Fermentasi


Fermentasi merupakan kegiatan mikrobia pada bahan pangan sehingga dihasilkan produk yang dikehendaki. Mikrobia yang umumnya terlibat dalam fermentasi adalah bakteri, khamir dan kapang. Contoh bakteri yang digunakan dalam fermentasi adalah Acetobacter xylinum pada pembuatan nata decoco, Acetobacter aceti pada pembuatan asam asetat. Contoh khamir dalam fermentasi adalah Saccharomyces cerevisiae dalam pembuatan alkohol sedang contoh kapang adalah Rhizopus sp pada pembuatan tempe, Monascus purpureus pada pembuatan angkak dan sebagainya.Fermentasi dapat dilakukan menggunakan kultur murni ataupun alami serta dengan kultur tunggal ataupun kultur campuran. Fermentasi menggunakan kultur alami umumnya dilakukan pada proses fermentasi tradisional yang memanfaatkan mikroorganisme yang ada di lingkungan. Salah satu contoh produk pangan yang dihasilkan dengan fermentasi alami adalah gatot dan growol yang dibuat dari singkong. Tape merupakan produk fermentasi tradisional yang diinokulasi dengan kultur campuran dengan jumlah dan jenis yang tidak diketahui sehingga hasilnya sering tidak stabil. Ragi tape yang bagus harus dikembangkan dari kultur murni.Kultur murni adalah mikroorganisme yang akan digunakan dalam fermentasi dengan sifat-dan karaktersitik yang diketahui dengan pasti sehingga produk yang dihasilkan memiliki stabilitas kualitas yang jelas. Dalam proses fermentasi kultur murni dapat digunakan secara tunggal ataupun secara campuran. Contoh penggunaan kultur murni tunggal adalah Lactobacillus casei pada fermentasi susu sedang contoh campuran kultur murni adalah pada fermentasi kecap, yang menggunakan Aspergillus oryzae pada saat fermentasi kapang dan saat fermentasi garam digunakan bakteri Pediococcus sp dan khamir Saccharomyces rouxii.

Industri fermentasi dalam pelaksanaan proses dipengaruhi oleh beberapa faktor:

1. mikrobia

2. bahan dasar

3. sifat-sifat proses

4. pilot-plant

5. faktor sosial ekonomi

1. Mikrobia

Mikrobia dalam industri fermentasi merupakan faktor utama, sehingga harus memenuhi syarat-syarat tertentu yaitu:

1. murni

2. unggul

3. stabil

4. bukan patogen

- Murni

Dalam proses-proses tertentu harus menggunakan biakan murni (dari satu strain tertentu) yang telah diketahui sifat-sifatnya. Untuk menjaga agar biakan tetap murni dalam proses maka kondisi lingkungan harus dijaga tetap steril. Penggunaan kultur tunggal mempunyai resiko yang tinggi karena kondisi harus optimum. Untuk mengurangi kegagalan dapat digunakan biakan campuran. Keuntungan penggunaan biakan campuran adalah mengurangi resiko apabila mikrobia yang lain tidak aktif melakukan fermentasi. Dalam bidang pangan penggunaan biakan campuran dapat menghasilkan aroma yang spesifik.

Pengembangan inokulum yang terdiri campuran biakan murni belum berkembang di Indonesia. Sebagai contoh, inokulum tempe yang dibuat LIPI masih merupakan inokulum kultur tunggal sehingga produsen tempe sering mencampur inokulum murni dengan inokulum tradisional dengan maksud memperoleh hasil yang baik.

Inokulum tape (ragi tape) juga belum berkembang. Di Malaysia, telah dikembangkan campuran kultur murni untuk membuat tape rendah alkohol. Ini merupakan upaya untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang sebagian besar muslim. Isolatnya sendiri diperoleh dari ragi yang telah ada di pasaran.

Penggunaan inokulum campuran harus memperhatikan kebutuhan nutrisi mikroorganismenya. Kultur campuran yang baik adalah model suksesi sehingga antar organisme tidak bersaing namun saling mendukung untuk pembentukan produk.

- Unggul

Pada kondisi fermentasi yang diberikan, mikrobia harus mampu menghasilkan perubahan-perubahan yang dikehendaki secara cepat dan hasil yang besar. Sifat unggul yang ada harus dapat dipertahankan. Hal ini berkaitan dengan kondisi proses yang diharapkan. Proses rekayasa genetik dapat dilakukan untuk memperbaiki sifat jasad dengan maksud mempertinggi produk yang diharapkan dan mengurangi produk-produk ikutan.

- Stabil

Pada kondisi yang diberikan, mikrobia harus mempunyai sifat-sifat yang tetap, tidak mengalami perubahan karena mutasi atau lingkungan.

- Bukan Patogen

Mikrobia yang digunakan adalah bukan patogen bagi manusia maupun hewan, kecuali untuk produksi bahan kimia tertentu. Jika digunakan mikrobia patogen harus dijaga, agar tidak menimbulkan akibat samping pada lingkungan.

2. Bahan Baku

Bahan dasar untuk kepentingan fermentasi dapat berasal dari hasil-hasil pertanian, perkebunan maupun limbah industri. Bahan dasar yang umum digunakan di negara berkembang adalah:

1. hasil perkebunana: molaseampas tebu, kulit kopi, kulit coklat, sabut kelapa dsb

2. Hasil pertanian: jerami, singkong, ubi jalar, susu daging, ikan dsb

3.Limbah cair dan padat, sisa pabrik, sampah dsb

untuk artikel lengkap dapat di download disini: artikel fermentasi

atau pada buku mikrobiologi industri

buku mikrobiologi industri

faktor-faktor yang mempengaruhi proses fermentasi secara detail saya ambilkan contoh fermentasi asam sitrat yang saya muat di permimalang.wordpress.com silahkan dilihat. semoga bermanfaat.

Fermentor

Fermentor yang digunakan dalam produksi etanol tergantung pada bahan baku yang digunakan. untuk penggunaan dengan bahan baku gula dapat langsung dengan fermentor anaerob. sedang jika akan digunakan dengan bahan baku dari pati atau karbohidrat lain aharus ada proses sakarifikasi sehingga minimal ada dua fermentor. Fermentor adalah tempat berlangsungnya fermentasi dapat berupa alat dengan kerja anaerob ataupun anaerob. Prinsip kerja dari fermentor akan kami muat dalam fermentor. silahkan dicari di tag fermentor.

Jurnal Pendukung:
1. Produksi Riboflavin (Vitamn B)

About these ads

334 gagasan untuk “Fermentasi

  1. Fermentasi Alkohol
    Tong atau peti yang baru saja dibersihkan dan disterilisasi dengan uap diletakkan pada salah satu sisinya dengan lubang tutup diatas dan terbuka. Cider yang segar ditambahkan sampai isi tong hanpir penuh kedalam sari buah ditambahkan 10 % volume dari starter yang aktif.Untuk memulai dengan 50 galon sari buah ditambahkan kurang lebih 5 galon starter. Bila isi tong ini sudah mengalami fermentasi aktif, sari buah tersebut dapat digunakan untuk menginakulasi sari buah yang lainnya. Secara berantai isi ton2 yang lain mendapatkan inokulan dari sisi tong sebelumnya yang telah difermentasi. Hal ini dapat berlangsung terus selama preparasi sari buah belum dihentikan.
    Suhu ruang fermentasi diatur 70 derajat F atau diatasnya tetapi tidak boleh diatas 90 derajat. Fermentasi dinyatakan sudah selesai bila gas yang terbentuk sudah berhenti dari sari buah terasa “kering”. Setelah fermentasi alkohol selesai sari buah yang difermentasi dibiarkan mengendap agar ampas, dan endapan2 yang lain dari suspensi didalam cairan memisah.Bila endapan sudah mengendap sari buah yang difermentasikan dengan hati2 disadap dari tong dan ditambahkan ke generator cuka. Sesudah penyadapan cairan yang tertinggal dapat disaring dengan menggunakan kain saring yang agak tebal dan dapat dicampurkan dengan cider lainnya.

  2. silahkan untuk referensi asal disebut sumbernya. artikel lengkap dapat diperoleh di buku Mikrobiologi Industri tulisan saya terbitan ANDI dapt diperoleh di toko buku.

    • Fermentasi yang Tuntas untuk Mengolah Daging Jambu Mete Kok Belum ada yang Berhasil…??? Kami baca dibeberapa Literatur dan bahkan dalam Artikel… masih ada Kendala Mendasar untuk Mengolah Sirup Daging Jambu Mete… karena ada Kandungan tertentu yang sangat sulit untuk di-proses dengan Pendekatan Fermentasi Ala-Ilmu dan Literatur di Indonesia…

      ** Padahal jika kita membaca hasil Riset UGM tentang Limbah Daging Jambu Mete… mempunyai Manfaat yang sangat banyak… bahkan untuk Minuman sebagai Obat Herbal.

      Sudahkah ada Rekomendasi yang betul-betul dapat dipertanggung-jawabkan secara Medis Tentang Adanya Satu Proses Fermentasi Limbah Daging Jambu Mete yang Bebar-benar BERHASIL SECARA ILMIAH…???

      Moohon Balasan Secara Ilmiah, Objektif, dan Profesional… Terima-kasih.

  3. ini memang pendahuluan untuk mengenal fermentasi. tentang cara fermentasi. ada di bab sendiri. dibuku saya Mikrobiologi Industri terbitan ANDI Jogja.
    atau kalau ingin cara fermentasi sesuatu dapat diajukan ke saya nanti saya tuliskan di blog ini.
    makasih atas atensinya.

  4. makasih. untuk ree\ferensi lengkap ada di buku mikrobiologi industri. ini hanya pengantar. atau mungkin nanti kita buat artikel tersendiri syarat fermentasi. maaf kalau masih belum lengkap. Contoh yang cukup lengkap saya buat di artikel tentang fermentasi asam sitrat yang saya muat di permimalang.wordpress.com silahkan dilihat semoga bermanfaat

  5. Sebelumnya saya perkenalkan diri, nama saya Andi Kurniawan mahasiswa semester akhir fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, jurusan THP.
    Saya sekarang sedang melakukan penelitian tentang pembuatan alkohol dari fermentasi ubi kayu. Saya terkendala pada rancangan alat fermentornya. Mohon petunjuk dan penjelasan untuk pembuatan alat fermentor sederhana/skala Lab yang dapat digunakan agar kiranya dapat membantu penelitian yang saya lakukan. Mohon dibalas ke email saya.
    Saya ucapkan terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    • Alhamdulillah… perkenalkan nama saya Jumadiarto, sebagai peneliti Independen dari Wonogiri Jawa Tengah, telah membuat Peralatan Fermentator Ubi Kayu… Jika Saudara Berkenan menghubungi via Email atau Telp… kami siap berbagi ilmu dan pengalaman saudara… Email kami=

      jumadiarto@yahoo.com

      Kontak Telepon akan kami berikan jika saudara berkenan komunikasi via Email Terlebih Dahulu dan nanti Insya Allah Nomor HP akan kami berikan… Wss.

  6. untuk pendahuluan tentang fermentor sudah saya tambahkan. tentang fermentor nanti saya tulis sendiri ya. sabar. dalam antrian penulisan.
    salam.

  7. assalamu’alaikum bisa minta tolong dijelaskan tentang fermentasi dalam pembuatan nata de coco atau yang lain…karena saya sedang butuh referensi untuk membuat nata de bekatul

  8. assalamu’alaikum bisa minta tolong dijelasin bagaimana kondisi saccharomyces s. yang baik pada saat proses fermentasi alkohol dari bahan baku ubi kayu? terima kasih

  9. sebelumnya saya informasikan tahu bukanlah produk fermentasi. kecuali ada pengembangan tahu fermentasi yaitu setelah tahu jadi kemudian dilakukan fermentasi angkak sehingga jadilah tahu yang berwarna menarik.
    tempe yang penting ada ruang yang baik tidak butuh alat khusus, tapi saat fermentasi jamur harus dalam keadaan ruang sedikit udara dan ruang yang sempit (misal dikemas) sehingga tidak menjadikan hifa tumbuh kemana-mana dan muncul spora. untuk nata yang penting ada wadah untuk inkubasi tanpa goncangan. dapat dari wadah plastik biasa.
    semoga bermanfaat.

  10. buku akan selalu diperbaiki, tapi untuk etak harus sesuai kebutuhan pasar. makasih atas sarannya. bagian mana yang harus ditambah atau hal yang baru mohon konfirmasinya agar buku sesuai kebutuhan customer. makasih banyak
    salam
    nur

  11. Madu harus diencerkan telebih dahulu kemudian ditambah ekstrak taoge baru difermentasi secara anaerob menggunakan Saccharomyces cerevisia. setelah fermentasi selesai dinajutkan dengan fermentasi asetat secara aerob. fermentasi dapat dilakukan secara alami atau dengan inokulasi menggunakan acetobacter aceti.

  12. makasih bwt responx..

    tp msh agak bingung..
    iya, ditambahkan air dLu dgn perbandingan tertentu. penambahan air/pengenceran dilakukan tujuanx u/ apa? klo dari skripsi yg saya baca sblmx, penambahan air itu dilakukan krn pd madu dgn kadar air tinggi.. mikroba bisa tumbuh sendiri di dlmx.
    ekstrak taoge sendiri u/ apa?
    wah, saya bener-bener bingung. jd, di sini ada 2 langah fermentasi. bisa tolong dijelaskan lebih mendetail?

    maaf, banyak nanya. soalnya lg ambil mata kuliah kapsel biokim..
    sukran..^^

  13. Pada madu, kandungan gulanya tinggi. kadar gula yang tinggi menjadkan tekanan osmosis juga tinggi. tekanan osmosis yang tinggi mengakibatkan kerusakan dinding sel atau membran sel sehingga dapat mengakibatkan rusaknya sel. memang beberapa mikrobia dapat tumbuh pada madu bisanya organisme osmofilik dan mengakibatkan rusaknya madu atau sirup. Organisme ini banyak terdapat pada bunga. jadi penambahan air untuk mengencerkan gula. ekstrak taoge adalah sumber nitrogen dan nutrisi lain bagi mikroorganisme. dalam pertumbuhannya mikrobia selain memerlukan sumber nitrogen juga memerlukan sumber nitrogen dll. sumber nitrogen penting dlam pembentukan protein dan enzim. oleh sebab itu penambahan sumber nitrogen sangat diperlukan untuk keberhasilan proses fermentasi.
    langkah fermentasi ada dua karena fermentasi alkohol terjadi secara anaerob (tanpa oksigen) sedang fermentasi asetat adalah oksidasi alkohol jadi butuh oksigen.
    pada fermentasi alkohol jika ada oksigen maka khamir yang bersifat fakultatif akan melakukan respirasi bukan fermentasi dan alkohol yang dihasilkan sedkit sedanng selnya banyak karena lebih efisien. oleh sebab itu dibuat an aerob lain halnya jika untuk produksi sel misal dalam pembuatan ragi roti.
    semoga ada manfaat

  14. Assalamualaikum
    Mohon informasi sumber nutrisi tambahan (anorganik) bagi pertumbuhan kapang yang aman untuk produk fermentasi yang dikonsumsi oleh manusia??
    Terimakasih…

  15. apa perlu rumput laut di fermentasi? untuk keperluan apa? tiak semua harus difermentasi. tapi kita lihat ada masalh apa? atau kita mau apa? ini yang penting. buat suatu percobaan yang memang dibutuhkan. maaf kalu saya belum bisa jawab dengan baik karena tidak tahu permasalahan yang dimunculkan

  16. Mohon informasi sumber nitrogen anorganik yang aman dan dapat digunakan dalam fermentasi kapang (Rhizopus)..??
    Apakah ammonium sulfat dan urea aman (tidak beracun) bagi manusia?. Berapa batas amannya..??
    Terimakasih…

  17. dalam proses fermentasi sumber nutris akan dimetabolisme kapang. dan hilang ketika produk diolah. tapi umumnya sumber anotganik tidak digunakan untuk produk pangan langsung misal buat tempe dari bahan yang miskin nitrogen. bahan anorganik sering digunakan untuk fermentasi yang hasilnya akan diisolasi atau digunakan pakan. misal produksi enzim dari rhizopus dsb

  18. AsLmLkm..
    Pak,,sy sedang myelesaikan tugas akhir,,fermentasi yoghurt dari susu sapi menggunakan bakteri saccaromyces cereviceae.
    yg saya tnyKn,,apa keunggulan susu sapi drpd susu kedelai dlm mmbuat susu fermentasi,,kmd bagaimana kondisi operasi fermentasi yang optimal bagi saccaromyces tersebut.
    sYuKRon,
    wSLmLkm

  19. permisi saya mw nanya2 neh cz minggu depan sy ad presentasi!

    1. fermentasi asam sitrat berlangsung secara aerob atw anaeorob, berdasarkan ap menentukannya?
    2. sebutkan bahan2 yg dibutuhkan pada fermentasi asam sitrat dan bakteri ap yg digunakan kemudian produk ap yg dihasilkan?
    3. tolong gambarkan skema kerja proses fermentasi asam sitrat?

    terima kasih atas bantuanya…. :-D

  20. Fermentasi asam sitrat yang dilakukan oleh jamur Aspergillus niger (bukan bakteri) adalah secara aerob karena jamurnya tumbuh pada kondisi aerob melalui siklus TCA. siklus TCa apa itu? lihat di buku biokimia. Menetukan aerob atau anaerob dilihat dati butuh tidaknya oksigen.
    Bahan yang dibutuhkan utamanya adalh sumber gula dan biotin juga Fe untuk membelokkan siklus kreb agar dihasilkan asam sitrat dan mencegah pembentukan cis akonitat.
    gambarnya ada di artikel tentang asam sitrat coba dilihat di tag tentang sitrat atau di blog yang lain http//:permimalang.wordpress.com yang kaalu tidak salah secara lengkap saya tulis disana.

  21. Mengenai fermentasi yogurt, tidak dilakukan oleh Saccharomyces cerevisia tapi oleh Latobacillus. Khamir ada juga pada susu tapi untuk fermentasi kefir.
    Susu sapi memiliki keunggulan adanya kasein yang bagus sehingga memberikan tekstur yang baik untuk dibuat yogurt.
    Kondisi yang optimal untuk yogurt adalah pada suhu 37 – 42 C selama 4 jam. kalau diberi saccaromyces saya khawatir jadi menggumpal karena terbentuk alkohol. silahkan di cek lagi. apa benat pakai SC.

  22. Ass.tRimkSh ats jWbn nY,pK..
    pTanyaan Lagi;
    1. beRapa Konsentrasi yang tePat bagi LactobaciLLus buLgaRiuS tSb. untuK tumBuh optimaL dLm pRoses feRmentasi?(staRter daLam gRam ataU sdH di biaKkan dLm mEdia sUsU?)
    2. waKtu optimaL yg dButuHkn?
    syuKRon..

  23. tidak ada aturan yang baku umumnya 3 – 5%, strater yang digunakan adalah yang sudah ditumbuhkan dalam susu jadi sudah diaktifkan.
    Waktu yang optimal biasanya 3 – 5jam atau kalau disuhu kamar dapat semalam.

  24. assalamualaikum
    pa saya ingin tahu tentang pembuatan tepung ubi jalar yang dimodifikasi dengan fermentasi menggunakan ragi tape, berapa lama waktu inkubasi yang dibutuhkan agar dihasilkan tepung yang baik dan bagaimana pengaruh kandungan karbohidrat ubi jalar setelah difermentasi apakah sama dengan tepung ubi jalar tanpa fermentasi dan bagaimana proses pembuatannya
    terima kasih sebelumnya pa’

  25. Pak, gula pada singkong atau umbi merupakan gula kompleks kan. Mungkin ga sih kita membuat cuka dari ubi? Klo mungkin, berarti harus ada proses supaya gula tersebut menjadi gula sederhana. Dan salah satu cara (mungkin) adalah dengan menambahkan alfa-amilase. Klo memang bisa menggunakan alfa-amilase, kira2 berapa konsentrasi alfa-amilase yang harus ditambahkan? Apakah perlu dilakukan inkubasi must+alfa-amilase terlebih dahulu sebelum ke dalam must ditambahkan S.cerevisiae? tengkyu,pak :)

  26. salam
    jika berpikir secara biokimia ya memang harus ditambahkan alfa amilae, tapi kalau berpikir secara mikrobiologis maka kita gunakan mikrobia yang memiliki enzim amilase. sebagai contoh pada ragi tape. disini terdapat banyak mikrobia. pada awal kapang dan khamir terutama Allomyces rouxii akan mengubah pati menjadi gula sehingga pada hari pertama tape terasa manis selain itu candida juga berperan. adanya gula akan menjadikan khamir yang tidk dapat menggunakan pati dapat tumbuh dan menghasilkan alkohol dari gula. alkohol akan dioksidasi menjadi cuka oleh bakteri asam cuka maka tape beras masam, proses inilah yang harus diadopsi sehingga kita dapat menghasilkan asam dari ubi.
    salam
    nur

  27. assalamu’alaikum wr.wb
    Pak, saya mau tanya tentang proses pembuatan yogurt dari sari kacang hijau.
    trima kasi atas balasan@…………..

  28. Pa, untuk fermentasi yoghurt, starter yang akan di tumbuhkan pada susu segar, bRp perbandingan starter dengan susu segar?
    (misal lactobacillus bulgaricus yang tersedia dalam bentuk padat, berapa gram starter yang ditumbuhkan pada 100 mL susu segar:)
    tRimKsh ats jwBn ny…

  29. urea akandigunakan sebagai sumber nitrogen untuk metabolismenya. kadar selulosa akan banyak jika sumber gula cukupp dan metabolisme berlangsung baik dengan cara dipenuhi kebutuhan organismenya

  30. selamat pagi pak..

    sy wisnu d bali island.
    sy ingin bertanya pak.. langsung aja yah.
    sy kan melakukan penelitian membuat Brem Bali..
    Tape yang sy gunakan itu sy encerkan lagi dg tujuan kadar gula bahan turun dan fermentasi dapat berjalan secara optimal..
    nah pengenceran disini sy gunakan air steril..
    yang sy ingin tanyakan dalam hal ini sy gunakan pengenceran dengan perbandingan 1:1, 1:2, 1:3,
    contohnya 100% tape+0%air, 75%tape+25%air, 50%tape+50%air dan 25%tape+75%air..

    kenapa digunakan Range perbandingan demikian yang ingin sy tanyakan??
    dan apa dampak atau perlukah teori yang menjadi dasar dalam pengambilan keputusan dalam hal pengenceran tersebut.
    Terima kasih pak.
    Pagi

  31. apat saja dilakukan pengenceran,hanya harus dipertimbangakan dalam melakukan pengenceran apakan nilai nutrisi selian gula juga masih cukup? apakah efektif melakukan pengenceran jika konsentrasi yang ada belum menghambat pertumbuhan khamir?
    berbagai perlakuan perbandingan adalh untuk melihat atau melakukan optimasisamapi pengenceran berapa agar dapat dilakukan pengenceran dengan hasil yang paling baik.
    hasil yang diperoleh kemudian dianalisis dengan regresi sehingga diketahui modelnya untuk mencari konsentrasi optimalnya.

  32. halo pak.artikel atau blog yang bapak buat ini membantu sekali.
    saya anak sma lagi buat karya tulis tentang fermentasi untuk menghasilkan minyak kelapa. kalo gk keberatan, boleh saya dibantu. Saya mau tanya, sebenarnya fermentasi yang baik tuh yang kayak apa y? apakah pada saat proses harus wadah harus ditutup? suhu bagaimana yang baik? reaksi kimia apa yang terjadi di dalam fermentsi tersebut sampai bisa mnghasilkan minyak kelapa? saya pake ragi roti. Kadar berapa yang cukup? saya bisa tau itu darimana y? apa bapak ada referensi buku yang mudah dicari? terimakasih banyak.

  33. minyak kelapa ada pada santan. santan merupakan bentuk emulsi antara air dengan minyak sehingga minyak menjadi larut dalam air. untuk memcah ikatan minyak dan air ini maka perlu dilakukan perusakan terhadap emuslifiernya. emulsifier yang ada berupa protein. protein ini dalam proses pembuatan minyak kelapa klentik dipaaskan dan rusak menjadi blondo sehingga minyak lepas dan air menguap selama pemanasan. Oleh sebab itu dalam proses fermentasi harus diupayakan adanya mikrobia penghasil protease agar protein rusak dan minyak terpisahkan. sehingga terbentuk tiga fraksi yaitu air, minyak dan protein. semakin banyak protease yang dihasilkan semakin cepat minayk diperoleh. Ragi roti dapat digunakan dengan prinsip di atas namun karena komposisi mikrobianya lebih baik pada ragi tape maka ragi tape memberikan hasil yang lebih baik. ragi tempe juga dapat digunakan karena juga memiliki jamur penghasil protease. Cara enzimatis misalna menggunakan getah pepaya juga dapat dilakukan. intinya hancurkan protein sebagai emulsifier agar minyak terlepaskan. pengasam. juga dapat dilakukan. prinip-prisnsip ini sebenarnya sama dengan yang dlakukan pada VCO

  34. Assalamu’alaikum wr wb,,,

    pak sya mahasiswa peternakan baru semster awal,,, kalau boleh saya tahu kira-kira bedanya fermentasi dengan silase apa pak?
    apabila limbah teh rumah tangga di fermentasi kira-kira bakteri yang cocok apa pak? trus mengenai kandungan tanin yang tinggi pada teh,apakah ada suatu zat atau enzim yang dapat mengurangi kandungan tanin tersebut?

    dan pertanyaan terakhir saya hasil fermentasi limbah teh tsb apabila diberikan pada ternak unggas apakah layak digunakan sebagai pakan?

    trimakasih sebelumnya,,
    maaf kalau pertanyaaanya terlalu bayak

    Wa’alaikumussalam wr wb

  35. ass..
    saya ,ahasiswa universitas lampung jurusan thp
    pak saya sedang menyelesaikan tugas akhir..tentang
    penyimpanan minuman fermentasi pada suhu dingin…pada refrigerator
    yang ingin saya tanyakan BAL Lactobacillus casei..bagaimana daya tahnnya terhadap suhu dingin? kemudian apa pengaruhnya suhu refrigerator (2-10C) terhadap pH,total asam dan kadar serat pangan?? selain itu apakah fermentasi benar benar terhenti dengan suhu dingin dan bagaimana mekanismenya???
    trimaksih banyak
    wass..

  36. ass. saya mahsiswa universitas lampung jurusan TIP…
    pak yang saya ingin tanyakan
    1. berapakah nilai pH minimum dari minuman fermentasi probiotic, sinbiotic, yang berbahan baku susu skim?
    2. apa pengaruh suhu refrigerator terhadap proses fermentasi dan bagaimana mekanismenya?
    3. perubahan kadar serat terhadap suhu refrigerator?
    4. bagaimana pengaruh aktivitas bakternya selama penyimpanan dingin 12 hari???
    penelitian saya ini tentang penyimpanan minuman fermentasi selama penyimpanan suhu dingin selama 12 hari..
    terimakasih banyak pak wass..

  37. Buat Tri Guntoro,
    1. BAL dapat bertahan pada suhu dingin dengan tidak tumbuh namun dalam waktu yang terbatas saekitar dua bulan setelah itu jumlah yang hidup makin turun.
    2. pH yang optimal adalah sekitar 4-5, Pada kondisi fingin fermentasi terhambat.
    3. selama penyimpanan suhu dingin tidak banyak perubahan komponen karena terhambatnya proses fermentasi apalgi serat. adakah serat pada produk susu?
    4. Aktivitas bakteri pada kondisi dingin terjadi sangat lambat sehingga dipakai untuk penyimpanan namun tidak sampai mematikan bakterinya.

  38. trimaksih pak…
    saya ingin bertanya lagi..
    penelitian yang sedanga saya lakukan ini menghasilkan ph 3.1 – 3.3 setelah 3x ulangan..apakah pH tersebut terjadi karena l casei?? dan pda keadaan tersebut L casei dapat tumbuh tidak?? atau karena hal lain??
    saya bingung karena pada penelitian sebelumnya menghasilkn pH 3.9..
    kadar serat yang saya maksud adalah substrat untuk l casei yang diperoleh dari ekstrak cincau..tolong dibantu ya pak..trimakasih..

  39. L casei akan menurunkan pH karena terbentuk asam laktat. makin lama proses maka pH makin rendah. semakin rendah pH akan semakin menghambat metabolisme L casei. meski masih dapat tumbuh.
    L casei tidak memetabolisme serat kasar namun dapat memetabolisme prebiotik atau oligosakarida.

  40. ass…
    saya mahasiswi thp, sedang melakukan penelitian tentang bunga rosella, ada nggak ya pak artikel/penjelasan tentang fermentasi dengan BAL tempoyak pada bunga rosella?
    trims
    wasalam..

  41. rosela umumnya tidak difermentasi jadi saya belum ada pustaka terkait dengan BAL dapat tanya ke bu Elok. warna dari rosela mudah pudar sehingga tidk cocok difermentasi, kecuali and lakukan dengan buanganya langsung agar mudh dikestrak sehingga warna lebih mudah diperoleh tanpa pemanasan

  42. Pak, sy sdg melakukan ujicoba pembuatan bioetanol dgn 3kg gula pasir. Mohon bantu info bgm proses fermentasinya, bgm langkah2nya.
    Berapa liter air, berapa gr ragi (saya pakai fermipan), perlukah /berapa gr Urea / NPK, dan berapa lama waktunya ??
    Mhn jawaban dikrm juga ke email sy: vontius@yahoo.com
    Sy ucapka banyak terimakasih.
    Vontius.

  43. terimakasih pak….
    sebenarnya penelitian saya tentang pembuatan sari buah rosella, dimana rosella tersebut ditambah dengan BAL hasil fermentasi dari durian, karna saya masih kurang paham maka saya sangat membutuhkan segala artikel tentang pengolahan rosella.
    tolong bantuannya ya pak…
    terimakasih…
    maaf, bisa minta alamat email bu elok?

  44. bagaimana ampas tebu di fermentasi
    apakah dibiarkan busuk akan berfermentasi dengan sendirinya atau ada cara lain untuk difermentasi
    Terimakasih

  45. tergantung untuk fermentasi apa? kalau kompos ya dibusukkan tapi kalau untuk kepentingan lain ya harus digunakan organisme yang sesuai misal untuk ethanol maka harus dihidrolisis terlebih dahulu dsb

  46. asw. bapak
    saya mau tanya, sebenarnya sih ne tentang fermentor.
    begini pak, saya baru sajakan mendapatkan pelajaran tentang fermentor dan dosen saya menjelaskan adanya inlet yang gunanya untuk memasukkan medium dan inokulum.
    ehm..yang ingin saya tanyakan bagaimana memasukkan medium dan inokulum itu kedalam fermentor supaya tidak terkontaminasi?
    saya harap bapak dapat memberikan jawaban yang mudah saya pahami.
    Terima kasih

  47. Assalamualaikum wr. Wb.
    Pakn saya tolong tanya saya sedang mengerjakan
    skripsi tentang fermentasi jerami padi untuk
    pakan ruminant dengan menggunakan enam jenis
    Mikroba dan saya melihat perubahan di serat kasar dan
    Protein kasarnya. Sekarang saya kurang penelitian lain
    Untuk perbandingan,pak. Mungkin bapak ada data atau
    Referensi yang bisa saya gunakan,mohon petunjuknya,pak
    Waalaikumsalam wr. Wb. Terimakasih banyak,pakm

  48. assalamualaikum wr. wb.
    maaf saya baru bisa merespon sekarang,pak. terima kasih banyak atas referensi yang bapak berikan. tapi saya belum membaca lebih detail,pak karena saya baru bisa download hari ini. saya nadira kuliah di fakultas kedokteran hewan universitas airlangga. saya sedang membuat skripsi berjudul “Kandungan Serat Kasar Dan Protein Kasar Pada Jerami Padi Yang Difermentasi Dengan Probiotik Alami” kemungkinan besar data yang saya dapat dari bapak akan saya masukkan di skripsi saya. Apa tidak apa-apa,pak? bakteri yang saya gunakan bakteri proteolitik:genus Bacillus&Streptomyces, bakteri selulolitik: genus Cellulomonas&Actinomyces, bakteri amilolitik: genus Bacillus&Amilomyces. pak, apa bakteri yang saya gunakan termasuk mikroba EM-6(effective mikroba-6)? apa beda EM-6 dengan EM-4? mohon petunjuknya&terimakasih banyak,pak
    waalaikumsalam wr.wb.

  49. silahkan digunakan. beda EM-4 dan EM-6 adalah jumlah mikrobia efektifnya yaitu 4 spesies dan 6 spesies. eM-6 waktu itu saya gunakan karena permintaan pemkot surabaya. dan salah satu bakterinya yaitu Bacillus saya peroleh dari KH Unair itu di lab dari pak siapa ya? yang jual yogurt dirumahnya.

  50. assalamualaikum wr. wb.
    berarti untuk penelitian saya bakteri yg saya gunakan bisa dibilang termasuk EM-6 ya,pak? atau ada genus tertentu untuk termasuk EM-6,pak? wah, setahu saya yang punya bakteri bacillus di lab bakteriologi&mikologi,pak. kalo dosennya yang jual yogurt di rumah,saya kurang tau pak. tapi, sepertinya dosen KH memang byk yg jual yogurt. kalo yg saya tau di kampus yg jual yogurt di lab kesehatan masyarakat veteriner,pak. terimakasih banyak atas petunjuk yang sudah bapak berikan
    waalaikumsalam wr. wb.

  51. o iya, pak saya tolong tanya apa bapak punya referensi buku atau artikel tentang ciri-ciri bakteri genus Cellulomonas&Amilomyces?
    terimakasih,pak.

  52. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Saya ingin bertanya bagaimana caranya menumbuhkan kapang/khamir pada sample yang berasam tinggi (pH cukup rendah, < 3 ).Sudah saya coba tapi sulit untuk tumbuh, meskipun sample sudah terfermentasi oleh kapang/khamir. Apakah perlu ditambah reagen tertentu untuk menumbuhkannya ?
    Terimakasih banyak atas pejelasannya.

  53. untuk khamir pada pH <3 anda ingin menumbuhkan, isolasi atau menghitung? jika menumbuhkan suatu khamir maka harus diketahui pH optimum kahmir tersebut (umumnya diatas 4,5) dan tidak tumbuh dibawah tiga meski ada yang dpat tumbuh.
    jika isolasi maka bahan yang sudah ditumbuhi kahmir tesebut ditumbuhkan pada medium MEA pH 3 atau kurang. jika mengitung khamir pada bahan asam maka caranya sama dengan isolasi.

  54. untuk pembuatan alkohol yang berbahan dasar dari serat kasar seperti ampas tebu baiknya dengan konsentrasi Ragi Tape berapa, truz paling baik lagi untuk degradasi paling cepet dengan bahan apa selain dengan Ragi tape???? mAkA ciH

  55. Ass,,,
    Terimakasih atas artikel2nya yang sangat bermanfaat,,Maaf pak, ada yang ingin saya tanyakan tentang kondisi operasi(misal pH, suhu dll) pada fermentasi VCO dengan mikroba yang dipakai adalah S.cerevisiae dan R.oligosporus

    Terimakasih Pak,,
    Wass…

  56. asswrb,..
    saya ingin menanyakan tentang cara pembuatan nata de rice dari limbah air cucian beras IR 64., kandungan gizi dari air cucian beras tersebut serta kandungan gizi dari nata de rice. selain menggunakan bakteri acetobacter xylinum apakah ada bakteri lain dalam proses tersebut..???

    terimakasih atas pertolongannya..
    wasslm

  57. caranya silahkan lihat padatulisan tentang nata hampir sama untuk setiap bahan. namun saya belum tahu kandungan gizi limbah cucian. jika punya saya diberi informasiya untuk saya muatkan biar jadi informasi juga bagi yang lain. mestinya cukup satu bakteri saja kalau ada yang lain biasanya sebagai kontaminan

  58. Saya mau tanya tentang fermentasi yg terjadi di air nira sehingga menjadi tuak. Kira-kira yg menyebabkan fermentasinya apa? Jika yg menjadi penyebab fermentasi adalah jasad hidup, kok ketika air nira disterilkan (disaring dengan filter 0,005 mikron & di ozonisasi) masih bisa terjadi fermentasi. Terima kasih

  59. pada nira karena terdapat gula dan disimpan tertutup maka khamir atau bakteri yang mengubah gula jadi alkohol akan tumbuh. mirkobia ini ada secara alami.
    tergantung ukuran saringannya. untuk menguji apakah saringan bakteri itu baik atau tidak bisanya digunakan bakteri uji sehingga dapat diketahui kelaikan alat saring. ozonisasi tergantung konsentrasinya. tidak serta meta ozoniasasi pasti bebas mikrobia

  60. Terimaksaih pak atas responnya. Saya bekerjasama dengan sebuah lsm dan yayasan islam ingin aplikasikan teknologi ini ke masyarakat dalam pengolahan nira agar tidak menjadi “minuman keras”.
    Saringan yg saya gunakan adalah hollow fiber, dengan ukuran pori 0,005 mikron sdh dpt menyingkirkan bakteri bahkan virus. Dosis ozon yg saya gunakan 400 mg/jam selama 5 menit (telah di uji terhadap bakteri di air, semua bakteri mati). Sterilisasi dilakukan di dalam botol dan disisakan sisa ozon di dalam botol kemudian ditutup. Jadi prosesnya di saring dgn filter 0,005 mikron terus di ozonisasi, bahkan ketika dengan ultraviolet UVC jg masih bisa terjadi fermentasi.
    Menurut bapak, kira-kira utk menghambat fermentasi yang terbaik dengan cara apa? Adakah chemical penghambat fermentasi? Mohon saran, terimakasih.

  61. Pak mohon informasi terkait perubahan kadar air, kadar abu, viskositas, kadar protein pada produk2 fermentasi???. Apakah semuanya berpengaruh pada peningkatan atau penurunan semua komponen tersebut. Terimakasih..

  62. sangat dimungkinkan, karena waktu generasi bakteri umumnya kurang dari satu jam, artinya jika ada 1 bakteri dalam 1 jam menjadi dua dalam 2 jam menjadi 4 dst. untuk mmenggendakan diri dia melakukan metabolisme,jadi dia akan mencena nutrisi yang ada.

  63. jika bakteri tidak lolos dan wadah memang telah steril, dan diuji pada nira telah benar-benar tidak ada mikrobianya (sudah diuji hasil penyaringan?) maka kemungkinan adalah adanya enzim. umumnya enzim memilii nilai Ld yang lebih tinggi dari mikrobia terhadap sinar UV (saya tidak tahu terhadap ozon), maka dapat dilakukan pemanasan.

  64. Assalamualaikum…

    saya mahasiswa THP, ada sedang meneliti tuk tugas akhir dengan judul ANALISIS KANDUNGAN ALKOHOL DALAM PRODUK TAPE UBI KAYU (studi kasus home industri).

    dengan ini saya ingin mohon bantuan berupa :

    1. apa saja judul buku referensi yang bisa dijadikan bahan bacaan baik mengenai ubi kayu, tape ubi kayu, proses fermentasi, metodelogi pengukuran menyangkut alat dan bahan, tentang alkohol pada tape

    2. apakah saya bisa mendapatkan salah satu contoh journal atau skripsi atau e-book referensi yang menyangkut dengan hal tersebut diatas.

    terima kasih atas perhatiannya, saya mengalami kesulitan dalam mencari referensi teurtama di perpustakaan kami yg belum lengkap setelah musibah gempa & tsunami (masih pembenahan & melengkapi).

    wassalam..sukses selalu

  65. saya sedang memfermentasi etanol dengan bakteri. Sumber nitrogennya berupa urea, amonium sulfat, ekstrak kecambah dan ekstrak koro. Kenapa semua perlakuan pH nya menurun. Apa penyebab penurunan pH tersebut. Kalau pada urea katanya karena ada ion hidronium. Pada amonium karena adanya pelepasan ion amonium yang asam. Lha kalau padaekstrak kecambah dan koro gimana? etanol itu asam lemah atau basa lemah? apa etanol dapat turut menymbang penurunan pH? dimana saya bisa dapat referensinya ya? makasih atas jawabannya

    • bakterinya apa? Zymomonas mobilis? atau yang lain atau khamir? Saccharomyces cerevisiae?. etanol (R-OH) maka sebenarnya bukan asam karena asammemilik gugus (COOH) kalau tunggal jadi H. etanol hampir tidak merubah pH. perubahan pH selama fermentasi umum terjadi karena juga dihasilkan hasil metabolit lainnya. jadi sangat tergantung bahan baku.
      Penambahan sumberkarbon memang dapat merubah pH atau memang digunakan untuk merubah pH awal agar sesuai dengan pH fermentasi. misal amonium sulfat maka sulfat inibersifat asam dan menurunkan pH sedang urea tidak. sedang ekstrak kecambah mengandung berbagai bahan tergantung cara ekstraknya,ini nutrien yang baik.

  66. buku yang baik untuk fermentasi alkohol adalah tulisan K.H Steiinkraus. misal Industrialization of indegenous fermented food. ada cukup lengkap disitu.
    jika mengenai jurnal silahkan buka di http://aem.asm.org lalu pada search tuliskan di abstract tentang kata kunci artikel yang dicara misal cassava ato tape dsb. semoga dapat membantu

  67. informasinya sangat berguna
    saya mu minta tolong & tanya
    kira-kira sumber Nitrogen yang baik digunakan untuk fermentasi kitin dengan Aspergillus rugulosus apa saja y???
    terima kasih sebelumnya

  68. assalamualaikum wr.wb
    pak nur saya mau tanya. saya sedang belajar membuat kecap. tapi kenapa aroma khas kecapnya sulit keluar, padahal umur fermentasi kedelai sdh satu bulan lebih. selain itu saya juga sudah menambahkan bumbu rempah-rempah. bagaimana cara memunculkan aroma khas kecap tersebut?
    terimakasih

    • fermentasi satu bulan apalai dengan kultur alami (tanpa inokulasi) maka aroma belum muncul butuh waktu minimal 6 bulan fermentasi. Penggunaan rempah sebagai bumbu membutuhkan ketrampilan dan pengalaman. karena bumbu yang digunakan sangat banyak ragamnya. kualitas salah satu bumbu akan mempengaruhi citarasa. samahalnya dengan memasak butuh ketrampilan membuat, mana yang kuang dan mana yang lebih. cobalah mulai mencampur dulu bumbu dngan air dan karamel tanpa bahan kecap, sampai diperoleh rasa yang baik, baru airnya diganti larutan kecap. selamat mencoba

  69. apakah angkak aman di gunakan sebagai pewarna makanan?
    bagaimana dengan citrinin yang dihasilkan dalam proses fermentasinya? mohon penjelasannya.
    terima kasih

  70. #

    permisi saya nanya2 .nama saya gamal.

    1. fermentasi utk tumbuhan indogofera tinctoria secara aerob atw anaeorob, berdasarkan ap menentukannya?
    2. sebutkan bahan2 yg dibutuhkan pada fermentasi tumbuhan indogofera tinctoria dan bakteri ap yg digunakan
    3. tolong gambarkan skema kerja proses fermentasi tumbuhan indogofera tinctoria?

    terima kasih atas bantuanya…. :-D

  71. Assalamu alaikum,

    Pak mau tanya, saya akan ada praktikum industrial fermentation menggunakan bakteri penghasil alfa amilase (B. subtilis), mungkin pertanyaannya sederhana, tapi saya butuh bantuan bapak:
    1. Bagaimana cara “mengambil” alfa amilase yang dihasilkan oleh bakteri pada proses fermentasi? dan kapan sebaiknya “memanen” enzim tersebut?

    2. Apa tujuan dilakukan percobaan Reducing Sugar dengan DNS dan penentuan protein seluler terlarut?

    Terima kasih

    • cara mengmbil amilase dengan pengendapan menggunakan amonium sulfat jenuh lalu dimurnikan dengan cara-cara lain jika ingin lebihmurni.
      pertanyaan no 2 saya ga tahu jaabannya setahu saya gula reduksi untuk mengukur aktivitas amilase. penentuan protein untuk menentukan aktivitas unit enzim

  72. terima kasih jawabnnya pak…btw, adakah litertur yang dapat membantu sya untuk mengetahui detail prosedur pada proses pengendapan menggunakan amonium sulfat jenuh untuk “memanen” amilase?

  73. pak tolong y dikirimkan cara kerjanya buat cuka apel dari ragi tape soalnya ini skripsi.sebenarnya saya tahu buat cuka tape tapi menggunakan permifan tapi saya dikasi tantngan untuk buatnya dengan ragi tape.tolong y pak?

  74. Asslkm. Pak mengapa pada proses pengukuran suhu selama fermentasi terasi harus dilakukan pada pukul 10 siang dan 10 malam setiap hari selama proses fermentasi berlangsung?

    • apa harus begitu? setahu saya suhu luar ada suhu maksimum dan minimun untuk jam 1 siang dan 4 pagi. ga tahu kalau mungkin dg sushu optimum mikronya. lebih baik anda ukur dengan termometer max-min sehingga dapat diketahui rerata suhunya.

  75. Terima kasih pak atas jawabannya.
    Pak, apasih tujuan dilakukannya pengukuran suhu selama proses fermentasi?
    Apakah ada pengaruh atau perubahan pada saat produk yang difermentasikan pada kondisi suhu maximum dan minimum?

  76. pengaruhnya bukan pada suhu maksimu atau minimun tapi dengan mengathui kisaran suhu maka kita dapat mencermati jika terjadi kegagalan proses, karena suhu berperan penting terhadap berlangsungnya proses fermentasi

  77. pernah tau bumbu masakan jepang yang namanya miso??
    mohon penjelasan mengenai fermentasi miso.
    bahan dasarnya adalah kacang kedelai.thx

  78. Assalamualaikum
    Saya sedang mencari teknologi pengolahan seaweed untuk pupuk pertanian. Saat ini China dan India mengembangkan besar-besaran. Kalau tidak salah dengan tehnik fermentasi. Sebagai pupuk, seaweed (dari jenis Ascophyllum nodosum) sangat kaya unsur hara dan phytohormone, serta mampu memperbaiki tanah.
    Dapatkan bapak memberikan informasi tehnik/ fermantasi yang digunakan?
    Syukron,
    Wassalam, Tjiptadi

  79. ASSLKM!saya erin mahasiswi unib jurusan teknologi pertanian! yang saya mau tanyakan, berapa bakteri yang ada di dalam tempoyak, apa aja bakteri yang ada di tempoyak, dan apa ada bakteri yang merugikan didalam tempoyak bagi tubuh?

    • mohon maaf sebelumnya saya belum pernah penelitian ini, keberadaan bakteri di tempoyak mungnkin ada yang merugikan seperti halnya produk fermentasi lainnya apalagi jika inokulum yang dipakai alami.

  80. saya juga baru praktikum tentang mikroba pada tempoyak, saya jadi bingung pak….kami disuruh menghitung jumlah koloni pada tiap preparat yang kami coba, menurut saya praktikum kami itu terlampau sederhana dan saya kurang mengerti!
    kalau standar baku mikroorganisme yang bisa ditoleransi pada produk keripik apa pak? makasi pak

    • sederhana ato tidak kan tergantung mata kuliahnya. mestinya jumlah dan macam berdasar waktu fermentasi sehingga dapat diketahui mana yang berperan dan mana yang hilang kenapa begitu? itu yang harus dibahas. stndar rasanya tidak ada ya tentunya kalo kripik ya diuasahakn tidak ada karena bukan produk fermentasi. kalo produk fermentasi biasany dikatakan minimal. itu yang saya tahu.

  81. itu mata kuliah mikrobiologi industri pak! kemarin saya dah cari buku mikrobiologi industri yang bapak buat kebetulan kosong, dan buku yang lain gak ada juga! makasi pak atas sarannya….

  82. praktikum mikrobioloi industri bisanya setelah dihitung digunakan untuk membahas apa yang akan dilakukan dengan data itu sehingga dihasilkan tempoyak yang baik. dapatkan dibuat inokulumnya dengan cara isolasi organisme yang ada (tapi mungkin dapat untuk skripsi) sehingga dapat dibuat tempoyak dengan mudah dan terstandarisasi

  83. wah…artikel nya boleh saya copy u/ tugas akhir semester.. perkenalkan saya anggraini siswa Sekolah menengah farmasi indonesia…
    saya punya tugas buat makalah tentang pengawetan.. saya kemudian memilih fermentasi.. namun saya binggung apa saja yang harus saya tulis.. makalah yang akan saya buat min 5 lembar. bsa bantu saya?? terimaksih.

  84. Ass.
    pa haji tanya kalo bikin permentasinya pake botol plastik bisa g?
    kan ragi 10% dari contoh kalo lebih byk ngaruhnya dimana?

    • kalo fermentasi cair dan aerob rsanya ga masalah. kalo leboh banyak mungkin leboh boros klo bisa sedikit kenapa harus banyak karena juga ga berarti makin baik.

  85. mestinya bukan Na2SO4 tapi (NH4)2SO4 atau amonium sulfat sebagai sumber nitrogen yang berisfat asam. jika nutrisi cukuptidak ditambah juga boleh. ditambah jika ragu atau memang minimsumber nitogennya. kaloditambah Na2SO4 apa tidak mengganggu?
    diktat saya itu maksudnya diktat karangan atau tulisan siapa ya? mungkin ada salah ketik.
    salam
    nur

  86. hampir semua buah bisa digunakan dalam fermentasi ini karena yang penting ada sumber gula yang dpat diubah menjadialkoholdidukung oleh faktor lingkungan dan tidak ada penghambat

  87. oh kalo bikin wine bisa bertahun2
    kalo bikin dari nanas cuma 2 minggu ko
    soalnya baunya dah kyk tape busuk
    ada g supaya tahan lama??
    ^/^

    • itu terkontaminasi setelah selesai atau selama fermentasi. mestinya ketika fermentasi selesai dilakukan aging dan ini dapat berlangsung bulanan sampai tahunan hingga jernih kemudian larutan yang jernih ini dibotolkan. brem Bali misalnya butuh waktu aging 6 bulan.

  88. wine memang dari anggur. ditambah gula juga bagus. buat kesehatan?ngapain kita minum anggur? adakah manfaat? apa yang dimaksud pengganti enzim? rasanya ga ada yang diganti. mohon maaf jika tidak pas jawabnya

  89. bapak yg ternormat , saya ada fermentasi buah pepaya hasil cukup baik , hanya aroma kurang asam bagaimana supaya aroma agak asam tetapi rasa tdk asam , terima kasih

  90. Aswrwb ,pak saya udah pensiunan ingin buat susu kedele tapi yang bisa tahan lama tanpa dimasukan di frtezer dan perbandingannya berapa.Selama ini yang saya kerjakan paling lama 3-4 hari di frezer trimakasih

  91. assalamu’alaikum.
    saya sswa SMA klaz 2, skarang lgi bkin karya tulis tntg fermntsi yoghurt
    pak mo tnya..
    klo fermntsi yoghurt btuh starter gk?
    trus trmsuk fermentasi aerob/an aerob?
    sya kan dah pernah cba, tpi hasilnya ada endapan+cairan, trus endapannya itu apa & cairannya itu apa? mhon di jawab. wassalalu’alaikum.

    • untuk membuat yogurt diperlukan starter. menilik organismenya yaitu bakteri Lactobacillus yang bersifat mikroaerob jadi aerob tapi gak boleh banyak kena udara. jika fermentasi berlangsung lama maka akan dihasilkan banyak asam laktat akibatnya tebentuk gumpalan susu. sama seperti kalu susu diberi asam maka susu akan pecah dan enggumpal, ini juga digunakan dalampembuatan keju

  92. assalamualaikum . .
    saya mahasiswa thp dari unibraw malang,
    tulisan bapak di atas bagus pak,,
    mengenai fermentasi, saya ingin menanyakan, bagaimana bisa pada fermentor yang semua kondisinya sudah dikondisikan sedemikian rupa sehingga, tapi pada saat terjadi proses fermentasi oksigen dalam fermentor menjadi berkurang, padahal suplai oksigen sudah di atur dan gak ada masalah dengan itu,
    kemudian disamping itu juga terdapat buih??
    terima kasih bapak, saya berharap bapak berkenan menjawab nya, saya tunggu ya pak

    • Oksigen ada dalam udara atau oksigen murni? ketikadimasukkan dalam fermentor maka ergantung dari besarnya saluran keluar. oksigen dalam bentuk gelembung besar akan banyak hilang dipermukaan medium fermentasi juga da yg hilang bersama buih. oleh sebab itu pengetahuan reologi dan aliran newtonium dan non-nwtn perlu diketahui. kalo tidak salah dalamkuliah teknologi fermentasi pak yunianto menjelaskan inisetidaknya jika ada materi aerasi dan agitasi kalo tdk dapat dibaca sendiri.

  93. Bapak yang terhormat,

    Sepengetahuan saya, gula dilarutkan di dalam air hangat, lalu ditambah ragi, akan menghasilkan CO2 ..

    Apakah memungkinkan membuat sesuatu yang bisa menghasilkan CO2 dalam bentuk padat?

    Terima kasih banyak sebelumnya,
    Eddy Wihardjo

    • Ragi mengandung khamir yang mengbah gula menjadi alkohol dan co2. untuk mengubah menjadi padat butuh teknologi sendiri yang kalo sederhana rasanya belum ada. mungkin ada yang lebih tahu?

  94. Bisa beri tahu apa yang mendasari kerusakan susu pada percobaan 3 susu yang dibiarkan selama 3 hari dengan cara yang berbeda. yang 1 dibiarkan terbuka, ke-2 di tutup kapas dan di beri kertas alumunium, ke-3 di tutup dan d beri kertas kemudian d panaskan.. TQ

    • tergantung dari asal susunya apa susu segara atau susu bubuk yang kemudian dibuat susu dengan menmbah air namun pada adasarnya kerusakan akan terjadi secara fisik,kimia dan mikrobiologis. dampak mikrobiologis nampak pada perunaha kimia dan fisik
      1. pada susu yang dibiarkan terbuka maka mikrobia yg ada di ruang dapata memanfatkan susu sebagai nutrisi shg susu cepat rusak dengan kerusakan yg sangat bervariasi rergantung kualitas lingkungan.
      2. jika susu dimasukkan eadah ditutup kapaslalu aluminium foil, maka mikrobia yg tumbuh adalah yg da pada air susu tersebut, namun kaalu 3 hari maka akan tumbuh baik dan susu rusak juga karena umumnya oleh bakteri asam dan susu pecah.
      3, jika dipanaskan, tgt apakah suhu yg dipakai sudah dapat mematikan mikrobia (kecukupan pasteurisasi) jika hanya pasteurisasi saja maka dapat bertahan maksimum 7 hari jika sterilisasi maka dapat ahan lama. jika tidka cukup keduanya dapat juga rusak dengan tingkat kerusakan umumnya paling tinggi no 1 lalu 2 dan 3. jika dilihat per hari sedang 3 hari langsung kadang tak tampak bedanya. smg membantu

  95. Saya mau minta tolong penjelasan tentang pembuatan tape dari ubi jalar. Mengapa kalsium karbonat bisa mengakibatkan tape menjadi lebih keras? Mohon bantuannya…terima kasih! ^^

  96. pak, perkenalkan saya ela, siswi sma yang kemaren rabu sempat bertemu bapak di LPPT I UGM.

    saya ingin mencoba menentukan kadar alkohol sendiri dari fermentasi tape yang saya buat, mohon penjelasan mengenai alat, bahan, dan langkah kerja yang saya butuhkan. (seperti yang kemaren rabu bapak sempat jelaskan kepada saya)

    kemudian pak,

    rencananya saya hendak mengukur kandungan gula, alkohol, dan pati secara kualitatif. untuk itu saya butuh iodine, yodoform, dan selliwanof apabila saya mengikuti laporan praktikum yang saya temukan. namun kendalanya, yodoform dan selliwanof merupakan barang yang langka dan sangat mahal. apakah bisa diganti dengan bahan lain yang mudah ditemukan?

    dan apakah larutan (larutan yang terbentuk dari fermentasi tape ataupun hasil perasan dari tape itu) harus dipanaskan?

    terima kasih .

  97. perkenalkan pak, saya ela siswi sma yang sempat bertemu dengan bapak di LPPT I UGM kemaren rabu.

    saya tertarik dengan usul bapak untuk mengukur kadar alkohol tape singkong sendiri dengan menggunakan perbandingan berat jenis alkohol dan berat jenis air. mohon penjelasan bapak selengkapnya mengenai alat, bahan, dan langkah kerja.

    kemudian pak,

    saya mengalami kendala dalam pengujian gula, alkohol, dan pati secara kualitatif karena yodoform dan selliwanof sangat sulit ditemukan. apakah ada yang bisa dijadikan bahan pengganti ?

    lalu untuk pengujiannya, apakah larutan(yang terbentuk selama proses fermentasi atau perasan dari tape) harus dipanasi selain ditetesi bahan?

    terima kasih pak .

    saya juga memutuskan untuk mengukur kadar ph tape dengan menggunakan pHmeter ataupun pHindikator.

    • alat yang digunakan adalah piknometer kalo ada. bahan didestilasi lalu destilat ditampung dan ditimbang beratnya untuk 25 mL hasilnya dibandingkan dengan berat 25 mL air murni (aquades). lalu dibuat standar dengan alkohol yang diketahui volumenya dicampur air murni dan ditimbang buat tabel bubungan antara berat dengan volume dan kadar alkohol. buat saja untuk 0 – 5%. kemudian dapat pula dibuat regresinya.
      lainnya saya kirim via email saja ya

    • dari sisi mana? halal dan haram? banyak ahli beda pendapat. fermentasi adalah proses yg biasa seperti proses olahan lain baik fisis maupun khemis jadi ga ada masalah, menjadi masalah ketika dihasilkan alkohol ataupun bahan2 yang haram dikonsumsi. sebagai contoh untuk tape saja banyak ulama beda pendapat. pdahal fermentasi adalah proses yang disengaja. kadar alkoholtape dapat sampai 5% sama dengan bir bintang.

  98. Asslm….,
    selain jamur candida utilis yang dapat digunakan untuk membuat minyak kelapa murni secara fermentasi, qr2 mikroorganisme apalagi yang dapat digunakan?

    • fermentor pada dasarnya adalah alat dimana proses fermentasi berlangsung jadi tergantung dari jenis fermentasinya dan kelengkapan yang ada pada fermentor tersebut

  99. aslm wr.wbr
    pa saya mau nanya, apa s. telluris dapat di gunakan untuk fermentasi buah semu jambu mete, kalau mau cari literaur tentans s.telluris dimana ya?. sebelumnya terimah kasih atas jawabanya pa.

  100. Ass.Wrwb
    Pada proses pengaktifan bibit jamur
    Setelah bibit jamur “rhizoplus” ( ragi tempe ) diaktifkan – penambahan air, urea, gula, dll dan diaduk dgn aerator,
    berapa lama tahan disimpan – yang akan digunakan sbg Starter fermentasi.

    Terima kasih

  101. Assalamualaikum pak,sy mau tanya..
    kalo pembuatan tape ketan di tambahi gula pasir,gmana ya prosedurnya??
    terus, apa pengaruhnya penamhbahan gula paqir tersebut terhadap kadar alkohol yang dihasilkan??bagaimana juga reaksinya pd proses fermentasi??
    dan tlong sy diberi referensi buku apa sj yang sekiranya berkaitan dengan hal di atas.
    terima kasih..

    • jika diberi gulapasir maka mikrobia amilolitik tidak tumbuh karena telah ada gula sehingga tidak ada sakarifikasi. gula akan dikonsumsi semua jasad bersamaan sehingga mungkin justru tidak jadi tape tapi singkong atau ketan yang ditumbuhi berbagai mikrobia denngana roma alkoholik dan asam atau yang lain.

  102. Pak, mau tanya. Proses fermentasi katsuobushi dari ikan oleh aspergillus sp, outputnya asam glutamat, apa bedanya dgn MSG? Terimakasih.

  103. ass…
    pa saya mau tanya

    pengaruh fermentasi terhadap oligosakarida pada ubi jalar bagaimana y pa??
    dan apa ada cara mnurunkan kadar oligosakarida pada ubi jalar selain difermentasi??

    terima kasih

  104. ass…

    Pak sy mo tanya tentang penelitian sy yaitu pengaruh penambahan madu pada proses fermentasi kefir…

    minta dijelaskan mekanisme pemanfaatan gula yg terdapat pada madu terhadap SC…

    trimakasih…

    • ada di buku sayaMikrobiologi Industri setidaknya dikelompokkan dalam fermentasi pangan, kosmetika, kesehatan,energi dan lingkungan

  105. Saya ingin tahu beda proses dekomposisi pada pembuatan kompos menggunakan dekomposer seperti EM4, dengan proses fermentasi pada pengawetan hijauan (rumput) untuk ternak. Dalam kedua proses tersebut (fermentasi)sama-sama menghendaki kerja bakteri as. laktat. Kalau pada pengawetan rumput hal tsb mungkin tepat tapi bgmn dengan pembuatan kompos?. krn tentu bahannya akan tetap awet dlm artian tdk terdekomposisi. mohon penjelasannya. Tks

    • pada kompos tidak hanya as laktat tapi komunitas karena harus terbentuk asam humat. jika terbentuk hanya asam laktat malah tidak terkomposkan, maka perlakuan awal seringn beda dan kondisi juga beda.

    • ok saya senang sekali jika ,kita saling tukar dan tambahkan ke blog kita. tapi untuk linknya saya kasih nama apa? atau judul apa biar menarik?

  106. assalamualaikum…………….
    pak saya mau tanya apakah ada pengaruh penambahan ekstrak kecambah pada PDA jamur tiram dalam proses pertumbuhan miselium?
    kalo ada mekanismenya bagaimana?
    terima kasih

    • ekstrak kecambah kedelai apabila dicampur sukrosa dapat menggantikan malt ekstrak pada media malt ekstrak cair utk menumbuhkan miselium jamur Tiram. Ekstrak kecambah menjadi komposisi alternatif untuk menumbuhkan miselium jamur, terutama karena harga malt ekstrak yang mahal. Kemungkinan komposisi malt ekstrak dg ekstrak kecambah kedelai ada bahan yang serupa. Kan keduanya dari kecambah biji bijian, jadi kemungkinan kandungannya ya ada berbagai senyawa karbon terlarut seperti berbagai bentuk gula dan faktor tumbuh, bahan bahan itu diperlukan untuk pertumbuhan jamur.
      ini jawaban dari ibu sri sumarsih penulis buku untung besar dengan usaha bibit jamur tiram dan penyuluh jamur penebar swadaya. http://sumrsih03.wordpress.com

  107. assalamualaikum wr wb
    pak sy mau tanya apakah ada pengaruh ekstrak taoge pada media PDA terhadap pertumbuhan misellium jamur tiram?
    kalo ada pengaruhnya tlng dijelaskan mekanisme kerjanya dan kalo tidak ada pengaruhnya tlng dijelaska jg…
    makasih……….

  108. assalamu’alaikum..
    saya mahasiswa thp pak, saya mw nanya pak, apakah campuran sari ubi jalar merah dan sari kacang2an bisa di buat minuman fermentasi gak pa?? apakah semua jenis biji-biji2n dan kacang-kacangan bisa di buat minuman fermentasi / yugurt pak? apa syarat un kacang-kacangan yg bs di jadika yogurt pak??

    terimakasih pak.

    • semua bahan dapat difermentasikan. biasanya nama ngikuti bahan misal dari ekdelai menajdi soyghurt dsb. gunakan keseusian antara bahan dan mikroorganismenya

      • terima kasih atas jawabannya ya pak…
        saya mw tanya lg pak, bagaimana cara mengetahui apakah masih ada atau tidak nya zat antigizi pada produk (minuman fermentasi kacang-kacangan) yang telah kita buat???
        apakah ada analisa labor nya atau tidak pak??

        terima kasih pak….

    • fermentasi pada donat terjadi saat dibiarkan setelah adonan kalis. fermipan yg ditambahkan berupa khamir akan tumbuh dan menghasilkan CO2. akrena CO2 terjebak dalam adonan maka gas tadi akan membuat adonan mengembang dan saat digoreng meninggalkan ruang berongga sehingga adaonan tidak bantat

  109. Pak, Saya mhsswi thp yg akn melakukan penelitian ttg bioetanol dari sorgum. Utk proses fermentasi bioetanol ini mikroba yg dpt digunakan dan dpt diperoleh selain saccharomyces apa ya?
    Apakah di ugm ada kultur zymomonas mobilis yg mungkin dpt saya gunakan utk penelitian ini?

    • Setelah tesedia gula oleh akivitas amilase mikroba lain,maka Sc akan tumbuh dan mengubah gula menjadi alkohol shg pada hari kedua tape biasanya alkoholik kemudian dioksidasi menjadi asamoleh bakteri asam asetat

  110. mohon advise : Apakah fermentasi bisa menghasilkan protein? saya ingin menghasilkan produk cairan yang kaya akan protein, cairan ini akan saya pergunakan untuk campuran pelet. Bgman caranya? terimakasih. Salam.

    • frementasi umumnya membicarakan perombakan seperti artikata semula, kecuali pada nata decoco. protein dalah pembentukan. apakah tidak sebaiknya justru menjadikan protein menjadi lebih tersedia atau produksi asam amino? ini yg lebihs ering digunakan.

    • secara aerob krn kapang tumbuh secara aerob. kapang menggunakan udara yg ada diantara partikel kedelai dan dari lubang yg dibuat(jika bungkus dari plastik) atau yg ada (jika kemasan dari daun). pembungkus digunakan untuk menjadikan miselia mampat sehingga tidak menyebar dan produk tempejadi kompak. jika udara belebihan kapang akan cepat bersporulasi sehingga muncul warna keabu2an

  111. Oh bgtu… Jd bkn fermentasi alkohol ya pak? Soalnya saya dpt keterangan dri sumber lain di net, ktnya klo fermentasi tempe reaksi kimianya kyk gini: C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP. Pdhl seharusnya klo menghasilkan ATP ada oksigen di sebelah kiri. Jadi formula yg bener apa pak, trus bedanya fermentasi aerobik dan glikolisis apa? Trma kasih sblmnya atas jwbnnya.

    • alkohol itu pada fermentasi tape bukan tempe? apa pernah dengar tempe mengandung alkohol? jadi secara nalar saja sudah salah.
      sebenarnya fermentasi aerobik itu istilah populer sedang glikolisis adalah jalur metabolisme yg setelah asam piruvat ada dua jalur terpisah tergantung jasadnya. umunya satu menuju alkohol dan satunya menuju laktat.

  112. asslkum pak…saya mau tanya tentang peneleitian saya yang berhub degn penambhana ragi tapai pada yoghurt sus kambing.
    apakah semakin meningkatnya pemberian ragi tapai, akan meningkatkan kadar air? dan saya ingin mendapatkan refrensi yg berhub dgn penelitian saya..

  113. asslmkm,,
    pak saya mau tanya tentang mikroba osmofilik yang menyebabkan kerusakan pada sirup.misalnya jenis mikroba apa pak?
    terimakasih infonya

  114. asw… pak saya mw nanya bagaimana proses fermentasi (pembuatan) sediaan cuka apel dari
    mulai bakteri, cara, waktu,dan alat yang digunakan.

    • sebetulnya sederhana.dari fermentasi alkohol diinokulasi dg acetobacter. lalu tutup dengan kain kasa/kasar. beberapa industri cuka apel malah membiarkan saja tanpa inokulasi.itu yang ada di malang. silahkan dikembangkan agar lebih baik

      • Maaf mau nanya..,
        gimana cara memperbanyak atau mengembang biakan EM4 dan sjenisnya?
        karena kalau EM4 murni tuk fermentasi pakan ternak maka akan boros dan banyak biaya yg hrs saya kluarkan krn EM4 di pasaran ckup mahal jd tuk berhemat maka EM4 hrs di biakkan dulu tp gmana caranya???
        mohon petunjukx dan klo bisa saya minta nmr hp bpk.
        trimakasih.

      • paling praktis gunakan 10 % pakan terfermentasi untuk inokulum pengganti EM, hasil akan lebih stabil. silahkan dicoba dan 90 % yg digunakan begitu seterusnya.

  115. pak, maw nanya. pernah melakukan penelitian fermentsi kakao, tapi hasilnya adalah: pada hari ke-5, kakao berkecambah, permukaan penuh hifa berwarna hitam (itu apa,ya,pak?), dan ketika diuji kadar gula reduksi, itu ga berhasi ( selisih volume titran dan blanko melleebihi standar referensi)…
    suhunya juga ga naik, cuma berkisar 32an derajat C…
    Tambahan: wadah dari plastik berukuran sekitar 20x15x15 cm, dengan kertinggian tumpukan kakao 6-7 cm dari dasar.
    Ada 3 variasai lubang
    - tanpa lubang , tanpa aerasi = hifa berwarna hitam sedikit
    -dg lubang @ diametr = 1 cm:
    * 5 lubang bawah
    *5 bawah & 2×4 lubang dan 2×2 lubang di 2 sisi lain….
    -ditutup dgn daun pisang
    - ada satu-dua kotak yang kakaonya bercampur dgn kakao yg sdh terfermentasi di buahnya… tapi hasilnya tetep sama (seperti yg disebutkan di atas)
    - buah kakao ada yg sdh busuh< tapi isi kakaonya belum.. kita mengupasnya dgn tangan kosong dan mengaduk kakaonya dgn tangan kosong juga…

    kira2, kegagalan fermentasi tadi kenapa, yapak ? warna kahir biji, ungu ..
    terimaksih …

  116. aslkm. pak saya mau tanya, kandungan yg terdapat didlm air beras apa aj? kira-kira ada bahaya gk pak jk air beras saya fermentasi dengan bahan pangan(bambu muda)? penelitian saya tentang modifikasi bahan baku

  117. Assalamualaikum wr.wb
    Pak bagaimana pengaruh amonium sulfat pada fermentasi bioethanol?lebih baik mana dengan urea?
    apakah penambahan amonium sulfat pada fermentasi dapat menyebabkan buih dan kerak pada fermentor?
    terima kasih pak

    wassalamualikum wr.wb

  118. iya sih pak..
    tp saya pengin tau tentang pengembang biakan EM4 itu krn seorang knalan saya bisa kembang biakan EM4 tp saya ga di kasih tau caranya, malah saya ditawarin tuk beli hasil dia lbh murah dikit dari EM4 & trus trang saya ga mau beli krn saya pikir lbh baek bli EM4 aj mahal dkit gpp tp mutu terjamin.
    jadi saya mohon dgn hormat sudi kiranya kasih info lengkap tentang pengebang biakan Em4 pada saya..
    makasih..

  119. maaf pak saya ingin bertanya bagaimana reaksi fermentasi jagung dengan Lactobacilus acidophilus pak… untuk menghasilkan amilum jagung… tlg di bls pak gih…

    • reaksi samadengan yg lain.intinya lactibacillus akan mengurangi gula sehingga amilum mudah dipisahkan. tapi apa perlu. untuk buletin mikrobiologi edisi Januari akan saya muat tentang fermentasi jagung. tunggu saja

  120. 1 . fungsi mikroorganisme pada proses pembuatan tape adalah ?
    2. mengapa nasi ketan harus di bungkus dengan daun pisang ?
    3. mengapa tape ketan terasa manis ?
    4. jika kita mengomsumsi tape agak banyak perut terasa panas , mengapa ?

    • Waalaikumsalam
      1. Fungsi mikroorganisme dalam tape yang prertama mengubah pati pada ketan menjadi gula kemudidian mikroba kedua mengubah gula menjadi alkohol dan ketiga mengubah alkohol menjadi asam
      2. dibungkus agar terjadi suasana mikroaerob. krn pada situasi anaerob tidak terjadi fermenatsi dengan baik
      3. karen ada alkohol dan juga asam

  121. pak tolong bantu saya ,
    hehehe,,,,,
    qine ,,,,,,,,,,,,,,,,, ni tentang tape..
    pada hari pertama,kedua,dan ketiga bagaimana fermentasi itu terjadi ,,,,

    padA hari pertama terjadi apa ?
    dan seterusnya hingga menjadi tape ?????????????????????????????????????????????????????????????????????

  122. Saccharomyces / ragi dalam proses pembuatan tape berfungsi untuk menguraikan apa mnjadi apa? tolong jelsin lbh detail donk. kirim lwat email jg gpp. Thx b4.

    • Saccharomyces cerevisiae adalah khamir/yeast yang tumbuh selama fermentasi tape karena adanya gula yang dihasilkan oleh mikroorganisme lain misal s. rouxii. gula ini akan dimetabolisme oleh yeast menjadi sel dan energi dengan metabolit utamanya adalah alkohol/etanol. etanol akan memacu pertumbuhan bakteri pengoksidasi alkohol menjadi asam. selain etanol beberapa alkohol sekunder juga dihasilkan oleh khamir spt Hansenulla anomala menjadi flavor tape

  123. Assalamu’alaikum pak.
    Saya bukan orang microbiologi, bermaksud mau menanyakan bagaimana cara memperbanyak bio aktivator yang sudah berbentuk cairan komplit dengan komposisi di bawah ini yaitu :
    - Bacillus Subtilis
    - Bacillus Thuringiensis
    - Bacillus SP
    - Lactobacillus Delbrueckii
    - Desulfovibrio SP
    - Aspergillus Niger
    - Aspergillus SP
    - Saccharomyces SP
    - Rhizopus SP
    supaya punya stok banyak? Apakah jenis bakteri dan ragi di atas jenis aerob? Terima kasih sebelumnya. Mohon pak infonya. Wassalam.

    • hampir semuanya aerob hanya lactobacillus yg mikroaerob. karena ada jamur, khamir dan bakteri sebaiknya ditumbuhkan terpisah dahulu baru dicampur sebagai aktivator

  124. Terima kasih infonya. Terus pak kalo cara memperbanyaknya bagaimana biar punya biang aktivator yang banyak? Terima kasih sebelumnya. Wassalam.

  125. Assalamu’alaikum

    pak.. cara membiakan/ buat inokulum saccharomyces cerevisiae dan acetobacter aceti gmn ya? kalau kedua jenis mikroba tersebut sama2 dibiakan di media sari nanas, estrak toge dan gula apakah bs?? trs slma inkubasi (pembiakan) keduanya hrs dlm keadaan aerob atau anaerob??

    pak sy lg mncari buku bpk mikrobio industri, tp d tasik blm ada! apakah ada tko online yg bsa dihubungi?

    trimakasih

  126. pak,,
    cara membiakkan acetobacter dari kultur murni gimana ya?
    apa saja komposisi bahannya?
    apakah bisa dari sari nanas?
    ditambah apa?
    thx

  127. asslmualaikum,pak saya mahasiswa unj tataboga….skrg saya lg mengerjakan skripsi tentang pembuatan yoghurt sari kcang hijau..

    yg saya mau tanyakan
    apakah dengan penambahan ekstrak pewarna alami contohnya daun pandan dapat mempengaruhi proses fermentasi yoghurt sari kacang hijau…terimakasih

      • justru dari itu saya meneliti yoghurt sari kacang hijau ini dgn menambahkan ekstrak daun pandan sebelum dan sesudah fermentasi,untuk mengetahui pH pd yoghurt tersebut..terimakasih pak,mgkin nanti saya bertanya lg..

      • kl seperti ragi tape bisa ga pak? kl yang alami saja dalam arfti tidak usah pake ragi ya? trims ya atas infonya, ada ga bukuny pak, yang membahas tentang produksi tauco?

  128. assalamu’alaikum pak…
    mnggu dpn sya da prsntsi,sya ingn mnanykn proses fermentsi alkohol pd tape bsrta skemanya….. trmksh,,,

  129. Bpk. Nur Hidayat yang terhormat, kami dari kelompok tani arta mandiri tulungagung memproduksi sari madu belimbing (fermentasi) tapi sampai sekarang produk yang dihasilkan belum sempurna yaitu meskipun hasil fermentasi sudah dihentikan dengan cara direbus dengan suhu sampai dengan 90 derajat fermentasi tidak berhenti sehingga produk kami tingkat keasamannya berjalan terus, untuk itu bersama ini mohon dapatnya diberikan tips untuk menyempurnakan hasil produk kami. Sebelumnya terima kasih

    • fementasi apa? cuka atau apa? mohon dibuat lebih rinci prosesnya dan produk akan dijadikan seperti apa juga cara merebus termasuk waktu. untuk lebih rinci dapat kirim via email saja ke nurhidayat9@gmail.com mungkin saya ada sedikit saran. tapi tidak menjamin benar atau mungkin suatu saat kunjungan untuk pengembangan dsb
      salam
      nur hidayat

  130. Ass.. sy pernah dengar pupuk hasil fermentasi madu, hasilnya thd tanaman bisa 2x lipat besar buah hasil panen. minta tlg cara membuat pupuk fermentasi madu, semoga bermanfaat untuk petani di desa sy, trimakash wasalam…

  131. salam,bapak yg terhormat, saya telah baca semua tulisan pada halaman ini, termasuk pertanyaan dan jawaban yg bapa berikan.
    pa, bagaimana rancangan alat pengamatan untuk penelitian fermentasi gula ? mohon d jelaskan detail mengenai alat ,proses dan hasilnya . terimakasih pa

    • alat fermentasi gula? alat tergantung untuk apa fermentasi itu misal menghasilkan alkohol atau asetat? jadi belum dapat dijelaskan secara detil, akan saya coba untuk memulai menulisnya

    • ya tinggal tambahkan yeast Saccharomyces cerevisiae atau bakteri Zymomonas mobilis optimasi faktor yg lain lalu difermentasisecara anaerob. kalau panjang dapat dilihat di buku mikrobiologi saya terbitan ANDI Yogyakarta ada di toko2 buku

  132. maaf pak saya ingin bertanya untuk mendapatkan kultur murni saccharomces cerevisiae var ellipsiodeus sangat sulit. kira2 bapak memiliki informasi untuk mendapatkannya tdk??? trimakasih

  133. Pak..skarang saya sedang riset ttg fermentasi cuka dari air kelapa menggunakan Acetobacter Acetie. Sudah ada hasilnya,Tapi klihatannya masih kurang dari yang diharapkan (< 5 %). Saya mau tanya, apakah ada cara untuk memperbesar kadar cuka yang dihasilkan..? trima kasih..

    • umumnya dalam proses jika kurang maka dkembalikan lagi dan perhatikan laju aerasinya apakah ada aerasi ataukah hanya dibiarkan? juga adakah alkohol pada substrat?

  134. Assalamualaikum…

    Pak saya mau tanya jenis mikroba apa saja yang paling baik sebagai mikroba amilolitik?
    Untuk fermentasi yang cepat, mudah kulturnya, mengasilkan gizi tinggi itu dari jenis kapang, jamur atau bakteri?

    terimakasih

  135. assalamu’alaikum..
    pak, saya mahasiswa pendidikan biologi ikip pgri smg mau bertanya tentang proses simbiosis bakteri yang terdapat pada fermentasi kefir bening ato yang terkenal saat ini alga kristal dan alkohol yang dihasilkan dalam fermentasi tsb.
    trimakasih pak, sebelumnya atas jawabannya. jawaban bapak sangat membantu sy dalam menyelesaikan skripsi saya.
    wassalamu’alaikum..

    • onggok pada pembuatan tempe akan menghasilkan tempe yang masam dan mudah terkontaminasi oleh bakteri. sehingga tidak dianjurkan kecuali menggunakan jamur dengan aktivitas amilolitik yang rendah. ada dalam buku saya mikrobiologi industri terbitan ANDI offset Yogyakarta

  136. ass, pak saya mau nanya nich, kalau destilat saya berupa etanol sdh sy dapt, trs sy mau tntukan kadarnya apakah langsung saja ditentukan bobot jenisnya ya?krn klu dhtg bobot jenisnya maka satuan gramnya mati, smntara sy mau th brpa kadar etanol yg sy peroleh dlm sampel kulit pisang saya pak.. tlng dijawab pak… mksh sblmnya pak…

  137. pak saya mau bertanya apakah dengan pemberian cairan tape ketan hitam dalam pembuatan yogurt tidak masalah?? ato akan terganggu proses fermentasinya? ato sari ketan hitam az ditambahkan ke dalam susu sebelum difermentasikan?
    maav pak byk pertanyaan :)
    dtunggu sekali jwbnnya
    terima ksh

    • sebenarnya tidak masalah tapi ketan hitam bersifat asam kadang sering merusak susu atau jika mikrobianya masih banyak akan bersaing dengan kultur yogurt.

  138. pak saya peternak kambing pemula, sy mau buat pakan ternak fermentasi limbah pertanian, yg membuat sy bngung
    1. jenis fermentator bnyak, yang paling tepat apa
    2. lama proses fermentasi yang pas berapa hari
    3. selama proses yg bener drurup rapat atau bagaimana

  139. lactobacilus itu apa pak . . apa sebangsa em4, starbio,ragi tape ya pak. nah merk itu yg buat sy bngung harus pakr yang mana ? oh ya pak umpama sy buat fermentasi pake RAGI TEMPE atau TEMPENYA AJA bs ga pak …………. terimakasih

  140. Maaf Pak, saya sedang mencari starter kapang Aspergillus Niger untuk fermentasi onggok. Mohon informasinya dimana saya bisa mendapatkan kapang tersebut didaerah Jabodetabek?

    Terimakasih atas bantuannya

  141. terimakasih atas jawabannya pak mudah-mudahan ilmu bapa yg bermanfaat dijadikan amal ibadah buat bapa sendiri. amiin

    Saya mau tanya lagi pak sebetulnya apabila saya memfermentasi substrat dengan tujuan menurunkan serat kasar oleh aspergillus niger. Apakah si aspergillus akan langsung memilih serat kasar untuk didegradasi atau lebih memilih zat lain dulu yang mudah dicerna seperti protein mungkin?

    terimakasih

  142. ASS
    pa maaf minta batuannya, saya lg ada tugas laporan ttg fermentasi oncom. bisa bapa jelaskan bagaimana fermentasinya dan apa yang terjadi saat fermentasi berlangsung ? sebelumnya terimakasih pa.
    oh iya pa jwaban nya kirim lewat email saya aja ya pa cheekorhatae@yahoo.co.id makasih pa.

  143. Maaf Pak, saya sedang melakukan percobaan membuat silase ikan tapi gagal.
    Langkah kerja yg saya lakukan adalah:
    - Kol 2 kg diblender dengan air 2 kg dan garam makan 100 gr kemudian diperam selama
    5 hari kemudian airnya saya peras (untuk incolum bakteri asam laktat)
    - Ikan rucah giling yg dikukus 20 kg + tepung tapioka 4 kg yg telah diaduk dengan air
    panas kemudian saya masukkan perasan air kol kemudian saya peram selama 7 hari
    Hasil yg saya dapatkan, silase ikan berbau busuk.

    Bahan dasar yang saya gunakan ikan rucah yg sudah berbau busuk
    Apakah bahan dasar tersebut yg menyebabkan kegagalan dari proses fermentasi BAL tsb?
    Mohon petunjuk dan saran dari langkah kerja saya tsb.
    Apakah bisa BAL diganti dengan EM4-Peternakan?

    • bagaimana anda menumbuhkan BAL? apakah anaerob? jikaaerob apakah yakindisitu ada BAL. harus diyakinkan dulu keberadaan BAL. bauk awal tidak dapat hilang kecuali kita memang mencari bakteri perombak bau. bagaimana dengan pH?
      EM4 bukan BAL jadi tidak menggantikan

      • Saya menumbuhkannya dengan anaerob dan PHnya 4 (setelah 5 hari fermentasi).

        Bagaimana cara mengetahui ada/tidaknya BAL tsb Pak?
        Bagaimana cara mendapatkan bakteri perombak bau tsb?
        Dan bagaimana cara menggabungkannya dengan BAL agar proses fermentasi silase tidak terganggu?

        Maaf Pak, pertanyaannya kaya lirik lagu …heheheee
        Mohon pencerahannya…

      • harus isolasi dulu atau uji dengan media MRS
        untuk bau umumnya digunakan khamir atau diketahui dulu apa penyebab bau
        gunakan BAL dan kondisi anaerob

      • Maaf Pak, mau nenambahkan lagi.
        Kalau dari artikel yg saya baca, kandung bakteri pada EM4 adalah 95 % bakteri Lactobasillus. Bukankah bakteri tsb termasuk BAL?

      • Terimakasih Banyak atas pencerahan dari Bapak

        Dari pemahaman saya, proses pembuatan silase ikan adalah merendam ikan dalam larutan asam. Apakah bisa misalnya saya buat larutan gula difermentasikan dulu dgn BAL, setelah fermentasi selesai dan PH di bawah 4, baru saya gunakan untuk merendam ikan?
        (merujuk pada proses silase ikan secara kimia)

        Sekalian mau tanya, kalau wadah fermentasi saya isi dengan 50% bahan dan sisanya masih ada rongga udara dan saya tutup rapat sehingga tidak ada pergantian udara, apakah proses tersebut bisa dikatakan Anaerob?

        Mohon pencerahannya

  144. Saya alumni Jaminan Mutu Pangan, ingin menanyakan tentang pembuatan santan dari bahan nabati (contohnya kedelai) kira-kira apakah ada buku/referensi bahan mengenai pembuatan santan dari kedelai?
    Terimakasih

  145. melihat banyaknya permintaan akan buku karangan bapak, dan banyak yang sesulitan dalam mencari buku – buku tersebut. Apa bapak tidak sebaiknya menyediakan E-book.
    yang bisa di beli lewat blog ini.
    - terima kasih -

    • karena buka saya bukan ebook maka saya tidak berani menydiakan dalam ebook nanti menyalahi copyrirght penerbit. kalau sulit memperoleh dapat beli lewat saya.

  146. assalamualaikum pak
    jg bagi siapa saja yg tahu masalah ini
    sya mau tanya klu fermentasi singkong dalam pembuatan mocaf itu caaranya bagaimana??apa menggunakan bakteri yg khusus?
    trima kasih

  147. Selamat Malam Pak , Maaf Ganggu . Saya Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi , Mau Tanya : Pada Kandungan Serat Kasar Singkong Sebelum dan Sesudah Fermentasi Berapa ya Pak ?

    GB

  148. selamat sore bapak :) ..
    bagaimana cara menghasilkan asam pada buah strawberry ? apakah aman digunakan pada kulit wajah ? dan bagaimana cara membuat enzim dari buah anggur?…
    terimakasih ….

    • ada dua cara
      1. ekstrak asam dari buah itu sendiri
      2. cara fermentasi menggunakan bakteri penghasil asam
      buah ini aman untuk kulit
      enzim dari buah anggur? pada anggur ada enzimnya. dapat di ekstrak, dapat pula enzim dari mikrob jadi mana yang dimaksud saya kurang paham.mohon maaf

  149. Selamat pagi pak :)
    Saya mau tanya mengenai proses pembuatan roti, dimana apabila menambahkan gula lebih dari 8% akan menghambat fermentasi, kenapa fermentasi itu terhambat?
    Penambahan garam lebih dari 1% juga menghambat fermentasi, yang saya tahu karena dalam jumlah yang terlalu banyak garam akan menurunkan kemampuan gluten dalam menahan gas CO2 karena gluten tidak mempunyai daya regang yang cukup sehingga membuat roti menjadi terlalu asin dan memperlambat laju fermentasi karena terhambatnya aktivitas ragi. Apa benar? Tetapi untuk gula saya tidak tahu kenapa?
    Tolong dijawab ya pak, terimakasih :)

    • gula yang makin tinggi selain menghambat pertumbuhan juga akan memperbanyak produksi alkohol daripada gas sehingga roti jadi kurang baik belum lagi kalau muncul kontaminan dsb

  150. Pak, dimana kira2 saya bisa mendapatkan ragi murni candida utilis, serta nama dagangnya / nama sebutannya ? Dan berapa kisaran harganya?..

    Terima kasih.

  151. assalmmu’allaikum,
    pak, sya mau tnya fermentasi durian nntinya itu kan akan menghasilkan tempoyak, itu kn bsa dengan garam, kultur kering (ragi), kultur cair, nah selain itu yg bs digunakan untuk fermentasi durian untuk menjadi tempoyak apa y pak?
    balas, terima kasih :)

    • fementasi itu macam-macam cara dan fungsi atau manfaatnya jadi harus jelas dulu karena dalam bidang pertanian juga banyak memnafaatkan cara fermentasi sept kompos, pupuk, teh kompos, biopetsida dsb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s