Dekstrin


Dekstrin adalah karbohidrat yang dibentuk selama hidrolisis pati menajdi gula oleh panas, asam dan atau enzim. Maltosa, sukrosa dan laktosa adalah disakarida yang memiliki rumus empiris sama (C12H22O11) tetapi berbeda dalam struktur. Dekstrin dan pati memiliki rumus umum yang sama , – [Cx(H2O)y)]n – (y = x – 1), yang mana unit glukosa bersatu dengan yang lainnya membentuk rantai (polisakarida) tetapi dektrin memiliki ukuran lebih kecil dan kurang kompleks dibandingkan pati. Dektrin larut dalam air tetapi dapat diendapkan dengan alkohol. Dektrin memiliki sifat seperti pati. Beberapa dekstrin bereaksi denngan iodin memberikan warna biru dan larut dalam alkohol 25% (disebut amilodekstrin) sedang yang lainnya berwarna coklat-kemerahan dan larut dalam alkohol 55% (disebut eritrodekstrin) dan yang lainnya tidak membentuk warna dengan iodin serta larut dalam alkohol 70 (disebut akhrodekstrin), yang juga diidentifikasi sebagai desktrosa ekuivalen (DE) . DE yang tinggi menunjukkan adanya depolimerisasi pati yang besar. Maltodekstrin adalah produk dengan DE rendah.

Dekstrin biasanya dibentuk melalui dua tahap proses:

1. Tahap Hidrolisis.

Pada tahap pertama asam dan air ditambahkan dalam granula pati kering yang akan memecah polimer pati dalam reaksi hidrolisis dan molekul air ditambahkan ke dalam polimer pati. Sebagai hasil hidrolisis maka viskositas pati akan berkurang.Derajad hidrolisis tergantung pada jumlah asam yang ditambahkan dan lamanya waktu pencampuran dengan pati

hidrolisis

gambar1

1. Tahap Kondensasi.Dalam tahap kedua pati yang dihidrolisis dikeringkan dengan panas dan vakum sampai kelembabapn di bawah 3%. Pada saat pengeringan mencapai level ini maka hidrolisis dihentikan dan air dibebaskan dari polimer pati. Viskositas pati akan meningkat selama proses kondensasi ini. Kemudian terjadi transglukosidasi atau dekstrinisasi yang merupakan pembentukan kembali glukosa dalam ikatan glukosa dengan dan antar polimer. Ikatan alfa 1-4 dan alfa 1-6 dapat bertukar. Selama trnasglukosidasi viskositas desktrin secara substansi tidak berubah.
kondensasi
gambar 2

transglukosidasi

gambar 3

Dekstrin kemudian didinginkan dan pH dekstrin dapat dinetralkan dengan menambahkan amonia. Netralisasi akan menjadikan dekstrin lebih stabil dalam penyimpanan. Dekstrin larut dalam air dingin dalam berbagai derajat tergantung pada kekuatan hidrolisisnya. Desktrin ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan.Dektrin dapat dibuat dari berbagai sumber pati seperti tapioka dan kentang ataupun jagung. Sifat viskositas yang rendah dari dekstrin menjadikan dekstrin sering dipakai dalam pembuatan jelli sebagai sumber padatan yang menstabilkan tekstur permen.

Siklo dekstrin

Struktur siklis ligomer glukosa (disebut siklodekstrin) diperoleh dari pemecahan pati oleh bakteri Bacillus macerans. Unit glukosa diikat dengan ikatan 1,4. Umumnya siklodekstrin adalah alfa meskipun adapula yang merupakan beta dan gama sikoldekstrin masing-masing secara berurutan dengan 6, 7 dan 8 unit glukosa. Sikoldekstrin banyak dimanfaatkan dalam bidang farmasi dan pembuatan tablet herbisida dan pestisida.

Pembuatan Dekstrin

  1. Pembuatan Secara Enzimatis

Mula-mula pati dengan konsentrasi 30% diatur pada pH 5,2 kemudian ditambahkan enzim alfa-amilase. Suspensi kemudian diliquifikasi pada suhu 950C sambil diaduk terus selama 3 jam. Proses inaktivasi enzim dilakukan dengan pendinginan pada suhu -40 selama 1 jam. Dekstrin cair yang diperoleh dituang ke dalam loyang yang sudah dilapisi plastik kemudian dikeringkan. Setelah kering dekstrin tersebut dihaluskan dengan blender dan diayak.

2. Pembuatan Secara Asam

Suspensi pati 30% ditambah HCl 0,5%. Suspensi kemudian diliquifikasi pada suhu 950C dan diaduk. Setelah proses liquifikasi selesai lakukan penetralan. Dekstrin yang diperoleh dituang dalam loyang dan dikeringkan, diblender dan diayak.

3. Pembuatan Secara Kering

Tepung tapioka dsangrai selama 3 jam. Penyangraian pertama pada suhu 800C kemduian disemprot dengan HCl 0,4 N dengan tetap diaduk. Suhu dinaikkan sampai 1200C selama 2 jam. Dekstrin kering diangin-anginkan kemudian dilakukanpengayakan dan dikemas.

Jurnal terkait:


Complexation of hydrophobic drugs

99 komentar di “Dekstrin

  1. bagaimana cara membuat dekstrin yang digunakan dalam bidang farmasi (siklodekstrin) skala produksi rumah tangga? serta kemana pemasaran produk dekstrin yang sudah siap edar?

  2. pembuatan dekstrin sudah saya masukkan tapi yang sederhana. untuk siklo belum. mungkin ada yang mau nyumbang tulisan? atau mas satria sendiri?

  3. bagaimana cara pembuatan maltodextrin??
    bagaimana cara perhitungan DE??
    bagaimana cara membedakan dekstrin, maltodekstrin, cyclodekstrin secara fisik??
    adakah perbedaan bentuk partikel dari dekstrin, maltodekstrin dan cyclodekstrin??

  4. Pada titik proses mana agar kita mendapatkan kekentalan sirup glukosa yang kita harapkan ? karena saat kami dapat kiriman dari suplayer sering tingkat kekentalannya berbeda2, pada hal kami pingin dengan kekentalan tertentu. Tks

  5. apakah dekstrin mengandung lemak? pada penelitian saya, yaitu penambahan dekstrin dalam sari alpukat instan (berbentuk bubuk), salah satu analisis saya adalah kadar lemak. Semakin tinggi konsentrasi dekstrin, kadar lemak dari produk semakin tinggi. saya sudah banyak mencari literatur, tapi sampai sekarang belum ada yang cocok,mengapa kadar lemaknya semakin meningkat? Apa yang terkandung dalam dekstrin sehingga bisa meningkatkan kadar lemak dari produk? tks.

  6. dekstrin tidak mengandung lemak. semakin tingginya lemak dengan makin meningkatnya dekstrin kemungkinan disebabkan oleh terjerapnya lemak dalam dekstrin sehingga saat proses tidak hilang. karena dekstrin dapat bersifat sebgai emulsifier sehingga lemak menjadi ada dalam produk karena menjadi dapat larut dalam air

  7. Mas saya Mahasiswa PTS di Bandung, kebetulan saya mengambil skripsi tentang
    “penambahan Siklodekstrin sebagai stabilitas dalam sediaan Mikroemulsi dengan model obat Ketoprofen”

    Saya baru memulai skripsi ini, jadi saya belum begitu banyak mendapat literatur, terlebih saya harus dulu mencari data tentang kompleks dari ketoprofen dan siklodekstrin. Apakah mas bisa share kira2 literatur apa saja yang cocok dan klo sudah ada mohon di share..Thx

  8. ALhamdulillah Mas untuk langkah awal jurnalnya sangat menunjang sekali. Karena di jurnal itu dimuat bagaimana pembuatan kompleks dari siklodekstrin-ketoprofen.

    Terima kasih mas telah membantu, kedepannya pun saya masih membutuhkan bantuan dari mas lagi, yaitu berupa jurna2l seperti ini…

  9. dekstrin pada pembuatan effervescent adalah sebagai filler. jika yang ditambahkan adalah tepung terigu maka akan terjadi kekeruhan saat diaduk karena terigu tidak larut dalam air. filler untuk minuman instan adalah yang larut dalam air

  10. apakah dekstrin dan maltodekstrin dapat diaplikasikan ke dalam produk2 sejenis cookies dan biskuit? karena setahu saya, dekstrin dan maltodekstrin adalah termasuk fat replacer

  11. pak mau bertanya,
    apa beda dekstrin dan maltodekstrin? apakah hanya dari DE nya saja yg anda nyatakan bahwa maltodekstrin adalah produk dengan DE rendah.
    Apa bedanya scr fungsional, misal kelarutan, higroskopisitas.
    Dan mengapa ya maltodekstrin tidak manis? pdhl kan dihidrolisis menjadi gula pereduksi?
    thx

  12. pak, mau tanya mengenai mekanisme kerja dekstrin sebagai filler pada pambuatan minuman instan.. apakah ada jurnal atau literatur yang mendukung?? bagaimana mengenai batasan maximum penggunaan dekstrin dalam pembuatan minuman instan?? dan jenis dekstrin yang bagaimana yang diperlukan??
    kebetulan pada saat ini saya akan memulai skripsi mengenai penggunaan dekstrin dalam pembuatan minuman instan.. terima kasih

  13. masih kurang lengkap…. mohon penerangan nya mengenai komposisi nutrisi yang terdapat dalam dekstrin untuk bidang pangan….apabila terdapat info tersebut mohon di reply melalui email saya. terima kasih

  14. saya ingin membuat Siklodekstrin dengan teknologi yang terjangkau untuk skala rumaham, agar indonesia tidak mengimpor siklodektrin dari eropa lagi. saya pernah belajar di fak ekonomi di jakarta
    trimakasih atas infonya

  15. mau ikutan nanya
    apakah penggunaan dextrin pada bahan makanan ada efek buruknya?

    soalnya saya beli kaldu bubuk yg kata produsennya non MSG
    karna MSG ga baik untuk kesehatan saya tertarik untuk beli produknya

    tapi dikemasan tertulis komposisinya ada detrin

    mohon pencerahannya
    terimakasih sebelumnya

  16. assalamualaikum wr wb
    pak saya mau tanya…saya mau bikin tablet hisap dengan pengikat maltodekstrin tapi malto tsbt susah saya dapatkan,,,jadi saya mau ganti malto dengan dekstrin,sama ja gak???
    atau da pendapat lain pak??
    makasih…….

  17. assalamualaikum…
    pak saya mau tanya apa pengaruh penambhan dextrin,cmc,dan gum arab pada pembuatan tepung santan???trima kasih

  18. asmkm wr wb…
    Pak..saya tertarik tentang penamhan dekstrin pada proses pembuatan susu kedelai instan… jenis dekstrin manakah yang sesuai digunakan sbgai filler?mohon bantuannya pak apkh ada literatur yg bs sy baca… krn sy sedang ingin memulai penelitian…
    terima ksh sblmny

  19. assalamualaikum..
    pertama dan yang utama saya mau mengucapkan selamat kepada pak nur yang telah membagi ilmunya, semoga sagnat bermanfaat bagi kita semua. amin..
    yang saya mau tanyakan kelebihan siklodekstrin dengan malto dekstrin. jazakAllah

  20. Tolong saya dibantu, saya mau tanya.
    1. selain dekstrin, apa saja yang bisa dijadikan sebagai edible coating?
    2. dari mana saja saya bisa mendapatkan literatur-literaturnya?
    3. kalau kentang goreng dilapisi dngan edible coating? apa pengaruhnya?
    4. judul skripsi saya “pengaruh dekstrin sebagai edible coating terhadap kualitas french fries kentang”. menurut bapak gimana judul saya? tolong beri comment terhadap judul saya…

    NB. tolong dibalas ke email saya ya Pak…
    (ferdi_sandro_s@yahoo.co.id) saya mengharapkan bantuan dari bapak untuk skripsi saya

    • buat ferdinan…..

      yg bs dijadikan sebagai edible coating selain dekstrin yaitu chitosan…dosen saya sdh pernah mencoba chitosan sbg edible coating pada buah nenas terolah minimal dan hasilnya jg bs koq memperpanjang umur simpannya, tp klo utk produk french fries kentang seh aq ga tau ya……..

  21. pak saya sudah memproduksi dekstrin dengan beberapa konsentrasi DE. Jika ada yg berminat untuk melakukan pembelian bisa ke email saya mandiri.ardi@gmail.com, dijamin ini produk 100% indonesia dan semoga dibantu untuk memasarkannya supaya bisa subtitusi import.

  22. pak…kira2 ada ga ya yg jual siklodekstrin, saya pengen bgt mesannya buat penelitian saya…tp klo bs yg bisa dikirimkan krn saya berada di jambi…thx sebelumnya ya pak…

  23. assalam mualaikum wr wb
    malam pa ..saya hilham dan mau tanya apa fungsinya dekstrin pada proses pembuatan lem kertas yang berbasis air daan sagu pa, dan bagaiman proses pencampurannya??wassalam

  24. Assalamu’alaikum
    Pak, saya mau nanya…kalau dekstrin cair yang dihasilkan warnanya gelap apa yang harus saya lakukan???apa perlu di membran???lalu metode pengeringan yang paling baik bagaimana???Saya tunggu jawabannya ya Pak,, terima kasih sebelumnya..Wassalam,,

  25. AssaLamualaikum…
    Pak, saya mahasiswa jambi yang akan melaksanakan penelitian (skripsi). namun, saya terkendala literatur tentang SIKLODEKSTRIN.
    Jika bapak mempunyai literatur tentang SIKLODEKSTRIN, mohon dengan sangat agar dibalas/ dikabarkan via e-mail.

    e-mail saya:

    terima kasih.

  26. Assalamualaikum
    ada yang tau ngak di mana beli siklodekstrin? bagi yang tau saya mohon untuk mengirimkan contact person tempat untuk beli siklodeksrtrin ke email saya……..

    • dekstrin mirip amilosa tapi lebih pendek merupakan hasil hidrolisis amilosa atau amilopektin ada yang disebut siklodekstrin dan limit dekstrin

  27. assalamu’alaikum saya ingin menanyakan jika maltodekstrin digunakan sebagat pengikat dalam Granul, itu dlm pembuatannya maltodekstrinnya harus dilarutkan dahulu….
    yg ingin saya tanyakan…kelarutan maltodekstrin dalam air itu perbandingannya berapa ya????terimakasih….
    jawabnya lwt email saya saja…
    wassalamu’alaikum……

  28. aslm..
    pak..saya mahasiswa ITS.
    saya mau melakukan penelitian tentang pembuatan karamel enzim bromelin.kira2 dekstrin bisa membantu dalam proses karamelisasi tidak pak?
    mohon dibalas ya pak..
    trimakasih banyak..

    • karamel adalah rekais antara protein dan gula. jika anda lakukan apakan bromlin tidak rusk aktivitasnya? dan apakah dekstrin juga dapat? kalau sbg filler memang ada untuk produksi enzim bromelin. sudh agak lama sih

  29. assalamualaikum pak,
    saya mahasiswi dari medan, ingin bertanya:
    bagaimana cara membedakan dekstrin dan maltodekstrin secara fungsional misal kelarutan, higroskopisitas?
    dan apa saja parameter yang kita gunakan untuk mengidentifikasi apakah hasil hidrolisa pati yang kita lakukan sudah menghasilkan maltodekstrin??? serta dimana saya dapt membeli maltodekstrin komersil?
    terima kasih..
    wassalamualaikum.

  30. pak, saya akan melakukan skripsi tentang pengaruh konsentrasi maltodextrin terhadap viabilitas sel bakteri probiotik setelah spray dry> apakah bapak memiliki literatur tentang penambahan maltodextrin sebagai bakan pengkapsul> Karena selama ini saya cari2 tidak ada yang khusus maltodextrin, namun ada campuran gum arab serta susu skim. terimakasih pak

  31. salam sejah terah bapak nur,,, ini sama saya Domingos Taeque mahasiswa universitas tribhuwana tungadewi malang prody TIP mau tanya apa sih kekurangan dan kelemahan dekstrin dan cmc terhadap kelarutan,kadar air, kadar serat kasar ,warna,rasa ,aroma dan kenampakan pada produk instan kaya serat pak?kalo ada buku tentang pengaruh seperti yang butuhkan tolong dikirim judul mdan tahun penerbitnya pak karena saya sangat membutuhkannya dalam laporan skripsi.

    hormat saya

    Domingos Taeque

  32. Asalamualaikum. Pak.saya mahasiswi Kimia dari Universitas Lampung, maaf pak sebelumya saya ingin bertanya sekiranya bapak mengetahuinya. Saya sedang melakukan penelitian tentang siklodekstrin, yang ingin saya tanyakan bagaimana sih pak cara analisis siklodekstrin dengan menggunakan KLT? karena saya merasa bingung dengan fasa gerak yang akan saya gunakan untuk analisis, dan apakah semua fasa gerak yang digunakan untuk analisis dengan menggunakan KLT itu sama?
    Terimakasih sebelumnya pak,

  33. Sa’at ini kebetulan saya punya DEXTRINS stock 10 Zak. made in THAILAN dengan kemasan Zak ada inner plastik-nya, tiap Zak berisi 25 Kg, saya jual Rp. 130.000/Zak.
    Ada Juga DEXTROSE MONOHYDRATE stock 12 Zak. made in Korea. dengan Kemasan Zak Craft Paper ada inner plasticnya, tiap Zak berisi 25 Kg. saya jual Rp. 250.000/Zak.
    Jika ada Rekan-2 yang membutuhkan silahkan hubungi saya RUDHIE. di no. 081331287355.

  34. salam sejahtera Pak Nur…saya terkendala pada penentuan kapasitas produksi pada pra rancangan pabrik pembuatan maltodekstrin dari pati singkong ”mohon pak data produksi dan impor maltodekstrin krn saya sangat membutuhkannya,sebelumnya saya ucapkan trimakasih kpd Bpk.

    hormat saya

    rizal simbolon

  35. pak saya ingin bertanya yang mempengaruhi besar/kecilnya nilai swelling power dan solubility suatu maltodekstrin bergantung dari apa
    terima kasih

  36. pak, berbahayakah penggunaan Dextrin (Maltodextrin) dalam pembuatan bubuk puding bayi terhadap kesehatan bayi….mohon pencerahannya

  37. Ping balik: Jurnal Pdf Viskositas | PDF DOWNLOAD

  38. Selamat Malam pak Nur

    Saya mau tanya , Antara Dextrin dan Colidon lebih kuat mana daya rekatnya, dan juga ketahahan terhadap panas,..

    Terima Kasih

  39. Saya mau tanya,
    apakah kadar air bahan baku sangat berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan dari penambahan dekstrin?
    sebagai contoh apabila saya ingin membuat minuman serbuk dari bahan yang memiliki kadar air yang rendah sehingga diperlukan pengenceran terlebih dahulu.

    terima kasih sebelumnya

  40. assalammualaykum… pak saya mahasiswa s2 undip, rencana saya ingin penelitian tentang membran fuel cell dengan bahan pengisi dekstrin atau siklodekstrin. mohon bantuannya apakah dekstrin dan siklodekstrin memiliki konduktivitas yang tinggi?klw saya ingin membeli siklodekstrin di indonesia kira2 dimana ya?

  41. asslamualaikum pak , saya mau tanya tentang bagaimana mekanisme kerja maltodekstrin sebagai bahan pengisi minuman serbuk instan pak ? terimakasih pak, tlg balasannya y pak , ditunggu.

  42. Assalamualaikum, pak saya Grevi Erinda dari Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi Palembang, mau nanya diindonesia di pabrik mana ya pak yang jualan beta-siklodekstrin soalnya mau buat penelitian untuk tugas akhir. wassalamualakum…

  43. Assalamualaikum..pak ini Grevi Erinda dari Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi Palembang, mau tanya di Indonesia dipabrik mana ya pak yang jual beta-siklodekstrin, soalnya saya lagi membutuhkan buat penenlitian untuk tugas akhir. Wassalamualaikum..

  44. saya mahasiswa UKAW dari Nusa Tenggara Timur, saya lagi penelitian tentang enkapsulasi ekstrak daun sukun dengan campuran dekstrin jadi yang ingin saya tanyakan adalah nama toko yang jual dekstrin di wilayah Jakarta soalnya di NTT tidak ada. Terima kasih

  45. assalamu alaikum, saya mau bertanya apa keuntungan dan kekurangan masing2 maltodextrin dan dextrin apabila digunakan sebagai pengisi dalam pembuatan susu bubuk? terima kasih ^^

  46. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya jadi kesimpulannya maltodekstrin dengan dekstrin apakah sama?
    Jika ditetesi lugol maltodekstrin akan berwarna apa?
    karena pati jika ditetesi lugol berwarna biru keunguan.
    sedangkan maltodekstrin itu adalah pati yang telah terhidrolisis. sehingga jika ditetesi lugol akan tetap ungu atau berubah jadi warna apa?
    Mohon penjelasannya.
    terima kasih

Tinggalkan komentar