Pemanfaatan Kitosan


Dalam industri pangan, kitin dan kitosan bermanfaat sebagai pengawet dan penstabil warna produk. Secara kimia kitin adalah molekul besar (polimer). Senyawa ini tidak dapat disintesis secara kimia dan tersusun leh satuan molekul N-asetil-D-glukosamin. Kalu bagian asetil ini dibuang, maka kita akan memperoleh kitosan. Struktur ini memiliki fungsi yang lebih bervariasi

beberapa contoh aplikasi kitin dan kitosan dalam bidang nutrisi (suplemen dan sumber serat), pangan (nutraceutical, flavor, pembentuk tekstur, emulsifier, penjernih minuman), medis ( mengobati luka, contact lens, membran untuk dialisis darah, antitumor), kesehatan kulit dan rambut (krim pelembab, hair care product), lingkungan dan pertanian (penjernih air, menyimpan benih, fertilizer dan fungisida) lain-lain (proses finishing kertas, menyerap warna pada produk cat dsb).

Karena banyaknya fungsi yang dapat dilakukan maka harga kitin, kitosan dan senyawa yang dibuat dri keduanya misal kitooligosakarida menjadi mahal. harga kitosan saat ini mencapai $ 1000 er ton.

Kitin dapat dibuat dari kulit udang atau kulit kepiting atau bahkan dari kulit insekta. Biasanya kitin pada kulit diikat oleh senyawa lain seperti protein dan mineral. jadi melepaskan kitin dapat dilakukan dengan menggunakan asam dan selanjutnya menetralkannya lagi.

Kitosan dibuat dari kitin dengan menggunakan basa dan perlakuan panas, atau dengan memakai enzim yang melepaskan bagian asetil. Kitooligosakarida dapoat diproduksi dari kitin dan kitosan menggunakan enzim kitinase.

Sumber: Maggy Thenawidjaja Suhartono, 2006. Pemanfaatan kitin, kitosan dan kitooligosakarida. Foodreview Indonesia edisi Juli 2006.

Jurnal berkait dengan kitosan:

1. Biological Evaluation of Chitosan Salts Cross-Linked to Genipin as a Cell Scaffold for Disk Tissue Engineering

2. production, properties and some new applications of chitin and its derivates

3. Metode produksi kitosan
4. kitosan untuk pisang dan mangga segar

78 komentar di “Pemanfaatan Kitosan

  1. assalamualaikum

    pak, saya mahasiswa THP Unsri. saya penasaran,kitosan itu berpengaruh terhadap rasa gak kalo digunakan sebagai bahan pelapis (coating) pada buah?
    makasih ya sebelumnya
    oya,bapak yang sering nulis buku tekno pangan itu kan?

    wassalam

    • tidak, tapi dicoba saja.
      ya bukan sering cuma pernah. lagi nyiapkan buku teknologi pangan untuk penerbit ANDI semoga lekas beres

  2. assalamualaikum
    tidak berpengaruh, apalagi sebagai pelapis buah. silahkan dicoba.
    betul. tentang abstrak jurnal mengenai kitosan ada di blog ini. silahkan baca
    wassalam

  3. assalamualaikum..
    pak.. saya mhasiswa THT Unand.
    saya mo nanya pak.. bisa gak khitosan itu kita gunakan untuk pengawetan telur asin dengan cara menginjeksikan khitosan tersebut kedalam telur?
    dan berapa saja kadar khitosan yang dapat kita gunakan untuk pengawetan telur tersebut?dan berpengaruh gak pak?
    makasih yah pak…

  4. assalamualaikum..
    pak.. saya mhasiswa Biologi UNSOED.
    saya mo nanya pak.. bisa gak khitosan itu kita gunakan untuk pemucatan pada proses ekstraksi agar-agar dari rumput laut Gracilaria gigas?
    dan berapa saja kadar khitosan yang dapat kita gunakan untuk proses tersebut?
    makasih yah pak…

    Wassalam….

  5. Pengawetan telur dengan kitosan? setahu saya digunakan sebagai pelapis (nenati saya muatkan artikelnya), sedang jika disuntikkan saya belum pernah kalau mau jadi penelitian bagus juga.
    mengenai untuk ekstraksi rumput laut, apa tidak rugi? antara harga produk dengan bahan untuk ekstraksi? silahkan dipikir lagi.

  6. assalamualaikum………………
    pak saya mahasiswa MIPA kimia UNILA.
    saya mau tanya?
    apa kitosan dapar di fragmentasi menggunakan enzim lisozim menghasilkan glukosamin?
    dan apakah kemungkinan glukosamin ini dapat larut dalam air?
    em….yang saya tau kitin dan kitosan itu dapat digunakan untuk mengadsorbsi logam berat. seandainya diperoleh glukosamin,mungkinkah dapat digunakan sebagai adsorbsi logam berat juga?
    trimakasih………

  7. assalamualaikum
    pak, saya vera mahasiswa THP IPB,,saya sedang penelitian mengenai skin cream dengan penambahan kitosan sebagai pelembab. sampai konsentrasi berapa kitosan dapat digunakan sebagai pelembab/humektan? lalu berapa standar viskositas kitosan?karena kitosan yang saya dapatkan mempunyai viskosotas 5.2 Cps

    Terima kasih

  8. kiotosan dihasilkan dari khitin secara enzimatis dpat disebut fementasi atau tidak namun umumnya tidak dikatakan fermentasi. ini saya tambahkan metode produksinya. semoga bermanfaat.

  9. assalamualaikum……..
    pak saya mahasiswi THT Unand mau mencobakn chitosan pada telur dengan cara injeksi..bagusnya berapa kadar chitosan yang digunakan n apa nantinya saat telur dikonsumsi berbahaya?? dan kira2 apa saja yang bisa kita uji??

  10. assalamualaikum
    saya ingin mengetahui apakah kitosan dapat dibuat dari cangkang kerang?
    Karena menurut informasi yang saya dapat selama ini kitosan hanya dibuat dari bahan asal udang atau golongan crustacea.

  11. Pada dasarnya selama pada bahan ada kitin maka dapat dibuat hanya harus diketahui dulu berapa banyak komponen tersebut ada. dan apakah memberikan nilai yang efisien untuk diolah. jadi silhkan dianalkisiskan kandungan kitinnya jika banyak silahkan diproses.
    semoga bermnafaat.

  12. penyusun terbesar adalah unit N-asetil glukosamin. seperti tertulis pda awal tlisan. sedang mengenai enzim perombak kitin yang digunakan sebagai langkah awal modifikasi adalah kitinase. saya sudah buat artikel tentang pemurnian kitinase.

  13. ass.wr.wb,
    pak,sya mau tanya
    bisakah kitosan untuk pengawetan sayur,khususnya cabai?
    adakah jurnal atau sumber lain yang bisa d gunakan untuk literatur?
    syukron,
    wass.wr.wb

  14. ass.saya bayu THP UNDIP. saya membutuhkan informasi prosedur aplikasi kitosan selain sebagai pengawetan makanan (farmasi dll).terima kasih banyak

  15. Assalamualaikum ustad.
    Ana punya penelitian kitosan untuk mie basah, boleh ana ikutkan nimbrung disini tidak?
    ana juga ingin dibantu mencarikan jurnal yang tentang kitin pada makanan, soalnya ane juga mau penelitian tentang kitin untuk mie basah.
    jazakallah khoir

  16. Saya amat sangat senang jika mau nimbrung disini, tidak sekedar berkoimentar tapi juga ngirim artikel. kirim saja ke comment nanti kalau cukup panajang atau minta ditulis sebagai artikel, akan saya tulis sebagai arikel sehingga bila ada komentar bukan lagi saya yang menjawab.
    selamat bergabung.

  17. Assalamualaikum ustad.
    Saya senang dengan informasi yang baru saja saya baca. ada satu hal yang saya tidak tahu tentang khitosan. Apa tang terjadi apabila khitosan direndam dalam larutan basa pH>=7?
    Ada informasi yang saya dapatkan bahwa khitosan akan membentuk gel pada suasana basa, sementara dari literatur yang saya cari tidak menyebutkan demikian. Yang saya tahu khitosan tidak larut dalam suasana basa, itu saja.
    Terimakasih buat bantuan ustad.
    wass.wr.wb

  18. Assalamu’alaikum wr.wb
    saya mau nanya nih pak.
    kitosan kan dapat dijadikan sebagai pengawet, kira-kira berapa lama kitosan ini dapat mengawetkan suatu bahan makanan??apakah ada kemungkinan kitosan dapat mengawetkan makanan selama kurang lebih 1 tahun??

  19. slemlekum.. saya mahasiswa THP Unhas, mau tanya pak tentang pengaruh viskositas kitosan, dan suhu konsentrat dan waktu pada proses diasetilisasi.

  20. pada artikel download sudah ada tentang kitosan,3 artikel, jika kurang akan sayatambahi, tapi mungkin bulan september karena sekarang lagisibuk ngurusi seminar. mohon maaf
    salam

  21. Askum pak Nur, dulu saya pernah melakukan penelitian chitosan, yang menarik adalah chitosan terkadang masih belum murni. apa ada cara purifikasi lain selain di larutkan dalam asam lemah?dulu rendemen pure chitosan cangkang kepiting hanya sekitar 2.5 %. apa pak nur memiliki perancangan industri chitosan untuk UKM?karena cangkang rajungan, udang dan sumber2 chitosan di Indonesia melimpah.

  22. Pak makasih atas rubrik ini bisa bantu klo ada problem yg ingin saya tanyakan: kitosan sbg absorben utk limbah pewarna tekstil blue jean. Bgm kitosan berikatan Zn dan kitosan Bm rendah dan Bm tinggi bgm maksudnya dari mukhlis siregar.

  23. assalamualaikum…pak sy titin mhsiswa Univ.Negeri semarang…nintta info klo pengawetan pada bakso apakah bisa mengunakan kitosan sebagai penganti pengawet formalin..menigat kitosan memiliki sifat mengikat air dan lemak,zat anti jamur n anti bakteri.mohon dibantu teang cara pembuatan kitosan yang benar dan bagus sehingga tidak minghilangkan kualitas dari bahan makanan yang akan diawetkan..trimakasih….
    wasss

  24. assalamualaikum…
    pak saya mahasiswa kimia unila. saya mau tanya, apakah kitosan bisa didegradasi menggunakan enzim lisozim menghasilkan glukosamin?
    em,,dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai hal itu.
    trimakasih…

  25. ASS…
    Pak saya mahasiswa THP UNSRI, saya mau tanya, Apakah bisa kitosan digunakan untuk memperpanjang umur simpan dari pisang, kalau bisa bagai mana caranya dan adakah efek samping dari penggunaan kitosan tersebut
    Trimakasihg…..

  26. asslam’alkum..
    saya mahasiswa THP Undip, saat ini saya sedang membutuhkan informasi mengenai aplikasi kitosan sebagai antioksidan dalam hal penyusunan skripsi saya, berhubungan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimanakah pemanfaatan dan aplikasi kitosan sebagai antioksidan terhadap produk perikanan?
    2. Bagaimanakah mekanisme kerja kitosan tersebut sebagai antioksidan?
    kitosan yang saya aplikasikan ini yakni dengan teknik coating.
    mohon jurnal atau referensi pengukung hal tersebut.
    terimakasih banyak kepada bapak. wassalamu’alaikum..

  27. Assalamualiakum W.M.W.B..
    saya mahasiswa jurusan kimia nuklir, sedang mencari bahan tugas akhir (TA) tentang fungsi kitosan sebagai antioksidan.
    pak, bagaimana jika deaselitasi kitin itu dengan metode irradiasi?dalam hal ini rencananya saya menggunakan mesin berkas elektron (MBE) yang ada di BATAN jogja (itu juga kalau izinnya keluar pak), menurut bapak apa bisa lebih efektif dari cara yang selama ini dipakai (cara kimia)?
    misalkan MBE itu diganti dengan semacam pemancar microwave (kayak oven) bisa tidak ya pak?
    mohon bapak membantu, sekiranya saya dapat bertanya dikemudian hari.
    terima kasih
    wasalamualaikum W.M.W.B..

  28. suatu informasi baru bagi saya, mungkin baik juga dicoba. saya cari dulu artikel terkait. mungkin sudah ada atau coba semoga sukses.

  29. Ass wr wb.. sifat kitosan adalah molekulnya tertentu,dalam keadaan cair sensitif thd kekuatan ion tinggi dan daya repulsif antara fungsi amin menurun sesuai dengan fleksibilitas rantai kitosan. maksud pernyataan itu apa?? thx…

  30. pak saya mahasiswa THP Unsoed mau tanya, kan kitosan itu berbentuk padat (limbah padat dari kulit crustacea) terus bagaimana cara mencairkanya?trima kasih.

    • saya kira sama dengan analisis protein pada umumnya hanya untuk cara kasar yang sering dilupakan adalah adanya analisa nitrogen non protein, dan hasil untuk protein adlah protein total dikurangi Nitrogen nin protein

  31. ass.
    pak, saya ingin mencoba mengaplikasikan kitosan pada treatment minyak goreng bekas dan oli bekas, menurut bapak efektifkah jika kitosan saya gunakan untuk menurunkan acid value? terima kasih, wassalam

  32. ass.
    saya mau menanyakan mekanisme chitosan sebagai pengental pak, punya referensi atau ada penjelasan dari bapak. Bisa di email ke alamat saya atau di blog bapak ini, terimakasih

  33. assalamu’alaikum…

    pak, sy ibnu dr uht yg mau ikutan membahas lebih jauh tentang kitosan. sy saat ini sedang meneliti chitosan terhadap penurunan kadar kolesterol dlm darah dan sampai skrg sy blm mendapatkan mekanisme yg jelas,,,
    yang sy tau kitosan krn merupakan suatu serat dia menghambat absorbsi kholesterol k dlm darah…
    tlng pak minta masukannya…

  34. Salam kenal pak
    saya ingin sedikit ingin menanyakan alasan kenapa minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan pengawet secara umum dan khususnya sebagai pengawet telur segar. sebenarnya apa kandungan minyak kelapa tersebut sehingga bisa menjadi pengawet telur segar. seandainya ada informasi jurnal atau referensi lainnya mohon diinformasikan juga pak. terimakasih sebelumnya pak…

  35. Assalamualaikum..Pak saya mahasiswa politknik di kalmntan..Saya mw melakukan penelitian untuk tugas akhir saya mengenai “kitosan dari kulit kepiting sebgai bahan penjernihan limbah cair kelapa sawit”..Gmna menurut bapak ??? Apa bapak pnya masukan untuk judul Tugas akhir mengenai pemanfaatan kitosan ??????? tolong di balas ke email saya pak !!!!!!!!!!!!!!! live_endhy@yahoo.co.id

  36. assalamu’alikum pak, saya mahasiswa THT UNAND, sy mw nanya, menurut bapak apakah ada pengaruh protein daging sapi bila kita rendam dengan larutan kitosan

  37. assalamu’alaikum pak, sy mw nanya, menurut bapak apa pengaruh chitosan terhadap protein daging segar, apakah dia bisa naik ataw bturun proteinnya….

      • alasannya apa pak…/ masalahnya protein daging erat kaitannya dengan total koloni bakterinya,sedangkan makin lama perendaman dalan kitosan makin kecil pula total koloninya,jadi apakah chitosan hanya mempengaruhi total koloni bakteri aja pak dan tidak dengan proteinnya….? sebelumnya makasih pak..!

  38. pak, saya masih bingung katanya di duri ikan bandeng itu ada zat kitin nya juga ya ? terus kalo misalnya ada, cara pengambilan zat kitin nya gimana pak ? tolong jelasin sedikit tentang prosesnya ya pak, makasih 🙂

  39. dita masluha
    dimas.dita@ymail.com
    ditam08.student.ipb.ac.id
    kitin kitosan dapat digunakan sebagai bahan pengawat pada makanan, karena dapat membunuh bakteri. pemanfaatannya sebagai pengganti formalin akan berdampak positif bagi kesehatan. berapa kadar kitosan yang dapat digunkan dalam makanan?

  40. ada satu lagi kelebihan dari kitosan,,zat ini tidak bersifat kaarsiogenik sehingga ketika makanan yang menggunakan pengawet ini dia tidak akan berbahaya, namun kendalanya adalah zat ini mahal sehingga orang2 lebih memilih klorin..

  41. askum.wr.wb
    pak saya mahasiswa TIP UNIB……….
    saya mau taya smh bapak, kitosin tu bisa gax Qt jadikan bahan pengawet untuk ikan asil, jikalau peroses penjemuran ikan asin tersebut tergangu( akibat hari mendung/cuaca buruk).

  42. Asslm, pak sy mw melakukan penelitian kitosan sbg penjernih air, tp udh berapa kali d coba hasilnya tidak terlalu jernih. Boleh tau infonya bagaimana cara penguunaan kitosan sbg penjernih air sungai?mksh sblmnya

  43. assalamualaikum pak..
    salam kenal,.
    nama saya riska maya syari nasution,saya mahasiswi HPT fakultas pertanian universitas muhammadiyah sumatera utara (UMSU)!.

    saya membutuhkan informasi mengenai kitosan dari kulit udang dan kitosan dari cangkang kepiting,.
    sekiranya bapak ada informasi mengenai hal tersebut..

    saya lagi proses skripsi pak..
    saya sedang menguji efektifitas kitosan dr kulit udang dengan kitosan dari cangkang kepiting terhadap penyakit fusarium sp pada tanaman karet..

    wassalamualaikum..

Tinggalkan komentar