dapat pula baca di Foodreview edisi Juli 2006. majalah dpat diperoleh di Gramedia atau kontak email:redksi@foodreview.biz

  5. As5…. Saya mhs UNAND, sdang ngerjain Thesis ttg minuman probiotik.

    Saya sgt berharap bs bertukar pkiran dgn Bapak, mengenai Thesis saya, terutama lama penyimpanan minuman probiotik yang baik. Bakteri mmg akan ttp hdp dilingkungannya slama persediaan mkanan msh ada, tp saya berharap Bpk bs membantu sbagai pdoman saya untuk Thesis ini.

    Makasih sebelumnya ya Pak………

  6. selamat menyusun tesis.
    untuk menghambat pertumbuhan bakteri, dapat dilakukan dengan menyimpan pada suhu rendah seperti yang disarankan oleh perusahaan pembuat minuman tersebut.
    Cara lain adalah dengan menambahkan semyawa bakteriostatik sehingga bakteri akan terhambat pertumbuhannya. dan tidak merusakan kualitas minuman akibat pertumbuhan. namun aman bagi konsumen.

  7. saya mahasiswa UNJ, mau bertanya tentang tablet effervescent. apakah biayanya mahal untuk membuat tablet tsb? lalu untuk mencetak tablet tsb dimana? apakah dekstrin itu dapat di beli di toko-toko kimia?
    makasih sebelumnya Pak!

  8. Untuk effervecent silahkan baca buku membuat effervecent tanaman obat yang ditulis oleh Bu Hindun dkk terbitan Trubus Agrisarana. ada di toko buku. Biaya mahal atau tidak itu relatif dari bahan baku, tenaga kerja dan kapasitas produksi.
    Dekstrin dapat dibeli di toko bahan kimia atau toko bahan kue. beli yang teknis kalau di toko kimia sebab kalau tidak anda akan diberi yang mahal.
    terima aksih pula atas atensinya.

  9. Saya membeli buku bapak tentang minuman prebiotik dan probiotik. saya ingin bertanya tentang:
    1. minuman prebiotik disimpan pd suhu berapa?dan daya tahannya?
    2. apakah minuman bubuk probiotik diseduh dengan air biasa saja,dingin/panas?
    3. daya simpan bubuk probiotik berapa lama?

  10. 1. minuman probiotik sebaiknya disimpan pada suhu dingin jika tidak segera dikonsumsi karena dalam suhu ruang bakteri akan tetap tumbuh. dlam waktu satu minggu masih cukup baik, jika lebih tergantung suhunya dapat naik atau turun jumlah bakterinya sehingga mengubah karakteristik produk.
    2. bubuk probiotik sebaiknya diseduh dengan air hangat kuku agar bakteri menjadi aktif saat dikonsumsi sehingga memiliki manfaat.
    daya simpan bubuk yang pernah kita uji dapat lebih dari dua bulan. tapi kalau mau melakukan pengujian sendiri itulebih baik. kita dibatasi waktu sehingga hanya sampai dua bulan.
    selamat mencoba.

  11. Assalamu’alaikum.
    Salam kenal, Pak Nur Hidayat. Saya juga salut sama Bapak. Tidak banyak lho dosen yang suka ‘ngeblog’. Buku bapak sudah sangat banyak, buku yang saya tulis baru beberapa biji saja. Seharusnya saya yang belajar sama, Bapak.
    Komputer itu hoby saya, pak. Dari hobby itu iseng-iseng saya tulis 7 buku. Kalau tentang pertanian itu karena hoby dan kerjaan, Pak. Kebetulan saya diminta jadi pemandu teknologi prima tani Deptan. Kerjaan saya, saya tuangkan di buku itu. Nah.. kalau jamur itu ya… ada yang kerjaan ada yang sambilan. Kalau kebetulan sedang ke lapang saya sering mengambil jamur yang saya temui.
    Kalau buku agama saya belum berani, Pak. Tanggung jawabnya dunia akhirat. Takut saya.
    Tuker-tukeran link ya..pak.
    http://isroi.wordpress.com
    wassalam

  12. selamat siang Pak,
    saya sangat salut dengan blog ini, bapak mau membagi ilmu dengan sesama.
    perkenalkan saya bermksud untuk memulai kembali industri kecil pengolahan makanan nata decoco.
    sebelumnya saya pernah membuka skala industri rumah tangga tapi untuk mengembangkan usaha saya terkendala oleh daya tahan makanan.
    sebelumnya saya sudah berikan pengawet sekitar 0.5 % kedalam sirupnya tapi hanya tahan 4 hari.
    saya juga perhatikan prinsip sterilisasi dengan cara panas.

    pak bisa berikan informasi bagaimana cara mengawetkan makanan yang aman dan tahan lama.
    terima kasih
    wasalam

    oki

  13. usaha nata dan industri makanan basah selalu terkendla pada daya simpan. Sterilisasi yang baik perlu dilakukan. pada produk nata steriliasasi penuh tidak dapat dilakukan karena merusak produk. umumnya dipanaskan/direbus ini tidak mematikan bakteri. jika akan benar steril perebusan dilakukan 3 kali beruturut-turut dengan jarak 24 jam. tapi apa kemasan cukup kuat. jika produk bapak hanya tahan 4 hari maka tarik pada hari ke tiga, ambil nata, ganti sirupnya dan sterilkan kembali, sehingga menghemat nata. sirup jika tidak rusak dapat dibuat sirup kental dengan tambahan gula. jadikan produk sirup yang lkebih awet sehingga tidak ada yang terbuang. semoga bermanfaat.

  14. assalamualaikum
    saya mahasiswi YPI. mau bertanya tentang permen jeli. apakah sari wortel dari wortel yang telah dikukus tidak akan berubah warna menjadi coklat? apakah warna permen bisa bagus (oranye)? SNI tentang permen jeli no berapa?
    terima kasih

  15. sari wortel untuk dibuat permen tidak masalah aasl jangan dipanaskan terlalu lama. jaga keasaman. permen bagus jika digunakan gelatin yang baik dan tidak banyak ampas yang terikut. SNi no lupa.

  16. Assalamualaikum, Makasih Kang. mari kita kembangkan motto: dengan menulis kita berbagi.
    jadikan tulisan sebagai amal shaleh. bolehkan blognya saya link? saya beri judul “Dunia Teh”
    salam
    nur

  17. Assalamualaikum,
    sedang surfing-surfing untuk melengkapi tulisan mengenai tempoyak, saya jadi masuk blog pak Nur. Fermentasi wine-nya lengkap pak. Sayang proses fermentasi durian menjadi tempoyak belum ada. Sebenarnya, proses pembuatan dan tempoyak itu sama tidak?Bisa dijelaskan sedikit?terutama tentang proses dan mikroorganisme yang terlibat. terimakasih.

    salam,

  18. kesasar ya? umumnya organisme selalu sama hanya variasi bahan baku. tolong dong saya dikasih cara pembuatan tempoyak juga cara penggunaan di masyarakat. nanti saya muat. artikel kirim aja ke nhidyat2003@yahoo.com
    saya tunggu ya.
    salam

  19. ahahahhaha…begitulah…yaa, cak nur…saya pikir anda bisa menjelaskan ke saya. Tadi saya lihat2, ternyata bakteri asam laktat yg berperan, berarti berbeda dengan pembuatan wine ya?yang saya belum mengerti, pada durian rantai apa yang dipecah oleh mikroorganisme itu dan bagian mana yang dipecah? dan kenapa bagian itu yang dipecah? wah, jadi panjang untuk artikel kecil… Nanti kalau artikelnya sudah terbit saya forward ke anda.berarti sebulan lagi pak!
    Trims.

  20. Ass.Wr.Wb.

    Kunjungan balasan, salam kenal, sebelumnya baru kenal wajah, mohon ijin saya tautkan blog ini di bolg saya. Sekalian saya turut belajar juga.

    Terimakasih, hatur nuhun
    Wassalamu’alaikum
    arif hartoyo

  21. Maaf, bila keliru.
    Apakah anda Nur Hidayat yang dulu bersekolah di SMA N 6 Yogyakarta (1977-1980) dan bertempat tinggal di Ngampilan?

    Salam,
    Wahyu

  22. Pak,saya salah satu mahasiswa bapak.
    saya mau penelitian pendahuluan tentang kandungan isoflavon pada kullit kedelai…….
    mau tanya..kira-kira lab yang bisa saya pakai ada di brawijaya gak pak?

    atau harus keluar daerah………….(malang)
    Thanks,sebelumnya

  23. coba ke lab hayati. kalau hanya masalah analisis saya pikir tidak masalah. apalagi untuk penelitian. masalhnya mahal atau tidak?

  24. saya akan tambahkan sesuai artikel yanng diminta, sementara tidak saya tulis agr dapat dipakai bagi yang tidak memelukan rumus-rumus. jadi artikel dapat berkembang sesuai permintaan
    makasih atas sarannya

  25. Mohon Bapak Dapat dberitahu Alamat Penemu
    MOCAF (modified cassava flour) yg sudah lama dikembangkan oleh Dr. Subagyo dari UNEJ.
    Terima Kasih.
    Hormat,
    Anton

  26. assalamu’alaykum…
    Bapak saya dari Kal sel, nemu site ini dari Google…pas cari-cari bahan untuk pemberdayaan ibu-ibu. Mau cari yg simple supaya ibu-ibu bisa mengatasi masalah harga sembako yg mahal plus memunculkan semangat wirausaha gitu deh. Pengen diskusi sih tapi ngga tau mau bahas apa krn saya dari psikologi. cuma care saja dg kondisi masy.sekitar saya..btw saya NGO worker bahasa kerennya sih aktivis da’wah sya’bi:) Ini dulu Bapak.Terimakasih

  27. bisa saja
    hanya saya ingin tahu, produk atau komoditi apa yang banyak terdapat disana atau kebisaan masyarakat apa. nanti kita bicara tentanng pemecahannnya. saya akan berusaha bantu semampu saya. saya tunggu info lebih lanjut semoga membawa manfaat.
    salam
    nur

  28. Yth Pak Nur

    Ass wr wb

    Mau tanya pak, apakah bapak memiliki informasi tentang nutrisi buah blinjo (gnetum gnemon), ubi unggu ipomea batatas syukur-syukur jika ada info ttg keduanya setelah digoreng tapi kalau tidak ada yang mentah sdh cukup membantu.

    terima kasih

    Ass wr wb

    ananto

  29. gimana pak cara masukkan code blogToplist di blog saya. kok saya belum bisa. Saya udah daftar ke BlogToplist, tapi begitu disuruh paste code baik code 1 untuk rangking dan view to blog kok saya kesulitan mohon saran wass simon bw

  30. masuk ke desain
    klik widget
    klik tampilkan seluruh widget
    pada teks klik sunting
    copy code pada email lalu paste ke ruang teks
    klik simpan perubahan

  31. Apa karena ukuran banner saya tidak 468 X 60 pixel itu ya. kan ukuran banner saya 770 X 140 pixel. nah ini given dari template. kedua mungkin yg saya paste salah. langkah saya kan edit account di blogtoplist, lalu saya copy dan paste the following code to use the tracking button dan
    paste the floowing code to use the voting button, mohon helps, thxs

  32. P Nur Hidayat: wah kok juga belum berhasil ya pak. Yang dimaksud code html itu yang mana email dari blotoplist akan saya forward ke anda. dan mohon bantu code html mana yang harus saya copy dan paste ke widget Teks, matur nuwun bantuannya. wassalam

  33. Asw..

    Pak nur, saya mau tanya?
    Kenapa komoditas buah-buahan yang setelah di panen selalu di datangi oleh hewan kecil-kecil/mimik.
    saya kurang mengerti nama hewannya, yang pasti hewan tersebut sering merusak pemandangan kita.
    Terima kasih.
    Was..

  34. buah setelah dinapen masih melakukan aktivitas biologis seperti respirasi sehingga akan terjai metabolisme dan mengeluarkan ebrbagai senyawa. senyawa-senyawa ini akan mengundang berbagai jasad. setiap jasad akan dirangsang oleh senyawa tertentu. oleh sebab itu jenis binatangnya pun selalu berbeda antar tanaman. ini berlaku tidak hanya pada buah atau sayaur tapi juga terhadap yang lain. misal nyamuk menghampiri kita karena adanya asam laktat pada keringat yang kita keluarkan.

  35. Pak saya salah satu mahasiswi angkatan 07bapak di jurusan TIP.
    Saya mau nanya tentang pemanfaatan produk wafer coklat yang gagal (produk gagal karena biasanya apabila di bagian produksi terjadi retak atau tidak sempurna) apakah bisa diolah kembali atau dijadikan limbah sebagai pakan ternak ?. Lalu untuk sludge hasil pembuatan cream dan wafer bisa dijadikan apa saja pak?
    Terima kasih pak

  36. assalam mualaikum,

    Pak, saya mahasiswa pertanian UNRI sedang penelitian tentang efek kitosan sebagai fungisida., saya kesulitan mencari bahan tentang perbandingan pelarut asam (as.cuka) dengan air untuk melarutkan kitosan saat aplikasi. mungkin bapak bisa bantu saya,.. terimakasih..

  37. salam kenal juga pak, saya masukkan ke blog mungkin ada makna bagi yang lain selain komunitas patpi. mohon maaf sebelumnya pak. kalau bersedia saya tunggu artikelnya.
    salam
    nur

  38. Assalamualaikum, Wr. Wb.

    Pak nur, saat ini saya sedang melakukan penelitian mengenai pemurnian nira menggunakan flokulan, namun saya kesulitan dalam mencari jurnal yang terkait dengan penelitian saya, apakah anda bisa membantu memberikan masukan tentang flokulan ini?? sekaligus saya mau bertanya tentang nama dagang flokulan itu apa saja? apakah benar tawas, asam sulfat dan atau PAC termasuk dalam flokulan?
    apakah beda antara flokulan dengan koagulan??
    saya bingung, karena dari beberapa literatur menyebutkan bahwa koagulan dan flpkulan sama2 digunakan sebagai penjernih dan dipakainya juga bersamaan. mohon bantuan bapak.
    terima kasih.

  39. Salam kenal Pak Nur,
    Tulisan Anda menarik dan bagus2.
    Saya dosen Ubaya yang sedang kuliah S3 di Australian Institute of Bioengineering and Nanotechnology, Univ of Queensland. Riset saya tentang metabolic engineering E. coli.
    Link saya di http://yalun.wordpress.com.

    Saya tertarik mengikuti perkembangan bioteknologi di Indonesia. Terima kasih.

  40. aslmkm..
    pak saya adlh salh satu mahasiswa TIP_UB’07..
    setelah saya membaca artikel, materi kuliah dr bapak saya sangat tertarik dengan mikrobiologi,bakteri khususnya. dibantu salah satu keluarga saya, saya ingin mencoba membuat pupuk organik yang bisa mengubah ph tanah menjadi 5.5-7 sprti yang dibutuhkan pd tanaman pd umumnya, menambah unsur N di tanah, membasmi hama pada tanaman,membuat tanaman tahan terhadap cuaca dan serangan penyakit, dan membuat tanaman menjadi lebih produktif..bakteri yang baru saya ketahui,Bacillus thuringensis(sebagai biopestisida), Rizhobium radicicola(pengikat nitrogen), pertanyaan saya:

    1.sebaiknya komposisi bakteri apa saja yang harus digunakan untuk memenuhi semua fungsi pupuk tersebut?
    2. untuk biopestisidanya apakah baik bila menggunakan bacillus thuringensis?
    3.saya juga ingin tahu tentang rhizobakteri yang diklaim bisa membuat tanaman memiliki produktivitas tinggi pada pertanian berbasis lahan kering?
    4. dimana saja saya harus membeli komposisi bakteri yang bapak sarankan?
    5. apakah Semua bakteri tersebut bisa digabungkan dan diwujudkan dalam bentuk cair?

    saya harap bapak bisa menambahkan ide lain untuk fungsi pupuk tersebut, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas segala ilmu&informasinya..mohon maaf lahir/batin bila terdapat kesalahan..saya tunggu jawabannya di email saya:”nuno3_ub@yahoo.com”….Wslm.

  41. untuk lebih detail tentang pupuk dan pemupukan serta masalah pertanian silahkan kunjungi blog http:sumarsih07.wordpress.com beliau lebih pahan dalam menjelaskan. kirimkan sakja kembali pertanyaan anda. Insya Allah akan dijawab atau lewat email beliau sumarsih_03@yahoo.com

  42. ass…
    pak gmn cara mengirim komen d biondustri.blogspot.com…
    kemarin sudah bisa masuk acount google trz saya log out dan saya mw log in lagi tapi gak bisa…

    truz saya pakek anonim..
    trimakasih sebelumnya pak…
    was..

  43. ass… pak nur
    sy alumni FTP UB. ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan
    1. bagaimana cara membuat starter nata decoco yang lebih sederhana dan efesien tanpa menggunakan alat dan bahan yang mahal
    2. bagaimana cara mengolah pisang menjadi wine? apakah terdapat kandungan alkohol pada produk akhir? klo ada bagaimana tanggapan hukum islam terhadap fenomena tersebut

  44. Ass. Mualaikum, Saya kagum dengan blog Pak Nur, memberikan pencerahan kepada banyak orang ! Pak saya tertarik dengan pembuatan gelatin dari tulang atau kulit sapi, jika berkenan bapak bisa mengirim artikel ke email saya tentang cara membuat gelatin dari kedua bahan dasar tersebut, terima kasih Pak

  45. Ass. Wr. Wb

    Saya mahasiswa Al – ghifari bandung, sekarang saya lagi nyusun skripsi tengtang penggorengan baby fish ikan mas. Saya kesulitan cari buku tentang penggorengan?Apakah saya bisa di bantu? tolong mohon bantuannya.

    Terima kasih

  46. Assalammualaikum wr, wb

    Saya Mahasiswa Pascasarjana TIP UNAND,
    saya sekarang lagi bigung karena judul penelitian untuk diangkat sebagai tesis belum juga saya dapatkan. Saya tertarik dengan cassiavera dengan minuman prebiotik. Saya ingin menanyakan kepada Bapak : Apakah cassiavera dapat dijadikan sebagai bahan untuk minuman prebiotik dan di mana fungsi cassiavera dalam minuman prebiotik.
    Mohon Bapak dapat membantu saya….
    terima kasih

  47. Asalamualaikum wr,wb

    Saya mahasiswa TIP FTP UB ’08.
    Pak saya ingin bertanya, tentang perubahan warna pada saus yang berasal dari pepaya itu di sebabkan oleh apa pak?

  48. warna dapat pudar oleh beberapa sebab. jika itu warna alami maka antosianin atau karotenoid yang ada pada bahan akan terdegradasi oleh asam. jika itu warna sintetik maka dia berubah karena perubahan pH.

  49. Jika pertanyaan tentang faktor yang berpengaruh tentunya ada faktor internal dan eksternal. anda dapat melakukan penelitian di salah satunya. jika orang pangan bisanya dari sisi internal sedang faktor eksternal umumnya dilakukan oleh non pangan sep[erti manajemen, sosial dsb.
    faktor internal mencakup kualitas bahan baku dan produk jadi penggunaan bahan tambahan kaitan dengan dosis dan keperuntukan ataupun proses produksinya.
    pada kasus eksternal daoat diteliti tentang kesadaran produsen dan konsumen tentang kemanan pangan. cara konsumsi makanan dan perilaku konsumen kaitan dengan kesadaran dsb tentunya sangat banyak yang dapat dilakukan
    semoga sedikit membantu meski tidak menjawab dengan baik
    salam
    nur

  50. Assalam.

    Wah terima kasih atas di link kannya blog saya, padahal saya baru belajar menulis pa, mudah-mudah2an bisa memacu saya untuk terus menulis.
    syukron katsir pa….

    wassalam

  51. sama-sama pak. dengan salink me link komunikasi kita terhadap yang lain akan semakin luas. karena pengunjung bapak mungkin beda dengan saya nah lewat link mungkin mereka tertarik untuk klik dan baca

  52. Assalamualaikum

    Saya mhswa FP UNS jurusan THP.

    Pak Nur banyak memberikan inspirasi untuk semua yang pernah membuka blog ini termasuk saya. Terima kasih Pak.

    Oya, saya usul, tulisan sangat banyak tetapi ukuran filenya gedhe banget… saya kadang kesulitan mau donlotnya.

    walau di beberapa dalam dokumen cuma ada gambar hitam putih, tetapi sebenarnya hitam putih kualitas warna, mungkin itu yang membuat dokumen jadi sangat besar filesizenya.

    masukan saya:
    1. Gambar-gambar di dokumen dikompres, compresnya pake office yang Bapak gunakan.
    2. Officenya pake Open Office. Install saja Open Office 3, program office gratis ini bisa nyimpan juga file dalam bentuk pdf.
    Open Office 3 juga bisa membaca docx, pptx, xlsx milik Office 2007 buatan microsoft yang berbayar mahal. Selamat mencoba

    ini alamat download dari Softpedia.com
    http://download.softpedia.com/dl/2d9f3a8b6517916a628a1716da1b56c4/49485c51/100005272/software/office/OOo_3.0.0_Win32Intel_install_en-US.exe

  53. makasih atas usulnya. untukk open office sduah ada di komputer satunya yang kita set linux. memnag ada beberapa yang besar karena saat scan saya tidak lihat ukuran, baru setelah di upload tahu. maklum asal kerjakan saja.
    ke depan akan saya usahakan untuk memperkecil ukuran. maksimum berapa ya yang dikehendaki?
    salam

  54. Assalamu’alaikum, Wr.Wb.

    Pak, Saya Nurosid. Domisili di Purwokerto. Lulusan Biologi Unsoed. Tahun 2008. Apakah di Indonesia telah ada yang memproduksi alginat dalam skala besar?
    Jika ada dan bapak berkenan untuk memberi tahu informasi saya sangat membutuhkan itu Pak. Terima Kasih

  55. assalamualikum pak nur,
    saya dulu mahasiswa TIP unibraw angkatan 2000. kebetulan saat ini saya sedang mencoba untuk membuat kecap dari kedelai hitam. pada saat saya fermentasi tempe, hasilnya ternyata tidak bagus. yang tepi sudah jadi bagus tetapi bagian tengah tidak jadi, masih seperti kedelai yang basah. sebagai pembungkus saya menggunakan plastik yang berukuran agak tebal. itu kenapa ya pak. terima kasih atas jawabannya, kalau bisa mohon dikirim lewat email saya.

  56. met ketemu lagi, untuk pembuatan kecap, kenapa harus dibungkus? sebaiknya kedelai hitam setelah perebusan dan dingin diinokulasi dengan Aspergillus oryzae dan biarkan selama 4 hari akan muncul spora hijau kekuningan, fermentasi pada tampah saja atau wadah lain jika lebih kecil. jika dbungkus, akan muncul air hasil metabolisme dan ini menghambat jamurnya sehingga yang tumbuh malah bakteri.
    jika ada yang baik, ambil yang baik lalu gunakan sebagai bibit dengan dicampurkan pada kedelai baru.
    cara lengkap dapat dilihat dibuku saya mikrobiologi industri

  57. pak nur.. saya numpang nanya, masalah pemasaran jamur tiram di area tuban-bojonegoro-lamongan-gresik, apakah untuk area tsb sudah ada semacam pengepul. sales, atau asosiasi, yang siap menampung hasil produksi kami….trs trang kami tergolong baru terjun di budidaya jamur tiram… kami sedikit kesulitan untuk pemasaran karna produksi kita bisa sampai 20kg/hari.. mohon informasinya ya pak…. tanks sebelumnya

  58. Wah dunia ternyata sempit ya pak. bapak kenal istri saya secara langsung tapi enal saya lewat dunia maya. dan ternyata istri bapak dari namce sama dengan saya. siapa pak namanya? sudah ikut milis belum? atau tau saya karena ikut milis?

  59. Assalamualaikum

    terimakasih banyak atas informasi nya pa, sangat berguna sekali…
    sekalian saya mau mengajak tukar link pak, Boleh ya? Link anda sudah saya pasang di Blog saya! dengan Nama Nur hidayat Blog, kalo anda mau ganti nama silahkan tinggalkan comment aja pa di Blog saya!
    Kalo Boleh Nama Blog saya: Internet Marketing Indonesia
    Url: http://www.wharzutility.web.id

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih
    Sukses selalu

    Anwar

  60. iya pak saya minta maaf, semalam saya kena musibah! artikel yang sudah lama saya kumpulkan hilang begitu saja! tapi ini akan saya jadikan pelajaran bahwa kita harus selalu hati2 dan jangan terlalu percaya sama tekhnologi! semua ada kekurangannya! saya akan kerjakeras untuk memperbaiki blog saya! terima kasih sudah mampir…..

  61. saya mhsw di ugm. sdng meneliti ttg kandungan antosianin rosella. mhn bntuan ttg cara detail ekstraksi rosella dan metode pengukuran antosianin. mhn bntuannya.

    • coba dilihat di blog saya yang lain http://seminartp.wordpress.com ada hasil seminar yang berkiat dengan hal tersebut di dalam CD namun saya tidak tahu apa cocok dengan keinginan anda atau tidak. kalau mau harganya 60rb. kaalu dengan ongkos kirim tambah 10rb. tanggal 28 januari rencana saya ke TIP Jogja ada seminar. kalau mau saya bawakan.

  62. assalamualikum wr. wb.
    semoga pak nur sehat selalu, semakin produktif dan mengnspirasi kami.amin.
    terima kasih atas bimbingan pada kami semua selama ni,pak.
    pak nur, kalau mau kirim email ke pak nur bisa dikiram ke mana pak. mungkin suatu saat ada sesuatu yang dapat dibagi atau mungkin saya mau tanya ke pak nur.
    terima kasih, pak.
    wasskumsalam

  63. Assalamualaikum pak, saya mahassw UB
    saya mau tanya:
    -shoyu itu apa ya pak?
    -bagaimana rumus struktur prebiotik n probiotik?
    Trimakasih pak
    wassalam..

    • prebiotik adalah oligosakarida (rumus strukturnya macam-macam) yang digunakan sebagai sumber karbon probiotik.
      probiotik adalah mikroorganisme pda sistem pencernaan yang bersifat baik (ini arti populer)
      shoyu adalah produk fermentasi sejenis kecapdi Indonesia. di Jepang terdaat banyak jenis kecap. dari ssi bahan baku di kenal 3 macam kecap.

  64. saya alumni Tp thn 2003. kami mendirikan sebuah usaha bidang teknologi pertanian yang kami dirikan dijogja. pak jika ada alumni tp brawijaya yang sedang mencari kerja bisa kirimkan lamarannya ke support@anekamesin.com
    Kami membutuhkan 5 orang untuk mememmnuhi kebutuhan tenaga kerja khusus bidang teknologi pertanian.
    kami tunggu informasinya segera. harapan kami dalam bulan februauri ini sudah bisa melakukan training tenaga kerja yang baru.
    situs kami anekamesin.com ;anekaindustri.com, bisnisukm.com

  65. semoga ada dari mahasiswa TP brawijaya yang mengirimkan lamarannya, agar kami tak perlu membuka lowongan secara umum. terimaksih pak …sukses selalu
    Rehardeni Mahasiswa THP 1998 lulusan 2003

  66. Lowongan Kerja sebagai engineer dan customer service
    11 Februari 2009

    CV.Bintang Rekatekno (anekamesin.com) Yogyakarta membutuhkan segera 3 orang engineer, 3 customer service, dengan kualifikasi sebagai
    berikut :

    1. Jenis Kelamin Laki-laki atau perempuan
    2. Pindidikan S1 (Pertanian, Tehnik Kimia, Teknologi pangan, Tekhnologi Industri
    Pertanian).
    3. IPK minimal 2,75 (skala 4)
    4. Mampu mengoperasikan MS office dan program komputer lainnya.
    5. Mampu menggunakan internet
    5. Mampu berbahasa Inggris baik lisan dan tulisan.
    6. Jujur, disiplin dan berprilaku baik.
    7. semangat tinggi, berkemamuan keras, berdedikasi tinggi.

    Lamaran dan cv (daftar riwayat hidup) dikirim paling lambat tanggal 20 februari 2009 lewat email support@anekamesin.com

  67. Ass.Wr.Wb.
    saya bermaksud untuk memproduksi kitosan skala rumah tangga. limbah cangkang rajungan yang dapat saya kumpulkan per hari sekitar 300-500 kilogram. mohon masukan dan bimbingan Bapak. Kalo tidak merepotkan, saya juga mohon diemailkan alamat beserta no telepon.
    terima kasih
    Wass. Wr. Wb

  68. Ass.wr.wb,saya mhs pasca yang lagi penelitian masalah pembuatan susu prebiotik yang menggunakan formula susu kelapa dan sumber prebiotiknya sari ubi jalar, saya minta bantuan bapak untuk sumber prebiotik dari 3 jenis ubi jalar yaitu ubi jalar putih,kuning dan unggu.saya minta info lebih lengkap masalah kandungan ketiga sari ubi jalar tersebut.

  69. Aslm pak…
    ana Mahasiswa T.Kimia POLNES semerter akhir..
    TA ana tentang pemanfaatan kitosan untuk dijadikan bahan pengawet makanan..
    ada tulisan yang mendukung TA ana g pak??
    afwan sebelumnya

  70. Aslm Pak
    Saya seorang peternak dimana salah satu pakan yang saya pakai adalah dari ampas tahu. Disini saya mohon informasi dari bapak, apakah pemberian pakan dari ampas tahu akan lebih optimal bagi hewan ternak bila telah mengalami fermentasi terlebih dahulu? Bila memang benar begitu maka saya harus gunakan mikroorganisme apa? Saya bisa peroleh dimana? Serta bagaimana proses pembuatannya?
    Terima kasih sebelumnya atas informasinya,maaf kalo pertanyaannya banyak.

    • sangat tergantung ternaknya. namun pada dasarnya ampas tahu sudah kaya akan nutrisi sehingga tidak perlu difermentasi kecuali kita akan menambahkan probiotik pada ternak. maka ampas tahu dapat dijadikan sebagai media probiotik dan pakan sekaligus.

      • Pak saya mahasiswa FP Brawijaya dan sekarang jadi peternak, kalau buat pro biotik gimana caranya ya untuk
        ternak kambiing di ,Singosari Malanmg,

        Kalaua menjumlpai Bapak admn ya…

        Salamm,
        Cak Arif

      • dosen anda kan banyak yang ahli tentang ini to? silahkan hubungi mereka pasti senang. apalagi oleh alumninya yang sukses

  71. jazakallah khoir pak…
    tapi afwan pak…kemarin konsep ana itu ditolak, soalnya sudah ada yang nguji tentang hal.tsbt dan sekarang ana sedang mengkonsulkan kpd dosen untuk pemanfaatan kitosan sbg bahan campuran penghalus kertas..
    sy berfkir demikian karena tulisan bapak ada yang mencntumkan kegunaan kitosan salah satunya d industri kertas..
    apakah mmg bisa dbuat sbg panghalus ?? tapi sy masih belum tau bagaimana metodologi pembuatannya…
    mohon sarannya pak…
    syukhron

  72. sebaiknya dalam membuat tugas akhir lakukan atyau pilih tema yang disukai atau kita butuhkan atau kita nikmat atau kita temukan sehari-hari. dari situ kita akan mudah menemukan masalh dan mencari pemecahannya sehingga tidak ngelantur kesana kemari dan bingung sendiri. tidk harus canggih tapi menarik dan punya potensi temuan

  73. Aslm pak ….
    saya mhs IPB yang akan melakukan penelitian ttg pengaruh UV terhadap baking expansion mocal. terus terang saya masih bingung dalam proses pembuatn MOCAL, khususnya dalam proses fermentasinya (berapa lama waktu fermentasinya), apakah proses perendaman dengan ditambah enzim dan penggaraman disatukan atau tidak? kalau tidak berapa lama waktu masing2 yang tepat. kemudian untuk enzim dalam proses fermentasi, enzimnya apa dan bagimana mengatur takarannya. dan kalo boleh saya minta email pak Subagio..terima kasih banyak pak. wass

  74. asslmu’alaikum.sblumnya salam kenal ya.pak nur mau nanya, sebenernya pemerintah saat ini sudah bisa swasembada beras kan?bagaimana tanggapan bapak?apakah swasembada beras yang dlakukan pemerintah saat ini memang sudah sesuai denan tujuan swasembada beras yang mensejahterakan petani. jazakallah

  75. Assalamualaikum
    saya mahasiswa bpk d TIP agktn 2003
    saya dapat proyek pemerintah pusat utk pemberdayaan masyarakat, apakah bapak ada ide pengolahan pertanian yg menguntungkan dan melibatkan masyarakat?
    Terima Kasih

    contoh:
    1.Kmrn saya menjalin kerjasama dengan perusahaan yg menyediakan bibit sirih merah dan bersedia membeli kembali hasil panen.

    • kalau sirih merah saat ini dibuat kapsul karena untuk dikonsumsi langsung kan sangat pahit. dibuat powder juga baik karena lebih mudah dalam penggunaan dan transportasi atau jika tahu komponen utamanya dapat dilakukan ekstraksi. ditahap awal dpay dilakukan pengeringan atau pelayuan daun sirih merah agar mudah disimpan. itu yang dpat dilakuakn di tingkat masyarakat. lainnya dilakukan dalam UKM yg dibentuk

  76. Assalamalkm, salam kenal pak, saya Saldi Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor, saat ini sedang penelitian antosianin pd klopak rosella, besar harapan saya mendapatkan informasi antosianin pd klopak rosella terutama utk analisis kuantitatif spektro dan standarnya, terimakasih

    • sebelumnya mohon maaf saya tidak punya data untuk rosella. tapi coba dilihat di http://seminartp.wordpress.com mungkin ada tentang rosella setahu saya ada yg publikasi itu. harga prosidingnya 60 rb tambah ongkos kirim 10 rb. kaalu ga salah ada dosen anda yang ikut seminar waktu itu. mungnkin beliau punya cd nya

  77. Terimakasih atas infonya pak, maaf mungkin bapak punya no.tlp ibu Elfi Anis Saati yg dpt saya hubungi, saya sdh coba hubungi lwt email tp tdk ada respon, terimakasih atas bantuan bapak

  78. Aslm…..
    selamat pagi pak
    saya mahasiswa S1 teknologi pertanian, universitas udayana..
    saya ingin bertanya pak, mengenai prebiotik pada buah pisang
    sy kesulitan mencari jurnal atau informasi terbaru mengenai hal tersebut…
    ini berhubungan dengan tugas akhir saya..
    apa bapak bisa bantu saya??saya hanya perlu data mengenai pisang apa saja yg mengandung prebiotik.
    karena saya ingin membuat suatu produk untuk makanan bayi yang berbahan dasar buah pisang.kelebihan pisang yang ingin saya tonjolkan adalah kandungan prebiotiknya.
    jika kelebihannya hanya dilihat dari harga dan produksi pisang, itu belum cukup kuat buat dijadikan alasan pak.
    terimakasih sebelumnya atas bantuannya pak..
    saya sangat memerlukannya.
    wslm..

  79. ass..wr wb..
    salam kenal Bpk..Sy THL TB PP di Kec.cibinong, Kab. Bogor. Pak, sy sdg orientasi lapang di desa sukahati..potensial ubi kayu. Sdh ada home industri tapioka 1 ton ubi kayu/hr atau 3 kw an tapioka/hr. Ada jg home industri tape singkong..Pak, ada gak ya diversifikasi produk lain dr singkong yg rasional utk dikembangkan oleh petani di kel tsb? keripik memang blm ada, tp kalo teknologi keripik tape ada apa tdk? rasional apa tdk? terima kasih pak..
    salam,
    Parwa Oryzanti

    • kripik tape sangat prospektif bagi saya, dihancurlan dulu dibuat seperti leather dengan gilingan mie lalu dikeringkan dan dapat langsung dikonsumsi atao digoreng. kalo punya penggoreng vakum lebih baik karena dapat langsung

  80. Selamat siang Pak, mohon masukkan bagaimana cara membuat kultur masal Aspergillus oryzae yang akan digunakan untuk fermentasi secara masal. Juga mohon info di mana kefir grain bisa didapatkan. Terima kasih.

    • jika sudah punya tinggal ditumbuhkan pada nasi atau singkong rebus saja hasilnya akan cukup banyak. kefir dapat diperoleh di bu Lilik Fapet UB

  81. Terima kasih Pak untuk jawabannya yang kilat. Saya belum punya kulturmya, di mana saya bisa memperoleh kultur tersebut ? Kalau Bu Lilik apa ada kontak atau e-mail nya Pak. Salam sejahtera selalu.

  82. Asalamualaikim wr.wb
    pak nur hidayat sya di malang selatan saya ingin bikin tepung mocal/ chip mocal dimana untuk membuatnya di butuhkan enzin mocal, saat ini saya telah membuat sarana untuk membuat chip mocal, sya ingin memberdayakan petani malang selatan, bagai mana mendapatkan enzim tersebut apa harus kerjasama dg pabrik yang ditunjuk atau langsung ke pak A subagio UNEJ TERIMAKASIH

  83. Assalamu’alaikum

    Numpang nanya pak Nur, Pak Bagyo Mocaf punya alamat email ndak ya, klo ada mohon dikasih tau, klo ndak ada bagaimana saya dapat menghubungi beliau, soalnya saya mo nyoba mocaf di daerah saya Pati, kebetulan Pati juga merupakan sentra singkong di Jawa Tengah. Maturnuwun.

    Wassalamu’alaikum

  84. Nuwun Sewu Bapak,
    Saya tertarik memngembangkan tepung MOCAF,kendala yang saya hadapi saya belum bisa beli/mendapatkan bahan tambahan Enzim dan Asam Laktat untuk proses fermentasinya.
    Kalau bapak berkenan,mohon bapak tunjukkan dimana saya bisa beli dan mendapatkan bahan tersebut.
    Matur Nuwun

    Harminto Budi
    ANTIQgarden Boyolali
    HP 08562830783

  85. ass, pak hidayat..
    saya mahasiswi biologi diyogyakarta yang dalam waktu dekat ini akan melakukan penelitian tentang yoghurt probiotik dari ubi jlar ungu. tapi saya menemukan permasalahn pak, saya masih bingung bagaimana cara membuat sari ubi yang baik dan cara penambahan2 bahan lain seperti glukosa dan susu skim..saya harap bapak bersedia memsharingkan cara pembuatan minuman probiotik tersebut untuk penelitian saya…
    maaf pak kalau tidak merepotkan,,bisa dikirim ke alamat email saya saja tetapi di blog ini juga tdk apa2,..trimakasih banyak sebelumnya pak..wasalam

  86. ass….
    pak nur, saya alumni FTP mau menanyakan, apakah bisa kualitas dan ketahanan apel yg d goreng secara manual dengan apel yang di goreng menggunakan vacuum frying itu sama pak? tolong masukan dari bapak? kebetulan rmh saya daerah sentra apel d kota batu. rencana saya mw buat industri kecil2an apel goreng manual.

    • bisa saja, teruatam kalo anda kemas dengan vakum, kan sekarang ada alatnya yang kecil atau kemas dengan gas (tapi ini lebih mahal). dan juga harus diperhatikan meski goreng manual usahakan buang minyaknya dengan spinner, biar bebas minyak.

  87. ass…
    pak nur, saya mw nanya lg mengenai kripik apel goreng manual? stlh saya blanching, itu apelna saya keringkan, setelah kering kandungan airnya ilang itu warna apelna agak kecoklatan, kmdian saya goreng kripik apelna jd tambah coklat. untuk rasa dan kerenyahan udah pas mnrut saya. dan kendala saya dsini mengenai warna kenampakan kripik apel tersebut. apkh bapak bs memberikan masukan supaya hasil akhir kenampakan kripikna bagus, warnanya tdk berubah sprti kayak aslina? mgkin ada bhan tambahan lain?
    dodiek02@gmail.com

    • kenapa tidak direndam larutan kapur saja?. apel mengandung enzim peroksidase shg jika kontak udara akan coklat.jd jika dipotong harus langsung direndam kapur atau garam.

  88. Assalamualaikum wr.wb
    slm kenal pak! saya mau nanya yang dimaksud spektrofotometri FDUV itu apa ya?? apa bedanya dengan spektro yang lain? karena saya pernah baca kalau untuk mengukur derajat deasetilasi kitosan itu menggunakan spektrofotometer FDUV…kalau boleh tahu prosedur pengukurannya ada tidak??
    terima kasih sebelumnya
    Wasalam…

  89. Assalamualaikum wr.wb. pak nur hidayat, salam kenal.. saya aldian permana putra. saat ini saya berencana melakukan suatu usaha, ini terkait protein enrichment, bahan baku yang digunakan yaitu singkong (ubi kayu). sedangkan mikroba menggunakan Rhizopus oligosporus. Dalam skala besar alat apa saja yang diperlukan? komponen apa saja yang terdapat didalam fermentor padat untuk skala industri? mohon saran dan masukan dari bapak. atas jwabannya saya ucapkan terima kasih. Waslam. wr.wb

    • sebenarnya mirip fermentasi tempe jadi sederhana saja, kecuali anda mau pake yang bagus misal menggunakan ruang fermentasi teraerasi yang secara bertahapdapat dipanen ini harus dirancang

  90. assalamu’alaikum Wr.Wb
    mohon bantuannya pak, saat ini saya sedang skripsi ttg isolasi dan identifikasi khamir dari singkong, mohon infonya pak ttg khamir dr singkong secara lengkap, atau ada alamat yang bisa sy cari d internet beserta gambar2 khamir atau buku apa untuk mengetahui identifikasi khamir sampai tingkat genus. mohon bantuannya. terima kasih sebelumnya.

  91. Assalamu’alaikum wr, wb. Pak Nur sy mohon bantuannya, sy baru mau merintis usaha jamur di tarakan kaltim, pak diliteratur yg sy bc disana kty untuk mempertahankan kesegaran jamur dibungkus dengan plastik dengan mengeluarkan udara di dlmnya ( itu nama alatnya apa ya pak dan ditoko apa biasa orang jual ) , terus pengawetan dpt juga menggunakan NA- Bisulfit 0,2 %, Asam Sitrat 0.5 %, K. Bikarbonat 0.1 % ( Pak itu semua nama dagang nya apa ya pak dan biasa di jual di tokon apa pak (spt toko obat _ obatan / apotik kah pak ), terimakasih banyak pak atas bantuanya. Wassalam. Pak mohon dikirim ke email saya ya pak.

  92. Assalamu’alaikum wr.wb. pak saya mau tanya, kalau mau menghitung efisiensi plate heat exchanger pada pasteurisasi susu bagaimana??
    Apakah ada rumusnya??

    Hatur nuwun…

  93. ass wr wb
    saya mahasiswa semester akhir jurusan farmasi,mohon info tentang pengujian bakteriostatik rosella pak.
    terima kasih sebelumnya.

    • pengujian bakteristatik umumnya dengan metode stndar menggunakan kertas saring bentuk lingkaran diameter 1 cm yg dibasahi dengan ekstrak tertentu konsentrasi tertentu lalu diletakkan pada media uji yg telah diinokulasi dengan bakteri uji. setelah inkubasi dilihat lebar zona jernihnya

  94. Ass…Pak Nur Hidayat, saya adalah peternak, mhn informasi yang lengkap cara fermentasi bungkil kedelai dan ampas tahu untuk meningkatkan kandungan protein, agar lebih bermanfaat untuk pakan ternak

  95. Assalamualaikum Wr Wb Pak Nur, jika kita ingin mengetahui umur simpan minuman prebiotik, probiotik dan sinbiotik Bagaimana cara menentukan batas kritis nya jika kita menggunakan metode konvensional? Apakah dengam membandingkan hasil pengujian produk dengan syarat mutu SNI? Saya sudah searching SNI nya tapi sepertinya belum ada. Mohon bantuannya pak…
    Terimakasih….

      • Terimakasih pak… atas jawbannya. Oh ya… kalau minuman probiotik sari ubi jalar kuning yang telah bapak lakukan penelitiannya berapa lama ya.. umur simpannya? Bolehkah saya memperoleh jurnal penelitian bapak mengenai minuman probiotik sari ubi jalar kuning? Terimakasih banyak atas bantuannya.

  96. assalamualaikum pak…saya mahasiswa universitas andalas pak. saya sekarang meneliti ttg zat warna pak. saya tertarik sekali buku bapak yg berjudul membuat pewarna alami.di padang gk ada bukunya pak..bapak bisa tolong bantu saya untuk mendapatkan bukunya gk pak?terima kasih pak…

  97. Maaf pak..saya mahasiswa TIP UB.saya ingin menanyakan tentang “Pertambahan berat pada Formula Sabun Padat setelah didinginkan”,,hal tersebut disesbabkan karena apa pak??Hal tersebut terjadi pada data yang diberikan oleh perusahaan tempat saya Praktek Kerja Lapang” yaitu barat Formula Sabun Padat sebelum didinginkan 2,26 kg,,kemudian berat setelah didinginkan yaitu 2,38 kg.terjadi penambahan berat 0,12 kg.perubahan tersebut saya rasa cukup besar.saya sudah mencari tp blm jg menemukan jawabannya.apakah mungkin terjadi kesalahan pada data tersebut??terimakasi sebelumnya pak..

    • selama proses pendingnan tejadi penjerapan senyawa dari alam termasuk uap air sehingga sabun menjadi kompak dan bisanya memang beratnya naik. besar kecilnya kenaikan tergantung bahan yg digunakan. memang perlu diteliti bagaimana kalau ruang beda dan bahan beda seberapakenaikan masing2. mau? misal ambilyang belum padat disimpan pada beberapa suhu setelah padat timbang masing2

  98. Sebelumnya jawabannya saya karena formula sabun mengalami fase jel (berubah menjadi jel) sehingga mengalami suatu perubahan wujud tp saya tidak mengetahui mengapa terjadi perubahan berat tersebut dan sebelumnya persepsi saya perubahan wujud mempengaruhi berat setelah perubahan akan berkurang..insyaallah akan saya coba pak…terimakasi banyak pak

  99. Assalamualaikum pak nur,bagaimana cara untuk membuat pestisida nabati bisa tahan sampai dengan jangka waktu satu tahun,bahan apa yang perlu ditambah atau harus diperlakukan proses apa?mohon bantuannya,pak

  100. Assalamu’alaikum…

    Salam silaturrahim Bapak,
    Saya sedang menyusun skripsi mengenai Mie yang di fortifikasi dengan Spirulina (mikroalga), dengan tujuan menambah (enrichment) zat gizi besi (Fe),
    Bahan-bahan yang saya pakai dalam pembuatan Mie sbb:

    -Tepung Terigu (kadar Fe = 3mg/100gr)
    -Spirulina bubuk (kadar Fe = 52mg/100gr)
    -Soda Kue
    -Garam

    Permasalahan yang saya temui untuk pembuatan Mie Spirulina adalah:
    Konsentrasi penambahan Spirulina, semakin banyak ditambahkan warna Mie menjadi hijau kehitaman (pigmen biru phycosianin). Ini menjadikan penampakan Mie kurang menarik

    Pertanyaan:
    1. Apakah diperlukan zat pewarna makanan untuk mengurangi efek warna hijau dalam penambahan spirulina ini? ataukah penambahan zat pemucat? atau ada rekomendasi lain dari Bapak
    2. Berapa konsentrasi Spirulina yang perlu saya tambahkan? saya belum menemukan standar kecukupan gizi besi untuk menunjukkan signifikansi hasil penambahan Spirulina ini.

    Mohon masukan dan rekomendasi BapakAhli Gizi,
    Terimakasih…

    Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan

    • sekarang banyak dibuat dan dijual mie hijau atau mie nabati. saya pernah buat sendiri mie bayam dan anak saya suka karena warnanya yg beda. kenapa tdk disebut saja mie spirulina atau mie Fe? dan warna itu justru menunjukkan sumbernya yg tidak perlu dihilangkan jadi jangan menambah bahan yg tidakpenting seperti pemucat dsb. semoga membantu

  101. Assalamualaikum,
    Saya Anjani Prastika, mahasiswa kimia. Saya sedang menjalani penelitian tugas akhir. Tema yang saya pilih yaitu pewarna alami untuk pewarna tekstil. Namun, saat ini saya sedang bingung. Tadinya saya ingin meneliti pewarna alami dari bunga anyelir atau krisan sebagai pewarna tekstil. Namun, saya berfikir ulang karena landasan yang kurang kuat. Kalau boleh saya ingin berdiskusi dengan Bapak mengenai hal ini. Mungkin Bapak punya ide mengenai pewarna tekstil yang bisa bermanfaat untuk masyarakat untuk saya teliti.
    Saya tunggu kabar dari Bapak.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

    Salam hangat,
    Anjani Prastika

    • yang tahu banyak tentang pewarna lamai adalah bi Elfi annis krn beliau sedang penelitian ini dari beberapa tahun yg lalu. coba lihat di facebook nya

  102. Assalamualaikum
    Saya mahasiswa semester 5 akademi farmasi di Malang…
    di sini saya ingin bertanya mengenai:
    – simplisia yang digunakan untuk ekstrak kelopak bunga rosela itu dalam keadaan kering atau basah ???
    – senyawa kimia apa yang terdapat dalam ekstrak kelopak bunga rosela yang dapat membunuh bakteri ???
    – dalam pembuatan ekstraknya digunakan metode apa ???
    – dosis ekstrak kelopak kelopak bunga rosela yang bisa digunakan sebagai antibakteri berapa ???

    terimakasih…

  103. asw.. pa sya mhsisiwa farmasi tingkat akhir jur farmasi yang akan melaksanakan penelitian, saya membutuhkan lprosedur lengkap proses fermentasi cuka apel,, mhon bantuannya pak…

  104. Assalamualaikum
    pak sy mahasiswi FP’09 UB. mau tanya soal bagaimana cara pengekstrakan antosianin dari buah naga??? jika saya ingin mendalami ini di PKL ntar… kira2 perusahaan apa ya pak yang bergelut dengan pengestrakan antosianin!!!!

    terima kasih sebelumnya pak…

  105. Pak …. dari yayasan bimasakti Karangkates Malang.
    Saya ingin mendapatkan info dimana saya dapat pencerahan pelatihan budidaya Spirulina ?
    kalau di UB ada … pak

  106. Assalamu ‘alaikum wr.wb. mohon info penggunaan ragi tape untuk penggemukan sapi, dan sekarang akan digunakan untuk memandulkan ikan nila yaitu dicampurkan lewat pakan yang tujuannya menekan perkembangan gonad. selanjutnya bagaimana cara membuat ragi tape, sehingga bisa menekan biaya. jazzakallah.

  107. assalamualaikum, wr. wb.
    salam pak, ini adalah blog yang sangat baik dan bermanfaat, kebetulan saya sedang menyusun skripsi tentang analisis fikosianin spirulina sebagai zat pewarna makanan, yang saya ingin tanyakan, apakah bapak tahu mengenai metode pengujian spirulina/alga yang lain dalam skala laboratorium, agar bisa dijadikan pewarna makanan? terima kasih banyak pak sbelumnnya
    wassalamualaiku, wr.wb

  108. Assalamualaikum,
    Saya Nurmiah, mahasiswa. saya akan penelitian tentang scale up. dan sy pernah melihat di web catatan nur hidayat tentang pelaksanaan workshop scale up, pada tahun 2007. aku tertarik materi2 yg dibawakan oleh Bapak Ir. Arif Adini. M.Eng. Olehnya itu sy mohon bantuan bapak dimana kiranya materi2 bisa kami dapatkan. atau hal-hl yang berkaitan tentang scale up atau tersebut di atas Mungkin Bapak punya ide mengenai pewarna tekstil yang bisa bermanfaat untuk masyarakat untuk saya teliti.
    Saya tunggu kabar dari Bapak.
    Terima kasih banyak sebelumnya.

  109. Assalamualaikum,
    Saya Nurmiah, mahasiswa. saya akan penelitian tentang scale up. dan sy pernah melihat di web catatan nur hidayat tentang pelaksanaan workshop scale up, pada tahun 2007. aku tertarik materi2 yg dibawakan oleh Bapak Ir. Arif Adini. M.Eng. Olehnya itu sy mohon bantuan bapak dimana kiranya materi2 atau hal-hal yang berkaitan tentang scale up bisa kami dapatkan. Atas bantuannya diucapkan terima kasih.
    Saya tunggu kabar dari Bapak.

  110. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya mahasiswa, mau tanya. setau Bpk penelitian pewarna bubuk dari biji pinang sudah ada gak pak? Kira-kira komponen yang menyebabkan warna pada biji pinang apa ya pak, tanin saja atau ada komponen lain seperti antosianin, dsb. Sedangkan warna dari kulit pinang yang hijau (muda) dan kuning (masak) bisa kita ekstrak pakai pelarut apa ya pak, jenis pigmennya apa?ekstraksi (metode, jenis pelarut & kondisi ekstraksi) yang paling baik untuk ekstrak warna dari biji pinang dan kulit pinang apa ya pak?
    Maaf pak terlalu banyak pertanyaan, terima kasih sebelumnya..
    Salam

  111. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya alumni FTP UB Pak. Mau tanya mengenai pembuatan probiotik bisa Pak, Jika bisa pelatihannya sekalian.

    Wassalam
    Ep

    • yang mau ditanyakan apa? pelatihan? kalo bisa diperjelas sehingga dapat diketahui biayanya, misal probiotik untuk apa? pakan atau pangan yg ikut berapa orang dsb

  112. Asskum Pak…adakah alamat dan no telp yang bisa dihubungi Pak?saya mau buat cuka apel tapi belum tahu caranya…apakah Bapak di Unibraw???saya di ajosari Pak..lam kenal. Ika

  113. Ass Wr Wbr menurut infomasi yang saya baca bapak punya petani binaan yang memproduksi tepung ganyong di desa tawangsari Kecamatan Pujon saya berminat dengan tepung ganyong tersebut untuk itu apa bapak bisa memberi info kepada saya siapa dan no tilpon berapa yang bisa saya hubungi di desa tersebut

  114. Dear Pak Nur Hidayat

    saya ingin membuat tepung mocaf.
    unutk fermentasi membutuhkan bakteri asam laktat. bagaimana membuat starter BAL sendiri? terima kasih

  115. Assalamu’alaikum..
    Salam kenal pak, saya Ariel Hazril Gursida dari STT Tekstil Bandung, saya lagi penelitian tentang aplikasi siklodekstrin di bahan tekstil. punya artikel tentang siklodekstrin pak? dimana kira-kira saya bisa mendapatkan beta-Cyclodextrin?
    terima kasih pak..

  116. Ass. pak saya mohon info hasil penelitian kadar air dan serat kasar pada produk kue )baik basah atau kering) yang berbahan dasar rasio mocaf dan terigu… terimaksh atas info bapak
    wasslmkm…

  117. pak saya artha
    saya mau bertanya seputar nata de coco pak . apakah takaran gula sebanyak 7,5% itu tidak terlalu tinggi untuk pembuatan nata???karena setelah saya pergunakan takaran dengan kadar yang tinggi nata justru menjadi lebih lembek . kemudian takaran cuka sebanyak 0.75% itu sudah menjadi takaran atau perlu dihitung lagi untuk mendapatkan pH yang di inginkan ? jika di hitung melalui hitungan kasar cuka biang (99,8%) sebanyak 0,75% itu jika di campurkan dengan 150lt air kelapa menjadi sebanyak kurang lebih 1,125lt mohon bantuan dari bapak untuk permasalahan ini. Terimakasih.

  118. Salam kenal Pak Nur, bapak saya mahasiswi di Unud,Bali
    saya ingin melakukan penelitian identifikasi pewarna tekstil pada saos tomat yg beredar di Kota Denpasar, penelitian ini saya lakukan untuk tugas akhir S1 saya..
    tapi menurut salah satu dosen saya, penelitian saya sudah banyak dilakukan diluar Bali dan penelitian yang biasa saja, apakah ini berarti saya tidak boleh melakukan penelitian yang sama (saya takut juga dikatakan plagiat pak), jika saya ingin melakukan modifikasi pada penelitian saya, sebaiknya apa yang harus saya lakukan pak?
    mohon masukan dan motivasinya pak, terimakasih Pak Nur ^_^

    • memang sudah banyak dn tidak menarik untuk skripsi, kalau untuk Bali mungkin dapat memahami tentang budaya sesaji di Bali. apa tidak mungin meneliti pengaruh macam sesaji atau letak sesaji dengan penyebaran mikroorganisme (foodborne disease) di sekitar pura. dpat diteliti mikro apa saja yg ada mulai terdekat sesaji hinga terjauh juga kaitan dengan dupa dsb. mungkin lebih menarik.

  119. Salam kenal Pak Nur, saya ririn mhs farmasi, Stifa Palu . Saya mau bertanya mengenai kitosan. Untuk mengetahui derajat deasetilasi kitosan, apakah bisa menggunakan spektro lain selain FTIR?

    terima kasih sebelumnya pak.

    • For deacetylation, the ACS was kept at room temperature or heated. The solution lost its fluidity and formed a gel. This gel was mechanically disintegrated into 3- to 5-mm particles and washed with distilled water to remove alkali. Chitin was thus deacetylated into chitosan, which was dried at 50–55°C.
      The degree of deacetylation in chitosan samples was measured using conductometric titration. The viscosity of solutions was estimated on a rotational viscometer. The molecular weight was determined via capillary viscometry in an Ubbelohde viscometer
      Applied Biochemistry and Microbiology, Vol. 38, No. 6, 2002, pp. 521–526

  120. As.Wr.Wb. Pak Nur Hidayat semoga sehat dan bahagia selalu, mohon bantuannya Pak, dikirimkan cara membuat bubuk instan MPASI dengan komposisi teripang pasir dan beras merah, maaf Pak email saya gzl_palu@yahoo.co.id
    Sebelumnya terima kasih banyak
    Was.
    Gazali
    Palu-Sulawesi Tengah

  121. asw….
    bapak saya mahasiswa unand yg akan malakukan penelitian tentang antosianin…. dan saya memerlukan standar antosianin murni. dimana saya bisaa membeli standar antosianin tersebut ya pak. terimakasih, wassalam !!!

  122. Ass…Pak nur….salam kenal sebelumnya
    saya mahasiswa UNRI, saya sdg melakukan peneltian ttg pembuatn dekstrin dg mdofikasi kering berbasis asifidikasi,,,yg ingin sy tanykn kenap hrus dkombinasikn dg pengasaman jika pembuatan dekstrin ini bisa dgn metode pengeringan saja dn saya jg kesulitan untuk mndapatkan jurnal mengenai ini pak,,,mhon bantuan ny pak…terima kasih

    • apakah bisa hanya dengan pengeringan saja? dekstrin adalah hasil pemecahan amilum jadi dilakukan dengan asam atau dengan fermentasi atau enzim

  123. asslmkum,,, pak saya sedang melakukan penelitian tentang permen jelly, dari beberapa sumber yang saya dapat ada menggunakan sumber dari jurnal atau majalah tulisan bapak. jadi, saya mau ambil semdiri dweb bapak ini tapi tidak ketemu pak. mohon infokan pak edisi thn berapa jurnal atau majalah bapak dmuat di web bapak ini,,, terimakasih,,,

  124. assalamualaikm,,,
    pak saya ingin bertanya tentang minuman probiotik dari ubi jalar ungu,
    saya pernah melakukan pra penelitian, tetapi starter yang saya pakai starter untuk buat yoghurt, hasilnya tidak terbentuk seperti yoghurt. yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah bisa starter yoghurt dipakai untuk membuat minuman probiotik ubi jalar
    2. Bagaimana bentuk produk akhir dari minuman probiotik ubi jalar
    3. Apa saja faktor yang berpengaruh pada pembuatan minuman probiotik ubi jalar

    Terima kasih

  125. Assalamualaikum Pak
    Saya salah satu penggemar Bapak, dan banyak ilmu serta inspirasi saya dapat dari Bapak
    Saya sedang coba olah bekatul, supaya tidak pahit bagaimana ya
    Sudah berbagai cara saya coba, masih pahit juga
    Memang kondisi sudah beberapa minggu sejak panen, apa harus baru giling langsung diproses ya Pak?
    Terimakasih banyak

  126. Bekatul yang sudah tersimpan seringkali mengalami perubahan terutama pada lemak yang dikandung. kalo gitu dicoba dulu secara segar atau dari tempat lain, atau bekatuldari berbagai beras mungkin memberi hasil yang berbeda

  127. yth Bapak Nurhidayat
    saya pernah e-mail ke bapak menanyakan tentang pembuatan ragi tape Bapak anjurkan beli buku Mikro Biolog Industri tetapi saya sudah ke gramedya jakarta buku itu tidak ada. pak mohon bantuannya saya di dapat di beli buku tersebut terimakasih atas bantuannya

  128. Yth Pak Nur,
    Saya petani jamur merang yang baru merintis usaha. saat ini saya kesulitan untuk mempertahankan bentuk jamur supaya tidak mengembang. dari buku buku dan internet disebutkan jamur dapat di pertahankan dengan cara penyemprotan Na-bisulfit. Apa bapak bisa memberikan info berapa komposisi penggunaan Na-bilsulfit yang di perbolehkan… Terimakasih atas bantuannya..

  129. pak, saya mau konsultasi tentang pasteurisasi. karna tugas akhir saya menyangkut materi itu. boleh saya minta email bapak. ato balas komen ini ke email saya

  130. yth pak Nur.
    pak, zat kimia yang terkandung dalam biji pinang seperti tannin, lebih baik di ekstrak dengan cara apa ??
    mohon jawabannya pak,, terimakasih.

  131. assalamuallaikum.wr.wb
    pak nur, saya mahasiswa teknik kimia di salah satu perguruan tinggi swasta di jogja.
    saya mengalami kesulitan dalam penelitian, saya terkendala biaya dalam penyediaan bahan antosianin murni. sedangkan saya sangat membutuhkannya dalam membuat kurva standar sebagai pembanding untuk data kuantitatif saya.apakah bapak mengenal seseorang atau mengetahui darimana saya bisa memperoleh hibah bahan baku antosianin murni,sehingga saya bisa menekan biaya penelitian saya. atau paling tidak saya bisa memperoleh data kurva standar antosianin dan solubility antosianin dalam berbagai pelarut. mungkin bapak bisa memberikan informasi untuk saya.
    terima kasih.
    wasalamualaikum.wr.wb

    • dapat hubungi Bu Elfi anis saati (dapat dicarai di fb) dosen Univ Muhammadiyah Malang atau ke Prof Leenawaty (Rektor Univ Machung Malang) beliau ahli pigmen mungkin punya

  132. Pak saya mau tanya binder agen yang baik buat pakan ternak berbentuk pasta tanpa pemanasan apa saja?? saya sudah mencoba dekstrin, T. sagu tapi masih pecah di air… Terima kasih.

    • pngeringan lapis tipis biasanya dengan membuihkan bahan shg mudah dikeringkan, sedangkan vacuum frying adalah penggorengan bahan pada tekanan rendah. jadi tidak ada hubungan

  133. assalammu’alaykum warrohmatullah..

    Pak Nur Hidayat,
    perkenalkan bapak, nama saya Dewi.
    saya sedang mempelajari aplikasi mikroba (bakteri Azotobacter, Azospirillum, Pseudomonas) untuk dimasukkan kedalam pupuk organik..

    saya bisa minta kesediaan bapak untuk bisa sharing2 dengan saya pak?
    terimakasih pak..

  134. Assalamu’alikum….
    Pak mohon informasinya..dimana bisa didapatkan bibit algae spirulina, sekaligus pelatihan budidayanya, untuk standard food grade…

  135. Assalamualaikum, Bpk saya mahasiswi jurusan pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Saya ingin melakukan penelitian nata de coco dengan penambahan pengawet alami dalam pembuatan nata de coco. pengawet alami yang saya gunakan adalah ekstraksi batang kayu manis tetapi dari literatur yang saya dapatkan bahwa kayu manis ini memiliki daya anti mikroba dan khamir. Apakah bisa penelitian ini saya lanjutkan? Soalnya dari jurnal penelitian belum ada yang melakukan penelitian ini.

  136. Ass..
    saya nurhadi wiraswasta. demak jawa tengah. mohon di pandu bpk. saya kepingin mengemas koktail buah dalam cup plastik. bagaimana prosedur blansir buah yang benar sehingga tidak mengurangi rasa dan hasilnya benar benar steril awet dan higienis. berapa lama dan pada suhu berapa dan bahan pengawet apa yang sebaiknya di gunakan. saran darai bpk sangat saya harapkan. suwun. Wassalamualaikum wr wb.

    • biasanya koktail dan sirupnya dimasak hingga mendidih, kemudian dikemas dalam cup plastik dan direbus lagi dg kemasannya atau dimasukkan air panas menghindari kontaminasi selama pengisian. hal ini dilakukan oleh perajin krn tidak memiliki alat yg bekerja secara aseptis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s