Sari buah nanas


nanas adalah buah tropis dengan daging buah berwarna kuning memiliki kandungan air 90% dan kaya akan kalium, kalsium, Iodium, sulfur, dan khlor. Selain itu juga kaya asam, biotin, vitamin B12m Vit E serta enzim bromelin.

Mengkonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh. nanas juga dapat digunakan untuk menguranngi dehidrasi.

Nutrisi nanas per 1 oz adalah :

kalium (kkal) = 17

energi (kj) = 73

lemak = 0 g

karbohidrat = 4,3 g

protein = 0,1 g

serat = 0,1 g

gula = 4,3 g

kolesterol = 0 g

abu = 0,3 mg

alkogol = 0 g

36 komentar di “Sari buah nanas

  1. yth. ptp2007.wordpress.com

    pak, saya mau tanya adakah teknologi untuk membuat sari buah menjadi bubuk / serbuk ?

    saya tertarik untuk produksi sari buah (nanas/strawberi/pepaya) menjadi serbuk,…untuk obat obatan herbal.

    terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya yang baik.

    wassalam,
    sutatosa
    080161313613

  2. ada pak. yang paling sederhana disebut foam mat drying yaitu pengeringan sari buah dengan pengering matahari atau oven.
    sari buah dicampur dengan putih telur kemudian dibuihkan lalu ditebarkan secara tipis diatas loyangn dan dikeringkan. setelah kering dihaluskan dan diayak untuk menjadi muniman instan
    salam
    nur

  3. Subhanallah,… saya tidak menyangka mendapat respon secepat itu,…

    terima kasih pak.

    o iya, untuk pengembangan skala yang agak besar (industri rumah tangga) apakah ada mesin nya pak (teknologinya) ?

    barangkali bapak mengetahui, dimana saya bisa membeli dan berapa harga nya ?

    saya ingin fokus di bisnis bromelin powder pak

    wassalam
    sutatosa
    08161313613

  4. mesinya hanya pengering biasa pak, dapat pesan di bengkel alat tedekat setelah dibei spek yang kita inginkan, tapi kalau untuk brimelin harus diperhatikan suhu janngan sampai merusak aktivitas enzimnya. untuk bromelin yang penting bukan kelarutannya tapi aktivitasnya agar dalam jumlah sedikit tetap dpat digunakan dengan baik.

  5. Pak saya mau tanya. Dimana saya bisa dapatkan dengan mudah mikroba acetobacter xylinum.
    Kalau Beli dimana ada yang jual pak??
    Kalau Buat dari ampas nenas gimana caranya pak??

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih pak.

    Dicky
    Hp.0812.65888016

  6. Axetobacter aceti dapat dibeli pada berbagai lab misal di UGM atau IPB. mengenai cara membuat dari nanas sudah saya muat di jawaban sebelumnya silahkan di cek pada jawaban-jawaban yang ada. agar tidak selalu menulis ulang.
    salam
    nur

  7. Assalamu’alaiku pak.
    Saya merencanakan penelitan bioremediasi limbah cair nanas pak. mengapa pH, BOD, COD dan TSS dalam limbah tersebut tinggi pak? Penelitian tentang bakteri indigen limbah cair nanas sudah ada pak? Untuk skala besar (debit air limbah 5.000-7.000 meter kubik per hari) apakah bioremediasi sesuai? Terima kashi Bapak. wassalam.
    Agus Sutanto Metro Lampung

  8. saya sudah buat sari buah mau saya jadikan bubuk. sari buah saya beri dektrin 40% dari berat sari buah. kemudian saya tambah putih telur 2% dari berat total ( sari buah dan dektrin) kemudian saya oven dengan suhu 60 derajat selama 12 jam. tapi hasilnya koko tetap encer. gak bisa menggumpal. gimanaya sosulsinya

  9. adakah pengaruh PH dalam pembuatan bubuk buah. berapa seharusnya ph yang digunakan agar mendapat hasil yang terbaik. oya satu lagi gimana caranya buat tepung wortel agar nilai gizi tetap bagus? terima kasih

    • akan saya usahakan artikenya umumnya dengan foam mat drying. tapi dimasyarakat bisanya dengan pemasakan dalam wajan hingga dibentuk kristal

  10. penggunaan cmc apakh harus diaktifkan? maksudnya pada pembuatan minuman instan. saya menginginkan serbuk yang larut sempurna (tidak mengendap). ketika sudah jadi serbuk saya tambahkan cmc. kemudian saya sajikan dal bentuk minuman kok lama kelamaan ada endapannya. sepertinya cmc didak berfungsi. kadar cmc yang saya gunakan 0.2% / liter minuman. gimana solusinya? terimakasih

  11. asslam..
    pak,,saya ingin tanya..
    kalau dalam pembuatan serbuk instan buah pepaya..apakah diperlukan pepaya dari varietas tertentu??
    bagaimana pula cara untuk mengurangi aroma atau bau khas dari pepaya itu sendiri..
    trima kasih..
    wassalam..

  12. Yth. Pak Nur Hidayat
    di Brawijaya

    Saya dulu mahasiswa bapak, angkatan ’94 jurusan THP Univ. Widyagama Malang.. tentu bapak masih ingat… waktu itu bapak ngajar Fermentasi.. yang memang spesialis bidangnya bapak…. pak Nur.. saya pingin memproduksi enzim bromelin dalam skala besar… and mau saya pasarkan… menurut bapak..teknologi yang gimana ya pak… and mohon penjelasan sejauh mana penggunaan produk enzim bromelin di pasaran….
    terima kasih.

    Santoso,SP

    • kalo naman saja masih kurang ingat. mengenai enzim sebaiknya dari nanas yang muda gunakan teknologi sederhana saja untukmenghasilkan enzim kasar

  13. Assalamualaikum…

    Pak, saya sedang mengembangkan produk nanas hasil produksi komunitas petani di bogor yang diolah menjadi selai nanas Organik. Beberapa kali percobaan telah kami lakukan untuk mendapatkan formula yang tepat untuk mendapatkan rasa yang oke. Masalah yang belum dapat kami atasi sekarang mengenai daya simpan selai yang belum dapat bertahan lama. Saya mohon bantuan Bpk, untuk memberikan masukan bahan alami apa yang dapat kami tambahkan. Kami bertekad memproduksi selai nanas organik tanpa campuran bahan pengawet kimia dan bahan kimia lainnya. Karena bahan baku nanas merupakan buah organik.
    Atas bantuannya saya sangat berterima kasih.

    Wass..

    • umumnya dengan mengatur kadar airnya, usahakan sedikit mungkin tapi masih bentuk selai, kadang juga ditambahkan minyak/margarin

  14. Yth. pak Nur Hidayat
    di Brawijaya

    Saya Pak Santoso,SP staf Laboran Fak. Pertanian Widyagama Malang, dulu mantan mahasiswa bapak jurusan THP angkatan ’94. pak saya mohon petunjuk prosedur pemisahan enzim bromelin…. terima kasih.

  15. pak nur hidayat. kalau mau mengeringkan minuman apa harus ada putih telurnya? selain dextrin. maksudnya sari buah + dektrin saja apa bisa? tanpa penambahan putih telur. terima kasih

  16. pak nur saya sudah mencoba puluhan kali peneringan saribuah. hasilnya tidak memuaskan. yaitu tiadk bisa jadi bubuk. pertam sari buah + malto dextrin. tidak berhasil sampai berkali2 dicoba tidak berhasil. kedua sari buah + putih telur juga tdk berhasil. kadang 2 sampai bosan. gimana sebenarnya prosesnya? saya membeli buku karya bapak tentang membuat minuman bubuk dan karbonasi. saya praktekkan untuk yag serbut juga tdk berhasil. mohon bantuan bapak. terimakasih

  17. pak.,sya sedng buat penelitian ini.,
    brp kira2 suhu pengeringannya yg tepat y pak.,agar bs kering sempurna dengan oven..
    sya buat sari nenas 100 gr + gula 100 gr + dekstrin 10,20,30 %..
    brpa suhu yg benar2 bs cepat dan sempurna y.,pak??

    trimakasih…

  18. malam pak,
    pak saya mau tanya berhubung ada tugas sekolah. pak apa nanas bisa difermentasikan?
    kalo iya bagaimana catanya pak?

    • salam
      nanas dapat difermentasi untuk erbabagai produk misal alkohol/wine, nata, asam asetat termasuk untuk produk probiotik.
      caranya silahkan lihat di artikel2 saya atau lihat di internet cukup banayk di buku saya mmikrobiologi industri (silahkan cari di toko buku) juga ada tapi tidak menyebut nanas hanya produknya apa cara buat ikuti saja. mungkin ada sedikit perubaha2 itu lewat penelitian karena tiap bahan punya karakteristik yang berbeda sehingga mempengaruhi kondisi optimum mikrobia yang digunakan

Tinggalkan komentar